Tips dan Cara Membuat Blog yang Menarik dan Ramai Pengunjung

Pernahkah Anda merasa tertarik dengan sebuah blog sehingga Anda berkali-kali mengunjunginya? Anda juga bisa memiliki blog yang demikian. Kami akan membagikan informasi dan tips mengenai cara membuat blog yang menarik.

Blog yang menarik akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berada di sana. Laksana sebuah rumah yang membuat tamunya menjadi betah. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Bagaimana Pengaruh Visitor Pada Rating Blog?

Saat Anda mengetik kata kunci di mesin pencarian, akan keluar beberapa informasi yang dibutuhkan dalam peringkat atas. Umumnya website atau blog yang akan berada pada peringkat atas tersebut memiliki pengunjung fantastis.

Banyaknya pengunjung akan mendongkrak rating atau peringkat sebuah blog. Tentu saja jika ini berlangsung secara stagnan, akan berhubungan dengan keuangan atau adsense yang akan diterima oleh blog tersebut.

Karena itu cara membuat blog yang menarik harus dipelajari oleh setiap visitor atau pengunjung, agar blognya semakin berkembang.

Visitor atau pengunjung, menjadi faktor penting dalam kelangsungan hidup sebuah blog. Tanpa visitor maka blog tidak akan dianggap ada karena tidak ada yg menghiraukan keberadaannya. Konten sebagus apapun jika tidak ada pengunjungnya maka semua itu akan percuma.

Cara Membuat Blog yang Menarik

Agar mendapat pengunjung yang banyak, sebuah blog harus menawarkan sesuatu yang menarik. Umumnya, masyarakat akan langsung melakukan pencarian di Google tentang hal viral yang terjadi di masyarakat.

Pengunjung blog sangat pemilih dan menyukai hal -hal viral yang terjadi di sekitarnya. Jika sebuah blog dinilai kurang kreatif, maka tidak akan masuk dalam kategori wajib di tonton atau dikunjungi

Ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk cara membuat blog yang menarik sehingga lebih ramai dikunjungi.

1. Pemilihan Konten yang Menarik dan Berkualitas

Ibarat sebuah rumah makan, jika menu yang ditawarkan terasa kurang nikmat, maka tidak akan ada yang mau mampir disana. Blog pun sama. Jika Anda kurang jeli dan kreatif dalam membuat konten menarik maka jangan harap pengunjung berdatangan.

✔️  Review MSI GS66 Stealth, Laptop Gaming Tipis dan Stylish

Apa sih konten yang menarik itu? Anda harus mau membuat riset mengenai apa saja konten yg sedang viral saat ini. Selain itu, Anda juga harus bisa mengemas nya dalam sebuah paket lengkap yang membuat pengunjung puas dengan info yang Anda bagikan.

Cara membuat blog yang menarik tidak harus berisi berita viral. Anda  juga bisa  membuat tampilan custom yang menarik, memaksimalkan gambar dan memanfaatkan widgets yang ada.

Konten menarik yang tengah disukai saat ini adalah topik seputar otomotif, resep masakan, destinasi wisata seru dan tutorial. Anda bisa memilih beberapa topik ini untuk membuat blog Anda lebih menarik.

2. Pilihlah Hosting Yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan

Memilih hosting terkadang masih menjadi hal yang sulit bagi sebagian blogger. Banyaknya pilihan justru membuat keputusan menjadi sulit. Hosting merupakan hal yang tidak bisa lepas dari sebuah blog.

Setiap hosting memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan blog yang bersangkutan. Hosting sendiri memiliki jenis dan fungsi yang berbeda, yaitu:

  • Shared Hosting, yaitu hosting yang digunakan secara bersama-sama. Dari segi budgeting, cara membuat blog yang menarik ini lebih mudah dan murah karena biayanya ditanggung bersama.
  • Cloud Hosting, ini adalah hosting yang memiliki kapasitas lebih besar. Biasanya hosting semacam ini digunakan oleh mereka yang memerlukan kapasitas besar.
  • VPS Hosting, hampir sama seperti cloud hosting yang memiliki space besar,

Setelah mengetahui dengan pasti jenis-jenis hosting, maka kini Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memilih hosting, yaitu seperti berikut ini :

  • Sesuaikan dengan kegunaan dan jenis blog yang Anda geluti.
  • Pastikan platform apa yang Ingin Anda gunakan.
  • Pikirkan lagi tentang potensi trafik yang mungkin akan terjadi pada blog Anda. Ini penting untuk menentukan apakah Anda akan mengambil shared hosting atau cloud hosting.
  • Pilih hosting yang sesuai dengan fitur dan konten yang akan Anda usung dalam blog.
  • Ketahui dengan pasti performa hosting tersebut.
  • Pilih hosting yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.
  • Cara membuat blog yang menarik selanjutnya perhatikan penilaian dari para pengguna melalui review dan testimoninya.
✔️  Cara Membuat Blog di HP Android Secara Praktis

3. Menggunakan Teknik Penulisan SEO Friendly

SEO atau Search Engine Optimization adalah pengoptimalan mesin telusur. Dengan menggunakan teknik penulisan SEO maka Anda telah membuat sebuah keputusan besar yang dapat membantu meningkatkan peringkat blog Anda.

Anda juga akan menghemat waktu, sambil tetap memperhatikan apa saja hal yang berisiko tinggi terhadap blog dan reputasi dan kepercayaan Anda. Pastikan untuk meneliti kerugian dan keuntungan dari memakai tulisan dengan SEO.

Saat proses cara membuat blog yang menarik dalam menulis menggunakan ketentuan SEO, lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Lakukan Riset Kata Kunci Terlebih Dahulu

Untuk mengetahui apa saja yang dicari oleh pembaca, Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Anda dapat melihat apa saja kata kunci yang sedang banyak dicari oleh para pembaca.

Setelah mengetahui kata kuncinya, Anda bisa mengeceknya pada aplikasi di perangkat untuk memastikan apakah topik serupa sudah pernah tayang atau belum.

  • Pastikan Topik Sesuai Dengan Kata Kunci 

Sebelum mulai menulis, sesuaikan dulu topik yang akan Anda tulis dengan kata kunci yang dipilih. Pastikan agar tulisanmu sesuai dengan keinginan pembaca. Tulis tentang hal hal yang sekiranya akan dicari oleh pembaca.

Cara membuat blog yang menarik yaitu peduli dengan keinginan dan harapan pembaca ketika mereka berkunjung ke blog. Hal ini membuat mereka nyaman dan akan terus kembali.

Dengan memahami apa yang ingin dibaca oleh pembaca, maka Anda juga belajar membuat sebuah tulisan sesuai dengan kaidah SEO. Bukan hanya topik yang relevan tetapi juga cara penyampaiannya harus sesuai.

  • Gunakan Struktur Heading Yang Benar

Artikel SEO friendly selalu menggunakan sub judul atau struktur heading di setiap tulisannya. Setiap heading atau sub judul ini memiliki arti dan fungsi berbeda. Setiap sub judul terdiri dari pembuka, isi dan penutup.

  • Tuliskan Kata Kunci Dalam Jumlah Wajar
✔️  3 Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Tools Ratiborus

Jika dulu, deteksi SEO dengan menyebut kata kunci sesering mungkin, kini tidak lagi seperti itu. Jika Anda menuliskan kata kunci terlalu banyak maka tulisan Anda dianggap buruk dan tak sesuai kaidah SEO.

Berbahasa dan Bersikap yang Baik

pembaca menyukai penulis yang memiliki gaya bahasa yang baik dan sopan. Walaupun topik yang dibahas adalah hal yang tren tetapi jika Anda membawakannya dengan gaya yang kasar, pembaca tidak akan suka.

Tetapi walaupun topiknya bukan topik hangat, namun Anda membawakannya dengan sopan, dan dengan tutur bahasa yang baik tentu pembaca pun akan sangat menghargainya.

Menulis blog  bukan sebuah hal yang mudah. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula. Cara membuat blog yang menarik bisa jadi membuat Anda lebih kenal dengan pekerjaan ini.

Namun walau seorang pemula sekalipun Anda bisa belajar mengelola sebuah blog selama Anda memiliki keinginan yang kuat untuk melakukannya. Jangan mudah menyerah

Pelajari hal-hal penting dalam cara membuat blog yang menarik yang bisa Anda gunakan untuk meraup pengunjung. Dengan demikian maka nada suda memiliki ilmu yang bagus dan bisa nada gunakan sewaktu-waktu.

Leave a Comment