Review Lengkap Windows Movie Maker

Siapa yang belum tahu windows movie maker? Microsoft sengaja mengembangkan software ini untuk aktivitas pengeditan video. Bagi Anda yang merasa masih cukup pemula bisa menggunakan software tersebut sebagai alternatif.

Fitur di dalamnya memang tidak selengkap Adobe Premiere Pro. Namun sejauh ini, banyak yang mengaku software ini jauh lebih mudah untuk dipelajari. Berminat download dan install? Cek dulu reviewnya di bawah ini.

Baca juga: antivirus windows 10 

Fitur Di Dalamnya

Pertama-tama mari bahas tentang fitur. Faktanya, Windows movie maker cukup mempunyai banyak fitur. Semuanya dianggap sangat menguntungkan bagi pengguna beberapa diantaranya adalah:

Gratis

Kalau Anda tahu atau memang pengguna Adobe Premiere, pasti paham jika software editing tersebut harus bayar. Walaupun ada juga fitur yang gratis, tapi sebagian besar harus beli. Windows Movie Maker benar-benar gratis.

Tidak ada yang namanya langganan biaya premium seperti software editing lainnya. Anda bisa menikmati semua tools di dalamnya tanpa bayar sepeserpun untuk selamanya. Hal ini membuat semua orang bisa mempunyai softwarenya.

Terintegrasi Baik Dengan Windows

Software ini merupakan buatan developer Microsoft. Artinya sudah pasti sangat cocok bagi pengguna windows. Semua fiturnya terintegrasi dengan begitu khusus dan rapi, menjadikan proses editing video jadi makin mudah serta praktis.

Tampilan Sangat Sederhana

Didalamnya hanya terdapat fitur standar. Namun, ini bukan menjadi kelemahan windows movie maker, justru sebaliknya. Tampilannya yang sederhana membuatnya mudah dipelajari. Anda mungkin hanya butuh waktu singkat untuk memahaminya.

Ukuran File Kecil

Biasanya ukuran software editing video ukurannya cenderung besar bergiga-giga byte. Sebaiknya, software ini justru kecil hanya 200 mb saja. Pengguna jadi lebih mudah mengunduhnya berikut menginstall pada perangkat PC.

Ringan, Tidak Butuh Resource Besar

Oleh karena ukurannya kecil, kalau mau menjalankan software ini tidak butuh spesifikasi tinggi. Perangkat apa saja dijamin langsung bisa mengaplikasikan windows movie maker tanpa kendala yang berarti.

✔️  2 Cara Mengunci File Excel Agar Tidak Bisa Diedit

Fungsi Dasar Hanya Untuk Editing Video

Walaupun minim fitur, software ini sudah punya fungsi dasar untuk editing video. Baik untuk memotong, menyambung video, dan lain-lain. Proses lain seperti menambah background lagu sampai menambah foto pun dapat dikerjakan oleh software tersebut.

Menu Utama Di Dalamnya

Dengan menggunakan windows movie maker, Anda sudah bisa menambahkan efek visual dalam video. Tampilannya pun sederhana, jadi sebetulnya tidak banyak menu yang dimiliki. Beberapa menu utama yang dimaksud adalah:

Home

Menu home ini adalah tampilan utama software tersebut yang menampilkan halaman windows movie maker. Di sini merupakan lokasi dimana pengguna bisa menampung file video yang sedang diedit.

Selain itu dalam menu home sendiri juga terdapat berbagai macam tombol fitur. Fungsinya untuk melakukan penambahan visual efek. Cukup lengkap sebetulnya dan cocok sekali untuk pengguna pemula.

Animations

Berisi kumpulan efek animasi yang dapat dipergunakan untuk mempercantik hasil video editing. Anda tidak perlu khawatir tentang animasi yang tersedia. Pasalnya pihak pengembang yaitu Microsoft sudah menyediakan banyak sekali visual animasi lengkap.

Visual Effect

Halaman yang berisi kumpulan efek dan dapat Anda gunakan untuk menambah kesan keren pada hasil video editan. Dengan menyisipkan efek pada layer, video akan jauh lebih menarik. Software ini pun menyediakan banyak variasi transisi visual efek yang dapat dipergunakan.

Alasan Mengapa Anda Harus Download

Software movie maker ini bisa dikatakan cukup populer. Anda mungkin akan rugi jika tidak mencoba mengunduh dan menginstallnya. Ada beberapa alasan yang mendasarinya diantaranya adalah:

Cukup Untuk Edit Video Youtube

Daripada Anda susah-susah untuk memahami software professional, pakai movie maker saja sebetulnya sudah cukup. Pasalnya, pada umumnya editing video hanya tentang memotong, menyambung, dan memberi background lagu saja. Software ini sudah bisa melakukannya.

Bisa Dipakai Oleh Semua Orang

Movie Maker memiliki tampilan yang sederhana. Maka Anda tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengaplikasikan software ini. Bahkan, dibandingkan dengan Microsoft offline, movie maker jauh lebih sederhana, jadi memungkinkan semua orang dapat menggunakannya.

✔️  2 Cara Buat Akun SoundCloud Terbaru

Tidak Butuh PC Spesifikasi Tinggi

Jika hanya untuk mengaplikasikan software movie maker saja, Anda tidak harus pakai PC Dengan intel core i7 yang harganya super mahal. Menggunakan PC dengan spesifikasi Pentium saja sudah sangat lancar mengaplikasikan software yang satu ini.

Super Ringan

Jangan tanya bagaimana mengunduh dan menginstall software movie maker. Sudah pasti sangat mudah sekali, karena ukurannya yang ringan. Tidak seperti software editing lain yang lebih professional dan biasanya butuh koneksi internet cepat.

100% Gratis

Anda merasa sebagai content creator Youtube pemula? Belum ada pemasukan yang besar? Movie maker adalah satu-satunya solusi, daripada harus beli software premium dengan harga tinggi.

Cara Install

Windows movie maker ini adalah bagian dari windows essential 2012. Hanya saja, installer movie maker sudah tak ada di website official Microsoft. Jadi, Anda harus mencarinya dulu melalui situs-situs penyedia di internet, lalu lakukan langkah berikut

Download Installer Movie Maker

Jadi, Anda bisa mengunduh dulu installer movie maker. Biasanya, banyak situs di internet yang menyediakannya. Anda unduh dari situs, tapi pastikan situsnya benar-benar terpercaya supaya aman.

Double Klik File Unduhan Installer

Apabila telah berhasil mengunduh installer movie maker, silahkan langsung membukanya. Caranya adalah doubler klik file wlsetup-all.exe. Jangan sampai salah, nanti Anda harus mengulang dari awal.

Install .Net Framework 3.5

Biasanya, beberapa pengguna windows belum terinstall .Net Framework 3.5 maka installer otomatis meminta Anda menginstallnya dulu. Lakukan dengan cara klik “download and install this feature”. Pastikan sudah terkoneksi dengan internet.

Mulai Tahap Instalasi

Langkah berikutnya masuk tahap instalasi. Pertama-tama Anda akan diberi pilihan untuk menginstall seluruh atau sebagian aplikasi pada windows essentials. Oleh karena Anda hanya akan install movie maker maka pilih saja “choose the programs you want to install”

✔️  Nasihosting: Cara Mendapatkan Domain & Hosting Gratis Dari Nasihosting

Atur Beberapa Tanda Centang

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah Anda hilangkan semua centang yang ada. Namun khusus untuk centang “Photo Gallery and Movie Maker” biarkan saja. Tetap tercentang seperti sedia kala.

Proses Instalasi Berlangsung

Dari sini proses instalasi movie maker di windows 10 akan berlangsung. Anda tinggal tunggu saja, sambil memastikan jika jaringan internet berjalan dengan stabil. Semakin stabil proses instalasi akan menjadi jauh lebih lancar.

Buka Aplikasi Movie Maker

Setelah proses instalasi selesai, lanjutkan dengan membuka aplikasi movie maker. Caranya adalah dengan membuka start menu atau cari saja movie maker via fitur “search”. Pasti akan langsung muncul.

Pilih Accept Pada Term

Saat Anda sudah menemukan software atau aplikasi windows movie maker pada PC, silahkan langsung lakukan double klik. Nantinya akan muncul semacam term, yang perlu dilakukan adalah pilih “accept”.

Software Siap Digunakan

Sekarang movie maker sudah siap digunakan di windows 10 Anda. Bisa dimanfaatkan untuk mengedit video, mengubah foto atau gambar, menambah audio, dan masih banyak lagi. Anda pun dapat menerapkan pilihan tema, teks, transisi, dan visual efek yang tersedia di dalamnya.

Itu dia tadi review tentang windows movie maker. Apakah sudah mulai tertarik untuk mengunduh dan menginstall sekarang juga? 

Leave a Comment