Aktivasi Windows 10: Mengapa Harus Dilakukan dan Bagaimana Caranya

Bagi para pengguna PC/komputer rata-rata sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Bagi Anda yang belum menggunakannya, mungkin sudah waktunya untuk beralih karena fiturnya lengkap. Setelah terpasang,Anda pun perlu memulai langkah aktivasi windows 10.

Proses tersebut penting dilakukan pasalnya ada sejumlah kekurangan pada windows 10 yang tidak diaktivasi. Seperti munculnya watermark “active windows”. Artinya jika Anda tidak mau tulisan itu ada, aktivasi adalah jalan satu-satunya.

Untuk mengaktifkan windows 10 di PC, pada umumnya diperlukan product key. Product Key ini cukup mudah ditemukan di mana saja. Hanya saja, harganya cukup mahal sehingga tidak sedikit orang memilih untuk tak membelinya.

aktivasi windows 10

Lalu timbul pertanyaan apakah ada cara aktivasi windows 10 tanpa perlu membeli product key-nya? Tentu saja masih ada alternatif pilihan. Pembahasan selengkapnya bisa Anda dapatkan di bawah ini.

Baca juga: update windows 11 

Mengapa Harus Aktivasi Windows 10?

Faktanya, ada sejumlah alasan mengapa Anda harus melakukan aktivasi windows 10 yang telah terinstall di PC. Baik itu versi Pro, Windows 10 Home, maupun Enterprise. Di bawah sejumlah masalah yang terjadi jika Anda melewatkan tahap aktivasi:

Kemunculan Notifikasi Aktivasi

Masalah utama adalah munculnya notifikasi yang menunjukkan jika Anda perlu melakukan langkah aktivasi. Notifikasinya berupa watermark yang biasanya ada di bagian bawah kanan layar laptop atau monitor PC.

Jangan salah, notifikasi ini akan terus muncul walaupun Anda sedang membuka aplikasi di windows 10. Akibatnya, Anda mungkin merasa terganggu dan tidak nyaman. Pada umumnya, notifikasi mulai muncul sejak windows 10 diinstall selama 30 hari.

Tidak Bisa Melakukan Personalisasi

Pada PC yang belum melakukan aktivasi windows 10, maka penggunanya tak akan bisa melakukan personalisasi atau mengatur tampilan yang diinginkan. Pasalnya pengaturan personalisasi pada windows 10 belum teraktivasi biasanya masih terkunci.

Jadi, tidak akan bisa diubah-ubah sesuka hati. Anda jadi tidak bebas mengganti warna dasar, mengecilkan ukuran taskbar, dan masih banyak lagi. Windows yang terinstall jadi kurang menarik dipandang.

✔️  Cara Menginstal Driver Windows 10 Pakai DriverPack Online

Tidak Bisa Mengganti Tema Windows 10

Beberapa orang menganggap tema pada suatu sistem operasi adalah sesuatu yang penting. Terutama karena menjadi unsur estetika. Apakah Anda juga demikian? Apalagi, windows 10 juga menyediakan layanan untuk pengguna yang ingin mengubah tema sesuai selera.

Hanya saja, layanan tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan sebelum melakukan aktivasi. Akibatnya apa? Tentu saja Anda hanya dapat menggunakan tema default yang itu-itu saja, sangat monoton, terasa begitu membosankan.

Windows Update Tidak Mau Berfungsi

Banyak orang yang mengacuhkan update windows, bahkan ada juga sampai mematikan fitur update. Padahal, melakukan pembaharuan sistem operasi sebetulnya sangat penting. Supaya OS yang terinstall tidak menjadi usang dan terus mendapatkan peningkatan antivirus bawaan.

aktivasi windows 10

Namun, jika windows sudah berkali-kali meminta Anda melakukan aktivasi namun Anda justru mengabaikannya, biasanya fitur update pun tak lagi berfungsi. Artinya, Anda pun tidak bisa melakukan update windows 10 sampai mau melakukan aktivasi terlebih dahulu.  

Cara Aktivasi Windows 10

Melihat apa saja alasan mengapa Anda harus segera melakukan aktivasi OS windows 10, bisa jadi ada yang penasaran dengan caranya. Ada 2 cara yang bisa dipilih jika ingin melakukan aktivasi windows 10 yaitu pakai lisensi dan melalui software activator.

Aktivasi Menggunakan Lisensi atau Product Key

Merupakan cara paling mudah untuk aktivasi windows 10. Anda tinggal masukkan license Key ke kolom “enter a product key” pada sistem setting. Untuk beli license key bisa dilakukan via Microsoft, dan berikut langkah-langkah aktivasinya:

Masuk Panel Setting

Langkah pertama Anda masuk panel setting. Caranya adalah dengan klik “start” logo windows di pojok kiri bawah jendela windows. Jika sudah menemukannya segera klik dan pilih opsi “setting”

✔️  Cara Install Netcut Di Windows 10 (Panduan Netcut)

Pilih Update & Security

Pada tampilan panel windows setting nanti akan muncul banyak pilihan menu. Diantaranya adalah system, device, personalization, account, dan masih banyak lagi. Namun untuk tahap ini Anda pilih menu “update & security”

Pilih Activation

Ketika menu update & security Anda klik, akan muncul banyak opsi lain. Ada windows update, windows defender backup, dan masih banyak lagi. Pada tahap ini klik saja opsi “activation”

Pilih Change Product Key

Begitu Anda klik activation, lihat jendela sebelah kanan. Perhatikan ada menu “change product key”. Silahkan langsung diklik saja jika sudah menemukannya.

Masukkan Lisensi Windows Yang Dibeli

Setelah change product key Anda klik, akan muncul pop up baru. Pada tampilan jendela enter a product key, Anda langsung saja input license windows 10 lebih tepatnya pada kolom product key.

Setelah itu, tunggu sampai proses aktivasi selesai. Jika memang prosesnya berhasil, pasti muncul notifikasi “windows is active”. Selain itu, pastikan PC Anda terhubung dengan jaringan internet stabil supaya proses aktivasi windows 10 berjalan lebih lancar.

Menggunakan Software Aktivator

Kalau yang tadi Anda mengaktifkan windows 10 langsung pakai product key. Tapi, sayangnya untuk cara yang pertama tadi, Anda harus membeli dengan harga yang lumayan mahal.

aktivasi windows 10

Jika kurang berkenan, sebetulnya bisa menggunakan alternatif lain yaitu melalui software activator. Salah satunya adalah KMSpico, menjadi cara aktivasi windows 10 paling murah. Anda hanya perlu kuota saja untuk mendownload.

Dengan software ini, Anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk mengaktivasi windows 10. Setelah itu, windows 10 dapat langsung dipakai seperti layaknya produk original. Butuh tutorialnya? Berikut penjelasan selengkapnya:

  •         Download saja software activator windows 10 pro KMSpico
  •         Jika sudah, silahkan lakukan ekstrak file yang diunduh
  •         Setelah itu, putuskan jaringan internet dan matikan antivirus tanpa terkecuali windows defender security
  •         Buka software KMSpico, caranya adalah dengan membuka folder penyimpanan software tersebut, lalu klik kanan pada file KMSpico → klik “run as administrator” lanjut klik opsi “next”
  •         Nanti akan muncul semacam jendela license agreement. Anda pilih “I accept ……” lalu segera klik “next”
  •         Muncul jendela baru yaitu “select destination location”, abaikan saja Anda klik langsung “next”
  •         Klik “next” lagi lanjut tinggal tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai atau berhasil
✔️  Cara Menggunakan Google Docs Offline

Sambil menunggu, biarkan software activator tersebut menjalankan proses install, sekaligus memasang license serta produk key windows. Jangan khawatir, nantinya akan langsung tertutup sendiri jika prosesnya telah selesai.

Setelah itu coba lihat control panel windows, pastikan sudah ada software KMSpico yang terpasang. Hal ini juga akan menjadi pertanda jika proses aktivasi windows 10 sudah menggunakan software KMSpico sudah berhasil dengan baik.

Sampai disini, apakah sudah paham bagaimana cara aktivasi windows 10 baik itu melalui product key atau lisensi serta via software activator? Selain itu, di atas juga sudah dibahas tentang mengapa harus dilakukan aktivasi, semoga informasi di atas banyak membantu. 

Leave a Comment