Web Hosting Terbaik Indonesia, Definisi dan Peranan

Membahas tentang web hosting terbaik Indonesia tentu tidak lepas dari pembahasan definisinya. Hosting ini disediakan oleh perusahaan-perusahaan yang khusus bergerak di bidang server.

Tentunya dengan adanya layanan ini, akses ke sebuah website akan menjadi lebih mudah. Segala data juga akan dibantu disimpan dan masih banyak keunggulan lainnya. Lebih lengkap tentang web hosting baik definisi hingga peranannya, akan diulas di pembahasan berikut.

Definisi Tentang Web Hosting Terbaik Indonesia

Web hosting bisa diartikan sebagai media penyimpanan data berbentuk tulisan, video, hingga gambar. Data-data tersebut disediakan oleh suatu layanan, sehingga nantinya bisa diakses lewat website.

Saat membuat sebuah website, Anda harus sudah membeli domain serta hosting. Tanpa keduanya, website tidak akan terlihat profesional. Terlebih jika web yang Anda buat tujuannya untuk hal-hal yang sifatnya krusial.

Misalnya website sekolah, bisnis daring, kebutuhan perusahaan, dan sebagainya. Ibaratkan  ada dua buah website dengan domain berbeda. Website pertama masih memakai domain gratisan seperti “blogspot.com”.

Sementara website kedua memakai domain berbayar misalnya ”.net” atau “.co.id”, dan sejenisnya. Selain profesional, ada jaminan kepercayaan dalam sebuah domain website.

Mengingat dunia digital berkembang begitu masif, tidak heran banyak perusahaan web hosting terbaik Indonesia bermunculan. Perusahaan-perusahaan tersebut membantu para pemilik website untuk merubah web miliknya menjadi lebih next level.

Memakai hosting berbayar, memungkinkan Anda untuk kustomisasi secara penuh. Misalnya membeli hosting yang kapasitasnya besar, bisa memiliki website lebih dari 1 hanya dengan sebuah hosting.

Anda juga bisa membuat email dengan ekstensi yang lebih profesional. Sehingga email perusahaan tidak terlihat gratisan seperti “gmail.com”. Semua itu bisa diwujudkan dengan layanan sebuah hosting.

Mengapa Harus Memakai Web Hosting? Ini Alasannya

Sebenarnya sudah sedikit dibahas di poin sebelumnya tentang pentingnya memakai web hosting. Untuk lebih memahami pentingnya memakai web hosting, simak beberapa manfaatnya berikut.

  1. Sistem Keamanan Didukung Penuh

Keamanan merupakan standar utama dari perusahaan penyedia hosting. Pemantauan dilakukan secara penuh selama 24 jam setiap harinya. Tentu hal ini dapat menjamin keamanan sehingga langsung ditangani ketika ada masalah.

✔️  Apa Itu Email Hosting Terbaik? Ini Ulasannya

Selain itu, website dengan web hosting terbaik Indonesia juga akan jarang down lantaran dalam pemantauan penuh. Beberapa orang mungkin keberatan jika harus membayar biaya bulanan/tahunan untuk sebuah web hosting.

Akan tetapi, dengan jaminan keamanan dan pemantauan penuh tentu biaya tersebut worth it. Bayangkan jika Anda harus menanganinya sendiri dengan komputer server pribadi, tentunya lebih merepotkan.

  1. Kontrol Penuh Website

Layanan web hosting berbayar ada yang mekanisme pembayarannya bulanan dan tahunan. Tergantung pilihan dan kebutuhan jika hendak memilih layanan hosting. Walau sistem pembayarannya berbeda, Anda bisa melakukan kontrol penuh terhadap website.

Tidak perlu khawatir ada layanan atau fitur yang dibatasi. Semuanya bebas dipakai, sehingga dapat mengelola website secara lebih menarik.

  1. Mendukung Penyimpanan Aset Optimal

Sebuah website pastinya memiliki data penunjang dan harus dikumpulkan dalam satu wadah. Adanya web hosting terbaik Indonesia ini sangat berguna untuk mendukung penyimpanan aset secara optimal.

Hosting menyediakan suatu wadah sehingga ruang penyimpanan menjadi lebih hemat. Adanya ruang penyimpanan yang diakomodir ini membuat website lebih mudah diakses. Bahkan bisa diakses siapa saja dan kapan saja secara ringan.

  1. Website Lebih Kredibel Dibanding yang Gratisan

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, website dengan domain berbayar dinilai lebih profesional. Baik dari segi nama web, fitur di dalamnya, hingga iklan tertata secara profesional.

Profesionalitas yang dihadirkan sebuah website dapat meningkatkan trust pengunjung. Misalnya website jualan online, tentu tampak jauh lebih meyakinkan dengan domain berbayar. Potensi untuk closing juga lebih besar dibandingkan website gratisan.

Web Hosting Gratis dan Berbayar, Apa Perbedaannya?

Anda memang bisa membuat website tanpa perlu membayar hosting. Website dengan domain gratis seperti blogspot hingga wordpress memang cocok untuk para pemula. Akan tetapi, hadirnya penyedia web hosting memberikan banyak hal menarik.

✔️  Review Hoster: Penyedia Layanan Web Hosting Murah Berkualitas 2021

Sebenarnya dari web hosting terbaik Indonesia berbayar dan gratis sama-sama memiliki sisi keunggulannya tersendiri. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan tentang hosting gratis dan berbayar berikut ini.

  1. Tentang Iklan

Pembeda pertama dari hosting gratisan dan berbayar bisa dilihat dari sisi iklannya. Jika Anda memakai hosting gratis, iklan harus ditampilkan di website. Tentunya iklan yang tanpa kendali ini bisa mengganggu kenyamanan para pengunjung.

Jika memilih web hosting terbaik Indonesia, iklan-iklan tidak akan tayang di website. Sebaliknya, Anda bisa leluasa membuat iklan sendiri atau mengaturnya sesuai kehendak. Hal ini membuat website tampak lebih nyaman dilihat.

  1. Tentang Disk Space

Disk space dan bandwith dari sebuah hosting merupakan hal penting untuk penyimpanan data. Tentang disk space, hosting berbayar sifatnya lebih bebas dan besar. Data-data yang disimpan juga lebih optimal.

Sebaliknya karena memakai web gratisan, tentu space yang diberiikan terbatas. Anda tidak bisa memakai disk space dari hosting gratisan secara leluasa.

  1. Tentang Fitur Tools

Fitur tools hosting gratisan sifatnya masih sangat terbatas. Anda harus upgrade terlebih dahulu jika ingin menggunakan sejumlah fitur dalam sebuah web gratisan. Berbeda jika Anda menggunakan web hosting terbaik Indonesia.

Layanan tools yang diberiikan lebih lengkap, bisa dipakai secara optimal. Anda dapat melakukan kustomisasi secara lebih optimal dengan web hosting berbayar.

  1. Tentang Kualitas Server

Web hosting terbaik rata-rata menyediakan kualitas server yang optimal. Berbeda dengan hosting gratisan, server yang dimiliki masih terbatas. Website dengan domain berbayar tidak sering down karena pemantauan server optimal.

Selain itu, keamanan web juga turut terjamin dengan membayar web hosting. Sebaliknya, hosting yang gratisan sifatnya masih sangat terbatas secara kualitas dan keamanan.

Tips Memilih Web Hosting Agar Website Lebih Optimal

Perusahaan penyedia web hosting terbaik Indonesia jumlahnya sangat melimpah. Banyaknya penyedia hosting ini tentu membuat pemilik web sedikit bingung dalam memilihnya. Sebenarnya ada beberapa kriteria dalam pemilihan web hosting yang menarik diterapkan.

  1. Pricing

Harga adalah kriteria utama jika hendak membeli layanan hosting. Jangan buru-buru menilai server hosting hanya lewat harga di awal. Jika harga di awal ternyata murah tetapi ada penambahan biaya di tengah jalan, tentu sama saja.

✔️  DomaiNesia Bagikan Domain Dan Hosting Gratis Untuk Bantu Masyarakat Melawan Covid-19

Oleh karena itu, tanyakan baik-baik bagaimana harganya dan bandingkan dengan layanan lainnya. Penyedia hosting yang bagus juga memberikan metode pembayaran yang memudahkan.

  1. Testimonial

Layaknya membeli sebuah barang, ternyata testimonial juga penting dalam memilih layanan hosting. Adanya testimonial para konsumen bisa menjadi patokan dalam menilai bagaimana layanan sebuah server hosting bekerja.

Mengingat jumlah penyedia hosting sangatlah banyak, bahkan dari luar negeri juga ada, tentu harus selektif. Anda harus benar-benar jeli memilih penyedia hosting yang nantinya akan membuat website bekerja lebih optimal.

  1. Teknologi

Teknologi merupakan kriteria yang harus Anda perhatikan saat memilih web hosting terbaik Indonesia, agar tidak salah langkah. Beberapa hal yang dapat dijadikan patokan dalam menilai teknologi dari sebuah layanan hosting diantaranya:

  • Kapasitas penyimpanan filenya
  • Bandwith
  • Kapasitas penyimpanan email-nya
  • Penanganan masalah keamanan
  • Garansi waktu uptime server yang diberikan
  • Cloud backup, dan lain sebagainya

Ternyata web hosting memiliki peranan yang sangat membantu dalam membuat website lebih kredibel. Oleh karena itu, pastikan web hosting terbaik Indonesia yang dipilih meyakinkan dengan teknologi mutakhir.

Leave a Comment