Atur Batas Waktu Aplikasi Ponsel Android untuk Hidup Lebih Seimbang

Di era digital ini, ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Namun, penggunaan aplikasi yang berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android, sehingga Anda dapat mencapai keseimbangan yang sehat antara penggunaan aplikasi dan kehidupan nyata.

Dengan mengatur waktu penggunaan aplikasi, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kesehatan mental, dan hubungan sosial. Mari kita bahas langkah-langkah praktis untuk mengendalikan penggunaan aplikasi dan meraih manfaat positifnya.

Pentingnya mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android

Penggunaan aplikasi di ponsel Android yang berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Selain itu, penggunaan aplikasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik seperti sakit kepala, nyeri leher, dan gangguan penglihatan.

Mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Dengan mengatur waktu penggunaan aplikasi, Anda dapat mengurangi dampak negatif penggunaan aplikasi yang berlebihan dan meningkatkan waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti berolahraga, membaca, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android:

  • Gunakan fitur “Waktu Layar” di Android.
  • Tetapkan batas waktu untuk penggunaan aplikasi tertentu.
  • Gunakan aplikasi pemblokir aplikasi.
  • Matikan notifikasi aplikasi yang tidak penting.
  • Letakkan ponsel Anda di luar jangkauan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

Mengenali tanda-tanda kecanduan aplikasi

Kecanduan aplikasi merupakan masalah yang semakin umum terjadi di era digital ini. Penggunaan aplikasi yang berlebihan dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan, seperti hubungan sosial, pekerjaan, dan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda kecanduan aplikasi agar dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah beberapa gejala kecanduan aplikasi yang umum terjadi:

  • Menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan aplikasi, bahkan ketika tidak ada hal yang penting untuk dilakukan.
  • Merasa gelisah atau cemas ketika tidak dapat menggunakan aplikasi.
  • Mengabaikan tanggung jawab dan kewajiban demi menggunakan aplikasi.
  • Mengalami masalah dalam berhubungan dengan orang lain karena terlalu fokus pada aplikasi.
  • Mengalami masalah kesehatan, seperti kurang tidur, sakit kepala, dan masalah penglihatan, akibat penggunaan aplikasi yang berlebihan.

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mengurangi penggunaan aplikasi dan mencari bantuan profesional jika perlu.

Menetapkan tujuan dan batasan

Untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi secara efektif, penting untuk menetapkan tujuan dan batasan yang jelas. Tujuan membantu Anda fokus dan termotivasi, sementara batasan memastikan Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu pada aplikasi tertentu.

Tujuan yang jelas dan terukur

Saat menetapkan tujuan, pastikan tujuan tersebut jelas, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu. Misalnya, tujuan “Mengurangi waktu penggunaan media sosial” terlalu umum dan tidak terukur. Sebaliknya, tujuan “Mengurangi waktu penggunaan media sosial menjadi 30 menit per hari” jelas, terukur, dan dapat dicapai.

Contoh tujuan

  • Mengurangi waktu penggunaan aplikasi media sosial menjadi 30 menit per hari.
  • Menggunakan aplikasi produktivitas selama 60 menit per hari.
  • Menyelesaikan tugas-tugas penting tanpa gangguan dari aplikasi.
  • Meningkatkan fokus dan produktivitas dengan mengurangi waktu penggunaan aplikasi.
  • Memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan lain seperti berolahraga, membaca, atau bersosialisasi.

Batasan yang tepat

Setelah menetapkan tujuan, Anda perlu menetapkan batasan untuk membantu Anda mencapainya. Batasan ini dapat berupa:

  • Menetapkan batas waktu penggunaan aplikasi tertentu per hari atau per minggu.
  • Menonaktifkan notifikasi aplikasi tertentu atau mematikan suara notifikasi.
  • Menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar beranda atau memindahkannya ke folder yang jarang dibuka.
  • Menggunakan aplikasi pemblokir aplikasi untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu selama jam-jam tertentu.

Dengan menetapkan tujuan dan batasan yang jelas, Anda dapat mengendalikan waktu penggunaan aplikasi dan meningkatkan produktivitas Anda.

Menggunakan fitur bawaan ponsel Android untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi

Ponsel Android memiliki beberapa fitur bawaan yang dapat digunakan untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi. Fitur-fitur ini memungkinkan Anda untuk membatasi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi tertentu, serta memantau penggunaan aplikasi Anda secara keseluruhan.

Aplikasi Digital Wellbeing

Aplikasi Digital Wellbeing adalah aplikasi bawaan pada beberapa ponsel Android yang memungkinkan Anda untuk memantau dan mengelola penggunaan aplikasi Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat:

  • Melihat berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan aplikasi tertentu.
  • Menetapkan batas waktu penggunaan untuk aplikasi tertentu.
  • Menerima pemberitahuan ketika Anda mencapai batas waktu penggunaan aplikasi.
  • Menjadwalkan waktu penggunaan aplikasi.
  • Mengaktifkan mode “Jangan Ganggu” untuk memblokir semua pemberitahuan aplikasi.
✔️  Cara Menyimpan Video dari Instagram ke Galeri Tanpa Aplikasi

Mode Fokus

Mode Fokus adalah fitur pada beberapa ponsel Android yang memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi dan pemberitahuan tertentu selama jangka waktu tertentu. Ini dapat membantu Anda untuk fokus pada tugas-tugas penting atau untuk mendapatkan waktu istirahat dari ponsel Anda.

  • Pilih aplikasi dan pemberitahuan yang ingin Anda blokir.
  • Atur jangka waktu untuk mode Fokus.
  • Aktifkan mode Fokus.

Batasan Waktu Layar

Batasan Waktu Layar adalah fitur pada beberapa ponsel Android yang memungkinkan Anda untuk membatasi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan ponsel Anda secara keseluruhan. Dengan fitur ini, Anda dapat:

  • Menetapkan batas waktu penggunaan ponsel untuk setiap hari.
  • Menerima pemberitahuan ketika Anda mencapai batas waktu penggunaan ponsel.
  • Memblokir ponsel Anda setelah batas waktu penggunaan tercapai.

Cara mengaktifkan dan menyesuaikan fitur-fitur ini

Cara mengaktifkan dan menyesuaikan fitur-fitur ini berbeda-beda tergantung pada merek dan model ponsel Android Anda. Namun, secara umum, Anda dapat menemukan fitur-fitur ini di pengaturan ponsel Anda. Buka pengaturan ponsel Anda, lalu cari bagian “Kesehatan Digital” atau “Waktu Layar”. Di bagian ini, Anda akan menemukan fitur-fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi dan memantau penggunaan aplikasi Anda secara keseluruhan.

Dengan menggunakan fitur-fitur bawaan ponsel Android, Anda dapat mengelola penggunaan aplikasi Anda dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan ponsel Anda. Ini dapat membantu Anda untuk menjadi lebih produktif, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi

Jika Anda merasa bahwa pengaturan bawaan Android tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mengatur waktu penggunaan aplikasi, maka Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda dalam mengatur waktu penggunaan aplikasi, beberapa di antaranya adalah:

  • AppBlock: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu selama jangka waktu tertentu. Anda dapat mengatur jadwal untuk setiap aplikasi, sehingga aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada waktu-waktu tertentu saja. Kelebihan aplikasi ini adalah antarmuka yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak dapat memblokir aplikasi sistem dan tidak memiliki fitur pelacakan penggunaan aplikasi.
  • Freedom: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu, membatasi waktu penggunaan aplikasi, dan melacak penggunaan aplikasi. Anda dapat mengatur jadwal untuk setiap aplikasi, sehingga aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada waktu-waktu tertentu saja. Kelebihan aplikasi ini adalah fitur yang lengkap dan memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak gratis dan tidak dapat memblokir aplikasi sistem.
  • Stay Focused: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu, membatasi waktu penggunaan aplikasi, dan melacak penggunaan aplikasi. Anda dapat mengatur jadwal untuk setiap aplikasi, sehingga aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada waktu-waktu tertentu saja. Kelebihan aplikasi ini adalah fitur yang lengkap, memiliki antarmuka yang mudah digunakan, dan gratis. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak dapat memblokir aplikasi sistem.
  • Digital Detox: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir aplikasi tertentu, membatasi waktu penggunaan aplikasi, dan melacak penggunaan aplikasi. Anda dapat mengatur jadwal untuk setiap aplikasi, sehingga aplikasi tersebut hanya dapat digunakan pada waktu-waktu tertentu saja. Kelebihan aplikasi ini adalah fitur yang lengkap, memiliki antarmuka yang mudah digunakan, dan gratis. Kekurangannya adalah aplikasi ini tidak dapat memblokir aplikasi sistem.

Itulah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda dalam mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gunakanlah secara efektif untuk membantu Anda mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi dan meningkatkan produktivitas Anda.

Teknik-teknik untuk mengurangi penggunaan aplikasi

Tips mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android

Mengurangi penggunaan aplikasi pada ponsel Android dapat menjadi tantangan, tetapi dengan beberapa teknik praktis, Anda dapat mencapai tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat membantu Anda mengurangi penggunaan aplikasi:

Mematikan notifikasi

Notifikasi dapat menjadi gangguan yang signifikan dan dapat mendorong Anda untuk membuka aplikasi lebih sering. Dengan mematikan notifikasi, Anda dapat mengurangi keinginan untuk membuka aplikasi dan menghabiskan lebih banyak waktu di dalamnya.

Menghapus aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dapat menjadi sumber gangguan dan menghabiskan ruang penyimpanan di ponsel Anda. Menghapus aplikasi yang tidak perlu dapat membantu Anda mengurangi jumlah aplikasi yang tersedia dan mengurangi kemungkinan Anda untuk menggunakannya.

✔️  Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen Di Android

Menetapkan waktu bebas teknologi

Menetapkan waktu bebas teknologi dapat membantu Anda membatasi penggunaan aplikasi dan fokus pada kegiatan lain. Selama waktu bebas teknologi, matikan ponsel Anda atau jauhkan dari jangkauan, sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakannya.

Mengatasi tantangan dalam mengatur waktu penggunaan aplikasi

Tips mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android terbaru

Mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android memang tidak selalu mudah. Ada beberapa tantangan umum yang mungkin dihadapi, seperti godaan untuk menggunakan aplikasi, kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar, dan kesulitan dalam menetapkan batasan.

Berikut ini adalah beberapa saran untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut secara efektif:

Godaan untuk menggunakan aplikasi

  • Identifikasi pemicu yang membuat Anda ingin menggunakan aplikasi.
  • Ganti kegiatan yang melibatkan penggunaan aplikasi dengan kegiatan lain yang lebih produktif atau menyenangkan.
  • Matikan notifikasi aplikasi yang tidak penting.
  • Jauhkan ponsel dari jangkauan saat Anda sedang bekerja atau belajar.

Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar

  • Bicarakan dengan keluarga dan teman tentang tujuan Anda untuk mengurangi waktu penggunaan aplikasi.
  • Minta mereka untuk mendukung Anda dalam mencapai tujuan tersebut.
  • Jika perlu, bergabunglah dengan grup atau komunitas yang mendukung orang-orang yang ingin mengurangi waktu penggunaan aplikasi.

Kesulitan dalam menetapkan batasan

  • Mulailah dengan menetapkan batasan yang realistis.
  • Secara bertahap kurangi waktu penggunaan aplikasi seiring berjalannya waktu.
  • Gunakan aplikasi pelacak waktu untuk membantu Anda memantau penggunaan aplikasi.
  • Beri diri Anda hadiah ketika Anda berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan.

Tips untuk menjaga keseimbangan penggunaan aplikasi

Tips mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android terbaru

Di era digital saat ini, penggunaan aplikasi pada ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, jika tidak bijak dalam penggunaannya, aplikasi dapat menyita waktu dan mengganggu keseimbangan hidup. Berikut beberapa tips untuk menjaga keseimbangan penggunaan aplikasi dengan kegiatan lain, seperti berolahraga, bersosialisasi, dan bekerja:

Tetapkan Batas Waktu

Tetapkan batas waktu harian atau mingguan untuk penggunaan aplikasi tertentu. Ini akan membantu Anda mengendalikan waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi dan menghindari kecanduan.

Gunakan Aplikasi Pengatur Waktu

Manfaatkan aplikasi pengatur waktu yang tersedia di ponsel pintar Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda melacak waktu yang dihabiskan untuk menggunakan aplikasi tertentu dan memberikan peringatan ketika batas waktu telah tercapai.

Matikan Notifikasi

Matikan notifikasi aplikasi yang tidak penting. Ini akan mengurangi godaan untuk terus-menerus memeriksa ponsel pintar dan teralihkan dari kegiatan lain.

Buat Zona Bebas Aplikasi

Tetapkan zona bebas aplikasi di rumah atau tempat kerja Anda. Ini berarti tidak menggunakan ponsel pintar di area tertentu, seperti kamar tidur atau ruang makan, untuk membantu Anda fokus pada kegiatan lain.

Gunakan Aplikasi Secara Produktif

Gunakan aplikasi secara produktif untuk mendukung kegiatan sehari-hari Anda. Misalnya, gunakan aplikasi untuk mencari informasi, belajar, atau menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan.

Jadwalkan Waktu untuk Aplikasi

Jadwalkan waktu tertentu dalam sehari untuk menggunakan aplikasi. Ini akan membantu Anda menghindari penggunaan aplikasi secara berlebihan dan memastikan bahwa Anda memiliki waktu untuk kegiatan lain.

Berinteraksi dengan Orang Lain

Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Ini dapat membantu Anda mengurangi ketergantungan pada aplikasi dan membangun hubungan sosial yang lebih kuat.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Pastikan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda dengan berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan cukup tidur. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan produktif, serta mengurangi keinginan untuk menggunakan aplikasi secara berlebihan.

Dampak positif mengatur waktu penggunaan aplikasi

Mengatur waktu penggunaan aplikasi pada ponsel Android dapat memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan seseorang. Berikut ini adalah beberapa dampak positif yang dapat dirasakan:

Peningkatan produktivitas

Ketika seseorang berhasil mengatur waktu penggunaan aplikasi, mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan produktif lainnya. Misalnya, mereka dapat menggunakan waktu tersebut untuk belajar, bekerja, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Kesehatan mental yang lebih baik

Menggunakan aplikasi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Dengan mengatur waktu penggunaan aplikasi, seseorang dapat mengurangi risiko mengalami masalah kesehatan mental tersebut.

Hubungan sosial yang lebih kuat

Menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan aplikasi dapat menyebabkan seseorang menjadi terisolasi dari dunia nyata. Dengan mengatur waktu penggunaan aplikasi, seseorang dapat memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar mereka dan membangun hubungan sosial yang lebih kuat.

✔️  4 Cara Mengatasi RAM Tidak Terbaca Di PC/ Komputer

Contoh-contoh konkret dampak positif mengatur waktu penggunaan aplikasi:

  • Seorang mahasiswa yang berhasil mengatur waktu penggunaan aplikasi dapat meningkatkan nilai akademisnya karena memiliki lebih banyak waktu untuk belajar.
  • Seorang pekerja yang berhasil mengatur waktu penggunaan aplikasi dapat meningkatkan produktivitas kerjanya karena memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pekerjaannya.
  • Seorang ibu rumah tangga yang berhasil mengatur waktu penggunaan aplikasi dapat memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus keluarganya dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan anak-anaknya.

Sumber daya tambahan untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi

Selain tips yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah beberapa sumber daya tambahan yang dapat membantu Anda mengatur waktu penggunaan aplikasi:

Situs web

  • Digital Detox: Situs web ini menyediakan berbagai tips dan saran untuk mengurangi penggunaan teknologi digital secara berlebihan, termasuk cara mengatur waktu penggunaan aplikasi.
  • RescueTime: Situs web ini melacak waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan berbagai aplikasi dan situs web, dan memberi Anda laporan tentang penggunaan waktu Anda.
  • AppDetox: Situs web ini menyediakan alat untuk membantu Anda membatasi waktu penggunaan aplikasi tertentu.

Buku

  • The Power of Habit: Buku ini membahas tentang bagaimana kebiasaan terbentuk dan bagaimana mengubahnya. Ini dapat membantu Anda memahami kebiasaan penggunaan aplikasi Anda dan bagaimana mengubahnya.
  • Digital Minimalism: Buku ini membahas tentang bagaimana mengurangi penggunaan teknologi digital secara berlebihan dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Ini dapat membantu Anda memahami dampak penggunaan aplikasi terhadap hidup Anda dan bagaimana menguranginya.
  • Indistractable: Buku ini membahas tentang bagaimana fokus pada hal-hal yang penting dan menghindari gangguan, termasuk gangguan dari aplikasi. Ini dapat membantu Anda mengendalikan penggunaan aplikasi Anda dan fokus pada hal-hal yang lebih penting.

Aplikasi

  • Freedom: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memblokir akses ke aplikasi dan situs web tertentu selama periode waktu tertentu.
  • Moment: Aplikasi ini melacak waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan berbagai aplikasi dan situs web, dan memberi Anda laporan tentang penggunaan waktu Anda.
  • Forest: Aplikasi ini membantu Anda untuk fokus pada tugas-tugas Anda dengan menanam pohon virtual. Semakin lama Anda fokus, semakin tinggi pohon Anda akan tumbuh.

Penutupan

Mengatur waktu penggunaan aplikasi di ponsel Android merupakan langkah penting untuk menjaga keseimbangan hidup. Dengan mengikuti tips dan teknik yang telah dibahas, Anda dapat mengurangi penggunaan aplikasi yang berlebihan dan menikmati manfaat positifnya, seperti peningkatan produktivitas, kesehatan mental yang lebih baik, dan hubungan sosial yang lebih kuat.

Mulailah mengatur waktu penggunaan aplikasi hari ini dan rasakan perubahan positif dalam hidup Anda.

Jawaban yang Berguna

Apa saja tanda-tanda kecanduan aplikasi?

Tanda-tanda kecanduan aplikasi meliputi penggunaan aplikasi secara berlebihan, kesulitan mengendalikan penggunaan aplikasi, terus menerus menggunakan aplikasi meskipun menimbulkan dampak negatif, dan mengalami gejala penarikan saat tidak menggunakan aplikasi.

Bagaimana cara menetapkan tujuan dan batasan penggunaan aplikasi?

Untuk menetapkan tujuan dan batasan penggunaan aplikasi, Anda dapat menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). Misalnya, Anda dapat menetapkan tujuan untuk mengurangi penggunaan aplikasi media sosial menjadi 30 menit per hari.

Apa saja fitur bawaan ponsel Android untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi?

Ponsel Android memiliki beberapa fitur bawaan untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi, seperti Digital Wellbeing dan App Timers. Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat melacak waktu penggunaan aplikasi, membatasi waktu penggunaan aplikasi tertentu, dan mengatur waktu bebas teknologi.

Apa saja aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi?

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi meliputi QualityTime, Forest, dan AppBlock. Aplikasi-aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membantu Anda mengendalikan penggunaan aplikasi, seperti pemblokiran aplikasi, pelacakan waktu penggunaan aplikasi, dan pengaturan waktu bebas teknologi.

Apa saja teknik-teknik untuk mengurangi penggunaan aplikasi?

Teknik-teknik untuk mengurangi penggunaan aplikasi meliputi mematikan notifikasi aplikasi, menghapus aplikasi yang tidak perlu, menetapkan waktu bebas teknologi, dan melakukan aktivitas offline yang menyenangkan.

Leave a Comment