Tips Bermain Aplikasi WhatsApp yang Berguna untuk Keseharian

Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu media untuk bertukar pesan, foto, video, serta suara yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari atau pribadi, maupun keperluan bisnis.

Ada banyak sekali fitur di dalamnya dan dapat memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas. Meskipun banyak pilihan fitur aplikasi WA, beberapa di antaranya masih terasa kurang bagi beberapa orang.

Agar dapat melakukan aktivitas dengan maksimal, maka Anda perlu mengetahui beberapa trik di dalamnya. Setelah mengetahuinya, Anda dapat segera mempraktikannya pada perangkat sendiri.

Tips Terbaik Menggunakan Aplikasi WhatsApp bagi Penggunanya

Berikut beberapa tips atau hacks menggunakan WA yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi:

  1. Membagikan Tautan untuk Melakukan Panggilan Video atau Suara

Sekarang aplikasi WhatsApp menyediakan fitur berbagi link mirip dengan Zoom maupun Google Meet, sehingga orang lain dapat bergabung dengan panggilan Anda dengan mengetuk link yang dibagikan kepada mereka.

Cara membuat link sendiri sebelum menyebarkannya kepada kontak WhatsApp antara lain:

  • Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp pada perangkat Android atau iPhone Anda.
  • Setelah itu pilih tab Call yang berada pada bagian paling kanan dari WA.
  • Selanjutnya pilih menu Create call link untuk menandai langkah pertama membuatnya
  • Pilihlah berbagai tipe panggilan video atau suara untuk dibuatkan link-nya.
  • Setelah tautan tertentu, maka memilih menu Share link atau Copy link merupakan pilihan selanjutnya untuk bisa dilakukan.

Namun ingatlah, bahwa tautan-tautan tersebut akan kedaluwarsa apabila tidak dipergunakan selama 3 bulan atau 90 hari.

  1. Tetap Centang Satu Walaupun Pesan Telah Dibaca

Beberapa orang tidak ingin diketahui jika mereka telah membaca pesan atau chat yang dikirimkan ke dalam akun aplikasi WhatsApp mereka. Hal ini membuat centang biru merupakan “musuh tersendiri”.

Hal tersebut dikarenakan tujuan dari hadirnya fitur tersebut adalah sebagai sebuah kode atau petunjuk bahwa pesan tersebut telah dibaca oleh penerima. Oleh karena itu ada cara lain agar pesan tetap ceklis satu meskipun sudah dibaca.

✔️  Aplikasi Menghasilkan Uang Asli Game Penghasil Uang Langsung ke Rekening

Caranya adalah dengan mengunduh GBWhatsApp dan uninstall WA resmi, namun pastikan telah melakukan backup data terlebih dahulu. Cara untuk melakukan metode kedua untuk aplikasi WhatsApp ini adalah:

  • Setelah mencopot WA resmi, silakan unduh GBWhatsApp dengan tautannya dapat Anda temukan di Google dengan mengetikkannya pada kolom pencarian Google.
  • Selanjutnya silakan buka GBWhatsApp, kemudian ambil menu Restore yang berfungsi untuk mengembalikan backup pesan. Atau jika Anda ingin membuka akun baru, silakan pilih Agree and Continue sebagai langkah registrasi awal.
  • Setelah itu silakan pilih ikon atau simbol titik tiga terletak pada bagian paling kanan atas WAGB. Selanjutnya kliklah AlexMods/FouadMods lalu ketuk Privacy and Security.
  • Jika telah memasuki bagian Privacy and Security, scroll hingga ke bagian bawah dan Anda melihat sub menu Chats. Silakan pilihlah setting untuk mengatur kontak dan grup.
  • Pada opsi tersebut akan muncul pop-up yang menyediakan beberapa pilihan untuk diaktifkan oleh pengguna. Silakan klik pilihan Hide blue ticks dan Hide second ticks yang bertujuan membuat pesan pada aplikasi WhatsApp pengirim yang ditampilkan hanya centang satu saja.
  • Akan ada menu yang akan memberitahu Anda mengenai siapa saja yang pesannya akan dibuat menjadi centang satu saja atau diabaikan, jangan lupa klik OK.
  • Setelah itu Anda bisa mulai merasa nyaman dan aman untuk membaca chat tanpa ketahuan. Selain untuk pesan pribadi, menu di sini juga bisa untuk grup.
  1. Melarang Anggota Grup untuk Mengirimkan Pesan

Seperti yang telah diketahui oleh banyak pengguna aplikasi WhatsApp, ada fitur grup dengan jumlah anggota cukup banyak di dalamnya.

Ketika bergabung dalam grup, terkadang anggota di dalamnya tidak menjalankan peraturan dengan benar, terutama grup resmi. Misalnya tetap chat pada batas jam, mengirimkan hal tidak baik, dan lain-lain.

✔️  10 Aplikasi Cari Jodoh Muslim Terbaik Di Android √

Jika Anda merupakan seorang admin di dalam grup tersebut, maka ada kewenangan tersendiri yang dimiliki admin, yaitu melarang anggota grup mengetik. Berikut beberapa langkah untuk menonaktfikan fitur mengetik bagi anggota grup:

  • Silakan buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke salah satu grup WhatsApp di mana Anda berposisi sebagai seorang admin.
  • Lalu ketuk profil grup dan langsung menuju menu Pengaturan Grup atau Group settings yang ada.
  • Kliklah Send messages, dan ubah menu yang awalnya berupa Semua Peserta atau All participants menjadi Hanya Admin atau Only admins. Jangan lupa memastikan bahwa setiap orang di sana, terutama yang tidak ingin Anda biarkan mengirim pesan bukan berstatus sebagai admin grup.
  • Setelah itu, artinya Anda telah sukses memblokir atau mematikan pesan dari orang-orang mengganggu di dalam WA tersebut.
  1. Mengubah Wallpaper Pesan

Pada aplikasi WhatsApp sudah ada wallpaper bawaan dan akan otomatis terpasang ketika Anda mendaftarkan akun. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa mereka bisa mengganti wallpaper tersebut dengan foto atau gambar milik sendiri atau persediaan dari WA. Untuk mengubahnya tampilan wallpaper-nya cukup cepat, dengan langkah sebagai berikut:

  • Silakan WA di Android atau iPhone Anda dan ketuk tombol titik tiga yang berada pada bagian pojok kanan atas, selanjutnya Pilih Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian ketuk pilihan Pesan atau Chats dan pilih menu Wallpaper.
  • Pilihlah wallpaper yang ingin Anda pasang, yang berasal dari dalam galeri HP, Wallpaper Librabry, maupun menggunakan wallpaper polos dengan beragam pilihan warna.
  • Setelah menemukan wallpaper untuk dipasang, Anda dapat menyaksikan menu preview. Pada menu ini Anda bisa mengatur posisi foto atau wallpaper tersebut dan aturlah seperti preferensi, dan lalu tekan Set.
  • Setelah itu semua tampilan wallpaper pesan Anda akan berganti seperti pengaturan tersebut.
  1. Mengirimkan Foto dengan Kualitas Bagus
✔️  10 Aplikasi Nonton Drama Korea Sub Indo Di Android (Terbaru)

Permasalahan pengguna WA pada umumnya adalah tidak bisanya mengirimkan foto dengan kualitas yang sama persis dengan yang ada di dalam galeri penyimpanan perangkat mereka, karena resolusi foto otomatis dikurangi. Hal ini membuat kualitas foto menjadi lebih “burik”.

Namun, sebenarnya hal ini dapat dicegah sehingga foto yang akan dikirimkan akan tetap memiliki kualitas serupa dengan aslinya. Cara tetap mengirim foto berkualitas bagus adalah dengan mengirimkannya melalui menu dokumen adalah sebagai berikut:

  • Jika masih menggunakan versi lama, silakan melakukan update terlebih dahulu terhadap WA Anda dengan menggunakan Google Play Store.
  • Jika sudah di-update atau WA Anda memang versi terbari, maka silakan buka aplikasi tersebut dan pilih kontak atau grup yang akan dikirimi foto berkualitas atau beresolusi tinggi.
  • Selanjutnya silakan memilih menu lampiran pada bagian bawah dekat papan ketik di aplikasi dan pilih Document. Carilah foto atau gambar dengan resolusi bagus untuk dikirimkan, dan klik Send atau Kirim.

Selain tips-tips di atas, jika Anda menjelajahi WA lebih dalam, maka masih ada beberapa trik lainnya yang dapat membantu agar pengalaman menggunakan aplikasi tersebut terasa lebih menyenangkan.

Dengan mengikuti semua tips menggunakan aplikasi WhatsApp di atas, maka Anda dapat merasakan pengalaman lebih menyenangkan.

 

Leave a Comment