Tips Berjualan Online di Marketplace

Semakin maraknya bisnis online membuat persaingan antar penjual juga semakin meningkat. Kompetisi antar penjual tidak hanya terjadi di sosial media, namun juga di marketplace. Hal ini mengharuskan para penjual untuk terus berpikir kreatif agar bisa menarik minat pembeli.

Salah satu masalah berjualan online (terutama di marketplace) adalah banyaknya kompetitor. Tidak sedikit kompetitor yang juga menjual barang yang sama, bahkan merek produk juga bisa sama.

Jika Anda ingin berjualan online dan bingung harus bagaimana agar toko online Anda bisa menjadi lebih menarik dari toko lainnya, simaklah tips berikut ini!

Tips Jualan di Marketplace Supaya Menarik Pembeli

1. Pilih Kata Kunci yang Sesuai untuk Label Produk

Saat calon pembeli ingin membeli suatu produk di marketplace, hal pertama yang mereka lakukan adalah mengetikkan kata kunci. Kata kuncinya bisa berupa jenis produk, merek, atau fungsinya.

Untungnya, hampir semua kolom pencarian di marketplace menyediakan fitur rekomendasi pencarian. Cukup dengan mengetikkan sebuah kata, kemudian akan muncul beberapa pilihan kalimat.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui kata kunci apa saja yang sebaiknya Anda gunakan sebagai label atau judul produk.

2. Gunakan Foto Produk Berkualitas Tinggi

Foto produk adalah poin penting dalam menarik perhatian calon pembeli. Karena calon pembeli tidak bisa melihat produk yang Anda tawarkan secara langsung, maka sediakanlah foto produk yang berkualitas tinggi.

Kualitas foto dilihat dari resolusi, estetika, dan originalitas. Resolusi tinggi membuat calon pembeli bisa melihat detail produk dengan baik. Estetika foto dapat menambah daya tarik calon pembeli untuk meng-klik foto produk Anda dari sekian banyak produk sejenis dari toko online lainnya.

Usahakan juga untuk menggunakan foto produk yang original. Kesamaan antara foto dan produk asli yang nantinya diterima oleh pembeli akan membangun kepercayaan pembeli untuk berlangganan.

✔️  Cara Cepat Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Program Affiliate

3. Pasang Label Harga Produk yang Jelas

Tidak sedikit penjual yang memasang label harga produk yang tidak jelas – atau bahkan kosong. Terutama apabila produk yang ditawarkan berupa jasa. Label harga yang dipasang biasanya seperti Rp1, Rp100, Rp1.000, dan sebagainya.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Grup Jual Beli Di Facebook

Hal ini akan membuat calon pembeli enggan meng-klik produk Anda – apalagi bila ada kompetitor Anda yang memasang harga yang jelas. Jika memang harganya bervariasi berdasarkan paket jasa yang dipilih, pasanglah harga kisaran. Contohnya seperti Rp 250.000 – Rp 1.000.000.

Kejelasan jumlah dana yang perlu disiapkan menjadi salah satu faktor penting bagi calon pembeli untuk memilih suatu produk, baik barang maupun jasa.

4. Sediakan Produk yang Bervariasi

Faktor lain yang membuat calon pembeli tertarik untuk membeli suatu produk adalah variasi yang tersedia. Pastikanlah setiap variasi memiliki foto sendiri-sendiri.

Variasi produk bisa berupa pilihan rasa, warna, tipe, dan juga barang pendukung lain. Misalnya Anda menjual produk jam tangan, maka Anda bisa menyediakan tali jam, rantai jam, baterai, atau kotak penyimpanan jam.

Selain membeli produk yang dicari, ketersediaan variasi akan memungkinkan calon pembeli untuk membeli barang lainnya. Selain karena praktis, belanja berbagai barang di 1 toko juga lebih hemat ongkos kirim.

Itulah tips-tips berjualan di marketplace yang bisa Anda gunakan untuk menarik minat calon pembeli agar mengunjungi dan membeli produk dari toko online Anda. Jika produk yang Anda tawarkan berupa jasa, Anda bisa menggunakan Tokona dan mengiklankannya secara gratis.

Leave a Comment