Setelah Windows 7, Kini Google Ikut Menghentikan Chrome App

Setelah kita mendengar berita mengejutkan terkait Microsoft yang menghentikan dukungannya terhadap Windows 7. Kali ini Google juga ikut memberikan informasi yang tidak kalah mengejutkan. Google akan menghentikan dukungan untuk Chrome App.

Hal ini disebabkan karena jumlah pengguna Chrome App yang sangat minim. Dukungan layanan tersebut akan benar-benar dihentikan dalam waktu dekat yaitu mulai Juni 2020.

Baca Juga: Versi Final dari Lovot si Robot Manja Anti Kesepian

Sebenarnya Google sudah merencanakan keputusan ini sejak tahun 2016 silam. Jumlah pengguna aktif yang menggunakan aplikasi tersebut bahkan hanya mencapai 1%. Sehingga pada tahun ini Google benar-benar mengambil langkah untuk menghentikan Chrome App. Nantinya proses penghentian dukungan layanan Chrome App ini akan di lakukan secara bertahap.

Jadwal tahapan Google menghentikan Chrome App akan dimulai pada bulan Maret 2020 yaitu dengan menghentikan penerimaan Chrome Apps  baru pada Google Web Store.

Pada Juni 2020, Google mengakhiri dukungan untuk Chrome App yang terdapat pada Windows, Linux dan Mac. Namun pada tahap ini pengguna Chrome Enterprise dan Chrome Education Upgrade masih memiliki akses untuk tetap memperpanjang dukungan aplikasi tersebut hingga Desember 2020.

Dukungan layanan Chrome App akan berhenti sepenuhnya pada Desember 2020 bagi Windows, Linux dan Mac.

Google Native Client (NaCI), PNaCi, dan PPAPI API akan dihentikan dukungan layanan aplikasinya pada Juni 2021. Pada waktu bersamaan dukungan Chrome App akan berhenti pada Chrome OS.

Pengguna Chrome Enterprise dan Chome Education Upgrade masih dapat memperpanjang hingga Desember 2022. Pada Desember 2022 dukungan Chrome App pada Chrome OS akan sepenuhnya dihentikan.

Baca Juga: Belum Terlambat, 5 Pengusaha Ini Sukses di Usia yang Tidak Lagi Muda

✔️  Developer Aplikasi Faceindo Mobile Resmi Menghentikan Pengembangannya

Setelah Google menghentikan dukungannya pada Chrome App, nantinya ada kemungkinan Chrome App yang telah dihentikan akan dialihkan ke website Google pada umumnya.

Kamu tidak perlu cemas terhadap ekstensi yang mungkin kamu gunakan di Chrome diluar dari Chrome App. Karena Ekstensi tersebut tetap akan dapat kamu gunakan dan berfungsi seperti biasa.

Sebagai pengguna kita harus bersiap akan keputusan Google yang akan berlangsung ini. Apakah kamu termasuk pengguna dari Chrome App yang akan dihentikan oleh Google ini?

Leave a Comment