Seputar Windows XP, Hal Menarik dan Cara Menginstall

Windows XP- adalah salah satu sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft dengan basis grafis dan dipakai pada komputer. Seperti komputer pribadi atau rumahan, komputer kegiatan bisnis, notebook dan pusat media.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat menyimak ulasan seputar windows versi XP yang penting untuk diketahui. 

Seputar Windows XP 

Windows dengan generasi XP ini sebenarnya masuk ke dalam versi lama yang dirilis tahun 2001 tepatnya pada 25 Oktober silam. Nama XP sendiri merupakan singkatan dari experience, sehingga windows ini merupakan kelanjutan dari windows 2000 profesional.

Seputar windows xp

Seperti windows millennium edition atau ME yang dikenal dengan sistem operasi windows paling pertama dibentuk. Dengan hadirnya windows XP ini membuka proyek Microsoft untuk mempersiapkan windows dengan generasi baru. 

Baca juga: windows 7

Windows dengan versi lama ini ternyata memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan seperti berikut ini. 

  • Windows XP professional

Pertama windows versi XP profesional yang merupakan bagian dari sistem operasi yang dibuat khusus komputer desktop dan terhubung langsung ke dalam sebuah jaringan. Sehingga bisa dijadikan komputer server. 

  • Windows XP home edition

Berikutnya ada windows XP home edition ini merupakan sistem operasi yang lebih ditujukan sebagai pengguna rumahan. Sehingga pada dasarnya tidak ada perbedaan mengenai versi profesional yang beda hanya fitur terbatas. 

  • Windows XP Media Center Edition

Selanjutnya windows dengan versi XP ini merupakan sistem operasi bersi dari windows yang diperuntukkan untuk perangkat seperti HiFi. Selain itu, windows ini tidak beda jauh dengan home edition tapi sudah didukung perekam video pribadi. 

  • Windows XP tablet PC edition 

Kemudian windows versi XP untuk versi tablet PC edition ini merupakan sistem operasi dengan versi lain. Windows versi XP ini ditujukan khusus untuk PC ultra portable. 

  • Windows XP profesional X64 Edition
✔️  2 Cara Membuat Watermark Di Word 2010

Selain itu, windows XP profesional X64 Edition ini merupakan sistem operasi versi windows yang lebih khusus sebagai prosessor menggunakan arsitektur x86-64.

Itulah beberapa jenis windows untuk versi XP yang menarik untuk diketahui. Kemudian bagaimana sih cara menginstall windows versi XP untuk laptop atau PC itu. Simak ulasan berikut ini. 

Cara Install Windows XP

Apakah Anda baru saja membeli komputer kemudian bingung bagaimana cara menginstall sistem operasi nya. Artikel ini adalah tempat yang tepat, karena akan dijelaskan cara install windows versi XP dengan mudah lengkap dengan penjelasannya. 

windows XP

  • Pertama saat PC sedang booting, masuk ke menu boot atau tekan F8, F12 atau Esc. Tapi tergantung dengan perintah yang muncul dibawah layar, kemudian masukkan CD instalasi windows XP dan pilih CD Rom drive.
  • Kemudian jika komputer Anda baru dan belum ada partisi maka Anda bisa mengatur dengan menekan C dan isi partisi yang diinginkan. 
  • Setelah diisi maka pilih partisi yang akan dibuat untuk instalasi versi XP dan tekan enter. Sebagai saran lebih baik taruh install di bagian atas partisi lain. 
  • Selanjutnya pilih format the partision using the NTFS file system, tunggu sampai format selesai dan proses ini dilakukan dua kali. Seteah selesai maka komputer akan otomatis restart dan masuk ke windows. 
  • Saat komputer sudah masuk ke windows XP, maka Anda akan diperintakan menunggu selama 40 menit. 
  • Ditengah proses menunggu ada notif untuk mengisi identitas, masukkan nama serta perusahaan tempat bekerja dan klik next. 
  • Setelah itu, isi nama komputer, jika ingin ditambah password maka isi password yang mudah diingat dan konfirmasi, lalu klik next. 
  • Setelah selesai isi tanggal dan waktu, jika ingin secara otomatis maka ubah time zone jadi GMT +07.00 dan klik next. 
  • Kemudian Anda akan diperintahkan untuk mengisi produk lisensi windows XP dan beli setelah selesai semua. 
  • Tunggu komputer melakukan restart dan masuki windows versi XP. Kemudian akan muncul settingan Anda bisa klik next. 
  • Jika komputer Anda terhubung dengan internet maka pilih pilihan pertama, atau biar lebih mudah Anda bisa skip dan klik next. 
  • Setelah itu Anda akan disuruh untuk mendaftar komputer ke Microsoft dan terjadi jika Anda terkoneksi, tapi jika tidak ingin register klik next.
  • Kemudian akan muncul lagi form untuk memasukkan nama komputer dan klik next.
  • Selesai maka Anda sudah bisa memakai windows XP untuk perangkat komputer Anda. 
✔️  Anti Gagal Cara Menyadap HP Suami Jarak Jauh Tanpa Aplikasi

Itulah cara mudah untuk menginstall windows untuk versi XP yang wajib diketahui. Selain itu, Anda juga bisa merasakan banyak kenikmatan karena banyak fitur menarik yang disediakan, untuk memudahkan pengguna nya berikut ini ulasannya. 

Fitur Windows XP 

Fitur didalam windows versi XP, memang sengaja dibuat agar pengguna lebih mudah dalam mengoperasikan komputer mereka. Didukung juga dengan teknologi terbaru yang membuat pengguna tidak ketinggalan pembaruan sistem. 

  • Didukung Dengan Sistem Domain Active Directory

Fitur windows XP yang pertama yaitu tersedia active directory yang merupakan sistem domain yang dipakai dalam windows server 2000. Dengan adanya fitur ini maka Microsoft bisa mengatur dalam satu tempat saja. 

  • Meningkatkan pengaturan kontrol akses

Kemudian windows versi XP ini juga sudah tersedia peningkatan dalam kontrol aksesnya. Fitur ini berguna untuk membatasi akses pada siapa saja yang tidak punya hak dari sebuah objek, meskipun teknologi ini sudah ada sejak dulu. 

  • Mendukung sistem berkas yang terenskripsi

Fitur ini berguna untuk melindungi data penting yang ada pada komputer sehingga tidak sembarang user bisa mengakses nya. Apalagi komputer lain, kecuali jika user mengetahui password. 

  • Didukung Manajemen Sistem Yang Terpusat

Fitur windows XP berikutnya yaitu mendukung manajemen sistem yang terpusat sehingga memori utama, managemen secondary storage, managamen berkas dan managemen sistem 1 per 10. 

  • Sudah Mendukung Jaringan 

Selanjutnya fitur yang dimiliki windows versi XP ini yaitu sudah didukung dengan jaringan yang memudahkan user untuk terhubung dengan jaringan. Seperti remote desktop hingga network setup wizard sehingga masalah jaringan terlihat. 

Inilah beberapa fitur yang akan Anda dapat jika menggunakan windows dengan versi XP. Karena pada versi tersebut lebih fokus pada jaringan baru yang lebih mudah digunakan oleh user. Berikut kelebihan windows generasi XP.

✔️  Cara Memasang Keylogger Di Android (Tanpa Root)

Kelebihan Windows XP 

aktivasi windows 10

  1. Lebih familiar dan mudah dipahami 
  2. Tidak butuh spesifikasi hardware yang tinggi
  3. Lebih banyak software yang kompatibel dan didukung driver lengkap
  4. Lebih stabil dengan sistem tinggi
  5. Aplikasi windows XP bisa dijalankan di komputer lain lewat internet.
  6. Mempunyai sistem kemanan yang bisa dipakai untuk melindungi folder
  7. Bisa digunakan untuk berbagi aplikasi yang real time di seluruh dunia
  8. Bisa melihat program apa saja yang berjalan
  9. Lebih mudah ditemui dimana saja dan tidak sama halnya dengan sistem operasi lain. 

Nah, itulah beberapa kelebihan dari windows XP dan seputar windows versi 2000 an ini yang harus diketahui. 

Leave a Comment