Seberapa Penting Software ERP Untuk Penjualan Distributor?

Berkembangnya teknologi membuat semuanya jadi serba cepat, termasuk arus informasi. Perusahaan harus bisa beradaptasi dengan cepat agar keberlangsungan bisnis bisa terus berjalan. Tidak cuma cepat, tetapi juga hasilnya harus akurat karena hal itu akan berdampak terhadap kualitas pelayanan dan pemasukan perusahaan secara langsung.

Untuk mendukung proses transisi tersebut, kini sudah ada software ERP yang siap membantu mengelola arus informasi di dalam perusahaan. Adanya sistem ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan software yang mampu mengintegrasikan seluruh proses bisnis mulai dari pengadaan, produksi, hingga penjualan.

Bagi perusahaan distributor mengoptimalkan penjualan jadi langkah penting untuk bisa memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan produsen. Lalu seberapa pentingkah penggunaan software ERP bagi distributor? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Alasannya Distributor Membutuhkan Sistem ERP?

Sistem ERP tentunya akan memberikan manfaat bagi tim penjualan perusahaan distributor melalui modul penjualan. Namun, yang paling penting ERP akan membantu tenaga penjualan di perusahaan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Adapun manfaat software ERP untuk distributor adalah sebagai berikut:

1. Penjualan Jadi Lebih Meningkat

Sistem ERP memiliki modul Customer Relationship Management (CRM) untuk membantu meningkatkan penjualan. CRM ini lebih fokus kepada informasi pelanggan secara keseluruhan, artinya tim sales bisa mengelola seluruh penawaran, prospek, kontak, hingga komunikasi dalam satu sistem.

Baca Juga: Apa Itu odoo? Mengenal Aplikasi Odoo ERP

Dengan begitu, tidak akan ada lagi kemungkinan atau peluang yang terlewatkan karena adanya informasi yang hilang akibat tidak tercatat. Penggunaan modul CRM

ini membuat tim sales lebih terorganisir yang akan mengarahkan pada peningkatan penjualan distributor.

2. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

CRM tidak hanya tools yang membantu distributor mendapatkan pelanggan potensial, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang ada saat ini.

✔️  Cara Belajar Trading dari Nol Paling Dasar sampai Mahir

Berbekal dari informasi tentang pelanggan yang didapat, tim sales bisa lebih banyak berkomunikasi secara teratur dan efektif yang akan mengarahkan untuk membangun hubungan yang lebih kuat. CRM ini juga dapat dengan cepat dan mudah dalam memberikan tanggapan seputar pertanyaan yang diajukan pelanggan mengenai pesanan saat ini. Sehingga hal ini akan meningkatkan pada tingkat layanan pelanggan.

Ketika Anda sudah mendapat dukungan dan hubungan yang baik dengan pelanggan, maka tingkat kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan lebih tinggi. Dengan begitu, loyalitas pelanggan pun akan ikut meningkat.

Dengan demikian tim sales perusahaan distribusi atau distributor bisa lebih banyak melakukan closing dengan penjualannya. Hal itu dikarenakan software ERP yang juga memiliki fitur penjualan, mulai dari Sales Quotation ketika ingin memulai penawaran. Jadi, begitu pelanggan akan menerbitkan pemesanan maka koordinasi ke tim sales ke bagian Finance untuk hal kredit bisa dilakukan dengan cepat.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Anda bisa mengandalkan software RedERP untuk meningkatkan penjualan serta menyederhanakan proses distribusi. software RedERP merupakan salah satu software ERP terbaik di Indonesia yang mampu membantu proses penjualan akan lebih teratur dan terintegras, sehingga tanpa disadari akan sangat membantu kinerja tim sales.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs RedERP agar bisa menjadwalkan demo dengan tim kami.

Leave a Comment