Review Samsung Galaxy Book 2021, Laptop 13 Jutaan Terbaik

kompirasi.com – Samsung Galaxy Book 2021 seharga Rp. 13 jutaan adalah pilihan tepat bagi mereka yang membutuhkan laptop di bawah Rp. 15 jutaan. Dengan kinerja yang cepat, Laptop Samsung 13 jutaan ini mengesankan, tetapi tidak memiliki daya tahan baterai dan tampilan yang benar-benar mencolok.

Biarkan kami memberitahu langsung. Segera setelah mengeluarkan Samsung Galaxy Book terbaru, kami pikir itu tidak akan lama. Prosesor Intel generasi ke-11 menggelitik minat kami, tetapi Core i5 dengan cepat memicu kegembiraan.

Plus, desain perak klasik berseru, “Saya seperti MacBook, tapi lebih murah!” Optimisme kami yang sudah kurang dengan cepat berkurang. Anggap saja, seperti pepatah u and me bikin ‘pantat’, setelah menggunakan Galaxy Book untuk bekerja dan hiburan, pasti terasa seperti satu.

Dari kekuatan pemrosesan cepat yang hanya dikalahkan oleh M1 MacBook Air dalam kategori di bawah Rp. 15 jutaan, hingga keyboard yang nyaman dan banyak port, Samsung mengejutkan kami dengan laptop yang mengesankan dan beradaptasi dengan baik. Tetap saja, kami memiliki rasa ingin tahu.

Meskipun sesuai dengan rata-rata, masa pakai baterai Galaxy Book tidak dapat mengimbangi beberapa pemain utama di kelasnya, dan touchpad membuat sobat ingin menghabiskan uang untuk mouse agar tidak menggunakannya. Selain itu, untuk layar 15 inci yang besar, Samsung tidak terlalu memaksakan layar.

Laptop ini membuat kesan pertama kami memalukan, tetapi bisakah Galaxy Book menjadi pembelian yang berharga? Mari kita jelajahi lebih lanjut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Book 2021

  • CPU: Intel Core i5-1135G7
  • GPU: Intel Iris Xe Graphics
  • RAM: 8GB
  • Penyimpanan: 256GB
  • Layar: LCD FHD 15 inci (1980 x 1080)
  • Baterai: 10:25
  • Dimensi: 14,04 x 9,02 x 0,61 inci
  • Berat: 3,4 pon

Kelebihan

  • + Performa Intel Generasi ke-11 yang luar biasa
  • + Desain bergaya
  • + Berbagai port
  • + Keyboard yang layak

Kekurangan

  • – Touchpad buruk
  • – Tampilan membosankan
  • – Webcam yang mengerikan
  • – Tidak ada tombol lampu latar

Konfigurasi dan Harga Samsung Galaxy Book 2021

Samsung Galaxy Book B2B Edition saat ini tersedia di Samsung.com dan Best Buy mulai dari Rp. 13 jutaan. Galaxy Book hadir dalam dua konfigurasi dengan pilihan konektivitas Wi-Fi atau LTE.

Model yang kami terima adalah Mystic Silver Wi-Fi Business Edition yang mencakup Intel Core i5-1135G7, Intel Iris Xe Graphics, RAM 8GB, dan penyimpanan 256GB. Ada juga opsi warna Mystic Blue yang hanya tersedia dalam konfigurasi ini.

Untuk meningkatkan penyimpanan dan daya pemrosesan, model LTE menyertakan CPU Intel Core i7-1165G7, Intel Xe Graphics, RAM 16GB, dan SSD 512GB. Ini juga tersedia pada model Wi-Fi, tetapi membutuhkan RAM 8GB. Samsung belum mengumumkan harga untuk spesifikasi yang ditingkatkan, tetapi harus di bawah Rp. 14 jutaan untuk bersaing dengan kompetisi.

Dibandingkan dengan laptop perjalanan lainnya, termasuk HP Envy 13, M1 MacBook Air, Acer Swift 3, dan Lenovo Yoga 7i, Galaxy Book secara signifikan lebih mahal, terutama dalam pengolahan diatur. kekuatan yang dibanggakannya.

Desain Samsung Galaxy Book 2021

Samsung mengikuti tren yang telah ditetapkan Apple dengan MacBook dengan tidak melakukan apa pun untuk membuat Galaxy Book menonjol di lautan laptop perak. Artinya, selain menempelkan logo “Samsung” di tutupnya.

Ini tidak selalu merupakan hal yang buruk, karena ada rasa kualitas bersama dengan desain aluminium yang ramping. Namun, akan sulit untuk membedakan antara produk ini dan Samsung Galaxy Book Go.

Untungnya, Galaxy Book memotong bezel tebal untuk memberikan lebih banyak ruang tampilan daripada Go, dan keyboard bergaya pulau dengan tombol hitam dan huruf putih berukuran luas dan modern. Peningkatan ukuran dan keypad numerik adalah tambahan yang bagus.

Namun, memperpanjang dek membuat laptop tidak ramah perjalanan bagi mereka yang bepergian. Kami menikmati layar 15 inci, tetapi Galaxy Book begitu besar dan berat sehingga muat di ransel laptop, jadi tidak mudah untuk membawanya keluar dari transportasi umum.

Tapi itu berarti laptop menjadi lebih baik saat meletakkannya di meja. Omong-omong, kaki karet di Galaxy Book lebih menonjol daripada banyak laptop yang pernah kami ulas, memungkinkan mereka untuk duduk dengan kokoh di permukaan yang datar.

✔️  Review Laptop Baterai Awet Asus Chromebook Detachable CM3

Ini juga menawarkan engsel 180 derajat untuk fleksibilitas tambahan, memberi sentuhan yang bagus setiap saat. Selain itu, ini adalah laptop perak tipis polos. Untuk desain yang lebih unik, pilihan warna Mystic Blue menjadi pilihan yang tepat.

Berukuran 14 x 9 x 0,61 inci dan berat 3,4 pon, laptop ini lebih besar dan lebih berat daripada laptop lain di kisaran harga yang sama. Ini termasuk HP Envy 13 (12,1 x 7,7 x 0,7 inci, 2,9 pon), Lenovo Yoga 7i (12,6 x 8,5 x 0,7 inci, 3,1 pon), Acer Swift 3 (12,7 x 8,6 x 0,67 inci, 2,7 pon) dan MacBook Air. Termasuk. (11,9 x 8,4 x 0,6 inci, 2,8 pon). Layarnya lebih kecil.

Port Samsung Galaxy Book 2021

Galaxy Book menyediakan berbagai port, jadi kami harap sobat juga merujuk ke laptop lain. Di sebelah kiri ada dua port USB-C, output HDMI 2.0, dan satu port USB-A 3.2.

Di sebelah kanan adalah port USB-A 3.2 lainnya, jack audio 3.5mm, dan pembaca kartu microSD. Ini memberi  cukup port untuk menggunakan beberapa periferal PC, dari keyboard hingga mouse, atau untuk mengunggah foto dan video dari kamera tanpa adaptor.

Tampilan Samsung Galaxy Book 2021

Layar raksasa 15 inci, 1080p FHD akhirnya memohon untuk digunakan melahap streaming film terbaru setelah dihentikan pada tahun 2020. Tapi sayangnya, Galaxy tertinggal dalam warna. Panel menumpulkan pemandangan yang mengesankan, tetapi setidaknya memberikan tampilan yang cukup terang.

Saat melihat trailer terakhir Dune (tapi harus dilihat), planet Arrakis tidak terlihat begitu bagus saat matahari sedang rendah. “Bumbu”, yang berkilau di atas pasir, tampak lembut di atas segalanya, tetapi mata biru tua Chani dari karakter Fremen Zendaya tidak begitu memikat seperti yang digambarkan dalam film.

Tampilannya bisa lebih baik, tapi itu bukan pemecah kesepakatan. Meliputi hanya 43,7% dari gamut warna DCI-P3, Buku Galaxy memalukan lebih buruk daripada panel yang sudah mengerikan ditemukan di Swift 3 (44%). Itu tertinggal jauh di belakang Envy 13 (80%), Yoga 7i (80%). ) dan MacBook Air (81%). Kategori rata-rata mengungguli mesin dengan lebih banyak fitur pada 84%.

Kecerahannya lebih cocok dengan Galaxy Book, mencapai rata-rata 319 nits. Ini masih jauh di bawah rata-rata kategori 390 nits, tetapi setara dengan Yoga 7i (266 nits) dan Swift 3 (251 nits). Namun, ia tertinggal di belakang Envy 13 (361 nits) dan MacBook Air (386 nits).

Audio Samsung Galaxy Book 2021

Kami pikir itu sedikit lebih eksperimental saat mendengarkan musik, jadi kami memainkan ‘Mooo!’ Dojacat dan menguji speaker Samsung Galaxy Book. Untuk kesenangan, ketukan dingin diucapkan dengan memuaskan dan Doja Cat menghibur saya dengan “nada” yang menyenangkan yang tidak dibayangi oleh melodi gitar lembut yang dimainkan di latar belakang.

Untuk sedikit lebih rock’n’roll, saya menaikkan volume untuk mendengar yodel bernada tinggi pada “Hocus Pocus” Focus. Meskipun merupakan lagu yang lebih tua, lagu ini penuh dengan riff gitar yang berbeda dan solo drum yang indah berkat sistem audio Dolby Atmos laptop.

Kami terkesan dengan kualitas audionya, tetapi tidak perlu membuat speaker lebih keras. Kami tidak perlu menurunkan speaker sehingga tidak mengganggu tetangga. Tetap kuat, fokus.

Keyboard dan Touchpad

Sulit dipercaya bahwa kualitas keyboard dan touchpad bisa sangat berbeda pada laptop yang sama, tetapi untuk Galaxy Book memang berbeda. Keyboard ini menawarkan nuansa sentuhan yang mirip dengan laptop terbaik di pasaran, sama seperti yang ditemukan di MacBook.

Tombol-tombolnya dapat ditekan dan punchy dengan memuaskan tanpa membuat klik yang murah meskipun perjalanan singkat. Pada tes mengetik 10FastFingers.com, kami mencapai 75 kata per menit. Ini lebih baik daripada rata-rata 72 wpm saya.

Namun, laptop ini tidak memiliki tombol dengan lampu latar, jadi mengetik di malam yang panjang menjadi tidak praktis. Ketika memikirkan touchpad, kata-kata yang muncul di benak adalah lambat, lengket, dan tidak akurat.

Touchpad plastik 4,7 x 3,3 inci terasa murahan, dan saya mendengar suara mencicit setiap kali menggerakkan kursor untuk menutup atau membuka tab. Juga, terkadang sulit untuk membedakan antara tombol klik kiri dan klik kanan. Jadi ketika saya ingin menutup tab dengan cepat, hanya menu drop-down yang ditampilkan.

✔️  Review Samsung Galaxy Chromebook 2, Laptop QLED Pertama

Ini adalah gangguan kecil yang tak tertahankan ketika harus menyelesaikan sesuatu dengan tergesa-gesa. Jika tidak ingin lagi menggunakan touchpad yang lumpuh, lihat halaman mouse terbaik kami.

Kinerja Samsung Galaxy Book 2021

Di sinilah Samsung Galaxy Book bersinar. Performa Intel Core i5-1135G7 membuktikan bahwa Core i5 tidak boleh dianggap remeh. Ini sebenarnya memberikan lebih dari cukup daya untuk rata-rata pengguna. Konon, Core i5 adalah opsi yang lebih menguntungkan karena harganya lebih murah daripada konfigurasi Core i7.

Namun, laptop ini tidak memiliki aspek tertentu. Kami menguji dengan melemparkan 30 tab Microsoft Edge ke dalam Galaxy Book. Ini mencakup dua Google Documents, dua video YouTube yang diputar di latar belakang, dan sebuah gulungan Instagram.

Itu sepotong kue untuk laptop karena tidak ada gagap atau lag saat beralih antar tab. Ini menyenangkan bagi para multitasker yang harus membuka tab berbeda untuk menyelesaikan tugas. Dimulai dengan Geekbench 5.4 dalam tes benchmark kami, Galaxy Book mencapai skor kinerja keseluruhan 4.984 yang mengesankan

Ini mengalahkan banyak pesaingnya, termasuk HP Envy 13 (4.930), laptop 13 inci terbaik dengan prosesor yang sama. Galaxy Book mengalahkan Lenovo Yoga 7i (4.538, Core i5-1135G7) dan Acer Swift 3 (4.895, Ryzen 7 4700U), tetapi tidak mendekati M1 MacBook Air (7.575).

Dalam pengujian pengeditan video kami, Galaxy Book juga berkinerja baik karena butuh 14 menit dan 9 detik untuk mengonversi klip 4K ke resolusi 1080p. Ini jauh di bawah rata-rata kategori 15:58 dan mengungguli Envy 13 (17:29) dan Yoga 7i (14:59). Swift 3 (11:00) dan MacBook Air (9:15) mengalahkan laptop, tetapi Galaxy Book dengan nyaman menempati posisi ketiga.

Saat menguji SSD NVMe 256GB Galaxy Book, itu tidak bertahan lama. Ini mengonversi file multimedia 25GB dengan kecepatan 162,1 megabyte per detik (MBps), yang menghebohkan dibandingkan dengan rata-rata kategori (622,5 MBps).

Envy 13 (415.6, 256 GB SSD), Yoga 7i (311 MBps, 512 GB SSD), dan Swift 3 (462.7 MBps, 512 GB SSD) benar-benar menghancurkan Galaxy Book, yang mengecewakan karena kinerjanya yang buruk di semua lainnya kategori.

Grafik Samsung Galaxy Book 2021

Intel Iris Xe Graphics dari Samsung Galaxy Book tidak dimaksudkan untuk memainkan game AAA modern seperti Halo Infinite, tetapi dapat menampilkan video 4K, memuat halaman web yang sibuk, dan bahkan menjalankan software pengedit foto untuk pengguna biasa.

Tidak hanya itu, laptop ini mengungguli banyak laptop lain di lapangan. Dalam benchmark 3DMark Fire Strike, Galaxy Book mendapat skor 4.280, mengalahkan Envy 13 (3.709), Yoga 7i (2.025) dan Swift 3 (2.847). Meskipun laptop kreator dengan GPU diskrit berada dalam kategori rata-rata (4.774), Galaxy Book berfungsi dengan baik.

Saat memainkan Sid Meier’s Civilization VI: Gathering Storm (1080p), Galaxy Book menjalankan strategi berbasis giliran yang populer pada 33 frame per detik yang nyaman. Ini bukan 60fps standar yang dicari banyak orang saat ini, tetapi masih cukup bagus untuk bermain game.

Galaxy Book dapat menangani game jauh lebih baik daripada Envy 13 (18fps, Iris Xe), Yoga 7i (27fps, Iris Xe) dan Swift 3 (18fps, AMD Radeon). Itu jauh di atas rata-rata 28 fps.

Masa Pakai Baterai

Daya tahan baterai bukanlah kekuatan Samsung Galaxy Book, tetapi masih menawarkan lebih dari 10 jam standar. Dalam uji baterai, yang terdiri dari penelusuran web berkelanjutan melalui Wi-Fi 150 nits, Galaxy Book bertahan rata-rata 10 jam 25 menit, melebihi rata-rata kategori 10 menit 15 detik.

Galaxy Book tertinggal dari laptop tahan lama lainnya, termasuk HP Envy 13 (11:15), Swift 3 (11:09), Yoga 7i (12:36) dan MacBook Air (14:41). Ini menetapkan standar baru untuk masa pakai baterai laptop.

Webcam Samsung Galaxy Book 2021

Halo, ini adalah webcam 720p. Kami bertemu lagi di laptop lain, dan sama liarnya dengan yang kami ingat.

Di dunia di mana smartphone seperti iPhone 13 memiliki fitur kamera depan yang hebat dan tablet kelas bawah seperti Xiaomi Pad 5 dapat mendukung resolusi 1080p. Sayang sekali laptop berorientasi bisnis tidak dapat mengumpulkan penembak berkualitas tinggi.

✔️  Review Acer Chromebook 715, Laptop Bisnis Ringan dan Portabel

Dalam kebanyakan kasus, kamera laptop adalah satu-satunya cara bagi para profesional untuk menunjukkan wajah mereka selama panggilan bisnis. Pandemi telah membuat konferensi video menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang, yang telah membuat webcam berwarna kasar sulit untuk menangkap detail dalam cahaya rendah.

Mengingat ini, Samsung Galaxy Book Go seharga Rp. 5 jutaan yang lebih murah memiliki penembak 720p yang sama. Setidaknya ada lebih banyak webcam daripada yang bisa dibanggakan oleh banyak laptop.

Namun karena laptop ini ditujukan untuk pekerja kantoran yang berpergian, Samsung Galaxy Book memiliki banyak kekurangan. Lihat halaman Webcam Eksternal Terbaik kami untuk mendapatkan apa yang membuat panggilan konferensi video terlihat lebih profesional.

Heat Samsung Galaxy Book 2021

Samsung Galaxy Book dapat menangani panas saat diberi tekanan, dan dapat membuat Anda tetap terlihat keren dan keren saat menjalankan video 1080p berdurasi 15 menit. Selama pengujian termal, bagian bawah laptop mencapai 85,5 derajat Fahrenheit, jauh di bawah ambang batas kenyamanan 95 derajat.

Touchpad tetap paling keren pada 78,5 derajat, dan bagian tengah keyboard mencapai 86 derajat. Lokasi terpanas laptop dapat ditemukan di bagian bawah dekat ventilasi yang diatur pada 89,5 derajat.

Software dan Garansi

Laptop ini hadir dengan Windows 11 Pro, tetapi dengan dirilisnya Windows 11, perlahan-lahan menjadi standar baru. Ada beberapa aplikasi pra-instal seperti Pencarian Cepat Samsung dan aplikasi Berbagi Cepat yang jauh lebih diterima daripada aplikasi mitra Booking.com (Samsung Edition).

Aplikasi seperti Quick Share, yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data secara instan dari perangkat Galaxy ke laptop Samsung mereka, berguna bagi pengguna yang memiliki perangkat Samsung lain seperti Samsung Galaxy S21 Ultra atau Samsung Galaxy Tab S7.

Ekosistem Galaxy berkembang menjadi lebih baik dan hadir dengan sejumlah fasilitas khusus, termasuk pemasangan cepat dengan Samsung Galaxy Buds 2, SmartThings yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat lain dari laptop mereka, dan fitur layar kedua yang menawarkan banyak layar.

Pengalaman baru tentunya bagi pengguna Galaxy Tab. Galaxy Book hadir dengan garansi terbatas 3 tahun.

Kesimpulan

Samsung semakin mahir mengembangkan laptop. Itu tidak berarti bahwa upaya masa lalu telah gagal, tetapi mereka belum mencapai status pemimpin pasar seperti smartphone Samsung Galaxy. Tetapi Samsung Galaxy Book 2021 mengatur perusahaan di jalan menuju kehebatan.

Prosesor Intel Core i5 Generasi ke-11 tidak hanya mengesankan dengan memberikan kinerja keseluruhan yang fantastis untuk laptop seharga Rp. 11 jutaan, tetapi juga merupakan laptop yang menjanjikan bagi para profesional karena keyboard yang layak, banyak port, dan desain yang tipis.

Dengan Samsung diharapkan untuk bekerja dengan prosesor ARM Exynos untuk laptop, akan menarik untuk melihat bagaimana Samsung akan membuat jajaran Galaxy Book menjadi lebih baik. Namun, ada beberapa gigi yang perlu digerinda agar mesin bisa mengalir.

Bezel tipis laptop memanfaatkan sepenuhnya layar 15 inci, tetapi panelnya sendiri kusam. Samsung juga harus melakukan sesuatu tentang touchpad dan webcam yang mengerikan. Terutama jika mempromosikan yang terakhir dengan menyatakan bahwa dapat memberikan “presentasi video yang mengesankan”.

Samsung Galaxy Book adalah laptop yang hebat, terutama bagi mereka yang memiliki perangkat Samsung lainnya. Jika sobat mencari sesuatu yang ekstra, inilah petunjuk untuk Samsung Galaxy Book Pro 360, laptop yang tidak ingin sobat lewatkan.

Leave a Comment