Pemilihan Niche yang Tepat dalam Cara Membuat Blog Menarik

Saat melakukan cara membuat blog, biasanya hal pertama yang dilakukan tidaklah membuat akun. Lebih dari itu, Anda harus memikirkan niche apa yang sekiranya bagus untuk blog tersebut nantinya.

Ternyata, sebuah niche dalam blog sangat menyumbang banyak peranan. Terlebih jika blog direncanakan untuk dimonetisasi. Lebih lengkap tentang cara membuat sebuah blog menarik memakai cara pemiilihan niche, ini dia pembahasan lengkapnya.

Mengenal Blog, Platform Kaya Manfaat

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara membuat blog, ketahui terlebih dahulu tentang definisinya. Blog merupakan sebuah wadah berbentuk website yang menyimpan sebuah catatan. Oleh karena itu disebut juga dengan istilah web blog.

Web merujuk kepada kata website yang merupakan sebuah situs internet. Sedangkan kata blog berarti sebuah catatan yang dikelola secara perorangan atau lebih dari satu.

Selain istilah blog, Anda juga harus memahami tentang istilah blogger. Blogger berarti bagian dari blog yang berarti pemilik akun atau sebuah blog. Blogger ini sifatnya pengelola dan pemiliik yang membuat situs tersebut lebih menarik.

Misalnya ada sebuah blog tentang kesehatan, berarti tugas blogger mengelola laman tersebut dengan niche yang berhubungan dengan hal demikian. Persepktif lain tentang blogger adalah nama sebuah layanan blog milik Google.

Google membuat wadah untuk membuat blog dengan tajuk Blogger.com. Tidak jarang juga banyak yang mengenalinya sebagai Blogspot. Setelah paham tentang blog dan blogger, bagaimana dengan blogging?

Blogging ini berarti aktivitasnya. Aktivitas mengelola, menulis, memperbaharui, pokoknya maintenance sebuah blog. Aktivitas satu ini sudah populer sejak awal 2000an, dengan memanfaatkan ragam tools digital.

Aktivitas ini semakin populer semenjak banyak blogger yang meraup pendapatan melalui aktivitas tersebut. Tidak heran jika aneka tutorial cara membuat blog sangat banyak dipelajari.

Definisi Niche, Hal Penting dalam Pembuatan Blog

Setelah paham tentang definisi sebuah blog, beranjak ke ulasan tentang niche. Niche merupakan hal tidak terpisahkan dalam membuat blog. Oleh karena itu dalam tutorial membuat blog, niche menjadi salah satu hal utama yang harus dipikirkan.

✔️  Hukum Trading Indodax secara Legal dan Menurut Islam

Lantas, apa itu niche blog? Niche blog merupakan sebuah topik atau tema yang menjadi pembahasan utama dalam laman tersebut. Contohnya blog dengan topik pertanian, tentu yang dibahas tidak lepas dari hal-hal pertanian.

Konten yang diposting di sebuah blog sifatnya bebas asalkan tidak melanggar hukum. Akan tetapi, sebaiknya tidak keluar dari niche awal yang sudah ditentukan, sehingga profesionalisme terlihat.

Memang sah saja pasca melakukan cara membuat blog posting konten yang topiknya campuran. Misalnya blog kesehatan tetapi posting konten tips berlibur. Kembali lagi, blog merupakan hal yang sifatnya personal, tergantung pengelolanya.

Akan tetapi, jika Anda ingin menyulap blog menjadi hal lebih menghasilkan, konsiten dengan niche yang dipilih adalah keharusan. Hal ini disebabkan karena mesin pencari lebih prefer terhadap blog dengan niche spesifik.

Sebuah blog yang fokus pada sebuah niche memiliki nilai lebih, karena memiliki audiens konsisten. Berarti blog dengan niche yang konsisten ini tidak sebatas SEO friendly, melainkan juga user friendly.

Oleh karena itu, dalam cara membuat sebuah blog paling utama adalah memikirkan niche dahulu. Baru setelah itu take action mengelolanya sehingga menjadi sesuai yang menghasilkan.

Aneka Macam Niche Menarik dalam Cara Membuat Blog

Biasanya bagi para blogger pemula, pemilihan niche terasa memusingkan. Bisa jadi saat ini sedang tertarik dengan niche wisata, di tengah jalan ingin berubah haluan. Jika blog sudah jadi dan ternyata berubah haluan, tentu akan merepotkan.

Oleh karena itu, pentingnya memilih secara matang niche yang akan dikelola. Untuk lebih memudahkan, beberapa pilihan niche berikut bisa membantu bahan pertimbangan.

  1. Kuliner

Jika Anda melakukan pencarian Google dengan keyword Kuliner, maka jumlahnya sangat banyak. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai niche blog yang sangat menjanjikan. Terlebih, trend kuliner di Indonesia tiada matinya.

Untuk ketersediaan topik konten juga tidak perlu risau karena banyak sekali opsinya. Contohnya saja seperti tips, informasi harga, informasi resto, resep, dan sejenisnya.

  1. Wisata
✔️  Cara Transfer Saldo Gopay Ke Rekening Bank (Seluruh Bank)

Liburan bukanlah hal mewah untuk sebagian besar orang di masa kini, melainkan sebagai kebutuhan. Hal ini bisa menjadi peluang untuk melakukan cara membuat blog dengan niche wisata.

Informasi seputar tempat wisata, penginapan, aneka tips liburan, pesan tiket, dan sebagainya sangat berharga. Banyak yang browsing terlebih dahulu tentang segala keperluan liburan sebelum berangkat.

Terbukti, menurut Google Trend, kata kunci seputar rekomendasi wisata menempati urutan tertinggi. Terlebih pada masa mendekati libur bersama seperti lebaran misalnya. Endorse tentang tempat menginap dan wisata juga kemungkinan akan Anda peroleh.

  1. Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin paripurna juga menjadikan niche satu ini menjanjikan. Bisa dilihat dari Google Trends, dimana pencarian seputar gawai terbaru menduduki peringkat wahid.

Niche ini sangat berpeluang mendatangkan banyak pengunjung, tanpa khawatir kekurangan ide. Setiap bulan, aneka macam gadget terbaru diluncurkan dan bisa menjadi ide konten setelah melakukan cara membuat blog.

Tidak hanya itu, isu terkait teknologi juga menjadi topik empuk untuk dibahas. Keuntungan dari pengiklan seperti toko teknologi, web hosting, hingga aplikasi tentu bisa Anda raih.

  1. Kecantikan

Jika sedang bingung dalam cara membuat blog tentang pemilihan niche, kecantikan bisa Anda lirik. Berkembangnya trend kecantikan berkat banyaknya beauty influencer membuat niche satu ini sangat menggoda.

Bahkan, kenaikan pencarian sebanyak 30% tentang blog kecantikan terjadi di Google. Platform mesin pencarian dimanfaatkan para penggunanya untuk mencari aneka review tentang produk kecantikan.

Niche kecantiikan yang Anda pilih juga relatif mudah dikelola. Salah satunya dengan menghadirkan topik review produk-produk skincare hingga riasan. Tips merawat wajah, pemilihan produk kecantikan, dan sebagainya juga bisa menjadi ide menarik.

Tips Pemilihan Niche dalam Cara Membuat Blog Menarik

Beberapa contoh niche menarik sudah disebutkan di atas. Akan tetapi, bagaimana prakteknya dalam cara membuat sebuah blog? Agar pemilihan niche tidak membuat Anda menyesal, ini beberapa tipsnya.

  1. Pilih Topik Populer

Tidak sekadar mengandalkan idealisme dengan berpegang terhadap topik yang disukai. Anda juga harus realistis melihat bagaimana kepopuleran topik tersebut. Imbangi minat dan pengetahuan tentang niche dengan melihat popularitasnya.

✔️  10 Situs Nonton Drama Korea (Drakor) Sub Indo Terbaru

Caranya dengan Google Trends, kemudian lihat bagaimana topik yang Anda akan kelola di mata audiens. Bandingkan dengan topik lain yang juga diminati, baru putuskan dalam memilih niche.

  1. Pastikan Anda Suka dan Paham

Jangan memaksakan diri dalam cara membuat blog dan memilih niche, tetapi tidak paham isinya. Topik yang dikuasai dan disukai akan memudahkan Anda menemukan aneka ide dan konten. Bisa jadi, konten artikel yang diposting lebih kreatif karena dibarengi dengan minat.

Selain itu, pemilihan topik yang disukai dan dipahami akan mencegah rasa jenuh di tengah jalan. Tidak jarang banyak blog yang bagus di awal-awal tetapi macet dan terbengkalai pada akhirnya.

Sebenarnya tidak harus berperan sebagai master dalam niche yang akan dibahas. Cukup gunakan bahasa yang baik, mudah dipahami, sehingga audiens juga nyaman membacanya.

  1. Lihat Peluangnya

Cara membuat blog agar menarik juga harus mempertimbangkan peluang keuntungannya. Cari tahu apakah niche yang dipilih berpeluang menguntungkan dengan aneka metode. Beberapa metode agar blog bisa menguntungkan bisa dengan beberapa hal:

  • Google Adsense
  • Jualan Produk
  • Jualan eBook
  • Jualan Jasa Konsultasi
  • Afiliasi, dan masih banyak lagi

Sejatinya, niche sebuah website atau blog pasti memiliki target pembacanya tersendiri. Tinggal bagaimana Anda mengelolanya sehingga menjadi blog berkualitas. Walau demikian dalam cara membuat blog menarik, memilih niche yang bagus juga tidak boleh dilewatkan.

 

Leave a Comment