Mudah Sekali Cara Instal Ulang Android Asus

Asus adalah salah satu merek HP yang sangat terkenal di banyak kalangan. Ada beberapa hal yang membuat pengguna melakukan reset ulang terhadap HP-nya. Seperti cara instal ulang android asus yang akan diberikan berikut ini.

Melakukan reset ulang pada smartphone dilakukan biasanya untuk menghapus beberapa dokumen penting secara cepat. Atau bisa juga digunakan untuk HP yang sering mengalami rusak di bagian software.

Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi mengapa banyak pengguna smartphone ingin melakukan reset ulang. Hal ini tentu karena adanya beberapa permasalahan yang sering muncul atau terjadi.

Baca juga: cara instal Drive di android

Apa saja permasalahan yang biasanya dihadapi oleh pengguna HP Asus?

Permasalahan Yang Seringkali Terjadi Pada Pengguna Asus

cara instal ulang android asus

Smartphone Lemot

Biasanya pengguna mengalami performa yang turun, sehingga Hp terasa sangat lambat. Lemot yang terjadi pada HP ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya faktor HP terkena virus.

Atau biasanya terjadi karena HP yang dimiliki sudah menyimpan terlalu banyak data. Sehingga performa HP menjadi menurun dan menyebabkannya menjadi lemot.

Sering Hang

Hang adalah kondisi HP ngefreeze ata tidak dapat digerakkan. Atau bisa juga sering berjalan dengan sendirinya tanpa ada yang menyentuhnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan HP sering kali hang.

Biasanya disebabkan oleh penuhnya memori atau adanya virus jahat dalam HP. Sehingga perlu adanya perbaikan untuk membuat HP menjadi lebih mudah dikendalikan.

Sinyal Tidak Muncul

Biasanya orang membutuhkan cara instal ulang android asus karena sinyal yang tidak muncul. Hal ini terjadi biasanya karena kegagalan Hp dalam membaca kartu pengguna. Atau disebabkan oleh faktor lainnya.

Sehingga untuk membuat adanya sinyal kembali. Bisa coba lakukan reset pada HP Anda. Atau reboot ulang untuk mendapatkan sinyal kembali. Karena apabila tidak ada sinyal maka Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan koneksi internet.

✔️  3 Cara Transfer Dari BCA Ke Bank Jago

Salah Upgrade Os

Melakukan upgrade pada HP Anda memang sangat disarankan sekali. Namun perlu diketahui bahwa melakukan upgrade juga bisa membuat HP menjadi lebih lambat dari biasanya. Atau Anda melakukan kesalahan upgrade OS yang Anda miliki.

Sehingga kesalahan tersebut membuat HP Anda mengalami beberapa masalah. Untuk itu dibutuhkan cara instal ulang android asus yang baik dan benar. Untuk dapat mengembalikan HP ke pengaturan awal kembali.

Sering Terjadi Error

Error ini biasanya terjadi karena HP gagal dalam melakukan sistem yang seharusnya. Seperti saat Anda sedang menggunakan salah satu aplikasi tiba-tiba keluar sendiri. Hal tersebut karena disebabkan adanya error. 

Hal tersebut terjadi karena banyak faktor, salah satunya adanya virus di dalam HP Anda. sehingga perlu dilakukan pembersihan untuk tidak membuat HP Anda menjadi lebih error kembali. Sehingga sangat disarankan untuk melakukan reset ulang pada HP Anda.

Masih ada banyak sekali permasalahan yang seringkali terjadi dan dialami oleh pengguna Asus. Namun, untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Maka diperlukan sebuah solusi yang baik untuk membuat HP Anda menjadi lebih baik lagi.

Karena biasanya sebelum melakukan reset ulang. Anda akan diminta untuk melakukan cadang data. Berikut cara mencadangkan data yang mudah untuk dilakukan.

Cara Mencadangkan Data yang Mudah

  1. Masuk ke dalam menu pengaturan lalu buat cadangan dan setel ulang. Pilih untuk melakukan backup data lalu pilih data mana saja yang akan dilakukan pencadangan.
  2. Masukkan email Anda untuk akun yang akan disimpan datanya. Lalu setelah itu pilih pemulihan data melalui Email yang sebelumnya sudah Anda masukkan.
  3. Atur ulang jaringan provider milik Anda. Maka jika seluruh tahapan tersebut sudah dilakukan maka data yang Anda cadangkan telah berhasil.
✔️  Cara Daftar Origin Untuk Main Game Apex Legends

Setelah itu Anda hanya perlu melakukan reset ulang ponsel dengan aman dan nyaman. Diperlukan adanya pembersihan secara cepat. Hal ini dilakukan karena performa HP yang semakin menurun dan lambat.

Instal ulang hp asus

Sehingga ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna Android Asus. Bahkan cara yang digunakan untuk menginstal ulang terbilang mudah dan cepat.

Beberapa Cara Mudah Melakukan Reset Ulang HP Asus

Melakukan Factory Reset 

Factory reset ini adalah salah satu cara yang diambil untuk mengembalikan sistem HP ke kondisi awal. Sehingga beberapa data yang tersimpan akan terhapus dan seluruh aplikasi akan direset ulang.

  1. Masuk ke dalam menu setelan atau pengaturan yang ada di HP Anda masing-masing.
  2. Setelah itu masuk ke bagian Sistem untuk melanjutkan pada menu pilihan Opsi setel ulang.
  3. Jika dirasa sudah mantap untuk melakukan reset ulang. Bisa langsung memilih pilihan reset ke setelan pabrik.
  4. Nantinya Anda akan mendapat peringatan bahwa seluruh data yang ada akan dihapus. Jika sudah oke maka pilih reset ponsel.
  5. Tunggu beberapa saat sampai ponsel memberitahukan bahwa sedang melakukan proses pemuatan ulang pada HP.
  6. HP Asus akan secara otomatis melakukan reset ulang.
  7. Tunggu hingga proses reset tersebut selesai.
  8. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan mengatur ulang ponsel. Mulai akun Gmail hingga pada pengaturan keamanan ponsel.
  9. Untuk itu selalu pastikan bahwa Anda sebelum melakukan reset telah melakukan backup data. Sehingga tidak perlu lagi bingung untuk melakukan login atau masuk kembali ke akun aplikasi dalam HP Anda.

Recovery Mode

Selanjutnya ada cara instal ulang android asus melalui Hard Reset. Ini adalah cara untuk mengembalikan setelah ponsel kepada setelan pabrik. Sama seperti factory reset, Anda harus mencadangkan seluruh data atau dokumen yang ada di HP Anda.

✔️  Cara Menghapus Pesan Di Discord

Untuk melakukan hard reset atau recovery mode ini dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol. Biasanya recovery mode ini dilakukan ketika Anda lupa akan sandi ponsel Anda. Berikut langkah mudah melakukannya.

  1. Matikan terlebih dahulu HP Asus Anda.
  2. Selanjutnya tekan secara bersamaan tombol power dan volume yang untuk mengecilkan. Tekan selama beberapa detik.
  3. Secara otomatis akan masuk pada recovery mode. Pada menu ini Anda bisa memilih ingin menghapus partisi, atau melakukan root bahkan melakukan factory aset juga bisa. 
  4. Namun sebelum itu pastikan data telah tersimpan pada HP dengan baik.
  5. Tunggu hingga prosesnya selesai. 

Apabila seluruh tahapan sudah dilakukan berarti selamat HP Anda sudah berhasil dilakukan reset ulang. Apabila Anda masuk kembali maka perlu melakukan login ke berbagai aplikasi dan pastinya Email Anda. 

Jika sudah masuk kedalam email Anda maka hanya perlu melakukan pemulihan cadangan data yang tersimpan. Apabila sebelum melakukan reset ulang tidak melakukan pencadangan data. Maka seluruh data yang Anda miliki telah hilang.

Recovery mode Asus

Maka melakukan pencadangan data adalah salah satu tahapan yang sangat penting sekali untuk dilakukan. Jangan sampai Anda tidak melakukan pencadangan data ya. Itulah tadi beberapa penyebab dan juga bagaimana cara instal ulang android asus yang benar dan baik.

Leave a Comment