Review MSI Prestige 14 Evo, Laptop Gaming Ideal untuk Editing

kompirasi.com – Kecepatan Cepat dengan Sedikit Slip. MSI Prestige 14 Evo sangat ideal untuk editor foto dan video tingkat menengah. Tetapi tata letak keyboardnya yang aneh adalah kelemahannya.

MSI Prestige 14 Evo mendapatkan nama funky dari kolaborasinya dengan platform Intel Evo. “Apa itu platform Intel Evo?” Untuk menjawab pertanyaan ini, kami sering menggambarkan Intel Evo sebagai FDA untuk industri laptop.

Seperti lencana yang disetujui FDA pada produk makanan, stiker Intel Evo memberi konsumen ketenangan pikiran bahwa laptop mereka telah diverifikasi untuk memenuhi atau melampaui standar tinggi untuk masa pakai baterai, konektivitas, perangkat keras internal, dan banyak lagi.

Kami menguji sendiri Prestige 14 Evo dan lencana Intel Evo diterima dengan baik. Prestige 14 Evo dikemas dengan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 yang kuat dan menawarkan runtime baterai yang mengesankan hampir 11 jam.  Hal ini juga halus, glossy, dan hampir tanpa bobot.

Jika memasukkan perangkat ini ke dalam tas, sobat bahkan tidak akan menyadarinya. Pembuat konten akan menghargai perangkat lunak pengedit foto dan video pra-instal Prestige 14 Evo yang berguna.

Prestige 14 Evo memiliki beberapa gangguan, termasuk tampilan yang sangat redup dan touchpad yang licin. Namun, tes yang mendorong banyak pesaing mereka keluar dari air memungkinkan kekurangan ini diabaikan.

Spesifikasi MSI Prestige 14 Evo

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-1185G7
GPU: Intel Iris Xe
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB NVMe SSD
Tampilan: 14", 1080p
Dimensi: 12,5 x 8,5 x 0,6 inci
Berat: 2,7 lbs

Kelebihan

  • + Daya tahan teruji militer
  • + Tampilan warna yang akurat
  • + Daya tahan baterai yang layak
  • + Kinerja cepat
  • + Transcoding video ultra-cepat

Kekurangan

  • – Tata letak keyboard yang aneh
  • – Tampilan redup
  • – Kualitas speaker bisa lebih baik

Konfigurasi dan Harga MSI Prestige 14 Evo

Prestige 14 Evo mulai dari Rp. 16 jutaan dan dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-1135G7, grafis Intel Iris Xe, RAM 16GB, SSD 512GB, dan layar 1920 x 1080 piksel. Untuk harga Rp. 17 jutaan, sobat mendapatkan spesifikasi yang sama dengan Prestige 14 Evo entry-level, tetapi dengan CPU Intel Core i7-1185G7.

Unit ulasan kami meningkatkannya dengan SSD 1TB dan dibanderol sekitar Rp. 18 jutaan. Prestige 14 Evo yang kami ulas memiliki lapisan karbon abu-abu. Prestige Evo 14 juga tersedia dalam warna Rose Pink dan Pure White, tetapi hanya model dengan SSD 512GB.

Desain MSI Prestige 14 Evo

Prestige 14 Evo dikemas dalam lapisan “abu-abu karbon” yang terlihat seperti biru tua gelap di mata. Tetapi kami tidak mencoba untuk membantah persepsi warna MSI yang unik.

Laptop ultraslim MSI dihiasi dengan trim biru elektrik reflektif yang membungkus penutupnya, mencegah perangkat menjadi laptop membosankan lainnya di pasaran.

Prestige 14 Evo memiliki kecanggihan yang cukup halus untuk berbaur dengan lingkungan profesionalnya, tetapi dengan sedikit goyangan untuk memberinya kepribadian. Ini seperti pria berpakaian bagus di acara networking yang mengenakan dasi mewah.

Pada tutupnya, logo MSI hitam MSI hampir tidak terlihat di tengah, yang sulit dilihat kecuali dipegang di bawah sumber cahaya. Kami menghargai logo rustic yang tidak semua orang ingin menjadi papan reklame berjalan untuk merek laptop.

Membuka tutupnya memperlihatkan layar dengan dua bezel ultra-tipis di kiri dan kanan, tetapi bingkai atas dan bawah lebih tebal. Bezel atas menampung webcam 720p dan bezel bawah menampilkan logo MSI halus lainnya.

Perlu juga dicatat bahwa membuka tutupnya akan mengangkat laptop pada sudut 5 derajat dari permukaan, membuat pendinginan dan pengetikan menjadi jauh lebih efisien. Laptop ini juga menawarkan engsel 180 derajat yang mendukung mode flip dan share Prestige 14 Evo.

Dek memancarkan warna seperti batu dengan warna yang lebih terang dari tutupnya yang menjemukan. Huruf abu-abu terang sangat kontras dengan tombol abu-abu gelap yang dilapis. Tombolnya lebih besar dari yang dimiliki di kebanyakan laptop yang kami ketik.

Tetapi ada masalah kecil di sini yang akan kita bahas di bagian keyboard. Dihiasi dengan trim biru reflektif, touchpad berukuran besar dan memanjang. Di bagian bawah, sobat akan menemukan ventilasi Prestige 14 Evo yang didesain menarik.

✔️  Review Apple MacBook Pro 13 Inch M2 2022, Laptop Fitur Terbaru

Ventilasi ini mengingatkan kami pada visualisator audio yang menari mengikuti irama musik. Salah satu fitur terbaik dari Prestige 14 Evo adalah bobotnya (2,8 pon) dan profil ramping (tebal 0,6 inci).

Prestige 14 Evo memiliki ketebalan yang sama dengan para pesaingnya, Dell XPS 13, Apple MacBook Pro 13 inci dengan M1, dan Lenovo Yoga 9i. Prestige 14 Evo memiliki bobot yang sama dengan para pesaingnya, kecuali Yoga 9i, yang beratnya sama dengan sehelai rambut (3 pon).

Ketahanan dan Keamanan

Prestige 14 Evo telah lulus beberapa tes MIL-SPEC 810G. Ini berarti dapat menahan jatuh, guncangan, getaran dan ketinggian ekstrim. Beberapa kecelakaan tidak akan membuatnya sia-sia.

Prestige 14 Evo juga dilengkapi dengan otentikasi biometrik melalui pemindai sidik jari (terletak di sudut kiri atas touchpad), sehingga sobat tidak perlu khawatir tentang seseorang yang sibuk masuk ke laptop dari belakang. Sobat juga dapat masuk dengan wajah melalui kamera IR.

Port MSI Prestige 14 Evo

Penawaran I/O pada Prestige 14 Evo jauh mengungguli pesaingnya yang peka terhadap port (seperti XPS 13 dan MacBook Pro). Di sebelah kiri ada dua port Thunderbolt 4. Di sebelah kanan adalah slot kartu microSD, jack headset dan port USB 2.0 Type-A.

USB 2.0 agak terlalu banyak untuk sebagian orang, tetapi kami tetap menghargai dimasukkannya port lama. Jika membutuhkan lebih banyak port, lihat halaman Hub USB Type-C Terbaik dan Stasiun Docking Laptop Terbaik kami.

Tampilan MSI Prestige 14 Evo

MSI Prestige 14 Evo dilengkapi dengan layar anti-silau 14 inci 1920 x 1080 piksel. Kami menonton trailer untuk Jumanji: Level One di Prestige 14 Evo dan menatap kosong ke layar saat menemukan kerajinan tangan yang rumit dari perhiasan buatan tangan yang dililitkan di leher para aktor.

Batu zamrud di kalung itu memberikan warna hijau yang menakjubkan. Sebuah permainan papan kuno yang ajaib muncul di layar dan kami bisa mengenali setiap goresan cat dari kata “Jumanji.” Kami hampir bisa merasakan punggungan di bahan kayu.

Kebakaran hebat membakar desa-desa Afrika, memancarkan warna oranye, merah dan kuning yang kaya dari tampilan. Layar pada Prestige 14 Evo gelap gulita seperti langit mendung dan hanya menawarkan kecerahan 245 nits.

Rata-rata laptop premium (394 nits), Yoga 9i (334 nits), MacBook Pro (435 nits), dan XPS 13 (469 nits) semuanya lebih terang daripada Prestige 14 Evo.

Di sisi positifnya, Prestige 14 Evo mencakup 82% dari gamut warna DCI-P3, yang tidak mengalahkan rata-rata laptop premium (85%), tetapi Yoga 9i (76%), MacBook Pro (78%) dan XPS 13 (69%). ).

Akurasi warna juga tidak buruk. Prestige 14 Evo memiliki skor Delta-E 0,2 (mendekati 0 lebih baik), yang cocok dengan XPS 13, tetapi mengalahkan rata-rata laptop premium (0,27), Yoga 9i (0,29) dan MacBook Pro (0,21). .

Audio MSI Prestige 14 Evo

Jika mengerjakan musik dan suara secara profesional, kami tidak menyarankan penggunaan Prestige 14 Evo (atau menggunakan headphone nirkabel yang sesuai). Speaker bawah laptop membuat suara “Leviting” Dua Lipa seperti berasal dari hp murahan lama.

Bahkan pada volume maksimum, kemacetan tidak dapat memenuhi laboratorium berukuran sedang. Kami menggulir aplikasi dan fitur Prestige 14 Evo untuk menemukan aplikasi penyetelan pra-instal, tetapi sayangnya tidak menemukan apa pun yang dapat menyetel suara kasar dan kecil.

Jika kualitas audio yang bagus bukan prioritas, sobat mungkin mengabaikan speaker biasa-biasa saja dari Prestige 14 Evo. Tetapi untuk audiophiles, produser musik atau editor suara, ultrabook MSI ini mungkin bukan untuk sobat.

Keyboard MSI Prestige 14 Evo

Keyboard bergaya pulau dengan lampu latar Prestige 14 Evo mengalami pasang surut. Kami suka itu lebih tinggi dari ketinggian laptop biasa. Namun, keputusan MSI untuk memperluas statusnya datang dengan beberapa pengorbanan, termasuk relokasi kunci FN.

✔️  ✓ 11 Rekomendasi Laptop Touchscreen Terbaik 2022

Tombol FN berpindah ke sisi kanan keyboard dan berbagi kunci dengan CTRL. MSI membuat kunci setengah dengan FN di kiri dan CTRL di kanan. MSI juga melakukan dosa besar dengan menempatkan tombol daya di tempat biasanya tombol Hapus.

Tombol tilde (~) juga lebih kecil dari biasanya, tapi kami tidak terlalu peduli. Lagipula kami tidak menggunakannya. Namun, tombol CTRL dan FN yang didesain ulang dengan canggung membutuhkan beberapa adaptasi dan kami sedikit kesal tentang hal itu.

Dalam tes 10fastfiners.com, kecepatan mengetik kami turun menjadi 82 kata per menit. Tetapi jika memiliki lebih banyak waktu untuk membiasakan diri dengan keyboard, kami yakin kecepatan mengetik akan meroket ke skor rata-rata.

Menawarkan jarak tempuh 1,5mm, tombol terasa agak lembut, tetapi masih cukup taktil bagi pengguna untuk menyelami alur pengetikan sentuh. Kami tidak terlalu suka touchpad karena tidak enak saat memakainya. Touchpad pada Prestige 14 Evo sangat lebar. Ukurannya 5,5 x 2,5 inci.

Kami menghargai lebar touchpad, tapi kurang suka rasanya. Touchpad yang licin memiliki tekstur yang lembut dan mewah, seperti menggerakkan jari melalui sutra. Beberapa mungkin lebih suka ini, tetapi secara pribadi kami merasa agak terlalu lunak.

Ini bukan dealbreaker, tapi kami suka touchpad dengan cengkeraman yang lebih baik. Meskipun touchpad apik, gerakan multi-sentuh Windows 10 seperti pinch zoom, scroll dua jari, dan tap tiga jari bekerja seperti pesona.

Performa dan Grafik

Pembuat konten yang membutuhkan mesin dengan kemampuan multitasking akan berkembang pesat dengan CPU Intel Core i7-1185G7 Prestige 14 Evo dengan RAM 16GB. Kami memulai dengan Netflix, dua film YouTube, dan 30 tab Google Chrome tambahan. MSI tidak menunjukkan tanda-tanda penundaan.

Meskipun Prestige 14 Evo menghadapi persaingan ketat (semua pesaing berbagi CPU yang sama kecuali MacBook Pro dengan M1), itu sebenarnya mengalami masalah serius dalam pengujian sintetis kami.

Dalam tes kinerja komprehensif Geekbench 5.3, Ultrabook MSI mencetak 5.727 poin, mengalahkan rata-rata laptop premium (4.398 poin), Yoga 9i (5.312 poin) dan XPS 13 (5.639 poin). Namun, Prestige 14 Evo tidak mengalahkan chip M1 MacBook Pro, yang mencapai 7.584 poin. Wah!

Dalam uji transkode video HandBrake kami, Prestige 14 Evo membutuhkan waktu 12 menit 54 detik untuk mengonversi video 4K ke 1080p. Itu lebih cepat dari rata-rata laptop premium (16:30). Ultrabook MSI juga mengungguli Yoga 9i seperti Roadrunner (14:24) dan XPS 13 (18:22).

MacBook Pro berbasis M1 memberikan dua hasil yang berbeda: 13 menit 38 detik pada Rosetta 2 dan 7 menit 44 detik pada Apple Silicon beta HandBrake. Prestige 14 Evo adalah pemenang atas yang pertama, tetapi kalah melawan yang terakhir.

Prestige 14 Evo dengan 1TB NVMe SSD tidak terlalu populer dalam pengujian transfer file kami. Ini mereplikasi 25 GB file multimedia dalam 44 detik dengan kecepatan transfer 607,9 MB per detik.

Ini lebih lambat dari rata-rata kategori (632.37MBps), 512GB PCIe NVMe SSD Yoga 9i (692.3MBps), dan 512GB M.2 PCIe NVMe SSD XPS 13 (806.2MBps). Saya tidak bisa mendapatkan hasil dari MacBook Pro karena tes penyalinan file tidak kompatibel dengan chip M1.

Prestige 14 Evo dilengkapi dengan grafis Iris Xe terintegrasi Intel (GPU yang sama dengan pesaing, kecuali GPU M1 MacBook Pro). GPU Iris Xe Intel tidak ideal untuk game intensif.

Tetapi jika penasaran untuk melihat bagaimana kinerja MSI pada benchmark game Dirt 3, ini adalah laptop premium rata-rata (29 fps) dan M1 MacBook Pro (29 fps). Namun, skornya sama dengan Yoga 9i (25 fps) dan mengalahkan XPS 13 (16 fps).

Saat menjalankan 3DMark Fire Strike, Prestige 14 Evo mencapai 5.162, mengalahkan rata-rata kategori 4.807. Ini juga mengungguli Yoga 9i (5.104) dan XPS 13 (3.598). 3DMark Fire Strike tidak dapat dijalankan di MacBook Pro berbasis M1 karena masalah ketidakcocokan.

Masa Pakai Baterai

Disertifikasi dengan Prestige 14 Evo serta platform Intel Evo. Konon, laptop ini menjamin setidaknya 9 jam masa pakai baterai. Bahkan, menurut tes baterai (berselancar web terus menerus melalui Wi-Fi), Prestige 14 Evo melebihi masa pakai baterai minimal hampir 2 jam dengan runtime 10 jam 59 menit.

✔️  Review Dell XPS 13 OLED, Ultrabook Terbaik Tampilan Terkini

Prestige 14 Evo mengungguli laptop premium rata-rata (10:15), tetapi persaingan memberi sedikit lebih banyak tenaga pada mesin. Yoga 9i (11:15) dan XPS 13 (11:07) mengalahkan ultrabook MSI.

Namun, laptop MSI, Lenovo, dan Dell tidak dapat bersaing dengan MacBook Pro. Itu berlangsung selama 16 jam dan 32 menit. Itu sebabnya laptop ini ada di daftar masa pakai baterai terbaik.

Heat MSI Prestige 14 Evo

Prestige 14 Evo berada di bawah tekanan uji termal (video HD layar penuh 15 menit), tetapi tetap keren. 95 derajat tidak melebihi ambang batas kenyamanan.

Touchpad telah mencapai 78 derajat Fahrenheit. Bagian tengah dan bawah masing-masing melayang sekitar 87 dan 92 derajat. Lokasi terpanas adalah lantai Prestige 14 Evo (sekitar 2 inci ke kiri tengah), yang mencapai 94 derajat.

Webcam MSI Prestige 14 Evo

Belum lagi webcam 720p milik Prestige 14 Evo. Seperti kebanyakan kamera laptop di pasaran, kamera Prestige 14 Evo memiliki banyak noise visual dan mengekspos sumber cahaya secara berlebihan. Tapi kami harus melakukan sedikit pujian untuk menangkap warna yang tepat dari sweter merah marun dan dinding lilac.

Software dan Garansi

Prestige 14 Evo berjalan di Windows 10 Home dan dilengkapi dengan beberapa bloatware termasuk LinkedIn, Skype, Microsoft Solitaire Collection, Sudoku, dan Ultimate Word Games.

Pembuat konten akan menyukai rangkaian perangkat lunak produktivitas yang berguna dari Prestige 14 Evo, termasuk AudioDirector, ColorDirector, PhotoDirector 10 Essential, PowerDirector 17 Essential, dan Music Maker Jam.  Secara pribadi, kami sangat menikmati Music Maker Jam.

Itu adalah pengalaman yang menarik karena harus membuat ketukan Dubstep kami sendiri. Ada juga aplikasi MSI Center for Business and Productivity yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan laptop, menyesuaikan kecepatan kipas (misalnya kinerja tinggi, seimbang dan senyap).

Selain itu sobat juga bisa mengaktifkan mode penghemat baterai, menerapkan pembatalan bising berbasis AI saat menggunakan mikrofon, dan memperoleh sistem informasi , menjalankan pembersihan disk, dll. Prestige 14 Evo dikirimkan dengan garansi terbatas satu tahun.

Kesimpulan

MSI Prestige 14 Evo memukau dengan tampilan warna yang akurat, transcoding video yang cepat, dan kinerja Geekbench yang memukau. Menganalisis kekuatan Prestige 14 Evo, kami merekomendasikan laptop ini kepada editor video dan foto yang membutuhkan mesin yang dapat menangani semua tugas pembuatan konten tingkat menengah mereka.

Sobat mendapatkan hampir 11 jam masa pakai baterai, konversi video yang mengalahkan pesaing, sasis yang tahan lama, dan laptop yang ramping dan ringan. Ada juga software pra-instal yang berguna untuk pengeditan video dan foto.

Namun, sobat harus terbiasa dengan tata letak keyboard MSI yang aneh. Juga, jika suka duduk di luar ruangan atau kantor berada di sebelah jendela yang terang, sobat mungkin memiliki masalah dengan layar gelap Prestige 14 Evo.

Dell XPS 13 memiliki panel yang jauh lebih cerah dengan kecerahan 469 nits dan juga memiliki daya tahan baterai yang sedikit lebih lama. Kelemahannya adalah harganya lebih mahal daripada Prestige 14 Evo dan transcoding video jauh lebih lambat.

Secara keseluruhan, Prestige 14 Evo adalah laptop pembuat konten yang layak. Itu tidak sempurna, tetapi seniman sejati tahu bahwa kesempurnaan itu membosankan.

Leave a Comment