Review MSI GE66 Raider Dragonshield, Laptop Limited Edition

kompirasi.com – Laptop gaming hebat dengan keanggunan sayap-X. MSI GE66 Raider Dragonshield menawarkan desain yang tak tertandingi dan kinerja yang luar biasa, tetapi tampilannya sedikit mengejutkan.

Berani kami katakan, setengah dari laptop gaming jelek, sekitar seperempatnya cukup halus untuk terlihat mulus, dan seperempat lainnya terlihat sangat bagus. Namun, MSI GE66 Raider Dragonshield tidak termasuk dalam kategori ini.

Karena mesin ini adalah bagian teknologi paling indah yang pernah kami lihat. Mesin ini berada dalam kategori 0,1% “laptop gaming seharusnya terlihat seperti ini”. Sayangnya, ini mungkin terlihat paling bagus, tapi itu bukan laptop gaming terbaik.

Selain desainnya yang memukau, MSI GE66 Raider Dragonshield menghadirkan kinerja luar biasa dengan CPU Intel Core i9-10980HK dan Super GPU RTX 2070, panel 15,6 inci, 300Hz yang mulus, dan webcam 1080p yang layak.

Tetapi sobat akan terganggu oleh tampilan dan daya tahan baterai di bawah rata-rata, keyboard yang tidak memuaskan, dan sepasang speaker biasa-biasa saja yang mengecewakan untuk laptop seharga Rp. 37 jutaan.

Jika berencana menggunakan pengontrol tanpa bepergian ke tempat lain dan bersedia mengorbankan sedikit warna dan kecerahan untuk kecepatan refresh yang lebih tinggi, maka MSI GE66 Raider Dragonshield pasti layak untuk itu.

Jika tidak, lihat halaman Laptop Gaming Terbaik kami untuk yang lebih seimbang. Tetapi sobat tidak akan menemukan desain yang lebih baik.

Spesifikasi MSI GE66 Raider Dragonshield

Spesifikasi
CPU: Intel Core i9-10980HK
GPU: Nvidia GeForce RTX 2070 Super Max-Q
RAM: 32GB
Penyimpanan: 1TB NVMe SSD
Layar: 15,6 inci, 1080p @ 300Hz
Dimensi: 14.1x10.5x0.9 inci
Berat: 5.3 pon

Kelebihan

  • + Desain yang luar biasa menakjubkan
  • + Performa dan grafik luar biasa
  • + Panel 300Hz
  • + Webcam yang layak

Kekurangan

  • – Tampilan harus lebih cerah dan lebih berwarna.
  • – Pengalaman mengetik yang tidak memuaskan
  • – Pengeras suara biasa
  • – Mahal

Konfigurasi dan Harga MSI GE66 Raider Dragonshield

MSI GE66 Raider Dragonshield adalah versi edisi terbatas yang unik dari MSI GE66 Raider. Jadi sobat akan membayar ekstra untuk desain serta kotak hadiah yang menyertainya.

Model yang kami ulas dibanderol dengan harga Rp. 37 jutaan dan memiliki prosesor Intel Core i9-10980HK, VRAM 8GB, RAM 32GB DDR4, SSD 1TB, dan GPU Super Nvidia GeForce RTX 2070 dengan layar 1080p, 300Hz. Kotak hadiah termasuk mouse, mouse pad, figur pesawat ruang angkasa Dragonshield dan buklet seni konsep.

Itu juga hadir dalam konfigurasi yang lebih murah dengan CPU Core i7-10750H, GPU RTX 2060, RAM 16GB, SSD 1TB, dan layar 1080p, 240Hz, semuanya dengan harga Rp. 24 jutaan.

Model GPU RTX 2080 juga diharapkan dengan layar 4K, tetapi MSI GE66 Raider Dragonshield tidak dijual di mana pun saat ini karena merupakan produk yang sangat terbatas. Jika mencari sesuatu yang lebih terjangkau, lihat halaman Laptop Gaming Termurah dan Laptop VR Terbaik kami.

Desain MSI GE66 Raider Dragonshield

Jari-jari kami bergerak di sepanjang sasis aluminium sandblasted seperti sayap-X, menjelajahi jahitan untuk mencari cacat desain, tetapi tidak ada Rogue One yang mengungkapkan rahasianya kepada kami.

Sebaliknya, seekor naga putih di perisai abu-abu memikat, dan semakin dekat melihat, semakin banyak sasis oranye yang berkilau dengan ukiran yang menangkap esensi murni opera ruang angkasa fiksi ilmiah. Ketika logo GE66 hitam-putih menarik perhatian, kami berpikir desainnya sangat elegan

Kami membuka lambung dan disuguhi oleh batang warna-warni yang terpasang di geladak, mengarah ke geladak hitam dan oranye yang ditandai dengan ukiran gelap yang menghembuskan kehidupan ke dalam laptop.

Keyboard bersinar dengan pencahayaan RGB untuk menunjukkan bahwa keyboard siap untuk lepas landas, dan touchpad berada tepat di bawahnya dan siap untuk mengetik. Bezel di sekitar layar relatif tipis, tetapi ada banyak ruang untuk webcam di atasnya.

Sebagai sci-fi dan geek Star Wars, saya hanya terpana. Perancang Dragonshield, Colie Wertz, adalah seorang seniman konsep dan VFX yang telah mengerjakan waralaba populer termasuk Star Wars. Itulah mengapa Dragonshield bukan sekadar upaya lain dalam tampilan fiksi ilmiah, ini adalah ksatria sejati.

✔️  Review HP ZBook Create G7, Laptop Workstation Tertipis 2022

Tentu saja, laptop Dragonshield juga dilengkapi dengan pesawat ruang angkasa Dragonshield, yang merupakan model pesawat ruang angkasa dengan desain yang sama dengan yang digunakan di laptop.

Dengan berat 5,3 pon dan 14,1 x 10,5 x 0,9 inci, MSI GE66 Raider Dragonshield adalah perut yang sedikit lebih tebal untuk laptop 15 inch.

Alienware m15 R3 (2020) (4,7 pon, 14,2 x 10,9 x 0,8 inci), Acer Predator Helios 300 (2020) (5,5 pon, 14,3 x 10 x 0,8 inci) dan Asus ROG Strix Scar G15 (4,7 pon, 14,2 x 10,9 inci) ) 0,8 inci) (5,7 pon, 14,2 x 10,8 x 1 inci). Namun, MSI GE66 Raider Dragonshield sedikit lebih tipis panjangnya.

Port MSI GE66 Raider Dragonshield

Binatang yang menggemaskan ini penuh dengan pelabuhan. Di sebelah kiri adalah slot kunci keamanan, satu port USB Type-A, satu port USB Type-C, dan jack headphone, dan di sebelah kanan ada dua port USB Type-A dan slot kartu SD.

Sementara di bagian belakang terdapat ruang untuk colokan listrik, port HDMI, port Ethernet RJ45, satu port USB Type-C, dan Mini DisplayPort. Jika membutuhkan lebih banyak port, lihat halaman Hub USB Type-C Terbaik dan Stasiun Docking Laptop Terbaik kami.

Tampilan MSI GE66 Raider Dragonshield

Layar 15,6 inci dari MSI GE66 Raider Dragonshield memprioritaskan kecepatan refresh daripada resolusi dengan panel 1920 x 1080 piksel yang diputar pada 300Hz, menjadikannya sempurna untuk penggemar esports yang serius.

Namun, meskipun tampilannya relatif mencolok dan cerah, kami mengharapkan lebih banyak dari laptop gaming premium. Dalam trailer Little Things, setelan biru Rami Malek tampak segar, dan tambalan sheriff merah Denzel Washington menonjol dari panel Dragonshield, tetapi tidak cukup menonjol.

Dalam adegan yang sama, layarnya cukup terang untuk menangkap lingkungan sekitar karakter selama pemotretan malam hari, tetapi itu tidak membuat karakter bersinar seperti panel yang lebih terang. Tapi masih tajam, merinci rambut disisir di kepala Malek.

Dalam Assassin’s Creed Valhalla kami membunuh target dan dipindahkan ke alam mimpi untuk mendengar beberapa orang mati berbicara di telinga, tetapi ruang mimpi itu sangat gelap sehingga bahkan Dragonshield kesulitan menjelaskan semuanya secara detail.

Tetapi saat berlayar melintasi sungai-sungai di Inggris, kami memeluk tanaman hijau subur berwarna-warni yang melintasi pedesaan. Ketika mengatur grafik rendah, kami mengalami kecepatan refresh 300Hz yang mulus ketika menyodok kapak melintasi lapangan secara acak Saxon.

Menurut colorimeter kami, GE66 Raider Dragonshield mencakup 75,7% dari gamut warna DCI-P3, yang kurang dari rata-rata 88,6% untuk laptop gaming premium.

Predator Helios 300 juga mendapat skor terendah pada 74,8%, tetapi Strix Scar G15 berkinerja sedikit lebih baik, mencakup 80%, sedangkan Alienware m15 R3 memiliki keunggulan mutlak, mencakup 149,7% dari gamut warna DCI-P3.

Dengan kecerahan 310 nits, GE66 Raider Dragonshield lebih gelap dari laptop gaming premium pada umumnya (351 nits). Predator Helios 300 (276 nits) dan Strix Scar G15 (278 nits) mendapat skor lebih rendah, tetapi Alienware m15 R3 (369 nits) adalah contoh utama tampilan premium.

Keyboard dan Touchpad

Frustrasi adalah apa yang ditarik oleh keyboard GE66 Raider Dragonshield dari kami. Tidak hanya tombolnya yang sangat dangkal, palm rest juga tidak nyaman dan tata letak keyboardnya mengganggu.

Pertama, bilah lampu secara teknis merupakan bagian dari geladak, tetapi cukup menonjol untuk menggores bagian bawah telapak tangan.

Jika melihat tata letak keyboard, sobat harus mengklik tombol Fn yang canggung dan kemudian tombol media yang mengganggu karena hanya ada satu tombol Fn di sisi kanan keyboard dan semua tombol media ada di tombol arah.

Kami mencapai 74 kata per menit pada tes mengetik 10fastfingers.com. Ini lebih rendah dari rata-rata 78wpm pada umumnya. Jari-jari menyentuh lantai untuk tombol dangkal, memberi pengalaman mengetik yang agak tidak memuaskan.

Keyboard memiliki pencahayaan per tombol yang dapat disesuaikan melalui aplikasi SteelSeries Engine 3. Sobat dapat menyesuaikan setiap tombol individual, serta menyesuaikan warna tombol Fn yang bersinar. Keyboard juga memiliki tombol SteelSeries untuk memudahkan peralihan antar preset.

✔️  Review MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition

Touchpad 4,1 x 2,5 inci halus dan memiliki rasa klik yang layak, tetapi permukaannya lebih dijejalkan ke dalam sasis daripada yang kami inginkan. Namun, gerakan Windows 10 seperti pengguliran dua jari dan ketukan tiga jari berfungsi dengan baik.

Audio MSI GE66 Raider Dragonshield

Jangan mengharapkan kesempurnaan, tetapi jika akan menghabiskan puluhan juta untuk sebuah laptop, speaker setidaknya harus layak. Tapi ini biasa-biasa saja di terbaik. Bassnya sangat kecil dan semua audionya terdengar hampa, jadi tidak menghidupkan semua yang kami dengar.

Kami mendengarkan “Get Well” dari Icon For Hire dan suara elektronik pembukanya membosankan dan sedikit kasar. Itu keras ketika gitar listrik berdering. Tapi vokalnya renyah dan nyaring, tapi perkusinya terdengar keruh. Secara keseluruhan, audio tidak terdengar kasar, tetapi umumnya tidak menyenangkan.

Di Assassin’s Creed Valhalla, kami sedang mengobrol dengan seorang wanita Anglo-Saxon yang menyebalkan yang suaranya keras dan kurang dalam. Seolah-olah mendengarkannya di ruangan lain. Bahkan menyeberangi sungai di perahu dan membunyikan klakson untuk serangan terdengar tajam dan hampa.

Saat berlari ke musuh dan membunuhnya, kami bertemu dengan pantulan tajam yang bertentangan dengan bunyi gedebuk yang memuaskan. Sobat dapat menyesuaikan audio di aplikasi Nahimic Audio, yang berfungsi dengan baik untuk mengubah nada suara, tetapi tidak berfungsi dengan baik.

Sobat juga dapat menyesuaikan suara surround, penstabil volume, suara, bass, dan treble di setiap preset. Ada 4 preset: Musik, Film, Komunikasi dan Game.

Gaming, Grafik & VR

Di dalam sasis MSI GE66 Raider Dragonshield terdapat GPU Super Nvidia GeForce RTX 2070 dengan VRAM 8GB. Sekarang seri RTX 30 telah diumumkan, itu mungkin terdengar seperti berita lama, tetapi mesin ini masih menjadi binatang buas.

Kami membunyikan klakson untuk menyerang kamp di Assassin’s Creed Valhalla dan rata-rata 65 frame per detik pada pengaturan Ultra, 1080p. Dia berlari melintasi air dan mulai memukuli orang-orang bodoh itu dengan kapaknya.

Dalam benchmark Far Cry New Dawn (Ultra, 1080p), GE66 Raider Dragonshield mencapai 95 fps, mengalahkan rata-rata untuk laptop gaming premium (84 fps). Alienware m15 R3 dan Predator Helios 300 dengan GPU non-Super RTX 2070 rata-rata masing-masing 80 dan 81 fps. Sementara itu, RTX 2070 Super GPU di Strix Scar G15 mencapai hingga 90fps.

GE66 Raider Dragonshield mencapai 66 fps pada benchmark Borderlands 3 (Badass, 1080p), yang merupakan satu frame di atas rata-rata kategori (65 fps). Alienware m15 R3 (56 fps) dan Predator Helios 300 (57 fps) turun di bawah 60 fps, tetapi Strix Scar G15 benar-benar rata-rata.

Dalam benchmark Assassin’s Creed Odyssey (Ultra, 1080p), GE66 Raider Dragonshield sekali lagi mengalahkan rata-rata laptop gaming premium (59 fps) dengan rata-rata 63 fps. Alienware m15 R3 (53 fps), Predator Helios 300 (56 fps) dan Strix Scar G15 (60 fps) tidak dapat mengikutinya.

GE66 Raider Dragonshield mencapai tolok ukur lain, mencapai 76 fps dalam tes Shadow of the Tomb Raider (terbaik, 1080p), mengalahkan rata-rata laptop dalam kategorinya (71 fps). Alienware m15 R3 (59 fps) tertinggal, tetapi Strix Scar G15 mengalahkan MSI, mencapai 82 fps.

Kinerja MSI GE66 Raider Dragonshield

Dipasangkan dengan GPU chunky itu adalah CPU yang sama chunkynya, prosesor Intel Core i9-10980HK dengan RAM 32GB. MSI GE66 Raider Dragonshield tidak memiliki masalah menjalankan 40 tab Google Chrome dan 5 video YouTube 1080p saat Assassin’s Creed Valhalla berjalan di latar belakang.

Dalam tes kinerja keseluruhan Geekbench 5.2 kami, GE66 Raider Dragonshield mencetak 8.571, jauh dari rata-rata laptop gaming premium 7.335. CPU Intel Core i7-10750H pada Alienware m15 R3 (6.311) Predator Helios 300 (5.267) sedikit mengecewakan. Namun, bahkan CPU Core i9-10980HK Strix Scar G15 tidak dapat mengikuti rata-rata 8.163.

GE66 Raider Dragonshield mentranskode video 4K ke 1080p hanya dalam 7 menit dan 1 detik di benchmark HandBrake, memecahkan rata-rata kategori 8:23. Juga benar-benar merobek Alienware m15 R3 (8:38), Predator Helios 300 (10:26) dan Strix Scar G15 (7:26).

✔️  Review Samsung Galaxy Book 2 Pro 360, Laptop 15 Inch Teringan

SSD 1TB MSI menyalin 25GB data dan menghasilkan kecepatan transfer 1.087MB per detik, mengungguli rata-rata laptop gaming premium 876MBps. Sekali lagi, itu mengungguli Alienware m15 R3 (768 MBps), Predator Helios 300 (742 MBps) dan Strix Scar G15 (969 MBps).

Daya Tahan Baterai

Laptop gaming dan masa pakai baterai memiliki hubungan yang halus, karena sebagian besar konsol game tidak bertahan lama. Sayangnya, MSI GE66 Raider Dragonshield hanya melewatkan voting.

Dalam pengujian baterai, GE66 Raider Dragonshield bertahan selama 5 jam 10 menit, yang sedikit lebih pendek dari rata-rata laptop gaming premium 5:23. Tidak buruk. Raider juga mengalahkan Alienware m15 R3 (4:55), Predator Helios 300 (3:12) dan Strix Scar G15 (4:38). Tapi itu harus lebih baik.

Webcam MSI GE66 Raider Dragonshield

Sekarang, sejujurnya, GE66 Raider Dragonshield memiliki webcam yang layak, dan ketika datang ke webcam laptop, ini bisa dinilai tinggi. Foto yang dihasilkan dengan kamera 1080p masih sedikit kasar dan memiliki bintik RGB di sekitar gambar, tetapi jauh lebih tajam daripada webcam lain yang pernah saya lihat.

Warnanya bagus. Ini menangkap tidak hanya merah sweter, tetapi juga bulu putih yang sangat samar. Kami juga melihat keseimbangan kontras yang lebih buruk. Cahaya di sekitar tidak menyinari wajah meskipun jendela di belakangku benar-benar hilang.

Jika bermain D&D online dengan teman melalui webcam, tidak masalah, tetapi jika tertarik untuk streaming, lihat halaman Webcam Terbaik kami.

Heat MSI GE66 Raider Dragonshield

MSI GE66 Raider Dragonshield bisa menjadi sedikit pedas di bawah tenda. Setelah menjalankan permainan selama 15 menit, bagian bawah melonjak hingga 127 derajat Fahrenheit, yang merupakan suhu keseluruhan terpanas dan jauh di atas ambang batas kenyamanan 95 derajat.

Bagian tengah keyboard dan touchpad masing-masing mencapai 103 derajat dan 75 derajat. Bahkan dengan penggunaan laptop normal, bagian bawah terpanas menghangat hingga 108 derajat setelah streaming video 1080p selama 15 menit. Keyboard mencapai nyaman diukur 94 derajat dan touchpad mencapai 74 derajat.

Software dan Garansi

Software MSI yang paling terkenal adalah aplikasi Dragon Center, yang mencakup beberapa alat hebat untuk memantau penggunaan CPU, GPU, disk, dan memori. Sobat juga dapat mengonfigurasi kinerja menggunakan aplikasi.

Prasetel termasuk Performa Ekstrim, Seimbang, Senyap, Baterai Super, dan Pengguna (pengaturan khusus). Aplikasi ini juga menyertakan pengaturan tampilan termasuk preset seperti sRGB, Gamer, Anti-Blue, Office dan Movie.

MSI juga telah mengisi mesin dengan aplikasi seperti AudioDirector, ColorDirector dan Music Maker Jam. Ada juga bloatware Windows 10 termasuk Hulu, Hidden City dan Roblox. GE66 Raider Dragonshield hadir dengan garansi terbatas satu tahun.

Kesimpulan

MSI GE66 Raider Dragonshield adalah salah satu laptop gaming favorit berkat desainnya yang mengagumkan dan kinerja yang luar biasa, tetapi ini bukan laptop gaming terbaik yang dapat sobat beli.

Mahal dan dengan harga segitu, sobat tidak perlu berurusan dengan display, keyboard, dan speaker yang di bawah rata-rata. Terutama pada harga Rp. 37 jutaan, itu hanya salah satu dari banyak masalah yang harus diabaikan.

Jika tidak menyukai desain unik seperti Star Wars, pilih Alienware m15 R3 (2020). Sobat dapat menghemat beberapa juta dan mendapatkan layar OLED 4K yang bagus, speaker yang kuat, dan keyboard yang nyaman.

Tetapi jika tahu semua tentang tampilan MSI GE66 Raider Dragonshield, lihat apakah sobat dapat hidup dengan kekurangannya.

Leave a Comment