Review Microsoft Surface Laptop 4 Prosesor Baru Baterai Awet

kompirasi.com – Processor baru yang dipasangkan oleh perusahaan mendatangkan kecepatan yang bisa lebih cepat dan runtime yang semakin lama ke Microsoft Surface Laptop 4. Surface Laptop 4 (13-inci) dari Microsoft mendatangkan periode penggunaan batere yang semakin lama ke laptop ultra-tipis yang sangat baik.

Microsoft dan Apple sama-sama tukar pukulan dan tahun ini ialah mengenai performa dan periode penggunaan batere. Surface Laptop 4 kemungkinan tidak terima penekanan intern yang serupa seperti MacBook Air dengan M1.

Namun, chip Intel generasi kesebelas terkini tawarkan kecepatan yang bisa lebih cepat dan periode penggunaan batere yang lebih lama di laptop yang telah menjadi satu di antara laptop terbaik sekarang ini.

Yang lain sedikit berbeda dan mayoritas lebih bagus. Sasis aluminium minimalis yang ramping masih sama. Akan tetapi saat ini warna biru lebih muda, monitor 13,5 inch lebih menonjol dari awal sebelumnya, dan keyboard dan touchpad terbaik dalam kelasnya.

Tanpa peralihan desain fungsional yang besar, Surface Laptop 4 jatuh ke jebakan yang serupa seperti perintisnya, dengan minimnya port dan bezel tebal jadi permasalahan paling besar.

Bila sobat bisa mengabaikan permasalahan ini dan mempunyai bujet yang cukup buat beberapa konfigurasi paling atas, karena itu untuk pemakai Windows 10, tidak ada langkah yang lebih bagus dibanding Surface Laptop 4 13,5 inch.

Spesifikasi Microsoft Surface Laptop 4

  • CPU: Intel Core i7-1185G7
  • GPU: Iris Xe
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 512GB
  • Layar: 13,5 inci, 2256 x 1504 piksel
  • Baterai: 10:46
  • Dimensi: 12.1×8.8×0.6 inci
  • Berat: 2.8 pon

Kelebihan

  • + Sasis aluminium bergaya (berbagai warna)
  • + Tampilan cerah dan hidup
  • + Kinerja cepat
  • + Daya tahan baterai yang lama
  • + Keyboard dan touchpad yang luar biasa

Kekurangan

  • – Lebih sedikit port (tidak ada Thunderbolt)
  • – Bezel tebal
  • – Konfigurasi atas mahal.

Konfigurasi dan Harga Microsoft Surface Laptop 4

Ada dalam versi AMD dan Intel, Surface Laptop 4 dibanderol mulai dari sekitar Rp. 15 jutaan bila dikonfigurasi dengan CPU AMD Ryzen 4680U, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Up-grade ke penyimpanan 16GB meningkatkan harga menjadi berkisar Rp. 17 jutaan. Sayang ke-2 mode ini cuma ada di Platinum.

Untuk pilihan warna yang lain, sobat harus memilih CPU Intel. Komposisi, ada dalam Platinum, Sandstone, Ice Blue, dan Matte Black, terhitung CPU Core i5, RAM 8GB, dan SSD 512GB dengan ongkos Rp. 18 jutaan. Sobat dapat memperoleh processor yang serupa dengan harga lebih mahal, tapi meningkatkan RAM menjadi 16GB.

Untuk performa terkuat, sobat dapat memperoleh unit pembahasan kami kali ini dengan Core i7, RAM 16GB, dan SSD 512GB dengan harga berkisar Rp. 25 jutaan. Dan ketika RAM-nya diupgrade menjadi 32 GB dan tingkatkan penyimpanan jadi 1 TB meningkatkan harga menjadi sekitar Rp. 34 jutaan.

Desain Microsoft Surface Laptop 4

Surface Laptop 4 sama menawannya dengan MacBook Air, dan opsi berwarna yang unik memberi daya magnet yang bertambah luas. Mode Ice Blue mempunyai kilau metalik dengan warna arktik lembut dan simbol Microsoft reflektif yang terukir di tutupnya.

Panel atas dan frame dibuat dari aluminium, dan dek dilapis dengan kain Alcantara sentuhan halus. Bahan fleksibelnya tahan bintik, tapi bila tidak percaya, pikirkan pilihan batu pasir matte hitam atau batu pasir eksklusif yang terselinap yang mengganti dek kain menjadi sasis aluminium.

Microsoft tidak mengganti mode terkini ini. Baik dan jelek desain ini adalah yang paling stylish, tapi Surface Laptop 4 tidak mempunyai sarana kekinian. Secara eksklusif, bezel yang melingkari monitor 13,5 inch lebih tebal dibanding PC kompetitor seperti Dell XPS 13 atau HP Spectre x360.

Trim akan menolong saat membuat Surface Laptop 4 makin menarik dengan tutupnya terbuka, seperti saat tutupnya ditutup. Kami akan menjelaskan itu karena laptop ini mempunyai footprint yang ramping dan low-profile (tidak seperti MacBook Air) dengan pojok yang memikat seperti pojok miring pada bagian belakang.

✔️  4 Rekomendasi Printer Bluetooth Portable Terbaik

Dengan berat 0,6 inch dan 2,8 pon, Surface Laptop 4 setipis dan semudah XPS 13 (0,6 inch, 2,8 pon) dan MacBook Air (0,6 inch, 2,8 pon), dan HP Spectre x360 14 (0,7 inch, 3 pon). ). Ada banyak opsi design pintar di sini, tapi Anda harus menyaksikan lebih dekat.

Untuk memudahkan membuka laptop, Microsoft sudah membuat penutup yang nyaris tidak bertumpang-tindih dengan dek hingga sobat bisa mengangkat jari dari bawah.

Membuka tutupnya mengamankan dek dengan kuat di tempatnya, hilangkan keperluan untuk memakai tangan lainnya untuk menahan pengangkatan. Ini betul-betul estetis, tapi kami menyukai tombol yang cocok dengan warna yang kelihatan lebih natural dibanding keyboard hitam MacBook.

Berlainan dengan mode 15 inch, Surface Laptop 4 13 inch tidak mempunyai slots penyimpanan yang gampang diganti. Mode yang semakin besar cuma mendapatkan 1/2 credit, karena menukar sendiri SSD M.2 akan menggagalkan garansi.

Keamanan Microsoft Surface Laptop 4

Microsoft tidak menyukai password, jadi Surface Laptop 4 mempunyai lamera IR. Ini memungkinkan sobat untuk masuk ke mekanisme memakai pengenalan wajah lewat Windows Hello. Ini bekerja cepat dan handal (dalam beberapa kasus), tapi kami masih mengharap sensor sidik jari ialah cadangan.

Feature ini tidak berperan melalui susunan selotip, dan tidak ada penutup webcam untuk mereka yang cemas mengenai melihat. Di samping itu, kamera IR tidak mempunyai tingkat kesuksesan 100% dalam pengetesan kami, jadi kami mau tak mau ingat dan masukkan password.

Terselinap dibalik kap ialah chip TPM 2.0, feature keamanan yang mengenkripsi semua data yang dikirimkan ke dan dari Surface Laptop 4.

Port Microsoft Surface Laptop 4

Penyeleksian port yang jarang-jarang lebih logis pada mode 13 inch, namun tetap tidak baik untuk Surface Laptop 4. Di sebelah kiri laptop ada port USB 3.1 Tipe-A, input USB 3.1 Tipe-C, dan jack earphone. Jaringan Type-C itu tidak memberikan dukungan kecepatan Thunderbolt.

Salah satu input di samping kanan ialah port Surface Connect yang lebih dicintai yang dipakai untuk pengisian daya dan docking magnetik.

Tampilan Microsoft Surface Laptop 4

Microsoft tidak kikir dalam soal kualitas gambar, dan layar sentuh IPS Surface Laptop 4 13,5 inch, 2256 x 1504-piksel tidak kecuali. Sepanjang gereja kelihatan di trailer untuk “Spiral”, rona merah dan biru yang berkilau ada dari monitor saat sinar berkilau lewat jendela kaca patri yang istimewa.

Film ini memakai penerangan secara efisien untuk membuat situasi yang mengerikan, dan Surface Laptop 4 ialah kanvas yang baik untuk dampak itu. Ditambah lagi, kami bisa secara mudah membaca “Play Me”, yang dicatat dengan tinta merah pada drive USB kotor oleh Chris Rock saat sebelum memasukkan ke komputer.

Dalam episode terowong kereta bawah tanah yang menakutkan, tingkat detil di kepala babi yang berkedip-kedip sesaat di monitor nyaris melonjak keluar tempatnya.

Surface Laptop 4 bukan laptop 2 in 1 (saksikan Surface Pro 7 atau Surface Book 3 misalnya), tapi laptop ini mempunyai layar sentuh. Sobat bisa mengetok icon di monitor sentuh saat tidak memakai panel sentuh dan memakai jari untuk menggulir ke bawah dalam membaca.

Menurut colorimeter kami, tampilan Surface Laptop 4 menyumbangkan 77% dari gamut warna DCI-P3, menjadi lebih tajam tapi kurang jemu dibanding panel pada XPS 13 (69%) dan Spectre x360 14 (75%). Di MacBook Air (81%) atau laptop premium biasa (85%).

Itu jatuh ke sisi bawah paket dalam test kecemerlangan, tapi tidak membuat beberapa ketidaksamaan. Mencapai puncak pada 349 nits, Surface Laptop 4 melampaui XPS 13 (469 nits), MacBook Air (366 nits), dan Spectre (365 nits) dan tidak berhasil capai rata-rata kelompok (392 nits).

Keyboard dan Touchpad Surface Laptop 4

Ini ibarat trampolin untuk jari-jari kami. Jari sering terpental dari huruf ke huruf di Surface Laptop 4. Perlakuan melenting membuat menulis lebih gampang, dan perjalanan tombol lebih dari yang kami harap dari laptop tipis.

✔️  Review HP ZBook Fury 17 G8, Laptop Workstation Multitasking

Fleksi keyboard umumnya bukan permasalahan besar, namun pada kasus ini bukan lantaran itu menolong jari-jari mengarah ke atas dan ke bawah saat menulis. Tombol tersebut lumayan besar untuk mayoritas tangan (mereka yang mempunyai kaki semakin besar menjadi sempit) dan tata terletak tidak mempertaruhkan tombol untuk meminimalisir ruangan di laptop.

Pada test pengetikan 10fastfingers.com, kami menulis 121 kata per menit dengan ketepatan 95%, melewati rerata 109-wpm saya yang umum tanpa kekeliruan tambahan.

Touchpad sama kesuksesannya. Memiliki ukuran 4,5 x 3 inch, permukaan atasnya besar, lembut dan responsive, memberi respon pergerakan Windows 10, seperti gesekan tiga jemari untuk berpindah jendela atau cubit untuk membesarkan, dan berasa cepat untuk pemakai click kiri dan kanan.

Audio Microsoft Surface Laptop 4

Speaker omnisonik dengan Dolby Atmos terselinap di bawah keyboard ialah mistis untuk kami. Bagaimana Microsoft pas di situ dan bagaimana terdengarannya demikian bagus?  Balada yang cantik mempunyai suara enteng seperti konser, jadi vocal Billie Eilish yang tenang tetapi kuat memimpin soundscape.

Instrument yang dilucuti dipisah secara benar hingga tiap gitar dapat terdengar berdebar-debar. Saat memainkan lagu bertempo lebih agresif, kepala serasa bergetar, walau susah untuk turunkan bass dengan benar-benar rendah.

Performa Microsoft Surface Laptop 4

Dengan bekal CPU Intel Core i7-1185G7 dan RAM 16GB, Surface Laptop 4 ialah laptop cepat yang sanggup jalankan semua pekerjaan terkecuali yang paling intens. Dan walau kemungkinan tidak capai MacBook Air tingkat M1, mode ini sebagai kenaikan yang kompak dari laptop awalnya yang sudah disanjung karena performanya yang cepat.

Dengan hati memakai produk Microsoft, saya mengeluarkan browser Edge baru dan berisi 25 tab. Beberapa pada mereka memutar video YouTube, lainnya menyalurkan games Liga Europa dan umpan Twitch. Beberapa tab paling akhir memerlukan waktu semakin lama untuk berisi split, tapi tersebut yang saya harap.

Saat menulis pembahasan ini, mengubah artikel, dan dengarkan musik di YouTube Music, kami tidak alami kekurangan sepanjang pemakaian normal.

Dengan score 4.829 dalam parameter performa keseluruhan di Geekbench 5.4, laptop ini kurang dari XPS 13 (5.319, Core i7-1165G7) dan Spectre x360 14 (4.904, Core i7-1165G7) dan (seperti dengan umumnya) MacBook Air (7.575, M1). Berita baiknya ialah jika Surface menaklukkan rata-rata kelompok (4.368).

Memerlukan 17 menit dan 1 detik untuk mengonversi video 4K ke resolusi 1080p memakai aplikasi Handbrake, Surface Laptop 4 melampaui XPS 13 (18:22) dan Spectre x360 14 (17:02), tapi satu kali lagi jadi korban M1. MacBook Air (9:15).

SSD M.2 NVMe PCIe 512GB pada Surface Laptop 4 bisa lebih cepat dibanding drive penyimpanan yang dites pada produk Surface awalnya. Tetapi, itu menduplikasi file multimedia 25 GB dengan kecepatan 562,7 MB per detik, rangking paling rendah untuk XPS 13 (729,3 MBps), Spectre x360 14 (764 MBps) dan MacBook Air (2.692,9 MBps). Sudah pasti, kami tidak capai rata-rata kelompok (630,5 MBps).

Grafis Microsoft Surface Laptop 4

Ini tidak mengagetkan. Surface Laptop 4 memakai grafis terpadu Intel Irislah Xe untuk bermain games atau jalankan software pemodelan 3D. Ini akan bekerja baik untuk mayoritas aplikasi. Tapi bila sobat memerlukan semakin banyak grafis, pikirkan laptop gaming yang pantas dengan GPU diskrit.

Surface Laptop 4 mengagetkan kami dengan jalankan Sid Meier’s Civilization VI: Gather Storm (1080p) pada 30 frame per detik, sesuai tingkat batasan permainan. Ini menaklukkan XPS 13 (16 fps), Spectre x360 14 (20 fps) dan rata-rata kelompok (20 fps).

Dalam benchmark 3DMark Fire Strike, laptop ini cetak 5.089 point, melampaui XPS 13 (3.598 poin), Spectre x360 14 (4.229 point) dan kelompok rata-rata (4.756 poin), satu kali lagi menaklukkan persaingan.

✔️  Review Asus Zenbook 13 UX325 OLED, Laptop Kece & Stylish

Daya Tahan Baterai Microsoft Surface Laptop 4

Menambah 1,5 jam periode penggunaan batere ke runtime kasar perintisnya, Surface Netbook 4 bisa secara mudah dipakai selama seharian dengan sekali pengisian daya. Laptop dimatikan sesudah 10 jam dan 46 menit dalam tes batere yang terbagi dalam pencarian situs terus-menerus lewat Wi-Fi pada 150 nits.

Walau tidak pas dengan mode kompetitor seperti XPS 13 (11:07), MacBook Air (14:41), dan Spectre x360 14 (12:11), ini ialah hasil yang hebat. Ini ialah sekian dari beberapa laptop yang bertahan lama di pasaran, jadi memenangi pertarungan ini selalu susah. Tetapi, Surface menaklukkan rata-rata laptop premium 10:19.

Webcam Microsoft Surface Laptop 4

Webcam 720p di Surface Laptop 4 lebih rendah dibanding camera 5MP di Surface Pro X. Beberapa foto itu beberapa langkah semakin tinggi dari yang kami saksikan, tapi tidak dekati kualitas yang diperoleh dari hp atau perangkat webcam external terkini seperti Logitech C920.

Memfoto dengan kamera dan selekasnya mengetahui, ada susunan tipis noise visual di beberapa sudut gelap foto. Kekurangan ini sampai batasan tertentu dikompensasi oleh ketepatan warna yang bagus.

Heat Microsoft Surface Laptop 4

Ketimun-keren dengan Ranch Dip, Surface Laptop 4 cuma naik sampai 93 derajat Fahrenheit sesudah memutar video 1080p sepanjang 15 menit. Ini semakin nyaman dibanding tingkat kenyamanan 95 derajat kami.

Keyboard dan touchpad menjaga temperatur sedang masing-masing 86 dan 80 derajat, jadi sobat tak perlu cemas akan membakar Surface Laptop 4 di bawah beban kerja yang berat.

Software dan Garansi Surface Laptop 4

Tanpa bloatware, menu Start mayoritas dihuni oleh program Microsoft 365, program Xbox, browser Edge, Groove Music dan untuk argumen apa saja Spotify. Surface Netbook 4 datang dengan garansi setahun.

Kesimpulan

Beri kesegaran perintisnya, Surface Laptop 4 membawa beberapa kenaikan dari sesuatu yang telah menjadi satu diantara laptop 13 inch terbaik. Tipis, enteng, dan memiliki tenaga, dan batterynya gampang dipakai selama seharian. Ditambah lagi, monitor PixelSense 13,5 inch elok dan ringkas, dan keyboard dan touchpad ialah laptop ultra-tipis.

Pujian untuk Surface Laptop 4 membuat kami menginginkan lebih. Walau menonjol, bezel tebal di sekitaran monitor membuat laptop ini tidak menjaga desain canggih. Lihatlah XPS 13 atau Spectre x360 14 dan sobat akan paham apa yang kami maksud.

Argumen lain untuk menghindari Surface Laptop 4 ialah portnya yang terbatas. Tidak ada input Thunderbolt dan membutuhkan pengisi energi khusus. Lantas ada harga. Harga awalnya berkisar RP. 15 jutaan terdengar baik untuk materi marketing, tapi mendekati Rp. 22 jutaan untuk konfigurasi yang pas & dianjurkan RAM 16GB.

Lepas dari keluh kesah ini, kami tidak sangsi untuk mereferensikan Surface Laptop 4. Semua, dimulai dari keyboard sampai speaker sampai tampilan yang cantik berperan secara baik. Cepat, bertahan lama dengan sekali pengisian daya, dan berasa kuat.

Kami masih mengharap versi selanjutnya akan dibuat ulang hingga tidak kelihatan ketinggalan jaman dibanding dengan rekan sekelasnya. Tapi seberapa baik Surface memaku komponen fungsional kekurangan seni ini secara mudah diacuhkan.

Leave a Comment