Menarik, Berikut Ini Cara Edit Foto Untuk Pemula Dan Profesional

Cara edit foto – setiap orang pasti senang dengan dunia fotografi, tidak bisa dipungkiri hal ini tentu sudah jelas terjadi di zaman yang serba teknologi seperti sekarang. Baik yang menggeluti dunia fotografi profesional hingga pemula yang hanya sekedar iseng. 

Tapi tahukah Anda, jika ada banyak sekali cara untuk mengedit foto agar mendapat hasil yang lebih bagus? Cara ini biasanya juga dipakai para fotografer ternama untuk memperhalus warna, mencerahkan atau memotong bagian agar hasil yang didapat lebih maksimal.

Cara itu biasanya dikaitkan dengan beberapa aplikasi editing foto, untuk lebih jelasnya simak 6 aplikasi edit foto yang biasa dipakai oleh pemula hingga profesional.

Baca juga: cara edit pdf 

Aplikasi Adobe Lightroom 

Cara edit foto

Cara edit foto yang pertama bisa menggunakan aplikasi adobe lightroom, aplikasi edit foto ini terkenal bisa memperhalus warna dan biasa digunakan mereka yang profesional. Aplikasi yang sedang trend saat inni memiliki banyak pengguna karena mudah dan banyak fitur yang sangat dicari.

Adobe lightroom sendiri merupakan aplikasi edit foto yang dibuat oleh perusahaan adobe dan bisa di install di  berbagai perangkat seperti PC, laptop, iOs dan android. Ada banyak fitur yang ditampilkan dengan tools yang sangat beragam. 

Foto yang sebelumnya gelap bisa terlihat lebih terang dan tidak lebay, atau sebaliknya foto yang terlalu terang bisa lebih di gelapkan. Untuk Anda yang tidak ingin pusing mengatur warna bisa memakai preset yang di import ke adobe juga lho, preset ini menyimpan fitur colour grading custom. 

Untuk lebih jelasnya simak tutorial cara edit foto menggunakan aplikasi adobe lightroom berikut ini. 

  1. Download dan install aplikasi adobe lightroom di android dengan search di google play store.
  2. Setelah selesai install, masuk ke aplikasi dan klik buat baru atau ‘create new’.
  3. Lalu pilihlah foto mana yang ingin diedit.
  4. Lalu Anda bisa mulai mengedit warna dengan klik colour grading yang ada di sebelah kanan tampilan.
  5. Untuk memasukkan preset, pilih preset di paling atas dan import preset yang sudah dimiliki.
  6. Kemudian tunggu sesaat untuk memproses dan selesai. 
✔️  Cara Mengganti Username Akun Dana

Aplikasi Snapseed

Cara edit foto berikutnya bisa menggunakan aplikasi snapseed, aplikasi ini bisa digunakan oleh pemula maupun prfesional. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mengedit warna agar lebih warm dan halus. 

Lalu apa saja sih fitur yang ada pada aplikasi snapseed itu? Didalam aplikasi ini Anda akan menemukan fitur dasar seperti crop, rotate dan fitur warna yang tersedia. Selain itu ada juga fitur untuk meluaskan foto dan fitur perspektif.

Aplikasi Snapseed

Tentu saja beberapa fitur tersebut sangat diperlukan saat ini, karena mudah digunakan dan Anda hanya perlu memilih foto mana yang ingin di edit. Kemudian ada tiga menu di bagian bawah yang bisa di ulik lebih dalam ketika Anda sudah mengunduhnya. 

Berikut ini cara edit foto menggunakan snapseed di android Anda. 

  1. Buka aplikasi snapseed, jika belum punya Anda bisa install dahulu di google play store. 
  2. Kemudian pilih halaman baru dan masukkan foto mana yang ingin di edit.
  3. Kemudian di halaman bagian kanan akan muncul beberapa tools
  4. Untuk mengedit warna pilih tools ember dan Anda bisa mulai memilih fitur yang tersedia.
  5. Untuk memperluas dan memperkecil objek bisa pilih tools seperti papan pemotong, ubah ukuran sesuai yang diinginkan.
  6. Lalu klik import to galeri untuk menyimpa foto di smartphone Anda.

Aplikasi Edit Piscart

Selanjutnya cara edit foto lain yang bisa Anda coba yaitu piscart, aplikasi edit ini sudah ada sejak 2012 lalu dan aplikasi lama yang memiliki banyak fitur pembaruan. Picsart sendiri sangat cocok untuk Anda yang ingin mengedit foto sederhana ataupun rumit. 

Ada banyak fitur yang tersedia mulai dari dasar hingga rumit dan salah satunya yaitu untuk mengubah foto menjadi tidak punya background. Ada banyak tools yang tersedia dalam aplikasi ini, mulai dari editing warna dan bentuk.

✔️  Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram yang Simpel

Aplikasi ini cenderung memiliki banyak fitur dan bisa digunakan di android sehingga semakin memudahkan Anda dalam mengedit foto seperti yang diinginkan. Berikut ini langkah yang bisa Anda tiru. 

  1. Buka aplikasi piscart di android, jika belum punya Anda bisa mengunduh lebih dulu di google play store.
  2. Kemudian pilih halaman baru dan masukkan foto mana yang ingin di edit. 
  3. Setelah itu pilih beberapa tools yang tersedia di bagian bawah halaman.
  4. Tinggal sesuaikan jika ingin mengubah warna bisa pilih ikon warna, untuk bentuk pilih bingkai.
  5. Dan untuk menghapus gambar belakang background bisa gunakan ikon gunting dan pilih bagian mana yang ingin dihapus klik ok
  6. Setelah itu Anda bisa mengubah gambar background lain sesuai yang diinginkan.
  7. Klik save agar hasil foto Anda tersimpan di galeri. 

Aplikasi VSCO 

Cara edit foto selanjutnya bisa menggunakan aplikasi VSCO,keunggulan aplikasi ini yaitu punya banyak jenis preset kekinian. Sehingga Anda tidak usah repot mengatur kecerahan, kontras atau saturasi foto lagi, Anda bisa langsung memasukan preset yang ada pada aplikasi secara gratis. 

Tersedia 13 preset yang bisa dipakai, meskipun begitu ada beberapa preset yang masih terkunci. Anda bisa mencoba menjadi anggota gratis dengan memilih free trial selama 7 hari. Tapi jika ingin menggunakan semua preset secara terus menerus bisa bayar Rp23.250/bulan.

Cara edit foto

Untuk lebih jelasnya simak tutorial editing foto menggunakan aplikasi VSCO di bawah ini. 

  1. Buka aplikasi VSCO di android, jika belum punya Anda bisa menginstall nya di google play store. 
  2. Kemudian pilih halaman baru atau creatw new dan masukkan foto yang ingin di edit.
  3. Setelah itu Anda bisa pilih beberapa preset yang tersedia, Anda juga bisa mengubah seperti tingkat kecerahan, kontras dan saturasi nya.
  4. Setelah selesai mengedit pilih save untuk menyimpan foto di galeri Anda.
✔️  Cara Membuat Invoice Penjualan Di WPS Office

Aplikasi Hypocam

Cara edit foto yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi hypocam yang sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Didalam aplikasi ini Anda akan fokus mengedit foto black and white yang terlihat nyata seperto foto jurnalistik. Setiap filter nya mempunyai kontras dan detail berbeda.

Untuk lebih jelasnya simak tutorial edit foto di hypocam.

  1. Install hypocam di android
  2. Kemudian pilih foto yang ingin di edit
  3. Maka foto Anda akan langsung muncul hitam putih
  4. Anda bisa mengatur kontras, kecerahan dan bagian yang diinginkan
  5. Setelah selesai klik save untuk menyimpan foto ke galeri. 

Itulah ulasan singkat tentang cara edit foto menggunakan beberapa aplikasi editing mulai dari pemula hingga profesional. Anda bisa mencoba berapa cara di atas untuk menghasilkan edit foto yang menarik dan profesional. Sehingga, Anda bisa menguploadnya di media sosial dengan Hasil editan yang estetik serta menarik. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mencoba edit foto sekarang juga?

Leave a Comment