Mau Tahu Cara Edit Twibon? Gunakan Aplikasi Ini Saja!

Tidak dipungkiri kalau generasi sekarang ini sangatlah kreatif. Salah satunya adalah banyaknya lahir istilah-istilah baru untuk menamai sesuatu hal. Seperti halnya cara edit twibon, yang sedang tren saat ini.

Apa itu twibon?

Istilah twibon sendiri berasal dari kata ‘twitter’ dan juga ‘ribbon’. Maka, jika disingkat menjadi twibon. Namun, ternyata twibon sendiri tidak berfokus pada twitter saja, lho.

Secara singkat, twibon adalah istilah untuk menggambarkan postingan foto dengan bingkai. Tentu saja bingkai yang digunakan harusnya menarik. Sebab itulah, jika ingin memasangnya, setidaknya harus tahu cara edit twibon dulu.

Baca juga: aplikasi edit video 

Kegunaan twibon

Twibon dibuat sedemikian rupa agar dapat di-posting di foto profil media sosial. Tentu saja bukan tanpa sebab twibon diharuskan dibingkai dengan menarik. Sebab, biasanya, twibon digunakan sebagai tempat promosi.

Nah, untuk promosinya yang dibuatkan twibon-nya pastinya bermacam-macam. Ada untuk promosi event, kampanye, maupun perlombaan. Oleh karena itu, untuk melakukannya, Anda setidaknya tahu cara edit twibon supaya lebih menarik.

Manfaat dari twibon sebenarnya tidak hanya itu saja untuk promosi saja, lho. Twibon juga bisa dibuat untuk pamflet, poster, banner, dan sebagai media pendukung lainnya.

Cara edit twibon

Sebenarnya, untuk membuat twibon sendiri itu mudah. Anda tinggal memilih bingkai, tempel, dan pasang. Namun, karena bentuknya yang softcopy maka cara edit twibon juga harus disesuaikan, ya.

Anda dapat mengedit twibon di gadget—seperti smartphone—maupun di PC—seperti laptop. Caranya juga bermacam-macam, yaitu dapat memakai aplikasi ataupun dengan tools yang tersedia secara online.

  • Edit twibon di Picsart

Picsart merupakan salah satu aplikasi edit twibon yang banyak digunakan di smartphone. Namun, tahu tidak, kalau Picsart juga ada dalam bentuk web, lho? Jadi, cara edit twibon memakai Picsart ini bisa di smartphone dan PC, ya.

✔️  Cara Membuat Read More pada Postingan Blog secara Otomatis

Anda dapat memakai aplikasi Picsart jika ingin mengedit twibon di smartphone. Sedangkan, kalau di PC, Anda bisa mengeditnya melalui situs resmi Picsart. Untuk caranya sendiri, tidak terlalu berbeda antara di aplikasi dan di website-nya, kok.

Nah, kali ini merupakan cara edit twibon melalui aplikasi Piscart, ya. Untuk caranya sendiri dapat memakai langkah sebagai berikut.

  • Instal aplikasi Picsart

Sebelum edit twibon di Picsart, tentu Anda harus punya aplikasinya dulu di smartphone Anda. Kalau belum ada, Anda bisa mengunduh dan menginstalnya di Playstore atau Appstore, ya. Tunggu hingga terinstal menyeluruh.

  • Masuk aplikasi Picsart

Setelah itu, cara edit twibon di Picsart selanjutnya adalah masuk ke aplikasi Picsart-nya. Jika Anda baru pertama kali memakai aplikasi ini maka diarahkan untuk login dulu. Untuk login-nya sendiri bisa menggunakan akun Google atau Facebook, ya.

  • Pilih frame

Setelah berhasil masuk, halaman pertama yang tampil adalah Collages. Anda dapat mengklik menu Frames dan memilih frame yang ingin digunakan. Di menu tersebut, banyak template berbagai frame dengan tema berbeda-beda.

  • Pilih foto

Cara edit twibon berikutnya adalah memasukkan foto yang ingin digunakan. Anda dapat mengambilnya dari galeri ponsel Anda, ya. Sesuaikan posisi antara frame dan fotonya sesuai selera, lalu klik tanda panah next.

  • Tambahkan aksesoris

Selain mengedit foto hingga berbingkai, di Picsart, Anda juga bisa menambahkan ‘pernak-pernik’, lho. Di sini, tersedia tools untuk teks, efek, bahkan stiker. Jadi, dapat dengan mudah membuat twibon lebih menarik, ‘kan?

  • Save dan share

Nah, cara edit twibon di Picsart kini sudah selesai. Anda bisa menyimpan twibon-nya dengan mengklik tombol Save. Namun, jika ingin langsung membagikannya, dapat mengklik tombol Share di pojok kanan bawah.

  • Edit twibon di Canva

Sama seperti Picsart, Canva juga memiliki versi aplikasi dan web, lho. Begitu pula langkah-langkahnya yang tidak terlalu berbeda. Nah, berikut ini adalah langkah untuk mengedit twibon di aplikasi Canva.

  • Instal aplikasi Canva
✔️  Cara Belajar Quotex Trading Bagi Para Pemula

Nah, bagi Anda yang belum memiliki aplikasi Canva di smartphone maka unduh dan instal dulu, ya. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sudah ada di smartphone Android maupun iOs, lho. Kalau sudah maka Anda dapat ke cara edit twibon berikutnya.

  • Pilih format desain

Setelah membuka aplikasi Canva, Anda akan diminta untuk memilih format desain. Di sini, ada berbagai jenis format, mulai dari Instagram story, logo, hingga resume. Anda bisa memperkirakan sendiri format yang sekiranya sesuai.

  • Pilih Frame

Cara edit twibon di Canva berikutnya adalah memilih frame. Di Canva sendiri sudah tersedia banyak template frame yang dapat digunakan. Anda dapat memilih sesuai keperluan.

  • Pilih foto dan elemen lain

Setelah memilih frame, Anda akan langsung dialihkan ke lembar kerja. Klik sekali untuk mengedit frame, menu edit akan muncul di bagian bawah. Nah, Anda bisa menambahkan foto, teks, dan lain-lain sesuai keinginan Anda.

  • Unduh twibon

Setelah menghasilkan twibon yang diinginkan maka cara edit twibon di Canva juga telah selesai. Sekarang waktunya mengunduh hasil edit twibon-nya. Anda tinggal mengklik ikon di pojok kanan atas.

  • Edit twibon di Twibbonize

Selain menggunakan aplikasi di atas Anda juga dapat mengedit twibon tanpa aplikasi, lho. Anda tinggal mengunjungi situs yang merupakan tools pembuatan twibon. Salah satunya adalah website Twibbonize.

Meski namanya sulit diucapkan, tapi penggunaannya mudah dan simple, lho. Menariknya lagi, website ini berbahasa Indonesia, lho. Sedangkan untuk cara edit twibon di Twibbonize adalah sebagai berikut.

  • Buka situs resmi Twibbonize

Karena dilakukan secara online, ada baiknya untuk memastikan internetnya stabil, ya. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada kegiatan edit twibon tersebut. Setelah itu, buka browser dan masukan alamat situs Twibbonize.

  • Login akun Twibbonize
✔️  Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Dicas Terampuh

Ketika masuk ke laman utama, Anda akan diminta untuk login. Nah, jika Anda belum memiliki akun. Bisa, kok, login melalui Google ataupun Facebook dan kemudian lanjut ke cara edit twibon berikutnya.

  • Klik Buat Campaign

Jika sudah masuk, langkah selanjutnya adalah klik tombol Buat Campaign. Menu ini terdapat di laman utama sebelah kiri. Nah, nanti Anda akan dialihkan ke laman isi formulir.

Di sini, Anda perlu mengisi judul dan deskripsi campaign yang diinginkan. Jangan lupakan untuk mengisi bagian tag supaya mudah ditemukan. Lalu, Anda dapat menuju ke cara edit twibon berikutnya.

  • Pilih frame

Dalam menentukan frame yang akan digunakan, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat memakai frame yang tersedia di Twibbonize. Kedua, Anda bisa menggunakan frame sendiri dengan cara meng-upload-nya.

  • Isi caption post

Cara edit twibon di Twibbonize yang terakhir adalah mengisi caption post. Namun, ini opsional, ya, jadi boleh tidak diisi. Nah, selesai sudah step-nya dan tinggal di-share saja.

Itulah cara edit twibon menggunakan berbagai aplikasi serta tools. Semua ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. Tinggal Anda saja yang nyamannya menggunakan yang mana?

Leave a Comment