Review MacBook Air M2, Laptop Portable Desain Baru & Awet

kompirasi.com – MacBook Air M2 menggabungkan kinerja, portabilitas, dan daya tahan yang kuat. Laptop Apple ini adalah produk portabel yang kuat yang menawarkan desain baru, webcam yang ditingkatkan, dan masa pakai baterai lebih dari 14 jam dengan harga terjangkau.

Belum lagi bab-bab terbaru dalam seri MacBook Air sangat menawan. Laptop ini menghindari desain baji sferis untuk bentuk yang berhadapan langsung di area MacBook Pro. Tapi, sesuai dengan namanya, Air memiliki volume 20% lebih kecil dari pendahulunya. Sobat juga dapat memilih warna baru yang bagus kali ini.

Apple juga menambahkan beberapa fitur baru seperti webcam 1080p, pengaturan speaker baru, dan layar yang lebih besar. Tetapi bintang sebenarnya dari pertunjukan ini adalah chip M2 Apple, yang memberikan kinerja luar biasa untuk laptop ultraportabel.

Ideal untuk siapa saja yang ingin bekerja lebih cepat, lebih bertenaga, dan sangat ringan dibandingkan pendahulunya. Itu juga bertahan lebih dari 14 jam dalam pengujian baterai kami dan pengisian cepat.

Selain beberapa gangguan, MacBook Air M2 hampir sempurna. Ini agak mahal, tetapi dalam hal kinerja, portabilitas, dan daya tahan, M2 Air adalah entri terbaru ke halaman notebook terbaik dan mendapatkan MacBook yang harus Anda beli.

Spesifikasi MacBook Air M2

Spesifikasi
CPU: Apple M2
GPU: GPU Apple M2
RAM: 8GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Tampilan: 13 inch, 1664p
Dimensi: 12x8.5x0.4 inci
Berat: 2,7 lbs

Kelebihan

  • + Desain ulang yang elegan
  • + Performa bagus
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa

Kekurangan

  • – Hanya 2 port
  • – SSD sedikit lebih lambat dari M1 Air

Konigurasi dan Harga MacBook Air M2

Ada dua model dasar MacBook Air. Model Rp. 17 jutaan memiliki prosesor Apple 8-core M2 dengan memori terintegrasi 8GB, SSD 256GB, dan GPU M2 8-core. Unit seharga Rp. 22 jutaan menggandakan penyimpanan dan meningkatkan jumlah core GPU menjadi 10.

Unit ulasan kami berharga Rp. 28 jutaan dan dilengkapi prosesor Apple 8-core M2 dengan memori terintegrasi 8 GB, SSD 1 TB, dan GPU M2 10-core.

Laptop ini dapat dikonfigurasi dengan memori terintegrasi hingga 24 GB dan penyimpanan 2 TB. Mengambil keuntungan penuh dari spesifikasi M2 MacBook Air, sobat bisa mendapatkan total Rp. 37 jutaan.

Desain MacBook Air M2

Ini mengantarkan era baru dalam desain MacBook Air, dan sejujurnya, ini sedikit mengecewakan. Apple telah mengambil langkah tegas untuk membuat Air terlihat seperti MacBook Pro.

Desain berbentuk baji yang funky, ramping, dan ditarik yang memungkinkan Air untuk membanggakan dimensi yang hampir mustahil telah dibuang untuk ketebalan yang seragam. Tidak buruk. Tapi tidak ada jaminan sobat tidak akan melewatkan irisannya.

Untuk meringankan rasa sakit membajak di padang rumput, MacBook Air tersedia dalam empat warna (Silver dan Space Grey). Cahaya Bintang dan Tengah Malam. Unibody aluminium anodized dari unit ulasan kami adalah Starlight, warna emas yang sangat pucat. Ini benar-benar cantik, tapi kami ingin melihat sistem Onyx Midnight.

Seperti kebanyakan Mac yang lebih baru, lambang Apple bersinar sebagai satu-satunya hiasan di tengah tutupnya. Membuka tutupnya menunjukkan keyboard dengan lampu latar ukuran penuh di atas dek keyboard Starlight dalam sedikit ceruk. Tepat di bawahnya ada trackpad yang agak besar.

Dengan berat 2,7 pon dan berukuran 12 x 8,5 x 0,4 inci, MacBook Air dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tas atau ransel berukuran sedang. Lebih ringan dari Dell XPS 13 (2,8 pon, 11,6 x 7,8 x 0,6 inci) dan HP Spectre x360 13 (2,8 pon, 12,1 x 7,7 x 0,7 inci). Namun, Lenovo IdeaPad Slim 7 Carbon (12,3 x 8,5 x 0,6 inci) memiliki berat 2,4 pon.

Seperti kebanyakan Mac yang lebih baru, lambang Apple bersinar sebagai satu-satunya hiasan di tengah tutupnya. Membuka tutupnya menunjukkan keyboard dengan lampu latar ukuran penuh di atas dek keyboard Starlight dalam sedikit ceruk. Tepat di bawahnya ada trackpad yang agak besar.

✔️  Asus Zenbook 17 Fold OLED, Laptop yang Mengubah Perspekstif

Dengan berat 2,7 pon dan berukuran 12 x 8,5 x 0,4 inci, MacBook Air dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam dompet, tas kurir, atau ransel berukuran sedang. Lebih ringan dari Dell XPS 13 (2,8 pon, 11,6 x 7,8 x 0,6 inci) dan HP Spectre x360 13 (2,8 pon, 12,1 x 7,7 x 0,7 inci). Namun, Lenovo IdeaPad Slim 7 Carbon (12,3 x 8,5 x 0,6 inci) memiliki berat 2,4 pon.

Keamanan MacBook Air M2

Laptop teringan Apple selalu lebih ringan dari udara. Port juga menyala. Pengisi daya MagSafe telah berhasil dikembalikan, tetapi masih hanya memiliki sepasang port Thunderbolt 4 dan jack headset, jadi sobat memerlukan satu atau dua dongle.

Tampilan MacBook Air M2

Layar lebih besar, bezel lebih kecil – itulah nama permainan untuk M2 MacBook Air. Laptop ini sekarang menawarkan layar Liquid Retina 13,6 inci, 2560 x 1664p dibandingkan dengan 13,3 inci versi sebelumnya. Dan dalam hal tampilan, seringkali lebih besar selalu lebih baik.

Seperti yang diharapkan, layar M2 adalah ledakan warna dengan detail yang tajam. Dalam trailer Queen of Glory, kulit mahoni aktris utama Nana Mensa tampak bersinar. Terutama adegan di mana dia mengenakan gaun berwarna ruby ​​​​dengan aksen kalung emas besar.

Melalui detail yang tajam, sobat dapat melihat beberapa helainya yang terpelintir dan rantai emas di kalung itu. Saat mengukur gamut warna, Air mencatat 75,9% gamut warna DCI-P3. Itu kejutan, sedikit di bawah Air sebelumnya (80,9%) dan XPS 13 (76,9%).

Itu juga tidak mendekati rata-rata laptop premium 90,4% atau Slim 7 Carbon (139,3%). M2 Air mengalahkan Spectre x360 sebesar 67,7%. Apple mengatakan M2 Air 25% lebih terang dari pendahulunya. Itu argumen yang terbukti saat menguji rata-rata Air baru 489 nits versus 366 nits M1.

M2 Air dengan mudah mengalahkan rata-rata kategori 440 nit dari Slim 7 Carbon (369 nits), Spectre x360 (391 nits) dan XPS 13 (442 nits). Berbicara tentang kecerahan, panel M2 Air menampilkan teknologi TrueTone eksklusif Apple yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan dan suhu warna berdasarkan kondisi pencahayaan lingkungan.

Audio MacBook Air M2

Apple telah mendesain ulang speaker Air untuk pengaturan quad antara keyboard dan layar. Dan meskipun ukurannya kecil, speakernya keras dan memenuhi kamar tidur kecil saya dengan audio.

Tapi, seperti kebanyakan ultraportables, low end tidak sekuat apa yang kami pelajari dari mendengarkan TeaMarrr dan “Tick” Sir. Namun, vokal sensual dari kedua artis tersebut berpadu dengan baik dengan musik instrumental yang disintesis tanpa mempengaruhi instrumen perkusi.

Dan seperti produk Apple lainnya, speaker M2 Air mampu audio spasial, menciptakan ilusi pengalaman audio 3D. Ini memberikan elemen imersif untuk menyempurnakan musik dan film Anda.

Keyboard dan Trackpad

Keyboard dengan lampu latar solid dan sangat senyap dengan umpan balik yang melenting, yang tentunya sangat berguna di kantor atau kedai kopi. Saya dengan mudah mengungguli 70 kata per menit saya yang biasa pada tes mengetik 10fastfiners pada 80wpm.

Lampu latar memungkinkan kami untuk bekerja di hampir semua lingkungan, baik di kamar tidur yang gelap atau di kanopi pop-up halaman belakang di malam hari.

Trackpadnya besar, halus, dan responsif. Ini memberikan ruang yang cukup untuk dengan mudah menavigasi halaman web dan dokumen dan melakukan gerakan multi-sentuh. Tepi bawah pad memberikan klik yang solid saat ditekan.

MacBook Air M2 SoC

Jadi ada banyak pemikiran dan perasaan tentang chip M2 Apple. Apakah sekuat M1 Pro atau M1 Max? tidak. Tapi itu pasti lebih baik dari prosesor M1 asli. Jadi itu berfungsi sebagaimana dimaksud. Yang mengatakan, ini sedikit menyenangkan untuk Air dan Pro.

Jadi, apa sebenarnya yang didapatkan dengan M2? Chip 5-nanometer berbasis ARM memiliki 20 miliar transistor, jauh lebih banyak daripada 16 transistor di M1.

✔️  Review Dell XPS 15 OLED, Laptop Terbaik untuk Profesional

SoC adalah prosesor 8-inti dengan grafis terintegrasi, arsitektur memori terintegrasi yang lebih cepat, Mesin Neural Apple, prosesor sinyal gambar yang disempurnakan, dan kantong aman Apple. M2 memiliki CPU 8-inti dengan empat inti yang didedikasikan untuk kinerja tinggi dan empat lainnya berfokus pada efisiensi.

Menurut Apple, core berkinerja tinggi akan memberikan kecepatan terdepan di industri untuk operasi single-threaded, dan ketika digabungkan, akan memberikan peningkatan kinerja multi-threaded yang signifikan. Performance Core memberikan kinerja CPU 18% lebih banyak dari pendahulunya.

Chip grafis terintegrasi MacBook Pro, GPU M2, memiliki 10 inti dibandingkan dengan 8 inti M1. Dan, menurut Apple, ini 35% lebih cepat dari pendahulunya. Berkat arsitektur ARM kustom, MacBook terbaru menggunakan aplikasi Universal yang dapat berjalan dengan mudah di macOS, iOS, dan iPadOS.

Secara otomatis menskalakan dan sesuai dengan perangkat sobat. Ini juga berarti MacBook sekarang memiliki akses ke perpustakaan aplikasi yang luas. Semua aplikasi yang tidak beralih ke Universal akan berjalan di Rosetta 2, emulator yang dirancang untuk menjalankan aplikasi berbasis Intel.

Kinerja MacBook Air M2

Prosesor 8-core Air adalah chip solid yang dapat menangani hampir semua hal yang kami lakukan. Kami menjalankan tab di Chrome yang menjalankan Tweetdeck, YouTube, dan beberapa situs berita dengan beban kerja yang biasa, Google Documents, Spreadsheet, dan Slide dalam 60 tab.

M2 Air juga berkinerja baik dalam benchmark sintetis. Misalnya, saat menjalankan Geekbench 5.4, ada 8.919 laptop, pengurangan rata-rata laptop premium 6,054 dan Slim 7 Carbon (CPU AMD Ryzen 7 5800) 6.241. Dalam pengujian Handbrake kami, Air M2 mentranskode video 4K ke 1080p dalam 7 menit dan 52 detik.

Skor ini melampaui rata-rata 10 menit serta XPS 13 (CPU Intel Core i7-1185G) dan Spectre x360 (CPU Intel Core i7-1165G7) dengan waktu masing-masing 18:33 dan 18:39. Slim 7 Carbon paling dekat dengan 8:51, yang lebih dari satu menit lebih lambat.

Selama tes Puget Photoshop, yang mengulangi 21 tugas Photoshop yang berbeda 3 kali per proses, M2 Air mencetak 821, kehilangan rata-rata kategori 917.

Saat kami menjalankan tes kecepatan disk BlackMagic, SSD 1TB M2 Air memiliki kecepatan baca 2.800.1MB/dtk, sedangkan M1 Air mencapai 2.692.9MBps. Kecepatan tulis adalah 2.210,6 MBps untuk M2 Air dan 2.897,8 MBps untuk M1 Air.

Grafik MacBook Air M2

Apple terus bekerja keras untuk meyakinkan konsumen bahwa MacBook dapat menjadi sistem game yang solid. Tidak yakin, tapi semoga optimis setelah melihat demo Resident Evil VIII di WWDC 2022. Sementara itu, GPU 10-core Air M2 telah menunjukkan bahwa ia dapat mempertahankan dirinya sendiri.

Selama benchmark Civilization VI Sid Meier, laptop mencapai 40 frame per detik. Itu kurang dari rata-rata kategori 53 fps, tetapi mengalahkan skor 15 dan 23 fps dari XPS 13 dan Spectre x360 berbasis Intel Iris Xe. AMD Radeon Graphics pada Slim 7 Carbon juga gagal pada 37fps.

Masa Pakai Baterai

Ini bukan daya tahan baterai sepanjang hari yang diklaim Apple, tetapi 14 jam dan 6 menit M2 Air bertahan dalam pengujian ba, berselancar web terus menerus melalui Wi-Fi tidak terlalu buruk. Meski lebih pendek dari pendahulunya 14:41, tapi lebih lama dari rata-rata laptop premium 10:15.

Ini juga lebih baik daripada 12:32, 9:56 dan 7:32 pada Spectre x360, Slim 7 Carbon dan XPS 13. Ketika akhirnya waktu untuk mengisi ulang, sobat tidak perlu menunggu lama. Berkat pengisian cepat, adaptor daya 67W dapat diisi hingga 50% dalam 30 menit.

Tetapi hal favorit kami tentang masa pakai baterai Air adalah pengisi daya baru yang lucu. Apple telah merilis adaptor daya 35W baru dengan perangkat yang memiliki dua port USB-C dan kemampuan untuk menetapkan daya berdasarkan perangkat yang terhubung. Seperti sistemnya, ia kompak dan serbaguna.

✔️  Unduh dan Instal Aplikasi Kinemaster Mod 2022 Sekarang

Heat MacBook Air M2

Perbedaan utama antara M2 Air dan Pro adalah bahwa yang terakhir memiliki kipas dan yang pertama tidak. Namun terlepas dari kekurangan kipas, Air tetap dingin, dimulai dengan pengukuran 80 derajat Fahrenheit pada touchpad setelah menjalankan video layar penuh 15 menit.

Bagian tengah keyboard mencapai 82 derajat sedangkan undercarriage mencapai 84 derajat. Semua hasil jauh di bawah ambang kenyamanan 95 derajat.

Webcam MacBook Air M2

Setidaknya ketika datang ke webcam. Menyadari berapa banyak telekonferensi yang masih dihadiri banyak dari kita, Apple telah meningkatkan webcam M2 Air dari 720p biasa menjadi 1080p. Mengambil beberapa bidikan uji dan kamera baru ini setara dengan sebagian besar penembak HD terintegrasi.

Itu menyatu dengan baik dengan kulit, membuat kulit terlihat hangat dan hidup. Kamera menangkap lokasi dan warna berbeda dari gaun hijau hutan dengan baik. Namun, nadanya tampak sedikit lebih cerah. Detailnya agak kasar, tetapi cukup jelas untuk membaca beberapa kotak earbud di latar belakang.

Untuk pengalaman konferensi video yang lebih baik, kami sarankan untuk memeriksa halaman Webcam Terbaik kami.

Software MacBook Air M2

Iterasi macOS terbaru dikenal sebagai Ventura dan, seperti yang diharapkan, menghadirkan beberapa fitur baru. Tetapi kami akan menyesal jika tidak meluangkan sedikit waktu untuk memuji desain yang bersih, intuitif, dan menarik.

Ini membanggakan palet warna cerah dan berani yang menarik perhatian, dan kami terutama menyukai mode gelap. Dermaga tembus pandang di bagian bawah dan aplikasi bundar di atasnya menggunakan bahasa desain terpadu di iPhone, iPad, atau Mac, membuatnya lebih mudah untuk beralih di antara ketiganya.

Sekarang, mari kita bicara tentang fitur-fiturnya. Mail telah diperbarui dengan peningkatan kemampuan pencarian dan kemampuan untuk membatalkan pengiriman email, dan Messaging memungkinkan menandai pesan yang belum terkirim sebagai belum dibaca dan mengedit pesan yang baru dikirim.

Perpustakaan Foto Bersama iCloud memungkinkan berbagi foto dan video dengan hingga lima anggota keluarga. Dan untuk alasan keamanan, Apple bertujuan untuk mengganti kata sandi secara permanen dengan memberikan kunci kriptografi sebagai “kredensial generasi berikutnya yang tidak dapat dibobol atau dibocorkan.”

Kesimpulan

Dalam kehidupan pribadi, kami bukan pengguna MacBook. Bukan masalah pribadi, kami ingin kemampuan memainkan judul AAA di waktu henti. Tapi setelah bermain-main dengan MacBook Air M2, kami ingin meminta departemen TI untuk mengganti MacBook saat ini dengan kecantikan ini.

Ini adalah kombinasi menarik antara portabilitas dan kinerja yang sempurna untuk situasi kerja hybrid saat ini, di mana sobat berada di kantor 1-2 hari seminggu. Chip M2 baru telah menjadi unggulan sejati, dan siapa yang bisa marah dengan masa pakai baterai lebih dari 14 jam?

Tidak ada, siapa itu Anda juga dapat menatap layar 13,6 inci yang menakjubkan, menikmati speaker yang sangat kuat, mengetik di keyboard yang sangat nyaman, dan melakukan yang terbaik dengan webcam yang ditingkatkan.

Ya, harga awal Rp. 17 jutaan agak curam. Namun, M2 mengungguli M1 di hampir semua kategori, sehingga sangat layak untuk diinvestasikan. Tetapi jika mencari alternatif PC, lihatlah Dell XPS 13 atau Lenovo Slim 7 Carbon. Namun secara keseluruhan, MacBook Air M2 adalah laptop baru yang bisa menang di banyak bidang.

Leave a Comment