Review Lenovo Yoga 9i : Laptop Fantastis dengan Inovasi Menarik

kompirasi.com – Penyempurnaan kecil untuk Lenovo Yoga 9i tingkatkan formulasi kemenangan. Laptop Lenovo terbaru ini relatif tetap sama dari tahun kemarin. Masih menjadi laptop yang fenomenal, tapi kompetisi makin ketat dan cuma mode Shadow Black yang bawa pengembangan menarik.

Terima kasih Lenovo atas keberhasilan laptop 2 in 1 terbaik 2022. Yoga 13 asli, di-launching pada 2012, buka jalan untuk hibrida bagian-laptop, sebagian-tablet yang aneh ini. Kompetitor buang uji coba mereka dan memilih faktor bentuk yang dipandang beberapa orang sebagai laptop konvertibel pertama kali yang sukses.

Mulai sejak itu, seri Yoga terus bereksperimen, dimulai dari engsel strap sampai gril speaker soundbar. Dengan Yoga 9i, Lenovo tidak ambil banyak resiko. Beberapa berpikiran itu baik saja. Pada akhirannya, Yoga C940 awalnya memperoleh 4,5 bintang dan sukses tempati halaman paling atas untuk laptop 2 in 1 terbaik.

Perintisnya dibuat di atas keberhasilan ini dengan CPU Intel generasi kesebelas, dengan performa yang lebih bagus dan ketahanan yang sedikit ditingkatkan bersama dengan keyboard dan pena. Tetapi di sisi lain kami menginginkan lebih.

Permasalahannya ialah Yoga 9i mendatangkan suatu hal yang baru berbentuk sandaran tangan semua kaca dengan pembaca sidik jari ultrasonik dan touchpad haptic yang bergetar saat di-click.

Tapi untuk argumen apa saja, pengembangan besar ini cuma ada di Yoga 9i edisi Shadow Black. Piranti Mica yang kami tes ialah convertible serba bisa dan salah satu laptop terbaik di pasaran, tetapi tidak semenarik dahulu.

Spesifikasi Lenovo Yoga 9I

  • CPU: Intel Core i7-1185G7
  • GPU: Iris Xe
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 512GB
  • Tampilan: 14″, 1080p
  • Baterai: 11:15
  • Dimensi: 12,6 x 8,5 x 0,6 inci
  • Berat: 3 pon

Kelebihan

  • + Performa keseluruhan yang cepat
  • + Layar 14 inci, 1080p berwarna-warni
  • + Lebih dari 11 jam masa pakai baterai
  • + Speaker berputar yang bagus
  • + Stylus Garasi

Kekurangan

  • – Tidak ada kamera IR
  • – Terbatas hingga 16GB RAM
  • – Inovasi baru hanya di edisi Shadow Black
  • – Persaingan sengit

Konfigurasi dan Harga Lenovo Yoga 9i

Laptop pengguna 2 in 1 premium Lenovo, Yoga 9i 14-inci, bernilai 4 digit. Mode dasar (Mica), dimulai dari  harga berkisar Rp. 15 jutaan, datang dengan CPU Intel Core i5-1135G7, RAM 8GB, dan SSD 256GB dengan monitor 1080p.

Sedangkan unit pembahasan kami ini datang dengan harga sekitar Rp. 20 jutaan. Terhitung CPU Intel Core i7-1185G7 generasi kesebelas, RAM 16GB, dan SSD 512GB. Mode SSD 1TB, yang cuma ada di Lenovo.com, saat ini lebih murah pada harga sekitar Rp. 19 jutaan.

Yoga 9i edisi Shadow Black tawarkan touchpad haptic besar, penutup berlapis kulit, dan palm rest kaca dengan pembaca sidik jari ultrasonik. Sejumlah fitur ini tidak ada pada mode Slate Grey atau Mica . Maka versi Shadow Black condong jadi tambah mahal dibanding pilihan yang lain.

Bergantung pada konfigurasinya, ketidaksamaan harga dapat besar sekali. Shadow Black Yoga 9i dengan detail yang serupa dengan unit ulasan dibanderol sekitar Rp. 25 jutaan. Tetapi, mode 1080p sekarang ini dengan CPU Core i7, RAM 8GB, dan SSD 512GB “cuma” Rp. 19 jutaan.

Harga Lenovo Yoga 9i bisa sangat beragama, jadi bandingkan pemasaran di Lenovo.com dan Best Buy dan peroleh penawaran terbaik. Sobat dapat menyaksikan apa Yoga 9i menghias halaman penawaran laptop terbaik.

Desain Lenovo Yoga 9i

Bentuknya bagus, tapi apa sobat pernah menyaksikan yang semacam ini? Bagaimana dengan semua pengembangan yang dijanjikannya Lenovo tahun lalu?

Oh betul, itu cuma berlaku untuk mode Shadow Black, yang mempunyai palm rest kaca yang memanjang di dek dengan sensor sidik jari built-in dan touchpad haptic yang bergetar saat di-click. Menyaksikan mode mika yang relatif jinak, mau tidak mau kami terasa tertipu. Tidak ada yang keliru dengan mode ini.

Sasis ramping memberi kesetimbangan yang hebat di antara portabilitas dan kepraktisan, dan mendatangkan beberapa fitur kekinian. Bila Spectre x360 14 memburu kemewahan, Yoga 9i memperlihatkan bentuknya yang bersahaja. Warna perak halus pada tutup mode Mica cuma sela oleh simbol chrome “YOGA” di pojok atas.

Buka tutupnya mengutarakan semakin banyak permukaan perak polos. Kami menyukai utilitas tambahan untuk sasis. Laptop ini mempunyai desain mengambil langkah dengan tutupnya sedikit didorong di depan.

✔️  Review Lengkap Laptop Asus ZenBook 14X OLED Space Edition

Lokasi ini, bersama dengan takik webcam, memberikan ruangan untuk membuka penutup tanpa menempatkan jari antara dek dan monitor. Bila sobat menyaksikan lebih dekat ke pinggir atas takik, sobat akan mendapati sepotong “YOGA SERIES” yang eksklusif, sebuah komponen desain kecil yang menambah sentuhan kemewahan.

Kembali lagi ke seri Yoga ialah engsel soundbar, tapi ini kali dengan terowong suara yang semakin besar. Kualitas audio akan diulas berikut ini. Secara seni, beberapa titik pada engsel memberikan Yoga 9i originalitas desain yang kemungkinan lenyap bila dibanding dengan HP Spectre x360 14 atau Dell XPS 13 2-in-1.

Sarana yang lain terhitung garasi stylus untuk simpan pena saat tidak dipakai, dan penutup webcam untuk sembunyi dari mata-mata. Yoga 9i merengkuh trend ke bezel yang lebih tipis, tapi tidak secara berlebihan secara sama dengan XPS 13 2-in-1. Sepanjang webcam ada di atas monitor, tidak ada apa-apa.

Pegang salah satu bezel ini dan lipat monitor kembali untuk tempatkan Yoga 9i ke model tenda atau tablet. Diperlukan sedikit usaha untuk melakukan, tapi engselnya lumayan kuat untuk menahan monitor bergetar saat sobat menabrakkan kaca dengan keras.

Laptop ini benar-benar tipis. Dengan ukuran 12,6 x 8,5 x 0,6 inch dan 3 pon, Yoga 9i 14 inch secara berarti lebih tipis dibanding HP Spectre x360 14 13,5 inch (11,8 x 8,7 x 0,7 inch, 3 pon) dan setipis Dell 13,4 inch. XPS 13 2-in-1 (11,7 x 8,2 x 0,6 inch, 2,9 pon) dan MacBook Air 13,3 inch dengan M1 (12 x 8,4 x 0,6 inch, 2,8 pon).

Keamanan Lenovo Yoga 9i

Mengingat keunggulan seri ThinkPad, kami tidak mengharap Lenovo mengganti kami dalam kelompok keamanan. Maka kami kaget ketahui jika Yoga 9i masih kekurangan kamera IR, feature bermanfaat yang ditemukan pada Spectre x360 dan XPS 13 2-in-1.

Sebagai gantinya, kami harus memakai sensor sidik jari di dek. Ini bekerja dengan handal, tapi mengusung jari sobat memerlukan usaha extra yang tidak dibutuhkan saat memakai kamera IR. Saat terjerat pada webcam 720p standard, minimal ada slider yang dapat sobat alihkan untuk memblok lensa saat tidak dipakai.

Port Lenovo Yoga 9i 2022

Yoga 9i tidak banyak memiliki ruangan untuk port. Laptop ini mempunyai port USB 3.2 Type-A, input Thunderbolt 4 double, dan jack earphone/mikrofon di samping kiri. Seharusnya pisah input USB-C di ke-2 sisi laptop hingga sobat bisa mengisi daya dari ke-2 ujungnya.

Tetapi, kami menyenangi tombol daya di samping kanan yang mempermudah untuk hidupkan dan mematikan Yoga 9i saat dipasang (dengan tutupnya tertutup) atau dalam model tablet.

Tampilan Lenovo Yoga 9i

Ketika membuka tutup Yoga 9i dan berpikiran kami salah; ini ialah panel 14″, 1080p yang sangatlah baik. Melihat trailer Kong benar-benar membahagiakan di Yoga 9i. Rudal itu meletus dalam kabut warna kuning saat serang makhluk laut yang memberikan ancaman.

Saat ke-2 binatang itu turut serta dalam pertarungan, ledakan api arktik yang garang yang dari mulut reptil meletus dari panel yang mengilap. Paku tajam dan lipatan kulit yang berkerut kelihatan pada penampilan detil, bahkan juga pada resolusi yang sedikit rendah dibanding persaingan terkini.

Di mana Yoga 9i ketinggalan dari trend ialah rasio faktor 16:9. Lenovo, 2019. Dan kita mengetahui karena ThinkPad X1 Carbon dan X1 Yoga memperlihatkan rasio faktor 16:10.

Bila sobat masih jalani kehidupan 16:9, mode terkini sudah adopsi penampilan yang semakin besar serta lebih sempit dibanding panel layar-lebar. Ini memungkinkan sobat untuk menyaksikan semakin banyak di halaman situs atau document dengan mempertaruhkan bilah hitam tebal di pinggir video.

Bagaimana juga, rasio faktor terbaik ialah permasalahan selera, tapi mempunyai penampilan paling jelas dan paling warna selalu sebagai hal yang bagus.

Menurut pembacaan kolorimetri, penampilan Yoga 9i meliputi 76% dari keseluruhannya DCI-P3, yang lebih tajam dibanding XPS 13 2-in-1 (70%), tapi tidak semegah Spectre x360 14 (75%).), MacBook Air (81%), atau rata-rata laptop premium (86%).

Capai kecerahan 334 nits, penampilan Yoga 9i ialah XPS 13 2-in-1 (488 nits), Spectre x360 14 (365 nits), MacBook Air (366 nits) dan rata-rata laptop premium (388 nits). Ini bukanlah hasil baik, tapi minimal menaklukkan tingkat batasan minimal 300 nit untuk laptop dalam kelompok ini.

✔️  10 Rekomendasi Merk tinta printer terbaik di Indonesia

Keyboard, Touchpad, dan Stylus

Lenovo dipercaya sudah melakukan modifikasi keyboard Yoga 9i, tapi kami tidak menyaksikan banyak ketidaksamaan dengan keyboard Yoga C940. Kami tidak membencinya atau menyenanginya. Ini tinggi dan click, tetapi dangkal seperti awalnya.

Ada struktur licin pada keycaps yang tidak kami gemari, tetapi minimal tidak sekaku yang awalnya. Kami menulis 116 kata per menit dengan rata-rata 96% pada test menulis 10fastfingers.com, melampaui 109-wpm kami yang umum dengan rerata 95%.

Seperti keyboard, touchpadnya bagus, tetapi tidak begitu menonjol. Permukaan 4,1 x 2,7″ memiliki ukuran rata-rata dengan susunan kaca yang paling lembut, benar-benar lembut hingga jari-jari bisa berubah dari 1 ujung ke ujung yang lain.

Precision Touchpad memberi respon secara cepat pada ketukan, click, dan gesekan, hingga mempermudah untuk jalankan pergerakan Windows 10 di dalam rumah, seperti membesarkan atau mengganti jendela dengan sapuan tiga jari.

Pada bagian belakang Yoga 9i ada slots stylus yang memuat Lenovo Active Pen, yang sudah diubah supaya seperti terlihat pipa knalpot mobil. Saat ini diperlengkapi dengan ujung elastometer yang direncanakan untuk membuat kembali hati menulis di atas kertas.

Bila sobat ingin memakai stylus untuk beberapa hal setiap hari seperti membuat catatan, sobat akan baik-baik saja. Tulisan tangan yang kasar diamankan dengan cukup tepat untuk ditranslate ke text. Tapi bila sobat memerlukan alat catat terbaik, laptop ini bukan pilihan yang tepat.

Kenyamanan slots pulpen membuat pulpen kurang nyaman. Pena lebih tipis serta lebih susah untuk dipegang dibanding pena style berkompetisi. Sesudah sesion menggambar yang lama, tangan akan condong kram.

Audio Lenovo Yoga 9i

Soundbars tingkatkan suara TV, yang pada gilirannya memberikan keuntungan laptop. Sesudah mengawali kiprahnya di Yoga C930, engsel soundbar yang berputar-putar kembali lagi ke Yoga 9i, mendatangkan audio sejernih kristal apa saja tujuan laptopnya.

Yoga 9i jelas sebagai laptop ultrathin 2-in-1 dengan suara terbaik di pasaran. Saat mendengar “Always Like This” dari Bombay Bicycle Klub, speaker yang diperlengkapi dengan Dolby Atmos penuhi kantor dengan hi-hat “chicks” yang gurih dan gemuruh gitar listrik.

Yang paling mengagumkan ialah bagaimana speaker tangkap fluktuasi suara Jack Steadman dalam chorus dan bagaimana ia pisahkan saluran instrument electronic yang sulit dengan tepat.

Ini adalah kasus sangat jarang di mana kami betul-betul ingin meningkatkan volume untuk dengar tiap sisi dari ansambel dengan lebih bagus. Untungnya, hal tersebut tidak mengakibatkan distorsi.

Performa Lenovo Yoga 9i

Yoga 9i bukan hanya diperlengkapi dengan chip Intel Core generasi kesebelas (Tiger Lake) terkini, tapi juga dilengkapi dengan CPU Core i7-1185G7 top-of-the-line, memberi sedikit keunggulan performa dibanding processor Core i7-1165G7.

Bersamaan dengan 16GB RAM, CPU melalui pengetesan dunia riil yang ketat, menarik 30 tab Chrome ke atas seperti pegulat yang bawa bantal. Sebagian dari tab itu memutar video YouTube 1080p, beberapa memutar saluran Twitch, dan pada tab lain salah jalan di lubang kelinci sketsa Key dan Peele.

Keseluruhannya, Yoga 9i lakukan tugas yang luar biasa dalam menjaga kecepatan dalam parameter performa dan melampaui mayoritas kompetitornya. Dalam test performa keseluruhan Geekbench 5.3, ia cetak 5.312, menaklukkan Spectre x360 14 (4.904, Core i7-1165G7) dan melampaui rerata (3.566), tapi XPS 13 2-in-1 (5.639, Core i7-1165G7). MacBook Air dengan M1 (7.575) terus memukul rerata di liga lain dalam test ini.

Lenovo memakai program Handbrake untuk mentranskode video 4K ke resolusi 1080p di dalam 14 menit dan 24 detik. Ini ialah XPS 13 2-in-1 (15:52), Spectre x360 14 (17:02), MacBook Air dengan program Handbrake yang diikuti (14:56), kelompok rata-rata (17:12). Tetapi, Air cuma memerlukan 9:15 saat memakai rem tangan dasar beta.

SSD makin cepat, tapi penyimpanan 512GB Yoga 9i masih tetap pada pucuknya, menduplikasi file multimedia 25GB pada 692,25MB/dtk. Ini menaklukkan XPS 13 2-in-1 (405.6 MBps, 512 GB PCIe NVME SSD), Spectre x360 14 (764 MBps, 512 GB PCIe NVMe M.2) dan rerata (581.1 MBps).

✔️  Review HP EliteBook x360 1040 G7, Laptop Pesaing Thinkpad

Grafis Lenovo Yoga 9i

Kita tak lagi hidup di zaman di mana laptop mempunyai grafis terpadu dan tidak bisa bermain games. Grafis Irislah Xe yang dibuat ke chip angkatan kesebelas Intel memberikan Yoga 9i performa yang cukup buat jalankan beberapa games kekinian pada penataan grafis rendah.

Dalam benchmark komposit 3DMark Fire Strike, Yoga 9i menaklukkan Spectre x360 14 (4.229, Irislah Xe) dan kelompok rerata (4.488) pada 5.014. Apakah arti ini untuk beberapa gamer? Kami mainkan Civilization VI kreasi Sid Meier: Gathering Storm (1080p, media) dalam Yoga dengan kecepatan 25 frame per detik.

Permainan jalan lebih lancar di Lenovo dibanding Spectre x360 (20fps) dan XPS 13 2-in-1 (21fps, Irislah Xe), tapi tidak pas dengan tingkat batasan rata-rata (28fps) atau 30fps..

Daya Tahan Baterai Lenovo Yoga 9i

Yoga 9i, laptop bersertifikat Evo, disebutkan bisa bertahan lebih dari 9 jam dengan sekali pengisian daya. Sesudah penuhi pertanda itu, beberapa bertahan 11 jam dan 15 menit dalam tes baterai Wi-Fi terus-menerus pada 150 nits.

Waktu operasionalisasinya yang hebat bertahan semakin lama dari XPS 13 2-in-1 (10:53) dan rata-rata kelompok (9:58), tapi menaklukkan Spectre x360 14 (12:11) dan MacBook Air yang bertambah luas (14:41). ketidaksamaan.

Webcam Lenovo Yoga 9i

Ruangan extra yang disiapkan oleh takik camera kecil sediakan banyak ruangan untuk webcam 720p yang pantas.

Selfie yang diambil di kantor dengan sinar redup kelihatan lebih bagus dibanding gambar dari Spectre atau XPS, tapi tidak ada yang menaklukkan gambar yang diambil memakai salah satu webcam external terbaik, seperti Logitech HD Pro C920 yang handal.

Heat Lenovo Yoga 9i

Sesudah memutar minimal 15 menit video 1080p. Temperatur terpanas yang diraih Yoga 9i ialah 96 derajat di panel lantai, satu derajat di atas tingkat batasan kenyamanan kami. Tempat yang bisa disentuh seperti keyboard (87 derajat) dan sektor sentuh (79 derajat) lebih sejuk.

Software dan Garansi Lenovo Yoga 9i

Bloatware untungnya kekurangan suplai di Yoga 9i. Lenovo mengepak mayoritas utilitasnya sendiri secara baik di aplikasi Lenovo Vantage. Dalam aplikasi penuh warna ini, sobat akan mendapati link cepat ke penyempurnaan BIOS dan driver terkini, info mekanisme, penataan, dan detail garansi.

Bertepatan dengan Vantage, ada program terpisah untuk Pena Aktif tempat sobat bisa sesuaikan kontrol tombol. Software faksi ke-3 yang telah diinstall awalnya pun tidak menyentuh.

Tidak ada aplikasi yang bisa dihapus secara standar dengan pengecualian beberapa feature khusus umum di program Windows 10 yang biasa. Yoga 9i datang dengan garansi setahun.

Kesimpulan

Yoga 9i ialah laptop 2-in-1 yang baik sekali untuk mereka yang memerlukan daya dalam paket portabel. Laptop oni menaklukkan mayoritas kompetitor, ialah yang tertipis dalam kelasnya, dan dengan ketahanan baterai lebih dari 11 jam, sobat bisa memakainya selama seharian tanpa isi bahan bakar.

Sarana yang lain terhitung stylus garasi, sensor sidik jari, dan engsel soundbar berputar-putar berayun yang memberi audio yang hebat baik Yoga dipakai dalam model tablet atau model laptop. Bila tidak ada rugi besar selainnya minimnya kamera IR, menurut saya Yoga 9i akan direkomendasikan.

Bila menyenangi laptop ini dan beberapa fiturnya yang unik, sobat akan mendapatkan penilaian 4,5 bintang. Dibanding dengan HP Spectre x360 14 yang mengagumkan dan XPS 13 2-in-1 yang paling mulus, Yoga 9i tidak tinggalkan kesan-kesan yang tahan lama, minimal tidak pada versi yang kami bahas.

Leave a Comment