Review Lenovo Thinkpad X13 AMD, Thinkpad Performa Cepat

kompirasi.com – Lenovo ThinkPad X13 tidak mendatangkan suatu hal yang baru, tapi laptop ini adalah opsi yang baik untuk pelaku usaha kecil. Lenovo ThinkPad X13 tawarkan performa cepat dan beberapa feature keamanan dalam paket 13 inch yang dapat dijangkau, tapi dengan periode penggunaan batere yang cepat.

Kami masih menantikan laptop yang dapat ditempatkan dalam ThinkPad X1 Nano yang barusan bocor . Maka apakah itu ThinkPad X13? Meremehkan branding, laptop ini berasa seperti ThinkPad T-series. Dan itu bukanlah hal yang jelek.

ThinkPad X1 Carbon memberi kesetimbangan di antara style dan material, dan ThinkPad X13 lebih memercayakan yang paling akhir. Laptop ini tawarkan desain ringkas yang menyatukan bezel tipis dan portabilitas dengan rangkaian feature yang berlimpah.

Keyboard lebih fenomenal dari awal sebelumnya, banyak memiliki port, dan sasisnya sudah terbukti ketahanannya tingkat militer. Tetapi semuanya diharap dari ThinkPad. Yang mencolok dari ThinkPad X13 ialah jika dia datang dari AMD, bukan seperti prosesor Lenovo pada umumnya.

CPU Ryzen Pro 4000 yang kuat memberikan ThinkPad X13 keunggulan performa dibanding laptop bisnis kompetitor. Performa luar biasa dan harga yang bersaing dari ThinkPad X13 menolong kami memaafkan desain yang tidak menarik dan periode penggunaan batere di bawah rata-rata.

Spesifikasi Lenovo Thinkpad X13 AMD

  • CPU: AMD Ryzen 5 Pro 4650U
  • GPU: AMD Radeon
  • RAM: 8GB
  • Penyimpanan: 256GB SSD
  • Layar: 13,3 inci, 1080p
  • Baterai: 7:53
  • Dimensi: 12,3 x 8,6 x 0,7 inci
  • Berat: 2.8 pon

Kelebihan

  • + Performa luar biasa
  • + Sasis kokoh
  • + Keyboard terbaik di kelasnya
  • + Banyak port
  • + Harga bersaing

Kekurangan

  • – Daya tahan baterai normal
  • – Bezel layar tebal
  • – RAM terbatas hingga 16GB

Konfigurasi dan Harga Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Harga laptop ini dimulai dari Rp. 8 jutaan. Hal ini yang membuat ThinkPad X13 bisa disebut sebagai laptop bisnis paling murah dan lebih murah dibanding laptop seri ThinkPad X yang lain. Model dasar ini mempunyai satu kekurangan serius: monitor 13,3 inch, 1366 x 768 pixel.

Detail lain seperti CPU AMD Ryzen 3 Pro 4450U, RAM 8GB, dan SSD 128GB baik untuk mayoritas pemakaian, tapi sobat harus meningkatkan monitor karena 786p sudah lenyap di tahun 2020.

Lenovo cukup baik hati untuk meningkatkan dari unit pembahasan dengan monitor sentuh 13 inch 1080p, CPU Ryzen 5 Pro 4650U, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Untuk model yang di atasnya, X13 dibekali dengan CPU Ryzen 7 Pro 4750U, RAM 16GB, SSD 1TB, dan monitor 1080 13,3 inch dengan kecemerlangan 500 nits.

Desain Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Untuk memodernisasikan desain ThinkPad yang unik, Lenovo mengambil langkah gampang dengan memakai kembali cetakan ThinkPad X390 dibanding memanfaatkan laptop angkatan pertama. X13 kelihatan nyaris sama dengan perintisnya, terkecuali jika penutupnya diperkokoh dengan serat karbon dan deknya dibuat dari magnesium alloy.

Berasa kuat dan diperlengkapi dengan semua aksesories ThinkPad asli, terhitung stik petunjuk karet, clicker touchpad individu dengan dialek merah, dan “i” yang berpijar pada branding tutup ThinkPad. Tambahan sensor sidik jari, engsel lipat 180 derajat, dan penutup webcam untuk design yang cukup ringkas.

Yang mengusik kami mengenai ThinkPad X13 ialah penampilannya. Bezel di atas dan di bawah monitor besar sekali menurut standard sekarang ini, membuat laptop thinkpad terbaik ini mempunyai ukuran yang semakin besar dibanding kompetitornya.

Selain ukuran, bezel yang membosankan dan menjengkelkan membuat ThinkPad X13 kelihatan kuno dan beberapa detektif bisa mengenali kami memakai sidik jari yang ditinggalkan di tutupnya. Salah satu keuntungan dari ruangan extra ialah tombol daya X13 berada di dek, tidak di samping.

Sobat tidak bisa banyak mengomentari Lenovo karena tidak berhasil lebih memajukan desain X13. Walau ini ialah laptop merk ThinkPad X, harganya lebih murah dibanding ThinkPad X1 Carbon atau X1 Yoga. Kemungkinan perusahaan mendasarkannya pada ThinkPad X1 Nano yang diberitakan.

✔️  Review Lenovo Thinkpad E14, Laptop Bisnis Performa Tangguh

Saat ini mengenai ukuran. Pada 12,3 x 8,6 x 0,7 inch dan 2,8 pon, ThinkPad X13 lebih tebal serta lebih berat dibanding 14-inci Asus ExpertBook B9450 (0,6 inch, 2,2 pon) dan kurang portabel dibanding Apple MacBook Air (0,6 inch, 2,8 pon). Dell Latitude 9410 14-inci (0,8 inch, 2,9 lbs) lebih tebal dibanding kompetitornya.

Daya Tahan dan Keamanan Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Apa saja bahan yang dipakai Lenovo, ThinkPad mempunyai ketahanan kelas militer. Dalam masalah ini, ThinkPad X13 lulus 12 test MIL-STD-810G untuk beragam keadaan berlebihan terhitung ketinggian tinggi, temperatur di bawah 0 derajat, dan badai debu.

Bila sobat bekerja jarak jauh dari rumah, sobat akan menghargai keyboard tahan dari cipratan kopi pagi yang tidak sengaja tertumpah. Membuat perlindungan file yang diletakkan dalam X13 ialah sensor sidik jari dan camera IR opsional untuk login yang aman dan cepat.

Laptop Thinkpad terbaru ini tidak diperlengkapi dengan camera IR, tapi sensor sidik jarinya konstan. Sesudah mengatur password di penataan Windows Hello, kami stop memakainya. Saat ini jadi feature standard pada laptop bisnis, ThinkPad X13 mempunyai penutup webcam (atau ThinkShutter) yang memungkinkan sobat membuang kaset.

Sobat dapat memilih ThinkPad PrivacyGuard, pilihan tampilan dengan filter privacy bawaan yang menyengaja batasi pemikiran. File peka diproteksi dengan dTPM 2.0, sebuah chip yang mengenkripsi semua data transfer.

Port Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

ThinkPad X13 banyak memiliki port, hingga sobat tidak membutuhkan dongle untuk menghubungkan periferal atau mengupload photo. Di samping kanan ialah input USB 3.2 Type-A dan slots kunci Kensington.

Belok ke kiri untuk tampilkan dua input USB-C, port pengembangan Ethernet, connector USB 3.2 Type-A ke-2 , HDMI, dan jack earphone/mikrofon. Satu kali lagi, Thunderbolt 3 ialah tehnologi Intel, jadi sobat tidak mendapatinya di laptop berbasiskan AMD ini.

Pada bagian belakang laptop ada slots kartu microSD, yang tak lagi diketemukan di ThinkPad X1 Yoga dan X1 Carbon. Terhubung microSD membutuhkan alat ekstraksi PIN yang gampang lenyap yang diikutkan dengan hp, tapi kami suka menyaksikannya kembali.

Monitor Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Monitor 1080p 13,3 inch unit peninjau penuhi semua score yang direferensikan, menjadikan prima untuk tugas keproduktifan dan konsumsi multimedia. Ini ialah penampilan yang baik, tapi yang betul-betul membuat mencolok ialah susunan anti-reflektif yang sering bisa menurunkan kualitas gambar.

Panel sudah lulus test mata. Interior aula dansa yang eksklusif diperkaya dengan cetakan emas yang istimewa, detil paling kecil yang bisa disaksikan di panel FHD ini. Gaun beludru merah ialah warna merah jelas yang hidup, tapi saya ingin ketahui apa itu semakin lebih mencolok di panel mengkilat.

Tetap, memakai penampilan X13 yang tepat dan penuh warna ialah satu kesenangan. Colorimeter kami memperlihatkan jika penampilan X13 bisa meliputi 72% dari gamut warna DCI-P3.

Hasil yang bagus, tapi memiliki arti panel mempunyai warna yang semakin sedikit dibanding MacBook Air (80%), ExpertBook B9450 (83%) dan Latitude 7310 (77%). Rata-rata kelompoknya ialah 83%, yang disebut yang terbaik dari semua laptop ini.

Kami lebih tertarik dengan kecemerlangan maksimal cuma 278 nits. Latitude 7310 (277 nits) sama gelapnya, dan ExpertBook B9450 (302 nits), MacBook Air (386 nits) dan kelompok rata-rata (382 nits) berkilau di atas opsi 300 nits.

Keyboard, Touchpad, dan TrekPoint Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Tidak ada tambahan yang belum disebut dalam pembahasan ThinkPad awalnya. Simpelnya, keyboard di ThinkPad X13 benar-benar fenomenal. Semua kantong kunci dikontraskan dengan benjolan taktil yang menjentikkan jari dari 1 huruf ke huruf selanjutnya.

Perawakan cengkung yang sudah kami puji sepanjang tahun membuat berasa tidak mungkin untuk bergerak dalam atas laptop setipis ini. Salah satu keluh kesah kami dengan keyboard ialah tatanan letak.

✔️  Review Asus ROG Flow X13: Laptop Serbaguna untuk Gamer

Untuk menampung sasis yang lebih kecil, Lenovo sudah kurangi tombol panah dan tombol Alt, PrtSc, dan Ctrl yang bersisihan. Terhitung Tim Left Ctrl, tapi kami mengetahui beberapa majalah laptop yang geram pada tombol kanan yang roboh ini.

Kami bisa menulis 116 kata per menit dengan ketepatan 98%, sejumlah kata lebih pendek dari rara-rata 119-wpm saya tapi dengan kekeliruan semakin sedikit dibanding tingkat kekeliruan tulis 5% yang umum.

Touchpad 4 x 2,5 inch menuntaskan tugas, tapi pemakai dengan tangan yang semakin besar kemungkinan mengalami kesusahan jalankan pergerakan Windows 10. Saat menukar jendela memakai pinch-to-zoom dan gesekan tiga jemari, jemari sosis menggores pinggir permukaan segi panjang.

Bila sobat menghargaki baris teras, sobat bisa memakai pegangan karet merah (dikenal juga sebagai stik petunjuk) sebagai panel sentuh tanpa melepas tangan dari keyboard.

Audio Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Speaker double ThinkPad X13 terdengar luar biasa, tapi pelintasan ke bawah menjadi permasalahan. “Tangerine” dari Glass Animals beri kesegaran dan penuh energi saat ia menempatkan laptop di meja kayunya.

Musik merdu itu terganggu saat laptop ditempatkan di atas kaus katun tebal atau sofa kulit. Saat volume di atas 70%, vocal kedengar hampa dan gitar elektrik dan synthesizer jadi tidak serasi.

Performa Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

AMD sudah memutuskan standard untuk mobile dengan CPU Ryzen 4000-nya, dan Ryzen 5 Pro 4650U yang digabungkan dengan RAM 8GB pada ThinkPad X13 ialah bukti selanjutnya. Omong-omong, “Pro” memiliki arti chip ini direncanakan khusus untuk laptop bisnis. Pikir vPro dari AMD.

Ini memiliki arti jika admin TI dapat memperoleh kekuatan management yang tidak diketemukan pada CPU standard. Bila sobat dikasih ThinkPad X13 oleh atasan, yang penting untuk sobat kenali ialah laptop ini sungguh bagus. Berisi beragam website di dalam 25 tab tanpa interval di browser Microsoft Edge baru.

Bahkan, kami juga dapat memasukkan URL ke tab baru saat sebelum tab lama usai termuat. Bahkan juga dengan 4 video YouTube 1080p dan 2 saluran Twitch yang diputar di background, kami tidak menyaksikan ada pelambatan.

ThinkPad X13 cetak score hebat 4.935 dalam test performa keseluruhnya Geekbench 5. Ini menaklukkan ExpertBook B9450 (2.830), Dell Latitude 7310 (3.464) dan rata-rata untuk laptop premium (4.060). Tutup mata sobat, fans Apple, MacBook Air (2.738) kaget dengan test ini.

Bila Geekbench ialah home run, ThinkPad X13 capai grand slam dalam test Handbrake, cuma memerlukan waktu 10 menit dan 45 detik untuk mengonversi video 4K ke 1080p. Kompetisi nyaris tidak ada. Latitude 7310 tempati urutan ke-2 sama waktu 19:39 sementara MacBook Pro (27:10) dan ExpertBook B9450 (28:24) betul-betul kesusahan.

SSD PCIe NVMe 256GB di unit pembahasan kami sesuai harapan. File multimedia 5 GB disalin dalam 7 detik dengan kecepatan 745,1 MB per detik. Itu di atas lapangan yang serupa dengan ExpertBook B9450 (771,1 MBps) dan Latitude 9310 (877 MBps), dan MacBook Air (1,301,9 Mbps) masih di muka.

Grafis Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Sementara chip AMD sekarang ini mempunyai keunggulan performa di Intel, grafis Irislah Xe pada chip Intel generasi kesebelas nampaknya akan pecahkan kendala baru dalam grafis. Sampai waktu itu, diagram terpadu cuma pas untuk games casual dan tugas pengoreksian enteng.

Diagram Radeon pada ThinkPad X13 mainkan Civilization VI: Gathering Storm Sid Meier pada 29 frame per detik, yang disebut frame di luar tingkat batasan 30 fps. Bisa dimainkan, tapi tidak bagus.

Periode Penggunaan Batere Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Nah, ini ialah ketidakberhasilan. Dengan runtime 7 jam dan 53 menit dalam pengetesan battery (berseluncur situs terus-terusan lewat Wi-Fi pada 150 nits), ThinkPad X13 kurang dari 10 jam periode penggunaan batere laptop premium.

✔️  Review Lenovo ThinkBook 14s Yoga, Laptop Bisnis dengan Stylus

Ini jauh dari runtime yang ditawari oleh laptop  kompetitor, terhitung Dell Latitude 7310 (12:18), Asus ExpertBook B9450 (16:42) dan MacBook Air (9:31).

Webcam Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Sobat tidak akan malu memakai webcam 720p ini di pertemuan staff pagi. Detail di muka menjadi lebih tajam dari yang kami harap dari webcam bawaan. Kami dapat menyaksikan satu helai rambut di janggut dan cincin warna di mata saya, dankami dapat menyaksikan detail yang tidak dapat ditangkap di laptop lain.

Logitech HD Pro C920 saya masih tawarkan kualitas gambar yang jauh lebih bagus, tapi pemilik ThinkPad X13 tak perlu kekurangan salah satu webcam external terbaik.

Heat Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

ThinkPad X13 jalan pada temperatur enteng. Sesudah memutar video 1080p sepanjang 15 menit, sisi bawah laptop capai 99 derajat Fahrenheit. Sobat dapat rasakan kehangatan dari paha telanjang, tapi di samping itu tidak jadi masalah. Lebih bernilai kembali, sisi tengah trekpad dan keyboard masing-masing masih tetap pada 84 dan 94 derajat.

Software dan Garansi Lenovo ThinkPad X13 (AMD)

Lenovo pintar mengepak programnya yang rapi ke satu program. Program ini disebutkan Vantage dan memungkinkan sobat mendapati BIOS terkini, mengecek penyempurnaan mekanisme, atau mengontak support.

Saat kami menelusuri antar-muka program yang bersih dan penuh warna, kami bisa mendapat info mekanisme dan jawaban atas pertanyaan umum seperti langkah atur ulangi Windows 10 atau mengawasi pemakaian battery.

AMD sediakan program diagnostik yang pantas disebutkan Bug Report Tool untuk dipakai dengan beberapa program Windows 10 Pro asli, terhitung Xbox Console Companion, Your Phone, dan Groove Music untuk sekitaran 8 orang yang memakainya. ThinkPad X13 datang dengan garansi setahun.

Kesimpulan

Sebenarnya, kesan pertama kami mengenai ThinkPad X13 tidak baik. Bezelnya tebal dan laptop thinkpad terbaik ini kurang portabel dibanding umumnya kompetitor mode 13 inch. Dan menyaksikan waktu tes batere ThinkPad X13 kurang dari 8 jam, kami berpikir itu kurang hebat.

Tetapi semakin lama memakai laptop ini, kami makin menghargainya. Seperti umumnya laptop berbasiskan AMD Ryzen 4000, ThinkPad X13 tawarkan performa hebat pada harga dapat dijangkau bila dibanding dengan laptop bisnis yang memakai chip Intel 10th Gen vPro.

Pemakai Office tidak mempunyai permasalahan berisi banyak spreadsheet atau membuat presentasi PowerPoint yang padat media. Selain performa yang cepat, X13 tawarkan semua feature ThinkPad biasa seperti keyboard yang nyaman, ketahanan kelas militer, dan banyak port, bersama dengan beberapa feature bisnis yang bermanfaat.

Fitur tersebut di antaranya adalah penutup webcam, sensor sidik jari, dan camera IR opsional ThinkPad X13 hilangkan semua kualitas menarik dari X1 Carbon, cuma tersisa sisi praktisnya.

Bila periode penggunaan batere di bawah rata-rata ialah permasalahan yang jadi prioritas, kami mereferensikan Asus ExpertBook B9450 atau Lenovo ThinkPad X1 Carbon (Gen 8). Bila tidak, X13 ialah opsi baik untuk pelaku bisnis yang memerlukan performa cepat dalam paket portabel tanpa melewati bujet.

Leave a Comment