Review Lenovo ThinkPad X12 Detachable, Laptop 2 in 1 Tangguh

kompirasi.com – Laptop Lenovo ThinkPad X12 Detachable sukses dengan beberapa rutinitas yang mengusik. Laptop thinkpad terbaik ini ialah laptop 2-in-1 yang baik sekali untuk pelaku bisnis, pasalnya laptop ini mampu melampaui Surface Pro 7+ dalam beberapa hal.

Bila sobat sedang mencari tablet yang bisa diganti menjadi laptop dan cenderung memilih Windows 10 dibanding macOS, kecondongan pertama yang bisa sobat coba adalah Surface Pro 7 atau Surface Pro 7+ untuk pelaku bisnis.

Tablet unggulan Microsoft ialah opsi yang terang-terangan aman antara hibrida unik ini. Tetapi kabar barunya hal itu sudah tak mutlak lagi. Karena Lenovo sudah mengambil ide Surface Pro dengan ThinkPad X12 Detachable dan meningkatkannya dengan semua feature yang berkaitan dengan merk “ThinkPad”.

Ini terhitung sasis yang bertahan lama tetapi enteng, monitor 12,3 inch yang relatif ceria dan terang, dan keyboard yang nyaman dengan ThinkPad X12 Detachable yang dibundel dengan stylus. Dan tidak seperti Surface Pro 7+, ThinkPad X12 memakai CPU memiliki daya rendah, hingga tahan selama seharian.

Ada banyak kekurangan: speaker dan camera tidak baik, dan tidak ada port USB Tipe-A. Tetapi, ThinkPad X12 Detachable ialah opsi yang baik sekali untuk pemakai usaha yang kerap melancong. Ini adalah mesin ThinkPad terbaik.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X12 Detachable

  • CPU: Intel Core i5-1130G7
  • GPU: Intel Iris Xe
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 512GB
  • Layar: 12,3 inci, 1920 x 1280 piksel
  • Baterai: 11:06
  • Dimensi: 11,2 x 8 x 0,3 inci
  • Berat: 1.7 lbs (2.4 lbs termasuk keyboard)

Kelebihan

  • + Performa tangguh
  • + Daya tahan baterai yang lama
  • + Layar 12,3 inci yang bagus
  • + Keyboard luar biasa
  • + Aksesori dalam satu paket (bervariasi berdasarkan wilayah)

Kekurangan

  • – Speakernya kurang bagus
  • – Tidak Ada USB Tipe-A

Konfigurasi dan Harga Lenovo ThinkPad X12 Detachable

ThinkPad memang biasanya datang dengan harga yang mahal, dan X12 Detachable tidak kecuali. Tetapi, di saat kami mereview thinkpad 2 in 1 ini, sobat akan memperoleh model yang lebih terkonfigurasi dibanding versi standar.

Omong-omong, komposisi entry-level diperlengkapi dengan CPU Intel Core i3-1110G4, RAM 8GB, dan SSD 256GB. Seharusnya membelanjakan sekitar Rp. 14 jutaan untuk unit pembahasan dengan CPU Core i5-1140G7 dengan RAM 16GB dan SSD 512GB.

Bila sobat memerlukan semakin banyak keunggulan, sobat dapat memperoleh CPU Core i7-1160G7 dengan harga yang lebih mahal. Ya, sobat harus keluarkan biaya tambahan untuk up-grade processor. Paling akhir, model kelas tinggi dan diperlengkapi dengan Core i7 dan RAM 16GB dan SSD 1TB.

Desain Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Dengan mengambil desain ThinkPad tradisional dan hapus sisi bawahnya, ThinkPad X12 Detachable, 2-in-1 ini pada intinya mempunyai faktor bentuk yang serupa dengan Surface Pro 7+. Laptop Lenovo terbaru ini  juga tawarkan kelebihan yang serupa dengan Pro 7, tapi X12 Detachable kelihatan dan sangat terasa berlainan.

Dibuat dari gabungan magnesium, laptop sekaligus tablet ini mempunyai berat cuma 1,7 pon dan kurang lebih sama dengan Surface Pro (1,8 pon). Tetapi, ThinkPad X12 Detachable mempunyai susunan hitam matte memiliki tekstur cukup kasar yang paling kontras dengan magnesium perak halus dari beberapa kompetitornya.

Pada bagian belakang ialah icon ThinkPad diagonal dengan “i” berpijar merah di samping lensa camera tengah. Di pojok kiri bawah ialah plat segi panjang yang dibuat dengan “Lenovo”.

Kisi-kisi speaker kecil ada di segi monitor di ke-2 segi, dan sirkulasi tipis ada di samping tombol daya di pinggir atas di seberang connector 8-pin yang dipasang keyboard. Ketika membalik laptop, sobat akan mendapati monitor 12,3 inch yang dikitari oleh bezel yang relatif tebal.

✔️  5 Printer Thermal: Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Di atas monitor ialah webcam dengan penutup lensa geser. Secara fungsional, ThinkPad X12 dan Surface Pro 7 nyaris sama. Lenovo memakai kickstand yang bisa diputar pada pojok 160 derajat yang hampir serupa dengan Surface Pro.

Hal ini memungkinkannya untuk memberikan dukungan tablet saat melihat video dan memutarnya kembali lagi ke model studio hingga sobat bisa menggambar di atasnya seperti kanvas. Memiliki ukuran 11,2 x 8 x 0,3 inch, X12 yang bisa dilepaskan ialah ukuran Surface Pro 7+ (11,5 x 7,9 x 0,3 inch) dan Surface Pro X (1,7 pon, 0,3 inch).

Keamanan dan Daya Tahan

ThinkPad ialah ThinkPad, baik itu tablet, netbook, atau workstation. Hal ini memiliki arti jika X12 Detachable sudah lulus tes ketahanan tingkat militer untuk tetap bertahan di lingkungan yang ekstrim. X12 bisa menjaga privacy tetap aman dengan beberapa feature hardware, seperti tutup lensa ThinkShutter yang disebut sebelumnya.

Ada pula camera IR dan sensor sidik jari match-on-chip untuk login biometrik lewat Windows Hello. Sejumlah fitur ini menjaga sistem dari pembobolan dan membuat masuk lebih gampang. Terselinap dibalik kap ialah chip keamanan TPM 2.0 yang mengenkripsi semua data ke dan dari ThinkPad X12 Detachable.

Port Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Satu kekurangan yang menonjol pada X12 Detachable daripada Surface Pro 7+ ialah port USB Tipe-A. Sebagai tukarnya, ia mempunyai Thunderbolt 4 di pinggir kiri dekat sisi atas dan port USB 3.2 Tipe-C di bawahnya.

Pas di atas port Thunderbolt ada jack earphone 3.5mm dan pas di bawah slots Nano-SIM untuk support 4G LTE. Di lain sisi dari X12 Detachable ialah slots kunci Kensington di samping volume rocker.

Layar Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Monitor 12,3 inch, 1920 x 1080 pixel penuh warna dan ceria. Cukup buat mencari situs, scan spreadsheet, atau pilih warna yang pas untuk siaran slide. Ini bagus untuk melihat film atau acara TV. Seperti disebut, X12 Detachable cukup berwarna.

Colorimeter kami menghitung 75% dari gamut warna DCI-P3, membuat X12 nyaris sama dengan Surface Pro 7+ (76%) dan Surface Pro X (74%). Rerata untuk netbook premium ialah 85%.

Capai kecemerlangan maksimal 376 nits, X12 yang bisa dilepaskan gampang dipakai di luar ruang di hari yang ceria. Ini menaklukkan Surface Pro 7+ (358 nits), tapi tidak capai Surface Pro X (420 nits) atau rerata (394 nits).

Keyboard dan Touchpad

Lenovo menjelaskan keyboard folio ialah “opsional”, tapi tidak boleh tertipu oleh itu. Terhitung dengan dasar ThinkPad X12 Detachable. Dan dalam soal keyboard yang bisa dilepaskan, ini adalah yang terbaik.

Keyboard Folio mengikuti tombol yang paling nyaman yang diketemukan di netbook ThinkPad seperti ThinkPad X1 Carbon, memberi umpan balik yang cepat dan jarak perjalanan yang hebat. Ya, ini lebih dangkal, tapi lebih responsive dibanding tombol di Apple Smart Folio Keyboard untuk iPad.

Tiap tombol sedikit kecil dari umumnya, tapi tidak membuat terlampau beberapa kesalahan tulis. Mereka yang mempunyai tangan semakin besar kemungkinan berasa lebih susah, khususnya karena tombol Alt, PrtSc, dan Ctrl yang pas dan tombol panah kecil, tapi keseluruhannya kami benar-benar suka dengan keyboard ini.

Kami menulis 117 kata per menit dengan ketepatan 96% pada test menulis 10fastfingers.com, ke-2 nya melewati rerata 109-wpm dan rerata ketepatan 95%.

Lebih bagus lagi, touchpad ialah ukuran yang pantas dan memberi respon pergerakan gesek dan Windows 10. Beberapa pekerjaan memerlukan beberapa usaha. Ini kemungkinan bukan permukaan kaca yang pas, tapi sangat pas untuk menuntaskan tugas.

✔️  Review Lenovo ThinkPad X1 Titanium Yoga, Laptop Tipis & Gahar

ThinkPad X12 Detachable (bervariatif berdasar daerah) mengikutkan Lenovo Digital Pen. Stylus dasar dengan sensitivitas penekanan 4.096 cara dan 2 tombol yang bisa disamakan dari sisi. Kami tidak punyaipermasalahan memakainya untuk mencoret-coret gambar atau menulis beberapa catatan. Tetapi, seniman professional harus menimbang untuk meningkatkan ke Pena Akurat dengan harga Rp. 750 ribuan.

Audio Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Speaker double di samping monitor kurang kuat, hasilkan sedikit audio untuk mayoritas daftar putar indie dan alternative. “Similar” Tora kedengar kurang kuat dan bergema, hingga kualitas suaranya tidak sebagus yang sobat peroleh di sejumlah hp.

Kenyataannya, Piksel 4XL melampaui X12 Detachable dengan suara yang lebih bersih serta lebih berat. Kami harus mematikan “Tangerine” dari Glass Animals saat sebelum X12 menghancurkan lagu.

Suara tinggi tajam dan keras, suara rendah kedengar seakan-akan seorang sedang mengetok balok kayu secara halus, dan vocalnya berasa kabur dan jauh. Membeli earphone nirkabel atau speaker computer untuk telinga dan koleksi musik bernilai yang dikurasi sepanjang dasawarsa paling akhir.

Performa Lenovo ThinkPad X12 Detachable

CPU Intel Core i5-1130G7 di ThinkPad X12, punya keluarga yang awalnya dikenali sebagai chip Y-series, melampaui chip memiliki daya ultra-rendah awalnya.Unit peninjau dengan RAM 16GB jalankan 12 tab Google Chrome dan membuat beberapa lukisan seni pop di Affinity Designer.

Memutar jam di YouTube Music nampaknya tidak mengusik X12 Detachable atau sepasang video YouTube 1080p. Kami tidak mengharap X12 Detachable tangani beban kerja secara baik, jadi ini baik untuk Intel dan Lenovo.

Performanya diukur dalam test benchmark. X12 Detachable cetak 4.778 dalam test performa keseluruhnya Geekbench 5.3, rangking pertama kali dalam kelompok rata-rata (4.212), dan Surface Pro 7+ (4.825, Core i5-1135G7). Surface Pro X dengan chip SQ2 landing dengan harga terjangkau 3.077.

X12 Detachable memerlukan waktu 22 menit dan 54 detik untuk mengonversi video 4K ke resolusi 1080p. Itu 47 detik bisa lebih cepat dari Surface Pro 7+ (23:41). Rata-rata laptop premium memerlukan waktu 16 menit 54 detik, membuat tablet ini jadi kompetitor clamshell yang kurang memberikan kepuasan.

SSD M.2 PCIe NVMe 512GB di unit pantauan X12 mengkloning file multimedia 25GB di dalam 1 menit dan 6 detik dengan kecepatan transfer 408,4 MB per detik. Ini menaklukkan Surface Pro 7+ yang lebih lamban (348,3 MBps, 256 GB M.2 PCI NVMe SSD) dan Surface Pro X (267,2 MBps, 256 GB SSD), tapi tidak bisa menyeimbangi rata-rata (604,45 MBps).

Grafis Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Kami tidak mainkan Halo Infinite di X12 Detachable, bukan lantaran penangguhan lain. X12 dengan alami memercayakan grafis Irislah X terpadu. Kenaikan dari jalan keluar terpadu awalnya, chip ini cuma pas untuk permainan enteng dan jalur kerja yang kurang intens grafis.

Faktanya berada di benchmarking puding. X12 jalankan Sid Meier’s Civilization VI: Gathering Storm dengan kekeliruan 12 frame per detik, tambah jelek dibanding Surface Pro 7+ (15 fps) dan kelompok rerata (28 fps).

Benchmark sintetis memperlihatkan jika X12 Detachable capai 3.706 dalam test 3DMark Fire Strike, satu cara di muka Surface (3.215) tapi di bawah rerata (4.687).

Daya Tahan Baterai

Pilih CPU yang lebih efektif sudah berbuah hasil dalam pengetesan batere kami. Walau mempunyai sasis yang kecil dan enteng, tablet ini bertahan sepanjang 11 jam 6 menit dalam pengetesan batere yang meliputi pencarian situs terus-menerus lewat Wi-Fi pada kecemerlangan 150 nits.

✔️  Review Lenovo ThinkPad X1 Yoga Gen 6, Laptop Bisnis Tangguh

Surface Pro 7+ dimatikan sesudah jam 08:49, dan Surface Pro X dengan chip SQ2 berbasiskan ARM capai tingkat daya kritisnya sesudah jam 9:24. X12 Detachable menaklukkan rata-rata laptop premium (10:04) satu jam.

Webcam Lenovo ThinkPad X12 Detachable

Bezel atas yang tebal memungkinkan sobat memakai webcam 5 megapiksel dan ambil photo yang memberikan kepuasan pada keadaan penerangan yang jelek. Tetapi, susunan noise visual membuat semuanya yang berada di photo kelihatan berbintik.

Daat camera tangkap warna hijau bisbol, warna tembakannya cukup kabur. Webcam external direferensikan untuk kualitas foto dan video terbaik, tapi camera terpadu X12 benar-benar pas untuk percakapan video biasa.

Sisi belakang tablet ini mempunyai camera 8MP untuk alternatif foto dari hpTerkecuali dalam masalah ini, kami cuma akan memakai camera sebagai opsi paling akhir untuk ambil gambar. Photo yang diambil di apartemen yang remang-remang tidak kelihatan jauh lebih bagus dibanding kamera depan. Pinggirnya halus dan tempat gelap terlihat kasar.

Software dan Garansi

Di X12 Detachable, program itu disebutkan Comercial Vantage. Di sini sobat bisa menyaksikan detail sistem, status garansi, dan ruangan penyimpanan/RAM yang masih ada. Sobat dapat mengecek penyempurnaan driver dan BIOS untuk pastikan sistem mempunyai patch keamanan terkini.

Program Lenovo yang lain didapatkan di X12 untuk penataan pena, yang bisa memetakkan kembali tombol ke perintah tertentu. Ada pula program Glance by Mirametrix yang baik. Program ini memakai camera dan sensor IR untuk mengamankan monitor saat bepergian dan membukanya saat kembali.

Selain program khusus Lenovo, ada menu standard Windows 10 Pro yang terbagi dalam Groove Music, Paint 3D, dan Xbox Games Bar. X12 Detachable dikirim dengan garansi satu tahun.

Kesimpulan

Lenovo mempunyai misi yang paling terang untuk ThinkPad X12 Detachable. Ini mengenai membuat versi Surface Pro 7+ yang lebih bagus untuk pelaku usaha yang memerlukan portabilitas terbaik. X12 mencapai ini dengan tawarkan periode penggunaan batere yang paling baik pada sasis yang enteng tanpa mempertaruhkan (banyak) performa.

Monitor 12,3 inch cukup jelas dan jernih, dan keyboard yang bisa dilepaskan yang diikutkan dengan stylus  mempermudah pengetikan. Ini ialah paket yang nyaris komplet, terkecuali untuk port USB Tipe-A yang lenyap (pada Surface Pro 7+) dan speaker matte.

Kameranya kendur dan mempunyai bezel yang tebal, tapi untuk tablet 2-in-1, peranannya benar-benar kecil. Ini membawa kami ke pertanyaan yang kemungkinan kami tanya lewat pembahasan ini. Mana yang lebih baik, membeli ThinkPad X12 Detachable dibanding Surface Pro 7+?

Walau CPU-nya kurang memiliki tenaga, ThinkPad X12 keseluruhannya berasa seperti paket yang lebih komplet karena ketahanan batere selama seharian dan keyboard dan stylus yang diikutkan. Bila sobat memperoleh Surface Pro 7+ dengan aksesories pada harga yang hampir serupa, pertanyaan itu lebih susah untuk dijawab. Untuk sekarang ini, X12 jauh lebih bagus dari 2 penawaran terpisah.

Leave a Comment