Review Lenovo Flex 5 Chromebook, Laptop 2 in 1 yang Fantastis

kompirasi.com – Lenovo Flex 5 Chromebook adalah 2-in-1 murah dengan keyboard fantastis, tetapi menawarkan kinerja kelas menengah.

Laptop ini mudah dimasukkan ke dalam tas. Tetapi kami harus memperingatkan bahwa itu terasa murah, tidak terlihat, atau tidak berfungsi. Chromebook ini mungkin memiliki nama “Flex ”, tetapi ironisnya, ia memiliki sasis logam yang kokoh dengan bodi sebagian aluminium yang memberikan kesan mewah.

Sekilas, Chromebook Lenovo ini mungkin dianggap sebagai laptop clamshell abu-abu lainnya. Tetapi pengubah bentuk ini juga dapat berubah menjadi tablet berkat engsel 360 derajat yang kokoh. Sobat juga akan menyukai keyboard klik yang akan membawa ke surganya mengetik.

Namun, Flex 5 mengalami satu masalah kecil yang tidak sepele. Tampilan, masa pakai baterai, dan kinerjanya cukup oke. Mereka bukan yang terburuk, tapi mereka bisa lebih baik. Laptop ini dapat menjadi kelas menengah, tetapi dengan label harganya, ini adalah laptop terbaik untuk Frans hemat yang menginginkan banyak uang.

Spesifikasi Lenovo Flex 5 Chromebook

Spesifikasi
CPU: Intel Core i3-10110U
GPU: Intel UHD
RAM: 4GB
Penyimpanan: 64GB eMMC
Layar: 13,3 inci, 1920 x 1080
Dimensi: 12.2x8 3x0.7 inci
Berat: 2.9 pon

Kelebihan

  • + Desain 2-in-1 yang fleksibel
  • + Layar sentuh dengan dukungan pena
  • + Keyboard luar biasa
  • + Rana Privasi Kamera Web
  • + Murah

Kekurangan

  • – Daya tahan baterai di bawah rata-rata
  • – Performa sedang
  • – Tampilan redup

Konifigurasi dan Harga Lenovo Flex 5 Chromebook

Satu-satunya konfigurasi yang saat ini tersedia dibanderol dengan harga Rp. 6 jutaan dan dilengkapi dengan layar 13,3 inci 1080p, Intel Core i3-10110U, grafis Intel UHD terintegrasi, RAM 4GB, dan memori flash eMMC 64GB.

Desain Lenovo Flex 5 Chromebook

Dengan skema warna abu-abu grafitnya, laptop ini menawarkan tampilan yang ringkas dan jelas. Di pojok kanan atas sampul, di sebelah logo Google Chrome berwarna putih, ada tulisan “Chromebook”. Di sudut kiri atas tutupnya adalah kata “Lenovo” yang terukir dalam persegi panjang mengkilap.

Membuka selubung aluminium mengungkapkan lebih banyak keunggulan abu-abu grafit di seluruh dek keyboard, yang memberikannya perasaan seperti batu yang halus dan memuaskan. Dua set panggangan speaker terletak di sisi keyboard bergaya pulau MacBook Pro.

Tombol abu-abu memiliki huruf dan huruf putih. Trackpad abu-abu yang ditempatkan dengan baik berada di bawah bilah spasi. Bezel layar berada di suatu tempat di tengah, tidak tebal atau tipis.

Namun, satu bezel berbeda dari yang lain, yaitu bezel bawah dengan dagu ekstra besar. Bezel atas menampung webcam 720p dengan rana privasi. Memiliki ukuran 12,2 x 8,3 x 0,7 inci dan berat 2,97 pon, Chromebook dua-dalam-satu menyaingi Chromebook HP x360 12b (2,98 pon) dan Asus Chromebook Flip C434 (3,1 pon).

✔️  Laptop 13 Inch Terbaik 2022, Cocok untuk Pelajar & Mahasiswa

Port Lenovo Flex 5 Chromebook

Lenovo Flex 5 memiliki banyak port lama dan port yang lebih baru. Di sisi kiri terdapat port USB Type-A, port USB Type-C, dan jack headset. Di sebelah kanan adalah pembaca kartu microSD, slot kunci Kensington, dan port USB Type-C lainnya.

Jika membutuhkan lebih banyak port untuk memenuhi kebutuhan produktivitas, lihat halaman Hub USB Type-C Terbaik dan Stasiun Docking Laptop Terbaik kami.

Tampilan Lenovo Flex 5 Chromebook

Layar sentuh 1080p 13,3 inci pada laptop ini tidak mencolok. Layarnya tidak bagus, tapi juga tidak di bawah standar. Itu hanya level yang layak. Menonton trailer Venom 2 dan bisa melihat sedikit atau tidak ada rona merah di pipi Marisa Tomei dan kerutan di dahi saat dia memiringkan wajahnya dengan ekspresi khawatir.

Jadi, tampilannya memberikan ketajaman dan detail yang cukup untuk kenikmatan visual. Tetapi warnanya bisa lebih hidup. Tapi gila untuk mengharapkan spesifikasi layar kelas atas dengan harga serendah itu.

Saat mengonversi Chromebook ke tablet, kami tidak mengalami masalah menggunakan gerakan sentuh Chrome OS seperti menggesek ke atas untuk kembali ke layar beranda dan menggesek ke kiri untuk mengunjungi laman web sebelumnya.

Tampilan ini mendukung input pena digital, tetapi stylus tidak disertakan dalam paket. Layarnya menyumbang 66% dari gamut warna sRGB, menurut sebuah colorimeter. Ini jauh di bawah gamut warna Chromebook rata-rata, yaitu 79%.

Sayangnya, Flex 5 gagal dibandingkan dengan para pesaingnya. Baik Chromebook HP x360 12b (79%) dan Asus Chromebook Flip C434 (93%) menawarkan tampilan yang lebih jelas. Selain itu, menggunakan Chromebook Lenovo Flex 5 di hari yang cerah mungkin tidak ideal.

Dengan kecerahan 226 nits, tampilan Flex 5 lebih gelap dari rata-rata Chromebook 275 nits. Tampilan pada Chromebook HP x360 12b, di sisi lain, jauh lebih buruk dengan kecerahan 216 nits yang suram. Asus Chromebook Flip C434 mengalahkan Flex 5 dan x360 12b dengan panel 286 nit.

Keyboard dan Touchpad

Sobat akan menyukai keyboard di laptop ini. Ini adalah fitur terbaik dari laptop setelah membangun kualitas. Keyboard bergaya pulau dengan lampu latar ini adalah salah satu tombol paling klik dan goyang yang pernah kami ulas.

Chromebook Flex 5 sempurna untuk tugas produktivitas karena dapat mempercepat tugas pemrosesan kata dengan kecepatan berirama menggunakan keyboard. Kami mengetik seperti telah menggunakan keyboard ini sepanjang hidup. Dalam tes 10FastFingers.com, kami mencapai rata-rata 87 kata per menit.

Touchpad 4 x 2,6 inci di Chromebook Lenovo Flex 5 sangat responsif. Kami juga tidak mengalami masalah saat bereksperimen dengan gerakan Chrome OS seperti cubit untuk memperbesar dan menggesek dua jari untuk mengunjungi halaman sebelumnya.

✔️  Review Acer Chromebook Spin 713 Laptop 2 in 1 Performa Cepat

Audio Lenovo Flex 5 Chromebook

Speaker ganda Lenovo Flex 5 Chromebook yang tidak terganggu dan menyala ke atas berada di sebelah keyboard, dan kami senang dengan seberapa baik suara memenuhi ruang pengujian kami yang berukuran sedang.

Mendengarkan “Ungodly Hour” Chloe x Halle di Spotify dan suara malaikat yang berasal dari speaker secara umum terdengar agak hampa dan tidak memiliki audio bulat penuh yang diharapkan. Tetapi suara pengisi ruangan pembicara cukup baik dan menyediakan sesi musik yang harus dimiliki dan menyenangkan untuk relaksasi.

Kinerja Lenovo Flex 5 Chromebook

Kami menguji kemampuan multitasking Chromebook Lenovo Flex 5 dengan membanjiri Google Chrome dengan 31 tab, termasuk dua video YouTube 1080p. Chromebook dengan CPU Intel Core i3-10110U dan RAM 4 GB menangani tugas dengan baik, menjalankan Google Documents dengan lancar tanpa lag atau memperlambat sistem.

Tapi satu hal yang kami perhatikan adalah bagian bawah laptop menjadi sedikit lembek karena Chrome penuh dengan tab. Dengan skor 1.643 dalam tes kinerja keseluruhan Geekbench 5, Flex 5 mengalahkan rata-rata kategori (1.563) dan Chromebook HP x360 12b (802), tetapi Chromebook Lenovo tidak bersaing dengan Asus Chromebook Flip C434 (6.968).

Dalam pengujian benchmark kecepatan browser web Jetstream 2.0, Flex 5 mencetak skor 100,7, mengalahkan rata-rata Chromebook (83,97), Chromebook HP x360 12b (43,73) dan Asus Chromebook Flip C434 (76,7).

Masa Pakai Baterai

Daya tahan baterainya sedikit mengecewakan dibandingkan dengan Chromebook umumnya yang 10 jam 14 menit. Flex 5 bertahan selama 7 jam 20 menit dalam pengujian, di mana terus menjelajahi web pada kecerahan layar 150 nits. Ini kurang dari waktu berjalan minimum yang disarankan yaitu 8 jam.

Chromebook HP x360 12b (8:06) dan Asus Chromebook Flip C434 (9:58) menawarkan waktu kerja baterai yang lebih lama.

Webcam Lenovo Flex 5 Chromebook

Chromebook Lenovo Flex 5 dilengkapi dengan webcam 720p dan penutup privasi untuk pengguna laptop yang sadar akan keamanan. Kualitas foto bukan yang terbaik untuk menangkap kesetiaan warna, jadi sobat tidak perlu menggunakannya di rumah.

Di kamera, kulit cokelat tampak kusam, dan bunga tiruan berwarna merah cerah di stan terdekat berwarna peach pucat. Lihat halaman Webcam Laptop Eksternal Terbaik kami untuk opsi konferensi video yang lebih baik.

Heat Lenovo Flex 5 Chromebook

Lenovo Flex 5 Chromebook tetap relatif keren selama pengujian. Kecuali ketika ditantang untuk bertahan hanya dengan 30 tab Chrome yang terbuka dan 2 video YouTube aktif tanpa lag.

Dalam tes termal yang melibatkan streaming video 1080p selama 15 menit, bagian tengah touchpad dan keyboard masing-masing mencapai 78 dan 86 derajat Fahrenheit, jauh di bawah ambang batas kenyamanan 95 derajat. Bagian bawah laptop naik hingga 92 derajat, dan bagian terpanas dari laptop (dekat ventilasi di antara engsel) mencapai 99 derajat.

✔️  Review Samsung Galaxy Book Flex 15, Laptop 2 in 1 Layar OLED

Software dan Garansi

Chromebook Lenovo Flex 5 didukung oleh Chrome OS. Layar beranda memiliki bilah tugas dengan aplikasi yang disematkan untuk pengguna yang suka bekerja dan bermain dengan perangkat lunak berbasis Google, termasuk Chrome, Gmail, Google Documents, dan YouTube.

Google Play Store akan menjadi teman terbaik di Chromebook mana pun. Ini membantu mengunduh aplikasi dan game favorit untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Kami bereksperimen dengan beberapa game di Flex 5, seperti game Sniper 3D yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan layar sentuh dan bidang sentuh Flex 5. Kami bisa membidik dengan kursor dan mengetuk layar untuk menarik pelatuknya.

Jika lebih suka aplikasi produktivitas Microsoft seperti Word, Chromebook mungkin bukan untuk sobat. Versi desktop berfitur lengkap tidak tersedia di laptop.

Tetapi jika menggunakan aplikasi Google seperti Documents, bernafas, dan tidur, maka sobat adalah kandidat yang sempurna untuk memiliki Chromebook. Lenovo Chromebook Flex 5 hadir dengan garansi terbatas satu tahun.

Kesimpulan

Jika seseorang mendatangi kami dan berkata, “Saya ingin laptop yang sangat bagus dengan harga di bawah Rp. 7 jutaan,” kami akan memberi tahu mereka bahwa mereka harus meninggalkan Windows dan mempertimbangkan untuk membeli Chromebook, terutama Flex 5.

Dengan harga Rp. 6 jutaan, Lenovo Chromebook Flex 5 menawarkan banyak nilai untuk uang hasil jerih payah. Termasuk keyboard yang nyaman dengan umpan balik sentuhan yang sempurna, penutup privasi untuk webcam, engsel 360 derajat untuk unit konvertibel, dan sasis yang kokoh. Kualitas rangkanya juga mengesankan.

Namun, Flex 5 juga memiliki beberapa fitur yang mengingatkan kita pada titik harganya yang rendah, termasuk tampilan yang redup, masa pakai baterai di bawah rata-rata, dan kinerja kelas menengah.

Bagi mereka yang ingin menghabiskan uang untuk masa pakai baterai yang lebih baik dan tampilan yang lebih cerah, lihat Asus Chromebook Flip C434, konvertibel 2-in-1 dengan Chrome OS. Tetapi untuk pengguna yang lebih produktif yang ingin tetap dengan anggaran di bawah Rp. 7 jutaan, Chromebook Lenovo Flex 5 adalah pilihan yang tepat.

Leave a Comment