14 Daftar Laptop Gaming Terbaik 2022, Spek Tangguh Anti Lemot

kompirasi.com – Dengan grafis yang kuat, tampilan yang memukau, dan audio yang luar biasa, laptop gaming terbaik menghadirkan pengalaman hiburan yang intens dalam paket portabel. Laptop gaming biasanya juga memiliki desain ramping, keyboard berkualitas dan kemampuan untuk menggunakan headset VR kelas atas.

Sial, laptop gaming yang bagus juga bisa digunakan sebagai workstation yang serius. Tetapi yang terbaik dari semuanya, laptop gaming 2022 sangat cocok untuk para gamer yang menjalani gaya hidup mobile atau ingin menghemat lebih banyak ruang daripada desktop.

Areanya beragam, mulai dari mahasiswa yang ingin hang out di mana saja di kampus, hingga pebisnis yang ingin hang out selama perjalanan. Apa pun yang sobat rencanakan untuk komputer, game PC seluler hadir dengan banyak kerumitan, sehingga membantu untuk menyelidikinya.

Namun, dengan begitu banyak laptop untuk dipilih, semuanya bisa menjadi sangat rumit. Untuk membantu sobat memilih laptop gaming yang sempurna, kami telah menyusun daftar laptop gaming terbaik, termasuk yang terbaik dari merek populer seperti Alienware, Acer, Lenovo, MSI, Razer, Dell dan banyak lagi.

Lebih dari satu tahun, kami meninjau lebih dari 150 laptop yang mencakup semua titik harga dan kasus penggunaan. Baik itu sistem game yang buruk dengan lonceng dan peluit, laptop kelas menengah yang bagus yang dapat memainkan game pada framerate yang stabil, atau sistem game murah yang dapat memainkan sebagian besar game, kami dapat membantu sobat menemukannya.

Namun, untuk membuat daftar laptop gaming terbaik, sistem Anda harus mendapatkan setidaknya 4 dari 5 bintang dalam ulasan dan memberikan apa yang paling dipedulikan pembeli. Proses evaluasi berfokus pada kinerja game secara keseluruhan. Kami juga memeriksa kualitas desain, keyboard, audio dan tampilan dan terutama nilainya.

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022

Alienware m17 R5 (AMD Advantage) adalah laptop gaming terbaik baru. Kombinasi kekuatan, daya tahan, dan desain membuat m17 menjadi kekuatan yang tidak dapat diabaikan. Iterasi laptop ini adalah masalah AMD lengkap, mulai dari prosesor AMD Ryzen 9 6900XT hingga GPU AMD Radeon RX 6850 XT.

Layar 4K juga memiliki teknologi AMD FreeSync Premium. Gunakan lini produk AMD Advantage, yang dirancang untuk menjaga sistem tetap beroperasi pada tingkat optimal apa pun yang terjadi.

Jika mencari laptop gaming yang benar-benar dapat dikonversi, sobat harus melihat Asus ROG Flow X16. Selain keserbagunaannya, ia memiliki panel Mini LED yang luar biasa, salah satu prosesor Ryzen 9 baru AMD yang kuat, dan masa pakai baterai yang solid.

Jika mencari kinerja berbasis non-AMD yang kuat, lihat MSI Vector GP76 dengan GPU Nvidia RTX 3070 Ti dan prosesor Intel Core i9-12800HK. Untuk menguji keyboard laptop gaming ini, lihat 12 game PC yang bekerja dengan baik hanya dengan keyboard saja.

Jika berbelanja dengan anggaran terbatas, lihat ulasan kami tentang laptop gaming terbaik dibawah 20 juta.  Jika ingin membeli satu atau dua periferal, lihat ulasan kami berikutnya tentang headset gaming terbaik, mouse gaming terbaik, monitor gaming terbaik, dan keyboard gaming terbaik.

1. Alienware m17 R5 (AMD Advantage)

Secara keseluruhan, laptop gaming terbaik menawarkan kinerja yang kuat dalam sasis yang ramping dan didesain ulang.

AMD dan Alienware telah bekerja sama untuk menciptakan laptop gaming AMD 17-inci paling kuat di Alienware m15 R5. Baik GPU AMD Ryzen 9 6900XT dan Radeon RX 6850M XT menawarkan kinerja yang cukup untuk memungkinkan pesaing berbasis Intel dan Nvidia untuk sering menghasilkan uang.

Ada sedikit bantuan dari rangkaian software AMD Advantage, yang dirancang untuk mengeluarkan kekuatan penuh sistem dalam situasi apa pun. Layar 4K yang indah, speaker yang kuat, dan Cherry MX ultra-kompak benar-benar ceri. Oh, dan desain Legend 2.0 hanyalah keajaiban sistem.

Spesifikasi
CPU: AMD Ryzen 9 6900XT
GPU: AMD Radeon RX 6850 XT
RAM: 32GB
Penyimpanan: 1TB PCI m.2 SSD
Layar: 17,3 inci, 4K
Berat: 7.3 pon

Kelebihan

  • + Game hebat dan kinerja keseluruhan
  • + Papan ketik yang sangat nyaman
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa

Kekurangan

  • – Kamera web 720p
  • – Mahal

2. Asus ROG Zephyrus M16 (2022)

Upgrade serius ke laptop gaming yang sudah kuat. Pada dasarnya Asus ROG Zephyrus M16 (2022) keren banget. ROG Zephyrus M16 Menyegarkan berkat sasis 15 inci yang ringkas yang memanfaatkan sepenuhnya kemilau non-hitam, desain dot matrix khas Asus, dan layar WQXGA 16 inci (2560 x 1600) berukuran besar.

Bahkan lebih baik jika sobat melihat di bawah tenda. Asus ROG Zephyrus M16 (2022) dilengkapi dengan CPU Intel Core i9 Generasi ke-12 serta GPU RTX 3070 Ti.

Ia cantik Panel layar 16 inci yang mempesona, keyboard dan touchpad yang nyaman, dan desain yang benar-benar cantik menjadikannya peningkatan mencolok yang telah kami nantikan sejak model tahun 2021. Jika  mencari salah satu merk laptop gaming terbaik tahun ini, ROG Zephyrus M16 (2022) cocok untuk sobat.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i9-12900H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3070Ti
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
Tampilan: 16", 1600p
Berat: 4,4 pon

Kelebihan

  • + Performa luar biasa
  • + Layar 16 inci yang menarik
  • + Faktor bentuk yang stylish dan ringkas

Kekurangan

  • – Mahal dan serbaguna
  • – Rata-rata kamera web 720p
  • – Mudah panas

3. MSI Vector GP76

Vector GP76 MSI adalah evolusi dari lini Leopard MSI sebelumnya untuk spek laptop gaming terbaik yang lebih terjangkau namun tetap premium. Vector GP76 menampilkan GPU Nvidia GeForce RTX 3070 Ti dengan layar besar 17,3 inci, 1080p dengan kecepatan refresh 360Hz, CPU Intel Core i9-12900HK, VRAM 8GB, RAM 32GB, dan SSD 1TB.

Paket spesifikasi yang menggiurkan untuk para gamer yang mencari performa maksimal. Ini adalah pengaturan mengerikan yang tidak akan mengecewakan. Layar MSI Vector GP76 adalah layar 17,3 inci 1920 x 1080 yang jelas-jelas memprioritaskan kecepatan daripada resolusi.

Layarnya menawarkan kecepatan refresh 360Hz yang cepat yang membuat para gamer yang lebih menyukai judul Twitch FPS atau game balap cepat kewalahan. Vector GP76 adalah salah satu laptop MSI yang lebih terjangkau, tetapi tidak membuat gamer kekurangan secara internal.

GPU GeForce RTX 3070 Ti Nvidia dengan VRAM 8GB setara dengan hampir semua tugas game yang dapat dilakukan, terutama pada layar 1080p. Mengetik dengan Vector GP76 menyenangkan untuk digunakan dengan tombol backlit RGB yang memberikan perjalanan tombol yang solid dan respons goyang yang membuat mengetik menjadi nyaman dan cepat.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i9-12800HK
GPU: Nvidia GeForce RTX 3070Ti
RAM: 32GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Layar: 17,3 inci, 1080p
Berat: 6.4 pon
✔️  ✓ 5 Rekomendasi Laptop Alienware Terbaik untuk Gaming 2022

Kelebihan

  • + Performa dan grafis terbaik di kelasnya
  • + Papan ketik yang nyaman
  • + Tampilan cerah dan penuh warna

Kekurangan

  • – Daya tahan baterai lemah
  • – Kecepatan SSD lambat
  • – Kipas kencang dan panas berlebih

4. Lenovo Legion 5 Pro

Laptop gaming terbaik di dunia yang menawarkan performa bertenaga dengan harga terjangkau. Lenovo Legion 5 Pro membuktikan apa yang mungkin terjadi ketika dua kekuatan yang berlawanan bersatu untuk kebaikan yang lebih besar.

Kekuatan itu adalah AMD dan Nvidia, dan keuntungan yang lebih besar adalah komunitas game. Berbekal CPU AMD Ryzen 7 5800 dan grafis Nvidia GeForce RTX 3070, Legion 5 Pro memberi para gamer performa yang mereka butuhkan untuk menjalankan judul AAA terbaru pada pengaturan grafis Ultra.

Legion 5 Pro membanggakan salah satu keyboard terbaik yang pernah kami gunakan. Muncul dengan layar 16 inci yang cerah dan jelas, banyak port, dan masa pakai baterai yang layak, bersama dengan pengalaman mengetik yang nyaman. Yang terbaik dari semuanya, Legion 5 Pro dihargai dengan agresif.

Apa yang kurang dalam estetika cantik dibuat oleh layar QHD 16 inci yang menakjubkan. Dan meskipun menggunakan banyak daya, Legion 5 Pro menawarkan daya tahan baterai yang signifikan. Jika sobat penggemar jajaran laptop gaming Lenovo, lihat Lenovo Legion 5 vs Lenovo Legion 7, pertarungan antar saudara gaming.

SpesifikasiKelebihanKekurangan
CPU: Ryzen 7 5800H CPULayar 16 inci, QHD 165Hz yang cerahSasis lembut dan berat
GPU: Nvidia GeForce RTX 3070Keyboard fantastis dengan keypad numerikRGB 4 zona saja
RAM: 16GBProduktivitas dan kinerja game yang luar biasaRunning hangat
Penyimpanan: 512GB SSDDaya tahan baterai yang kuat
Layar: 16 inci, 2560 x 1600 pikselPilihan port yang komprehensif
Baterai: 6:16
Dimensi: 14x10.4x1.1 inci
Berat: 5.4 pon

Kelebihan

  • + Layar 16 inci, QHD 165Hz yang cerah
  • + Produktivitas dan kinerja game yang luar biasa
  • + Daya tahan baterai yang kuat

Kekurangan

  • – Sasis lembut dan berat
  • – Hanya tersedia 4 zona RGB
  • – Running hangat

5. Asus ROG Strix G15 Advantage Edition

Asus menunjukkan seberapa jauh AMD telah maju di ruang laptop, menawarkan kekuatan besar dan masa pakai baterai yang sangat lama. Ini adalah prosesor. Bayangkan apa yang dapat dilakukan oleh setiap sistem AMD.

Dengan Asus ROG Strix G15 Advantage Edition, perusahaan melakukan lebih dari sekadar memikirkan “bagaimana jika” alih-alih melengkapi versi terbaru G15 dengan CPU AMD Ryzen 9 5900HX dan GPU Radeon RX 6800M.

Hasilnya adalah sistem hebat yang menawarkan kinerja luar biasa, umur panjang yang serius, dan berbagai utilitas bermerek Asus dan AMD yang benar-benar meningkatkan pengalaman bermain game dengan harga kurang dari Rp. 30 jutaan.

Dengan grafis super mulus dan masa pakai baterai lebih dari 10 jam, sobat mendapatkan banyak teknologi keren yang berfokus pada keseimbangan kinerja dan efisiensi daya. Laptop gaming Asus ini berdiri berdampingan dengan beberapa nama terbesar di industri ini.

Spesifikasi
CPU: AMD Ryzen 9 5900HX
GPU: AMD Radeon RX 6800M/AMD Radeon Graphics
RAM: 16GB
Penyimpanan: 512GB M.2 PCIe SSD
Layar: 15,6 inci, 1080p
Berat: 5.4 pon

Kelebihan

  • + Performa gaming yang luar biasa secara keseluruhan
  • + Desain yang funky dan berpusat pada gamer
  • + Daya tahan baterai yang luar biasa

Kekurangan

  • – Tampilan kusam dan redup
  • – Audio lemah
  • – SSD lambat

6. Alienware x17 R2

Laptop gaming terbaik murah yang ramping dan keren ini adalah pembangkit tenaga listrik bersertifikat. Dengan cepat mendapatkan popularitas di industri notebook, Alienware x17 R2 menjadi lebih kuat berkat spesifikasi barunya yang mengkilap.

Pertama, ada CPU Intel Core i7-12900HK Generasi ke-12, yang memiliki keunggulan dibandingkan pendahulunya. Selanjutnya adalah GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti, yang telah melewati semua tolok ukur yang kami berikan.

Tambahkan keyboard Cherry MX yang klik, suara Dolby Atmos yang kuat, dan kecepatan transfer tercepat yang pernah kami lihat di era laptop, dan ini adalah laptop gaming yang sangat kuat.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-12900HK
GPU: Nvidia GeForce RTX 3080Ti
RAM: 64GB
Penyimpanan: Dual 2TB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar: 17,3 inci, 1920 x 1080
Berat: 7.1 pon

Kelebihan

  • + Desain cantik
  • + Performa keseluruhan dan game yang kuat
  • + Audio yang luar biasa
  • + Keyboard yang nyaman dan dapat diklik
  • + Kecepatan transfer yang sangat cepat

Kekurangan

  • – Super mahal
  • – Kamera web buruk
  • – Daya tahan baterai di bawah rata-rata

7. Asus ROG Flow X16

Dari ultraportable hingga gaming wunderkindAsus ROG Flow X16 adalah apa yang terjadi ketika merk laptop gaming terbaik di dunia menjadi aneh dengan ultraportable konvertibel, dan hasilnya luar biasa. Ini ultraportable layar besar.

Konvertibel ini dihiasi dengan estetika yang halus, dikombinasikan dengan kekuatan tanpa kompromi yang meningkatkan cara Anda bermain saat bepergian. Quad speaker ROG Flow X16 dengan Dolby Atmos menghadirkan kejernihan yang mengesankan dengan jumlah bass yang tepat untuk boot.

Tidak hanya itu, tetapi juga dapat menahan dirinya dalam volume tinggi. Dengan CPU AMD Ryzen 6900HS yang memukau, GPU hingga RTX 3070 Ti dan RAM DDR5 yang cukup, layar LED mini yang memanjakan mata, dan engsel 360 derajat yang menjadikan rig ini daya tarik yang fleksibel, ini mengambil semua kotak yang tepat.

Daya tahan baterai yang kuat dan pemilihan port yang tepat melengkapi paket ini, menciptakan sistem yang fantastis untuk bekerja dan bermain.

Spesifikasi
CPU: AMD Ryzen 9 6900HS
GPU: Nvidia GeForce RTX 3060/RTX 3070 Ti
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Tampilan: 16", 1440p
Berat: 4,6 pon

Kelebihan

  • + Faktor bentuk konvertibel yang bergaya
  • + Tampilan warna-warni yang mati
  • + Performa yang kuat

Kekurangan

  • – Webcam menghasilkan gambar berkualitas rendah.
  • – Cepat panas selama penggunaan yang kuat
  • – Mahal, mulai dari Rp. 30 jutaan

8. Asus ROG Strix Scar III

Laptop gaming terbaik dan murah yang nyaris sempurna. Sepertinya itulah pesona ketiga Asus. Perusahaan kembali dengan ROG Strix Scar III, dan versi barunya sama menakutkannya dengan versi sebelumnya.

Sobat bisa mendapatkan laptop gaming yang kuat dengan GPU RTX 2060 yang dikemas dalam sasis yang mengemas panel 15,6 inci, 240Hz yang ramping. Plus, ia memiliki keyboard yang nyaman dan ROG Keystone yang bagus.

Laptop ini memiliki kunci enkripsi sendiri untuk membuka kunci efek pencahayaan khusus untuk laptop, serta ruang penyimpanan tetap pada hard drive. . Strix Scar III adalah laptop gaming yang sangat mengesankan yang menawarkan kinerja yang kuat, panel 240Hz, masa pakai baterai yang lama, keyboard clicky, dan speaker yang layak.

✔️  Simak Yuk 9 Rekomendasi Laptop Workstation Terbaik 2022

Laptop dengan mudah lulus tes baterai dan bertahan lebih dari 5 jam pada tes baterai. Secara keseluruhan, Asus ROG Strix Scar III merupakan salah satu rekomendasi laptop gaming terbaik 2022 yang bisa sobat beli saat ini.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-9750H
GPU: Nvidia RTX 2060
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Layar: 15,6 inci, 1080p
Dimensi: 14,2 x 10,8 x 1 inci
Berat: 4,3 pon

Kelebihan

  • + Performa dan grafik yang kuat
  • + Daya tahan baterai yang baik
  • + Layar 240Hz yang halus

Kekurangan

  • – Tidak ada kamera web
  • – Sasis tebal

9. Acer Predator Triton 500 SE (2022)

Merk laptop gaming terbaik 2022 untuk penggemar Acer. Predator Triton 500 SE yang diperbarui dari Acer menawarkan kinerja ramping dan halus yang dapat menyelinap ke kantor dan menyelesaikan pekerjaan hampir seharian.

Ketika masuk saat makan siang, sobat dapat mengalahkan musuh dan melanjutkan pekerjaan. Dengan CPU Intel Core i9 Generasi ke-12 dan GPU 3080Ti Nvidia yang kuat dan VRAM 16GB, Predator ini menyembunyikan gen permainannya yang kuat di bawah eksterior all-aluminium, abu-abu gunmetal yang memberikan kesan elegan pada kantor.

Bahkan ventilasi udaranya memiliki tampilan yang bersahaja dan agresif yang akan membuat bersemangat. Predator terlihat lebih ringan dan lebih kecil dari yang dikira, tetapi setelah dibuka dan diperkenalkan ke 16-inci, rasio aspek 16:10, layar 240Hz, sobat akan benar-benar tenggelam dalam segala hal yang dilakukannya.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i9-12900H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3080Ti
RAM: 32GB
Penyimpanan: 1TB PCIe NVMe SSD
Tampilan: 16" 1600p
Berat: 5.3 pon

Kelebihan

  • + Performa gaming dan produktivitas yang luar biasa
  • + Desain elegan dengan kualitas build yang solid
  • + Daya tahan baterai yang kuat untuk laptop gaming

Kekurangan

  • – Peningkatan bass tersedia di audio
  • – Pendinginan mungkin lebih baik selama permainan

10. Razer Blade Pro 17 (2020)

Ideal untuk game dan pembuatan konten. Razer masih percaya untuk menjadi besar atau pulang ke rumah. Razer Blade Pro 17 terbaru ingin membungkus fungsionalitas laptop gaming dan workstation dalam busur aluminium CNC yang ramping dan ramping.

Laptop ini adalah yang terbaru untuk menggabungkan prosesor Intel octa-core H-series Generasi ke-10 ke dalam campuran, bersama dengan RTX Super GPU Nvidia yang baru. Dan jika itu tidak cukup, Razer selalu meningkatkan tampilan cantiknya ke kecepatan refresh 300Hz.

Spesifikasi yang kuat ini memungkinkan laptop untuk bersaing setara dengan pesaing utamanya dalam hal bermain game dan multitasking. Blade Pro 17 juga menawarkan daya tahan yang luar biasa dalam uji baterai yang berlangsung hampir lima jam. Dan juga memiliki webcam yang bagus, yang biasanya agak tidak biasa untuk laptop.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-10875H
GPU: Nvidia GeForce RTX 2080 Super Max-Q
RAM: 16GB
Penyimpanan: 512GB SSD
Layar: 17,3 inci, layar 1080p
Berat: 6.1 pon

Kelebihan

  • + Performa keseluruhan dan game yang solid
  • + Daya tahan baterai yang baik
  • + Tampilan yang indah

Kekurangan

  • – Mahal
  • – Cenderung panas

11. MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition

Laptop gaming edisi khusus yang mencakup berbagai genre. MSI Crosshair 15 Rainbow Six Extraction Edition dihadirkan melalui kemitraan antara Ubisoft dan MSI untuk menciptakan laptop gaming hebat yang bernilai uang.

Game canggih dan modern yang siap untuk ditangani dengan mudah, dan menawarkan elemen desain yang terinspirasi dari Rainbow Six: Ekstraksi. Crosshair 15 melakukan pekerjaan yang baik untuk menyeimbangkan elemen desain tanpa secara eksplisit merujuk materi sumber.

Terlebih lagi, laptop ini benar-benar tangguh dengan performa gaming yang fantastis, tampilan yang sangat jelas, dan masa pakai baterai yang solid. Ini tidak sempurna, tetapi lebih dari itu, ini adalah laptop gaming yang solid secara keseluruhan.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-12700H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3070
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB PCIe SSD
Layar: Layar 1440p 15,6 inci
Berat: 5,5 pon

Kelebihan

  • + Performa game yang luar biasa
  • + Sangat baik untuk produktivitas
  • + Tampilan cantik dan jelas

Kekurangan

  • – Beberapa kunci kecil
  • – Tampilan redup
  • – Running panas saat bermain game

12. Razer Blade 15

Laptop gaming yang lebih cantik, lebih bertenaga, dan lebih cepat. Mulai dari Rp. 23 jutaan, Blade adalah salah satu laptop gaming paling ringan yang menawarkan performa bertenaga dan masa pakai baterai lebih dari 6 jam. Ini juga merupakan sistem pertama di lini blade yang menawarkan penyimpanan ganda.

Jika itu tidak cukup, Razer menawarkan laptop dengan sasis aluminium Mercury White yang bagus. Laptop ini akan menarik perhatian sobat ketika menang. Namun, di mana Razer benar-benar mengungguli sistem game 15 inci lainnya dalam ukuran.

Dengan berat 4,7 pon, 14 x 9,3 x 0,7 inci, Blade 15 adalah salah satu sistem game 15 inci terkecil yang dapat dibeli di pasaran. Tapi jangan tidur dengan kinerja dengan kartu grafis Nvidia RTX. Blade 15 memiliki karunia ray tracing dan kecerdasan buatan. Laptop gaming terbaik ini dapat memainkan game, mengedit video, menghitung angka, dan banyak lagi semuanya dalam satu jepretan.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-8750H
GPU: GPU Nvidia RTX 2070
RAM: 16GB
Penyimpanan: 512GB NVMe PCIe SSD
Layar: 15,6 inci 1080p
Berat: 4.7 pon

Kelebihan

  • + Desain yang indah dan memukau
  • + Grafik yang kuat dan kinerja keseluruhan
  • + Daya tahan baterai yang kuat

Kekurangan

  • – Tampilan redup
  • – Audio lemah
  • – Panas saat bermain game.

13. Gigabyte Aero 15 with 4K OLED (2021, RTX 3070)

Bermain game tidak pernah sebaik ini di layar OLED. Gigabyte Aero 15 melompat ke dalam permainan dengan tembakan senjata. Ini diperbarui dengan chipset seri 30 baru Nvidia, layar OLED 4K yang bagus, dan desain yang sedikit dimodifikasi.

Gigabyte mendapatkan banyak hal dari Aero 15, termasuk all-aluminium solid, sasis hitam legam, panel OLED yang bagus, dan keyboard klik yang memuaskan. Tolok ukur permainan dan kinerja juga baik-baik saja. Tapi Gigabyte salah memahami semuanya dengan nosecamnya yang mengerikan

Aero 15 adalah pilihan yang sangat baik untuk pembuat konten. Editor foto dan video dapat mengambil manfaat dari panel 4K warna-akurat Aero 15, tetapi mereka juga dapat menikmati melompat ke salah satu judul Triple-A favorit mereka setelah seharian bekerja.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-10870H
GPU: Nvidia GeForce RTX 3070
RAM: 32GB
Penyimpanan: 1TB SSD
Layar: 15,6 inci, 4K
Berat: 4,4 pon
✔️  Yuk Simak 10 Rekomendasi Laptop Editing Video Terbaik 2022

Kelebihan

  • + Layar Samsung OLED 4K
  • + Desain all-aluminium yang kuat
  • + Performa keseluruhan yang luar biasa

Kekurangan

  • – Webcam salah tempat
  • – Speaker yang tenang

14. HP Victus 15 (2022)

Laptop gaming terjangkau untuk penggemar game kasual. HP Victus 15 tidak akan menarik bagi gamer pro yang menuntut kinerja terbaru dan terbaik, tetapi cukup baik untuk memenangkan kasih sayang dari pemain biasa.

Rig gaming HP menawarkan CPU Intel Core i5 Generasi ke-12, layar refresh rate 144Hz, elemen pemanas yang diperbarui, dan sasis Onyx yang canggih dan ramah kantor yang berfungsi ganda sebagai laptop bisnis. HP Victus 15 adalah impian bagi para gamer pedesaan yang sadar anggaran.

Jika tidak berencana menjalankan Microsoft Flight Simulator, yang dikenal dengan GPU, Shadow of the Tomb Raider, atau game lain yang membutuhkan banyak jus grafis, Victus 15 akan menyelesaikan masalah sobat.

Spesifikasi
CPU: Intel Core i7-10750H
GPU: Nvidia RTX 2070 Supermax Q
RAM: 16GB
Penyimpanan: 1TB PCIe NVMe SSD
Layar: 15,6 inci, 4K
Berat: 5.4 pon

Kelebihan

  • + Cocok untuk gamer kasual
  • + Desain serba hitam bergaya
  • + Label harga ramah anggaran

Kekurangan

  • – Tampilan lebih gelap dari yang diharapkan
  • – GPU berusia 3 tahun
  • – Performa game menengah

Cara Menguji Laptop Gaming Terbaik

Saat membawa laptop ke lab, tujuan kami adalah melihat cara kerjanya setelah membawanya ke rumah atau kantor. Kami menggunakan beberapa tolok ukur standar industri seperti Geekbench dan 3DMark, tetapi fokus pada pengujian dunia nyata yang dikembangkan sendiri.

Untuk menguji daya tahan, uji baterai laptop menjelajahi web dengan kecerahan 150 nits hingga baterai habis. Ini menggunakan makro spreadsheet besar yang mencocokkan 65.000 nama dengan alamat, transcoder video yang mengubah video 4K menjadi 1080p, dan tes penggabungan Geekbench 4 untuk menilai kekuatan pemrosesan murni.

3DMark Ice Storm/Fire Strike dan serangkaian judul game dunia nyata mengukur kecakapan grafis. Kami menggunakan kolorimeter untuk mengukur kecerahan layar dan gamut warna, sementara instrumen lain membantu menentukan jarak tempuh utama laptop dan panas sekitar.

Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop gaming. Untuk membantu memilih laptop yang tepat, berikut adalah lima hal utama yang perlu diingat saat memilih laptop.

Anggaran

Sobat dapat menemukan laptop gaming murah dengan harga kurang dari Rp. 15 jutaan. Namun, laptop gaming mainstream yang lebih kuat seringkali berharga antara Rp. 22 jutaan dan Rp. 30 jutaan. Sistem premium biasanya berharga lebih dari Rp. 30 jutaan dan dilengkapi dengan berbagai produk berkinerja tinggi seperti spesifikasi berkinerja tinggi dan software curang.

Ukuran Layar

Sangat jarang menemukan laptop gaming 13 inci atau 14 inci saat ini, karena bezel yang lebih kecil dan bingkai yang lebih ringan membuka jalan bagi laptop gaming yang sangat tipis dan ringan. Yang mengatakan, hari-hari laptop tebal 15,6 inci yang membebani punggung hampir berakhir.

Di sana, seperti yang lebih kecil, penggantian desktop 17,3 inci menjadi sangat ramping. Namun, masih ada raksasa yang tidak menyayangkan spesifikasi apa pun. Tetapi dengan berat lebih dari 8 pon, bocah besar ini dibuat untuk stasiun permainan rumahan.

Resolusi Layar

Untuk tampilan laptop gaming, sobat perlu menyeimbangkan antara frame rate dan estetika. Dan jika ingin mendapatkan daya tahan baterai sistem seluler yang sebenarnya, sobat juga harus mempertimbangkannya. Kami menyarankan memeriksa laptop dengan resolusi 1080p.

Produsen panel kini menawarkan layar dengan kecepatan refresh tinggi pada 360Hz dengan kecepatan respons 3 milidetik. Tapi jangan hitung layar 4K dulu, karena laptop dengan layar 120Hz 4K mulai muncul. Laptop dengan resolusi lebih rendah cenderung memiliki daya tahan baterai lebih lama secara keseluruhan.

Refresh Rate

Tergantung pada jenis game yang dimainkan, terutama fps dan MOBA, sobat akan memilih apa pun yang dapat meningkatkan akurasi. Anehnya, semakin tinggi kecepatan refresh tampilan, semakin akurat bidikannya. Ini adalah fenomena yang kami alami secara langsung di banyak demo kami. 60Hz baik-baik saja, tetapi untuk saat ini, ada baiknya berinvestasi di panel dengan kecepatan refresh 120Hz atau lebih tinggi.

Intel atau AMD?

Beberapa tahun yang lalu, jawaban atas pertanyaan ini tidak diragukan lagi adalah Intel. Namun, AMD telah membuat comeback yang sengit dengan CPU Ryzen baru mereka yang memberikan kinerja keseluruhan yang luar biasa.

Berkat arsitektur chip Ryzen baru, chip tersebut sangat hemat daya tanpa mengurangi produktivitas. CPU seri Ryzen 5000 terus mengesankan dengan kinerjanya versus masa pakai baterai. Chip generasi ke-11 Intel bukanlah sesuatu untuk disindir, agar tidak ketinggalan.

Pabrikan laptop mulai mengirimkan sistem dengan chip Tiger Lake seri H generasi ke-11 Intel. Chip 10-nanometer sangat kuat, tetapi masih berada di ujung bawah spektrum dengan CPU seri HK yang dapat di-overclock yang akan datang.

Mengapa ingin berinvestasi dalam prosesor yang dapat di-overclock karena sobat dapat menarik lebih banyak daya dari sistem dengan menekan sebuah tombol? Ini berguna saat melakukan banyak tugas atau memainkan game yang sangat menuntut.

Daya Tahan Baterai

Saat tidak dicolokkan, daya tahan baterai laptop gaming cenderung sangat pendek, terutama saat bermain game. Namun, daya tahan baterai laptop gaming semakin lama. Sedemikian rupa sehingga kurang dari 4,5 jam dianggap di bawah rata-rata.

Namun, kami meninjau laptop gaming pertama yang bertahan hingga dua digit. Berdasarkan hasil tersebut, kami berharap laptop gaming akan segera menyamai laptop non-game. Laptop gaming paling hemat daya telah berjalan selama lebih dari 11 jam dan terdaftar di ulasan laptop tahan lama.

Spesifikasi

Sobat dapat menghabiskan banyak waktu untuk meneliti spesifikasi, tetapi berikut adalah komponen utama yang perlu dipertimbangkan: Jika ingin performa mainstream yang sangat bagus, pilih CPU Core i5, RAM 16GB, SSD 512GB, dan layar 1080p.

Leave a Comment