Kenali Penyedia Hosting VPS Terbaik di Indonesia, Apa Saja?

Apa saja penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia? Tahukah Anda tentang sebuah produk komputasi yang sedang populer bagi para web developer saat ini? Ya, kini para web developer sedang menggandrungi sebuah hosting baru yaitu VPS.

Produk komputasi server ini memang tergolong baru dan mungkin tidak semua web developer memahami fungsinya. Namun sejak kehadirannya, hosting jenis ini menjadi favorit dan sangat diminati untuk mengelola website jadi lebih baik lagi.

Apa yang Dimaksud dengan VPS Hosting?

Bagi Anda yang baru mengenal VPS, ini adalah kependekan dari Virtual Private Server. Dari namanya saja bisa Anda bayangkan bahwa sistem server ini bersifat virtual alias non fisik. Sedikit mirip dengan cloud hosting namun pengguna VPS adalah pribadi atau perorangan.

Anda yang menggunakan VPS sebagai hosting website hanya akan menggunakan server virtual ini sendiri sehingga keseluruhan resource nya tidak dibagi lagi. sebelum membahas tentang penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia, Anda perlu memahami dulu fungsinya.

Mengapa dikatakan sebagai server virtual? ini dikarenakan server yang digunakan dalam VPS memang berbentuk maya alias nonfisik. Server semacam ini menggunakan teknologi virtualisasi hardware fisik sehingga akan dibagi menjadi beberapa sumber daya.

Dengan adanya teknologi ini Anda dapat menambahkan sistem operasional atau software lain yang dibutuhkan oleh website. Tentu Anda tidak akan dapat melakukan hal ini pada server fisik.

Dengan adanya tambahan software atau sistem operasional maka server dapat bekerja secara mandiri dan dengan performa lebih cepat. Hosting VPS ini seringkali digunakan untuk keperluan Cloud Computing, namun bisa juga untuk hal yang lainnya.

Selain menjadi web hosting, VPS juga bisa menjadi game server. Melalui server yang dikelola oleh Anda pribadi ini, Anda bebas melakukan apa saja yang berhubungan dengan game online seperti menginstal game, mendapatkan akses root dan mengelola game server.

VPS juga bisa Anda gunakan sebagai VPN. Ini adalah sebuah koneksi internet di mana Anda dapat menyembunyikan identitas Anda saat ingin membuka akses internet. Dengan VPN, Anda juga bisa membatasi orang untuk memasuki jaringan yang Anda miliki.

Kapan Harus Mulai Beralih ke VPS Hosting?

Terdapat banyak penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia. Namun web developer umumnya memilih hosting VPS untuk website dengan traffic yang tinggi. Maka jika Anda sudah merasa bahwa website semakin berkembang dan trafficnya semakin tinggi, sebaiknya Anda beralih ke VPS Hosting.

✔️  Penuhi 7 Kriteria Hosting Web Terbaik Ini Sebelum Beli

Jika Anda masih bertahan di shared hosting, Anda akan kehabisan resource karena dalam hosting tradisional semacam itu resource yang ada di dalam server harus Anda bagi dengan pengguna lainnya.

Jika salah satu pengguna menggunakan bandwidth dan disk space di luar batas wajar, maka siap-siap saja Anda akan kena getahnya. Karena itu jika dirasa website sudah sangat berkembang, alangkah baiknya Anda migrasi ke penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia.

Hosting jenis VPS juga cocok bagi Anda yang ingin memiliki kontrol penuh terhadap server. Hal seperti ini umumnya dilakukan oleh website yang sudah berkembang di mana pengelolaan server sepenuhnya ada dalam kendali developer.

Anda juga harus mulai berpikir untuk migrasi ke VPS jika mulai membutuhkan ruang yang lebih besar untuk menyimpan data. Hosting VPS menawarkan ruang yang besar dengan harga yang cukup rasional dibanding hosting lainnya.

Selain spacenya lebih luas, tingkat keamanan hosting VPS juga lebih kuat untuk diketahui. Karena Anda tidak perlu berbagi bandwidth maka server yang dikelola cenderung lebih stabil dan lebih aman.

Jenis-Jenis VPS Hosting yang Perlu Diketahui

Sebagai server virtual yang berfungsi membantu web developer dalam memenuhi kebutuhan website mereka, VPS terbagi ke dalam beberapa jenis. Setiap jenis memiliki manfaat tersendiri. Jenis VPS tersebut yaitu sebagai berikut.

Openvz, ini merupakan pilihan VPS yang paling umum dengan tingkat penggunaan sumber daya paling kecil. VPS jenis ini tidak dapat digunakan pada Windows sebagai sistem operasinya. banyak penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia memang dapat digunakan pada Windows.

Kernel-based Virtual Machine atau KVM adalah jenis VPS yang virtualisasinya berada pada level kernel sehingga Anda bisa berinteraksi langsung dengan perangkat keras secara otomatis. VPS jenis ini juga memiliki kontrol yang lebih lengkap sehingga dinilai lebih baik dibandingkan Openvz.

✔️  Daftar Hosting Gratis Indonesia Terbaik dan Kelebihannya

Xen HVM atau Hardware Virtual Machine memiliki kemiripan dengan KVM. Keduanya sama-sama mendapat support dari perusahaan Xen dan memiliki kontrol yang penuh terhadap virtual server. Kelebihannya, VPS jenis ini dapat digunakan pada sistem operasional Windows.

Microsoft Hyper-V, ini adalah pilihan yang sangat bijak jika Anda menginginkan sistem VPS yang berjalan pada OS Windows. Jenis VPS ini merupakan produksi Microsoft dan harganya lebih mahal karena Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Review Perusahaan Penyedia Hosting VPS Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui seluk beluk tentang hosting VPS, kini saatnya kami sajikan informasi mengenai beberapa perusahaan yang menyediakan layanan VPS terbaik di Indonesia. Apa saja nama perusahaannya?

  1. Hostinger – Performa Nomor Satu

Setiap server pada VPS Hostinger sudah dilengkapi dengan dukungan prosesor Intel Xeon dengan penyimpanan SSD dan RAM 512 GB. Kecepatan yang dimiliki oleh hosting VPS ini adalah 100 Mb/s dengan garansi uptime 99,9%.

Dengan performa seperti itu, ana tidak perlu khawatir bahwa server akan mengalami crash atau down. Anda juga akan diberikan akses ke semua data dan file dengan adanya dukungan Network File System.

Dengan seluruh kelebihan tersebut tidak aneh jika Hostinger menjadi salah satu penyedia Hosting VPS terbaik di Indonesia. 

  1. Inmotion Host – Kaya Dengan Fitur

Jika Anda membutuhkan hosting VPS yang memiliki kinerja luar biasa, memiliki uptime tinggi dan TTFB yang rendah, maka jawaban dari kebutuhan Anda adalah Inmotion Host. Hosting ini hadir dengan uptime diatas 99,95% dan TTFB kurang dari 450d.

Layanan pelanggan pada hosting ini juga berada pada skala memuaskan. Yang paling unik dari penawaran paket di Inmotion Host adalah banyak fitur tambahan yang ditawarkan. Misalnya saja ada lisensi cPanel gratis, fitur keamanan dan sertifikasi SSl dan SSD.

Jika website yang Anda gunakan memiliki kecepatan trafik yang tinggi dan membutuhkan ruang yang besar, Anda harus mencoba untuk mempertimbangkan Inmotion Host sebagai penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia.

  1. Siteground – Memiliki Dukungan Konsumen Yang Responsif

Di perusahaan web hosting Siteground, kepuasan konsumen adalah segalanya. Karena itu tersedia dukungan live chat yang sangat tanggap dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh konsumennya.

✔️  Cara Mendaftar Google News Untuk Blogger Pemula

Jika Anda baru belajar untuk migrasi ke sistem VPS hosting, di sini Anda bisa menemukan media yang cocok. Anda bisa memilih paket cloud Siteground yang fungsi dan rate nya sama dengan VPS.

paket ini juga akan memberikan Anda beberapa fitur utama seperti CDN tanpa bayar dengan kecepatan yang sudah meningkat, bisa memilih lokasi server dan didukung layanan konsumen VIP 24/7.

Jika kecepatan loading page dan stabilitas website merupakan hal yang penting bagi Anda, maka kami rekomendasikan SiteGround untuk menjadi penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih.

  1. A2 Hosting – Performa Kecepatan Yang Tidak Diragukan

Setali tiga uang dengan Hostinger, A2 Hosting juga menawarkan performa dan kecepatan sebagai daya tarik utama VPS hostingnya. Semua fitur penting yang dibutuhkan untuk hosting VPS bisa didapatkan dari A2 Hosting.

Hosting ini memiliki kemampuan untuk menggunakan cPanel, menggunakan Linux sebagai sistem operasional dan mendapatkan akses Root. secara keseluruhan hosting ini memang tepat dijadikan penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia tahun 2022 ini.

Memilih hosting VPS memang bukan hal yang gampang jika Anda ingin mengelola website secara profesional. VPS hosting memang merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mengelola website berskala besar dengan trafik dan kebutuhan yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin melakukan migrasi dari web hosting biasa ke VPS, informasi yang kami sampaikan tentang penyedia hosting VPS terbaik di Indonesia ini akan memberikan beberapa masukan sehingga Anda memilih hosting yang tepat.

Leave a Comment