Jasa Parafrase Menurunkan Hasil Cek Turnitin

Cek Turnitin adalah proses pemeriksaan plagiasi yang dilakukan kampus atau lembaga pendidikan tinggi untuk menentukan lolos tidaknya karya tulis ilmiah (Jurnal, Skripsi, Tesis, Taskap dan Disertasi) sebelum di submit oleh pihak kampus atau di publikasi oleh pihak penerbit.

Turnitin merupakan aplikasi berbasis website untuk melakukan pemeriksaan plagiasi terbesar dan terintegrasi dengan berbagai macam lembaga maupun institusi pendidikan saat ini. Biasanya Pemeriksaan dilakukan dengan cara mencocokan berbagai database naskah yang ada di Internet dan naskah yang telah diperiksa di database kampus sebelumnya.

Output atau hasil laporan yang keluar setelah naskah diunggah berupa similarity index dengan skala 0-100%. Apabila hasil similarity index yang keluar tidak sesuai dengan standar yang ditentukan kampus, mahasiswa diwajibkan memperbaikinya.

Salah satu cara untuk memperbaiki similarity index adalah dengan cara melakukan teknik parafrase. Waktu atau durasi perbaikan yang diberikan pihak kampus biasanya singkat dalam waktu kurang dari satu minggu, banyak mahasiswa yang lebih memilih menggunkan jasa parafrase untuk memperbaiki hasil cek plagiasi tersebut.

Apa itu Parafrase? dan Bagaimana Cara Parafrase Yang Benar.

Secara etimologis, kata bahasa parafrase atau parafrasa berasal dari bahasa Yunani  (Paraphrasein) di mana dalam bahasa Latin disebut “Paraphrasis”, yang artinya “cara ekspresi tambahan”.

Berdasarkan ilmu bahasa (linguistik), pengertian parafrase adalah pengungkapan kembali kalimat atau paragraf dengan cara lain dalam bahasa yang sama, namun tidak mengubah maknanya.

Berdasarkan Kamus Oxford Advanced Learner’s Dictionary, parafrase adalah cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti parafrase adalah (1) pengungkapan kembali tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa menjadi yang lain tanpa mengubah pengertian; (2) penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi.

✔️  Ebook Belajar Trading Binomo Terbaik Bagi Investor Pemula

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa parafrase adalah proses penyampaian kembali suatu konsep yang telah ada tanpa merubah arti, maksud dan tujuan aslinya.

Artikel Lainnya: Cara Daftar Akun Turnitin Gratis Untuk Cek Plagiasi Skripsi

Ada empat teknik parafrase yang biasa dilakukan, yakni:

Parafrase pada Tata Bahasa.

Parafase menitik beratkan perubahan tata Bahasa pada teks, dimana terjadi penggantian pada kata kerja, kata benda, kata sifat dan kata keterangan dengan kata-kata baru dengan arti yang sama.

Parafrase pada Struktur Kalimat.

Pada jenis parafrasa ini terjadi perubahan struktur kalimat, seperti kalimat aktif dirubah menjadi kalimat pasif atau sebaliknya. Menggunakan parafrase jenis ini biasanya juga akan terjadi perubahan sudut pandang (point view) penulis.

Parafrase pada Klausul.

Jenis parafrase ini mengurangi jumlah klausa yang digunakan dalam kalimat, kemudian kita memasukkan frasa sebagai ganti klausa yang dihilangkan.

Parafrase menggunakan Sinonim.

Mengganti kata-kata dalam teks dengan sinonim atau kata-kata yang memiliki arti yang sama adalah bentuk parafrase yang paling sederhana.

Keempat cara diatas adalah cara penggunaan parafrase yang sering di temukan. Yang perlu dicatat parafrase apapun yang dipilih tidak menjadi masalah. Karena parafrase yang benar adalah parafrase yang tidak merubah arti, maksud dan tujuan dari referensi yang di gunakan.

Pentingnya Parafrase Jurnal, Skripsi, Tesis, Taskap dan Disertasi.

Ketika menyusun karya tulis ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis, taskap dan disertasi melakukan parafase adalah hal lazim untuk dilakukan. Parafase dilakukan agar karya tulis yang dibuat tidak terindikasi plagiat saat dilakukan Cek Turnitin oleh pihak kampus.

Saat melakukan parafrase, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari plagiarisme yang tidak disengaja.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Google Play Store

Plagiarisme tidak disengaja biasa terjadi jika parafrase terlalu mirip dengan kutipan aslinya, dengan frasa atau seluruh kalimat yang identik. Saat mengutip dengan teknik citation yang benar.

✔️  8 Situs Buat CV Online Gratis Untuk Lamaran Kerja

Untuk memastikan kita telah memparafrasekan dan mengutip semua sumber dengan benar, Mahasiswa dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan plagiarisme di luar kampus alias menggunakan Jasa Cek Turnitin sebelumnya.

Turnitin akan memindai karya tulis ilmiah yang kita buat dengan teks di internet dan juga database yang mereka miliki. Turnitin akan menandai tiap bagian yang dianggap terlalu mirip dengan sumber lain, bahkan bila kita sudah menggunakan sinonim atau bahkan merubah strukturnya.

Cek Turnitin No Repository di Kampus.

Bila pada suatu pemeriksaan similarity index-nya menunjukan angka 90-100%, maka dapat dipastikan sebelumnya bahwa karya tulis ilmiah tersebut pernah diungah ke Turnitin sebelumnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Turnitin memberikan opsi pemeriksaan No Repository.

Secara sederhana pengertian Cek Turnitin No Repository di sini adalah naskah yang diperiksa tidak akan dimasukan ke database Turnitin sebagai pembanding pada naskah-naskah yang nantinya akan diperiksa similarity index-nya.

Saat melakukan Cek Turnitin pada text/naskah yang berstatus draf alias belum final, maka opsi pemeriksaan yang biasa di pilih oleh instruktur di kampus adalah No Repository.

Jasa Cek Plagiasi Turnitin Akurat.

Hasil cek Turnitin resmi dikeluarkan oleh pihak kamus, standarisasi dan aturan terhadap standar lolos uji turnitin setiap kampus berbeda-beda. Beberapa kampus memberikan peraturan ketat di mana maksimal similarity index yang di terima di bawah 10%. Walau begitu rata-rata similarity index yang ditetapkan di kampus Indonesia yaitu 20-30%.

Beberapa kampus yang melakukan pemeriksaan karya tulis ilmiah yang dibuat secara perbagian dari cover hingga lampiran. Ada juga kampus yang melakukan pengujian plagiasi perbab secara terpisah.

Saat mahasiswa memilih menggunakan Jasa Cek Turnitin, pastikan mahasiswa memahami ini semua sehingga hasil cek plagiasi yang dihasilkan akurat dan valid.

✔️  Cara Menjadi Blogger Dan Menghasilkan Uang Dari Internet

Jasa Parafrase Tercepat dan Berkualitas.

Saat mahasiswa memilih menggunakan Jasa Parafrase untuk memperbaiki nilai plagiasinya. Penyedia jasa biasanya akan menanyakan apakah sebelumnya telah melakukan Cek Turnitin di kampus dan juga menanyakan standarisasi similarity index.

Hal ini perlu diperhatikan agar parafrase yang dilakukan memenuhi standar lolos plagiasi yang ditentukan oleh masing-masing kampus.

Artikel Lainnya: Cara Ganti Nomor HP Di Tokopedia

Salah satu Jasa Parafrase Tercepat dan Berkualitas serta telah berpengalaman adalah Jasa Parafrase dari Khairpedia yang telah banyak membantu mahasiswa dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia.

Selain Jasa Parafrase, Khairpedia juga menyediakan Jasa Cek Turnitin, jasa translate, jasa proofreading dan jasa mendeley untuk Jurnal Publikasi Sinta – Jurnal Scopus. Bila ingin menggunakan Jasa dari Khairpedia silahkan kontak melalui WhatsApp di 0821-3608-1847

Leave a Comment