Jangan Panik, Begini Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di HP

Cara mengembalikan foto yang terhapus di hp, ternyata sangat mudah dan ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulihkannya. Apalagi foto yang terhapus itu seringnya tidak langsung dapat dipulihkan seperti halnya pada komputer atau PC.

Pada umumnya untuk mengembalikan foto tersebut dapat menggunakan fitur google photo. Aplikasi ini secara teknis sangat mudah untuk dioperasikan, namun biasanya aplikasi google photo sudah terinstal gratis di ponsel Android dengan merek apa saja.

Cara ini disebut paling ampuh karena tidak memerlukan bantuan komputer dan bisa digunakan pada perangkat ponsel apapun. Google photo dapat menyimpan foto dan juga video yang terhapus selama 60 hari. Caranya Anda hanya perlu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi.

Nah untuk lebih jelasnya maka simak ulasan tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di HP lainnya tanpa aplikasi Google photo.

Baca juga: cara melacak hp hilang

Menggunakan Fitur Recently Deleted

Cara mengembalikan foto terhapus

Cara ini dapat membantu mendeteksi ponsel Anda untuk melacak foto yang terhapus, karena fitur ini mampu menyimpan seluruh foto yang dihapus sebelum terhapus permanen. Seperti halnya Recycle Bin pada desktop Anda, segala file yang terhapus akan disimpan sementara.

Selain itu, cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp yang tidak dilengkapi dengan fitur recently deleted adalah dengan aplikasi Cloud. Ponsel Anda biasanya memiliki aplikasi Cloud yang dapat menyimpan back up foto dari galeri asalkan fitur tersebut diaktifkan dari awal.

Menggunakan Fitur Restore Di Microsoft Onedrive

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP berikutnya, yaitu dengan menggunakan  aplikasi OneDrive. Cara ini sering digunakan oleh beberapa orang yang sering mencadangkan foto atau file nya pada one drive atau cloud di HP. Sebenarnya hampir semua HP sudah dilengkapi dengan fitur ini. 

Lalu bagaimana sih cara mengembalikan foto yang terhapus menggunakan aplikasi Microsoft one drive itu ? simak caranya dibawah ini. 

  1. Bukalah aplikasi Microsoft onedrive yang sudah Anda unduh sebelumnya
  2. Kemudian pilih bagian Me dan klik recyle bin.
  3. Maka akan muncul beberapa dokumen yang hilang dan pilih dokumen mana yang ingin Anda kembalikan, tekan symbol restore. 
✔️  Cara Menghapus Aplikasi Di BlueStack

Keuntungan nya OneDrive ini bisa menyimpan file sampai 30 hari sehingga data Anda beberapa bulan lalu juga masih bisa diamankan. Maka tidak heran jika cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang satu ini sering digunakan oleh banyak orang.

Akan tetapi tetap saja dokumen bisa hilang atau terhapus oleh sistem dengan sendirinya jika total penyimpanan ruang melebihi 10%. Sebab yang namanya aplikasi tidak bisa menyimpan data terlalu banyak, dia akan mencari data yang tersimpan di cadangan saja. 

Menggunakan Aplikasi Easeus Data Recovery Wizard

Memindah foto

Berikutnya cara lain untuk mengembalikan foto yang terhapus di Hp bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi ini di google play store. Jika Anda tidak memiliki sistem Cloud sebagai cadangan dokumen, software EaseUS Data Recovery Wizard bisa menjadi alternatif dalam mengembalikan foto yang terhapus dengan kualitas terbaik.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP yang satu ini juga bisa digunakan jika ingin mendapat hasil salinan dengan kualitas yang bagus. Cara ini juga bisa dipakai jika pengguna tidak mempunyai cloud sebagai cadangan dokumen.

Software ini dapat terinstal secara gratis di Windows ataupun Mac Anda dengan total data 2GB yang bisa dikembalikan. Langkah awal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menghubungkan kartu memori ponsel dengan komputer milik Anda. Bisa melalui card reader ataupun langsung pada slot SD card di laptop.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak beberapa langkah mengembalikan foto yang hilang dari HP dengan cara berikut ini. 

  1. Hubungkan kartu memori yang dimiliki ke komputer Anda terlebih dahulu, entah itu menggunakan card reader atau slot khusus SD card dan masukkan ke laptop. 
  2. Kemudian install dan jalankan data recovery wizard yang sudah Anda unduh sebelumnya.
  3. Lalu setelah software diluncurkan layar akan menampilkan semua drive yang tersedia dan untuk melokasikan foto yang sudah dikembalikan, termasuk hard drive dan kartu memori yang pernah dihubungkan sebelumnya. 
  4. Setelah itu pilih kartu memori dan klik scan, sehingga software akan memindai semua dokumen yang bisa Anda kembalikan.
  5. Lalu pilih type yang ada di panel kiri dan klik panah dropdown di samping graphic dan pilih JPG atau format file apa saja yang dipakai ponsel dalam menyimpan gambar. 
  6. Semua gambar bisa dipulihkan dan akan tampil di jendela utama.
  7. Kemudian pilih gambar yang ingin dipulihkan dan klik recovery now untuk memulihkan dan pilih lokasi penyimpanan.
✔️  2 Cara Memperbesar Volume Laptop Di Windows 10

Menggunakan Proses Root Dengan Diskdigger

Mengembalikan foto terhapus

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Hp dengan tidak menggunakan Cloud ataupun kartu memori akan semakin sulit prosesnya. Namun jika ponsel Anda sudah melalui proses root atau file sistem android yang telah dimodifikasi sebelumnya maka pemulihannya akan lebih mudah dengan DiskDigger.

  1. Pertama Anda bisa mengunduh aplikasi DiskDigger Photo Recovery dari Play Store. Karena pengguna bisa memakai secara gratis dan bisa dipakai untuk mengembalikan foto atau video, kecuali jika ingin memulihkan dokumen dalam bentuk lain maka harus berbayar. 
  2. Kemudian Anda bisa membuka aplikasi dan berikan izin root, agar bisa memudahkan dalam mencari file yang hilang.
  3. Terdapat dua pilihan dalam aplikasi ini yaitu Basic Scan dan Full Scan. Anda bisa memilih menu full scan jika ingin memulihkan foto atau video dengan resolusi yang lebih bagus. 
  4. Kemudian Anda bisa cari penyimpanan internal pada HP yang umumnya ditulis sebagai data dan klik pilih jenis file (seperti JPG atau PNG) kemudian klik cari.
  5. Maka secara otomatis aplikasi tersebut akan men scan apa saja foto yangs udah terhapus, nanti Anda bisa memilih mana foto yang ingin dikembalikan.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus Lewat Dropbox

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP selanjutnya bisa dilakukan melalui dropbox, aplikasi ini sebenarnya sudah ada di HP. Dan biasanya bisa langsung dipakai, meskipun begitu aplikasi ini dirasa kurang efektif karena tidak bisa mengembaikan foto-foto lama.

Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengembalikan foto yang hilang, beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengembalikan foto Anda yang hilang. 

  1. Login terlebih dahulu menggunakan akun dropbox yang Anda miliki.
  2. Kemudian buka file dan pilih deleted file, pilih dokumen atau foto yang ingin dikembalikan.
  3. Beberapa dokumen yang tersedia yaitu hingga 30 hari, jika pakai versi gratis. Tapi jika berbayar bisa sampai 180 hari.
✔️  3 Cara Mengganti Tema HP Xiaomi

Itulah ulasan lengkap seputar cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Anda bisa mengikuti cara-cara diatas dan memilih cara mana yang paling efektif. Jadi, saat foto dalam galeri Hp tak sengaja terhapus, Anda tidak perlu panik karena masih bisa dikembalikan tanpa ribet.

Leave a Comment