Inilah Deretan Cara Reset HP OPPO

Reset Hp banyak dilakukan dengan berbagai alasan. Namun, tujuannya hampir sama semua, yaitu ingin Hp lebih nyaman untuk digunakan. Tentu saja, Anda harus paham dulu bagaimana cara reset Hp Oppo yang benar. Agar nantinya tidak akan terjadi kesalahan. 

Reset yang dilakukan biasanya ke pengaturan pabrik. Sehingga memang semua data yang ada di Hp akan terhapus secara permanen. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mencadangkan data terlebih dahulu. Anda bisa mencadangkannya di flash disk, hard disk, atau bisa juga menerapkannya melalui kartu SD. 

Pada Hp Oppo sendiri terdapat beberapa pilihan untuk melakukan reset. Beberapa pilihan reset yang bisa ditemukan iakah reset data download pada Hp, reset pengaturan system, dan terakhir ialah reset semua pesan yang ada pada Hp.

Baca juga: cara daftar prakerja lewat hp

Mengenal Beberapa Reset Hp yang Biasa Ditemukan 

Sebelum membahas cara reset Hp di Oppo, Anda harus tau dulu mengenai jenis dari reset Hp itu sendiri. Adapun beberapa jenis reset yang dimaksud ialah: 

Jenis Reset Pengaturan Jaringan

Pertama, ada reset pengaturan jaringan. Sesuai dengan namanya reset yang satu ini akan mengembalikan pengaturan jaringan WiFi, jaringan seluler, sampai dengan Bluetooth. Tenang saja, reset satu ini biasanya tanpa hapus data. 

Reset hp oppo

Jenis Reset Pengaturan System Only

Kalau jenis reset satu ini biasanya banyak dipilih oleh orang-orang. Di mana memang hanya mengembalikan pengaturan sistem pada Hp. Pada jenis reset ini data atau file tidak akan terhapus. 

Jenis Reset Hapus Aplikasi dan Data Aplikasi 

Pada cara reset Hp Oppo, pasti Anda akan menemukan reset hapus aplikasi dan data aplikasi. Sesuai dengan namanya, sudah pasti Anda akan melakukan reset terhadap data aplikasi. Reset satu ini juga akan membantu menghapus aplikasi yang sudah diunduh dari awal pemakaian. 

✔️  Cara Input Data CRUD Ke Database Menggunakan PHP Di MySQLi

Jenis Reset Hapus Kontak dan Riwayat Panggilan 

Ada juga jenis reset hapus kontak dan riwayat panggilan yang bisa Anda temukan. Pada reset kali ini akan mencoba mengembalikan pengaturan dengan menghapus nomor kontak dan riwayat panggilan yang sudah tersimpan di HP Anda. Tetapi, nomor kontak yang berada pada kartu SIM tidak akan terhapus. 

Jenis Reset Hapus Data File 

Cara reset hp oppo

Kemudian, terdapat juga reset data file yang akan mengembalikan pengaturan struktur data menjadi seperti sedia kala. Di mana, di sini semua file foto dan musik akan terhapus begitu saja. 

Jenis Reset SMS dan MMS 

Terakhir, sebelum mengetahui beberapa cara reset Hp Oppo, maka Anda perlu mengetahui jenis reset satu ini. Di mana memang akan membantu menghapus sms atau perpesanan yang tersimpan pada ponsel. Tetapi, jika ada SMS yang tersimpan pada kartu SIM, maka itu tidak akan terhapus. 

Berbagai jenis reset ada untuk membantu Anda menginginkan jenis yang mana. Tentu saja hal ini akan sangat membantu. 

Beberapa Cara Reset Hp Oppo 

Setelah mengetahui berbagai jenis reset di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara melakukan reset-nya. Ada pun beberapa cara yang dimaksudkan di sini ialah: 

Reset Hp Melalui Pengaturan

Cara reset Hp Oppo yang pertama adalah dengan melalui pengaturan. Untuk caranya sendiri, Anda hanya perlu membuka pengaturan Hp Oppo. Setelah itu, coba cari setelan tambahan yang biasanya berada di bawah pengaturan tersebut. 

Kemudian, Anda bisa menekan opsi buat cadangan dan reset. Nantinya akan ada pilihan opsi yang dibutuhkan. Anda bisa membaca penjelasan singkatnya sebelum memilih salah satu dari opsi tersebut. 

Jika sudah memilih salah satu opsi tersebut, maka bisa langsung menjalankan proses reset. Tunggu sebentar sampai prosesnya bisa selesai. Biasanya, untuk proses reset sendiri memerlukan waktu yang bisa dibilang tidak terlalu lama. 

✔️  Deretan Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo

Dengan Menggunakan Tombol Hp 

Reset hp

Cara terakhir ialah dengan menggunakan tombol Hp. Biasanya cara ini dilakukan jika Hp Oppo Anda mengalami mati total dan Anda lupa dengan kata sandinya atau biasa disebut dengan bootloop. Untuk menangani masalah ini, maka cara reset Hp Oppo ialah dengan hard reset atau bisa masuk ke dalam sistem recovery mode. 

Cara yang dilakukannya pun akan sangat mudah. Jika memang Hp masih menyala, maka bisa mematikan Hp terlebih dahulu. Nah, pada saat keadaan mati, maka bisa menekan dan menahan volume bawah dan power dengan secara bersamaan sampai muncul menu recovery mode. 

Pada saat proses ini, gunakanlah tombol volume atas dan bawah sebagai tombol navigasinya. Kemudian, tombol power bisa digunakan sebagai konfirmasi. Tentunya memang tombol-tombol inilah yang sangat penting dalam proses reset satu ini. 

Pada cara reset Hp Oppo satu ini, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya dengan mengklik menu wipe data dan juga cache. Setelahnya bisa langsung mengklik OK untuk bisa memulai proses reset pada Hp. Proses ini tidak akan lama, maka tunggulah beberapa saat sampai akhirnya muncul notifikasi sukses melakukan hal tersebut. 

Namun, ketika sudah selesai melakukan cara ini, Anda harus melakukan restart terlebih dahulu. Caranya ialah dengan mengklik reboot dan tentu saja OK. Tunggu sampai prosesnya selesai dan Hp akan kembali menyala. 

Berbagai cara reset di atas bisa Anda lakukan dengan mudah. Setidaknya dengan melakukan reset, maka performa dari HP bisa kembali seperti semula dan diharapkan berbagai masalah sebelumnya tidak terjadi lagi. 

Beberapa Fungsi dari Reset Hp 

Seperti yang sudah disinggung di atas, ternyata ada beberapa fungsi dari melakukan cara reset Hp Oppo. Adapun beberapa fungsi yang dimaksud ialah sebagai berikut. 

✔️  Cara Mengunci Isi Dokumen MS Word Agar Tidak Bisa Di Copy

Mampu Membantu Membersihkan Virus dan Malware 

Fungsi pertama yang bisa didapatkan dari reset Hp ialah mampu membantu membersihkan virus dan malware. Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan penggunaan anti virus. Tetapi, jika Hp Anda terkena serangan cukup parah, maka reset bisa menjadi salah satu solusi yang baik. Setidaknya nanti Hp akan menjadi lebih ringan. 

Mengatasi Hp yang Sudah Lemot

Cara reset hp oppo

Fungsi dari melakukan reset ialah untuk mengatasi Hp yang memang sudah lemot. Kadang Hp lemot akan mengganggu semua aktivitas. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan reset terlebih dahulu. Di mana nantinya, Hp akan kembali pada kondisi yang baru. Sehingga memang membuat Hp menjadi lebih nyaman untuk digunakan. 

Selain itu, dengan cara reset Hp Oppo, maka Hp akan bersih dari berbagai bookmark, temporary files, history, sampai dengan cache. Jika dengan begini tidak heran nantinya Hp akan menjadi lebih ringan seperti sedia kala. Anda tidak akan menemukan lemot lagi jika sudah melakukan reset ini. 

Itulah berbagai hal mengenai cara reset Hp Oppo. Reset sendiri biasanya dilakukan untuk memulihkan Hp yang memang sedang mengalami masalah. Nantinya, Hp bisa kembali seperti semula ketika sudah melakukan cara ini. Namun memang harus mengetahui beberapa risikonya terlebih dahulu. 

Leave a Comment