Inilah Cara Install Game PS2 di Android

PS2 menjadi salah satu jenis permainan game konsol yang sangat melegenda dan populer. Bahkan, sampai saat ini pun masih banyak para pemain yang memainkan PS2 memalui ponsel atau android. Tentu saja untuk memainkannya harus mengetahui cara install game PS2 di android terlebih dahulu. 

Perlu diketahui juga bahwa game PS2 sangat terkenal di berbagai kalangan. Menariknya memang dari kepopuleran ini muncul berbagai tempat penyewaan game PS2. Tidak hanya di ibu kota saja, tetapi juga di perkampungan pun permainan ini sangatlah populer.

Baca juga: cara instal CWM android

Hal yang Harus Disiapkan Terlebih Dahulu Sebelum Memahami Cara Install Game PS2 di Android 

Dalam melakukan install game PS2 di android, tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Beberapa hal yang dimaksudkan di sini ialah:

cara install game PS2 di android

Spesifikasi Ponsel Pintar 

Tidak semua jenis ponsel pintar bisa memuat game PS2. Oleh sebab itu, agar nantinya cara install game PS2 bisa berjalan dengan baik, maka harus menyiapkan ponsel pintar yang mumpuni. Maksudnya ialah yang memiliki RAM cukup dan spesifikasi yang cukup pula.

Biasanya memang untuk RAM minimal ponsel pintar yang bisa menjalankan game PS2 ialah 4GB. Perlu diketahui bahwa nantinya grafik tampilan permainan disesuaikan dengan spesifikasi dari ponsel pintar yang Anda miliki. 

Mengunduh Emulator Terlebih Dahulu 

Anda tidak akan bisa memainkan game PS2 di ponsel pintar jika tidak memiliki emulator di dalamnya. Ada banyak sekali emulator yang bisa ditemukan dan diunduh di playstore. Untuk meyakinkan emulator mana yang memberikan kualitas terbaik, maka bisa membaca ulasan-ulasan terlebih dahulu. 

Cara install game PS2 di android akan berhasil jika memiliki emulator. Nah, selain melalui playstore, Anda juga bisa mencari file mentahannya melalui search engine. Biasanya, akan ada dua jenis emulator, yaitu pro dan non-pro. Untuk pro sendiri, Anda bisa dengan bebas memainkan game PS2 tanpa gangguan iklan. Sementara, jika memilih non-pro, maka diharuskan untuk menonton iklan. 

✔️  Tutorial download Windows 10 64 bit

Mengunduh BIOS 

Ada lagi yang harus Anda persiapkan ketika akan menginstal game PS2 di android, yaitu BIOS. Untuk mengunduh BIOS sendiri bisa dilakukan dengan mudah melalui search engine. Tentunya hal ini sangatlah penting dimiliki agar bisa bermain PS2 dengan mudah di ponsel pintar. 

Mencari File Game 

Terakhir, Anda harus melakukan pencarian file game terlebih dahulu. Amat sangat mudah untuk melakukan pencarian ini karena memang bisa ditemukan langsung melalui search engine. Nantinya, jika sudah menemukan permainan yang diinginkan, maka Anda bisa langsung saja untuk mengunduhnya. 

Cara Melakukan Penginstalan Game PS2 di Android 

Ps2 di android

Setelah mengetahui berbagai hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, maka Anda bisa dengan mudah memahami cara install game PS2 di android. Sudah pasti cara ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya. 

Menggunakan Emulator Bernama DamonPS2 

Ada banyak sekali jenis emulator yang bisa digunakan untuk memainkan PS2 di android. Salah satunya ialah emulator DamonPS2. Emulator ini bisa ditemukan dengan mudah melalui google playstore. Jika sudah menemukan, bisa langsung mengunduh dan menginstalnya di ponsel pintar Anda. 

Jika Anda sudah melakukan penginstalan BIOS, maka bisa langsung saja ke tahap selanjutnya. Namun, jika masih bingung bagaimana cara menemukan dan mengunduh BIOS, maka Anda bisa membuka tab browser dan cukup kunjungi CoolROM. 

Pada kolom pencariannya nanti, cukup ketik BIOS dan game PS2 yang akan dimainkan. Jika sudah menemukannya, bisa langsung mengunduh. Hanya saja dikarenakan ukuran game cukup besar, maka koneksi internet harus benar-benar stabil. Sehingga, cara install game PS2 di android bisa berhasil. 

Setelah proses pengunduhan selesai, langkah selanjutnya ialah melakukan ekstrak file BIOS dan game PS2. Untuk melakukan pengekstrakan ini, Ansa memerlukan aplikasi bernama Zarchiver. Kedua file ini harus diekstrak ke dalam satu folder saja. 

✔️  2 Cara Menerjemahkan PDF Bahasa Inggris Ke Bahasa Indonesia

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah membuka emulator DamonPS2. Kemudian, bisa langsung men-tap menu BIOS dan memilih file yang tadi sudah di ekstrak. Setelahnya, bisa langsung memilih menu game dan salah satu game yang ingin dimainkan. 

Menggunakan Emulator PPSSPP 

Cara install game PS2 di android yang selanjutnya ialah dengan menggunakan emulator PPSSPP. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak sekali jenis emulator yang bisa digunakan. Salah satunya ialah PPSSPP. Emulator ini cukup sering digunakan oleh para pemain. 

Untuk bisa melakukan cara ini, Anda harus mengunduh dan menginstal emulator PPSSPP terlebih dahulu. Emulator ini sangat mudah ditemukan dalam playstore. Tentunya untuk melakukan pengunduhan dan penginstalan ini, diperlukan memori penyimpanan yang cukup besar. 

Setelah itu, Anda juga harus melakukan pengunduhan game PS2 yang diinginkan. Sudah pasti berbagai game PS2 bisa ditemukan dengan mudah di internet. Biasanya, hanya dengan mengetikkan game yang diinginkan, maka tautan yang menghubungkan ke halaman unduhan pun bisa muncul. 

Cara install game PS2 di android yang selanjutnya ialah dengan mengekstrak BIOS dan file game yang diinginkan dengan menggunakan aplikasi ZAchiever. Aplikasi ini memang sering digunakan untuk melakukan ekstrak file. 

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan membuka aplikasi PPSSPP dan setelahnya berikan izin yang diperlukan. Simpanlah hasil ekstrak tadi pada bagian folder PPSSPP yang ada di internal memori. Pada tahap inilah, Anda bisa mengatur pengaturan emulator PPSSPP sesuai dengan kebutuhan. 

Setelahnya, Anda bisa membuka aplikasi PPSSPP yang sudah terinstal. Nantinya, cukup pilih setting masuk yang ada pada bagian Graphics. Di sini, Anda bisa mencentang bagian simulate block transfer, prevent, dan auto skip yang akan membuat hasil grafis lebih baik tanpa adanya lag. 

✔️  Cara Menggunakan Rufus Untuk Membuat Bootable Di Flashdisk

cara install game PS2 di android

Cara install game PS2 di android selanjutnya ialah dengan masuk ke menu emulator PPSSPP dan bisa langsung ke bagian menu games. Di sinilah, Anda bisa mencari game yang sebelumnya sudah diekstrak. Cukup klik game tersebut dan bisa bermain sepuasnya.

Baik menggunakan emulator DamonPS2 atau PPSSPP tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Sudah pasti Anda harus mencari tau terlebih dahulu agar nantinya nyaman dalam melakukan permainan. Bisa juga menggunakan berbagai emulator lain yang sudah tersedia secara lengkap dalam google playstore. 

Untuk bisa lancar dalam memainkan berbagai game PS2 di android, tentu saja ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak hanya perlu memiliki ruang penyimpanan yang besar, tapi koneksi internet pun mempengaruhi kelancaran dalam bermain PS2 di ponsel pintar. Sebelum memutuskan untuk bermain, tentu saja harus mengetahui spesifikasi dari ponsel yang dimiliki. Sebab ditakutkan ponsel tidak kuat dan malah ngelag dalam bermain. 

Demikianlah berbagai cara install game PS2 di android yang perlu diketahui. Cara di atas sangatlah mudah dan Anda bisa melakukannya dengan teliti. Jika sudah terpasang, Anda bisa bermain sepuasnya dengan nyaman. 

Leave a Comment