Inilah Cara Download Aplikasi Messenger untuk Android, Mudah!

Messenger merupakan bagian dari Facebook itu sendiri. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui akun Facebook sendiri. Melalui messenger, Anda salah bertukar informasi melalui pesan teks, panggilan suara sampai dengan panggilan video. Nah bagaimana cara download aplikasi messenger untuk android? Berikut kita akan bahas selengkapnya. 

Cara download aplikasi messenger untuk android

Ada beberapa tahap yang perlu Anda lakukan untuk mengunduh aplikasi messenger tersebut. Berikut tahapannya: 

download aplikasi messenger untuk android

  1. Pergi ke play store dan cari aplikasi messenger. Tekan pasang untuk mendownload. 
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi messenger. 
  3. Lanjut untuk masuk menggunakan Facebook Anda. 
  4. Setelah proses selesai Anda bisa langsung menggunakan messenger tersebut. 

Perlu diketahui, aplikasi ini dapat digunakan di android maupun PC. Melalui messenger, pengguna Facebook menjadi lebih mudah untuk bertukar kabar dan informasi. 

Baca juga: download wa android

Fitur-fitur aplikasi Facebook messenger

Perlu diketahui, aplikasi messenger ini memiliki cukup banyak fitur menarik. Apa saja kira-kira? Berikut diantaranya ialah :

  • Dapat mengirim pesan teks dan suara langsung. 
  • Bisa mengirim pesan foto dan video dari galeri maupun foto atau rekaman video langsung. 
  • Memungkinkan untuk mengirimkan berkas file. 
  • Dapat melakukan panggilan suara. 
  • Bisa melakukan panggilan video dengan pilihan filter lucu. 
  • Tersedia cukup banyak ragam emoji dan stiker lucu. 

Manfaat Messenger

Bagi Anda yang sudah download aplikasi messenger untuk android tentu sudah paham betul bukan jika aplikasi tersebut memiliki banyak manfaat? Apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan? Berikut beberapa manfaat messenger secara umum :

Sebagai media komunikasi

Manfaat messenger

Pertama, Facebook messenger ini juga berguna sebagai media komunikasi. Baik komunikasi yang dilakukan antar personal maupun dengan grup. Ya, melalui messenger Anda dapat membuat grup dan menjalin komunikasi dengan lebih mudah bersama anggota lainnnya. 

Media pendidikan

Perlu diketahui, tidak sedikit orang yang membuat grup bermanfaat di Facebook messenger. Bahkan Anda juga bisa membuat grup kelompok belajar di aplikasi tersebut. 

✔️  Cara Membuat Diagram Kartesius Di Word

Media bisnis

Tentu kita juga sudah tahu jika ada cukup banyak orang yang menggunakan Facebook messenger untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Adanya Facebook messenger tentu cukup berguna agar Anda sebagai penjual barang atau jasa dapat melayani pelanggan lebih maksimal lagi. 

Media hiburan

Messenger juga bisa dimanfaatkan sebagai media hiburan. Dimana Anda dapat berbagi video lucu di dalamnya. Baik kepada perorangan maupun grup. 

Kelebihan aplikasi Messenger

Setelah mengetahui cara download aplikasi messenger untuk android, kita akan bahas pula kelebihan aplikasi tersebut. Cukup banyak kelebihan yang dapat kita ulik. Diantaranya seperti :

Gratis

Aplikasi yang satu ini memang dapat diunduh secara gratis atau tidak berbayar. Bahkan jika Anda menggunakan kartu Telkomsel, untuk berkirim pesan teks di messenger dapat dilakukan secara gratis juga. 

Sudah tersinkronisasi otomatis

Kelebihan kedua ialah aplikasi messenger telah tersinkronisasi dengan Facebook. Sehingga Anda tidak perlu lagi meminta kontak teman jika ingin berkirim pesan. 

Akses yang mudah

Kelebihan messenger

Kelebihan ketiga dari aplikasi ini ialah aksesnya yang memudahkan pengguna. Tidak hanya dapat diakses melalui android saja. Melainkan hampir semua platform dapat digunakan. Baik melalui dekstop, IOS, portal dan lainnya. Akses yang mudah ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang yang menggunakan aplikasi tersebut. 

Bisa melakukan panggilan grup video

Kelebihan lainnya yang akan Anda temui setelah download aplikasi messenger untuk android ialah dapat melakukan panggilan video. Tidak hanya dengan satu atau dua orang saja. Melainkan panggilan video dapat dilakukan dengan 8 pengguna sekaligus lho. Bahkan untuk kualitas gambar dan audionya juga bagus.

Akan tetapi tentu dengan catatan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil. Tidak hanya kualitas audio dan gambar yang menjadi daya tarik. Melainkan terdapat berbagai filter lucu yang dapat dikenakan ketika melakukan panggilan video di messenger. 

✔️  5 Cara Mengetahui IP Address Wifi Di Laptop Dan Android

Tersedia mode gelap

Tampilan yang menyenangkan juga menjadi salah satu indikator apakah pengguna betah atau tidak berlama-lama dalam sebuah aplikasi. Nah, messenger ini juga menyediakan tampilan mode gelap lho. Dimana tampilan tersebut memang lebih banyak digemari karena alasan kenyamanan. 

Perbedaan messenger dan messenger lite

Antara messenger dengan messenger lite tentu memiliki perbedaan. Meski keduanya memiliki fungsi yang sama yakni memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Berikut beberapa perbedaannya:

Perbedaan messenger dan messenger lite

Ukuran

Hal pertama yang membedakan tentu dari segi ukuran. Dimana ketika Anda download aplikasi messenger untuk android asli ukurannya sebesar 37 MB. Nah untuk messenger lite ukurannya hanya 9 MB. Bagi And ayang tidak memiliki ruang penyimpanan yang banyak tentu versi lite jauh lebih aman. Mengingat ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga smartphone Anda tidak perlu bekerja dengan sangat keras. 

Tampilan antarmuka

Tampilan antarmuka atau user interface antara messenger dengan messenger lite juga berbeda. Dimana pada messenger standar terdapat tampilan yang lebih lengkap dan menarik. Nah untuk versi lite tentu tampilan jauh lebih sederhana. 

Fitur story

Pada fitur story kedua aplikasi juga berbeda. Dimana pada messenger standar Anda dapat melihat story orang lain seperti pada aplikasi Facebook. Akan tetapi bagi pengguna messenger lite hal tersebut tidak dapat dilakukan. Mengingat kuota yang digunakan untuk mengakses messenger lite juga jauh lebih sedikit. 

Kuota yang digunakan

Selanjutnya, perbedaan antara messenger reguler dan lite ialah pada penggunaan kuota. Dimana versi lite jauh lebih sedikit dibandingkan penggunaan versi reguler. Jika Anda tidak memiliki jatah kuota yang cukup banyak, rasanya messenger lite jauh lebih cocok. 

Game

Ketika Anda download aplikasi messenger untuk android reguler, terdapat beberapa game yang dapat dimainkan. Bahkan game yang ada biasanya sama persis seperti game yang bisa dimainkan di Facebook. Akan tetapi untuk messenger lite Anda sama sekali tidak dapat memainkan game yang biasanya muncul di Facebook. 

✔️  Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru Di WhatsApp

Penggunaan animasi GIF

Selanjutnya, perbedaan yang dapat Anda rasakan ialah dalam penggunaan animasi GIF. Dimana kita tahu penggunaan GIF dapat menjadikan chat jauh lebih seru. Pada aplikasi messenger standar Anda dapat mengirimkan berbagai gambar atau striker dalam format GIF. Nah pada messenger lite fitur tersebut tidak dapat Anda gunakan. 

Fitur enskripsi end to end

Terkahir, perbedaan yang cukup mencolok ialah dalam segi keamanan. Dimana pada versi standar fitur enskripsi end to end masih ada guna menjadikan chat dengan orang lain lebih aman. Nah pada messenger lite sendiri fitur tersebut sudah tidak tersedia lagi. Sehingga keamanan chat bersama orang lain tentu tidak akan terjamin.

Bagaimana, perbedaan antara messenger standar dengan versi lite cukup jauh berbeda bukan? Jika Anda memiliki kondisi yang sesuai, penggunaan messenger standar tentu jauh lebih baik untuk kenyamanan. 

Jadi itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana cara download aplikasi messenger untuk android yang mudah dilakukan. Semoga pembahasan kita kali ini dapat menjawab keresahan Anda mengenai aplikasi messenger.

Leave a Comment