Inilah Cara Aktivasi Windows 10 Termudah

Masih adakah yang belum tahu cara aktivasi windows 10? Bagi Anda yang selama ini sudah menginstall OS Windows 10 pada perangkat PC, ingat jika harus melakukan proses aktivasi. Jangan hanya dibiarkan saja, karena ada banyak hal yang terjadi.

Mulai dari tidak dapat melakukan personalisasi, kesulitan mengganti tema windows 10, sampai terus munculnya notifikasi untuk aktivasi yang mengganggu. Tentunya Anda tidak mau mengalami hal tersebut.

Satu-satunya solusi adalah dengan melakukan aktivasi windows 10. Sebagai informasi saja, aktivasi windows 10 sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara dari mulai online, bantuan aplikasi hingga melalui product license key.

Macam-Macam Cara Aktivasi Windows 10 Paling Mudah

Sejauh ini sebetulnya ada banyak sekali cara mengaktifkan windows 10 setelah terinstall pada perangkat. Tinggal Anda pilih mana yang sekiranya mudah untuk diaplikasikan. Berikut rangkuman cara aktivasi yang termudah dan bisa Anda coba:

cara aktivasi windows 10

Aktivasi Dengan License Key Original

Jika Anda memiliki dana lebih, lebih baik gunakan cara aktivasi windows 10 yang resmi. Beli license key original langsung dari Microsoft. Harganya sekitar di atas $100, setelah itu ikuti tahapannya di bawah ini:

Masuk Panel Setting

Langkah pertama silahkan Anda masuk dulu ke panel setting pada PC. Caranya adalah klik “start” yaitu logo windows yang terdapat di bagian pojok kiri bawah jendela layar windows. Apabila sudah menemukannya klik “setting”

Pilih Opsi “Update & Security”

Setelah berhasil masuk panel setting, maka akan muncul sejumlah menu baru. Ada system, device, dan lain-lain. Untuk langkah aktivasi windows 10 pilih opsi “update & security” yang berada di posisi kanan bawah.

Klik “Activation” → “change to product”

Update & Security akan menampilkan jendela baru. Berisi beberapa opsi lainnya. Untuk saat ini, Anda pilih saja “activation”. Setelah itu, lihat bagian kanan temukan “change product key” untuk selanjutnya di klik.

Masukkan License Windows 10

Anda tentu menyimpan license windows 10 yang sebelumnya sudah dibeli. Pada tahap ini, kode tersebut dimasukkan. Ada kolom “product key” yaitu tempat Anda dapat meletakkan kode license windows 10.

✔️  2 Cara Membuat Pecahan Di Word

Tunggu Proses

Apabila sudah memasukkan kode lisensinya, Anda tinggal menunggu proses sampai selesai. Pada umumnya, jika validasi license key berhasil akan muncul notifikasi bertuliskan “windows is activated”

Sebagai informasi saja, selama proses aktivasi windows 10, pastikan PC Anda selalu terhubung dengan jaringan internet yang lancar. Dengan begitu, proses aktivasi pun berjalan lebih mudah.

Aktivasi Melalui CMD Tanpa Beli License Key

Merasa membeli license product key terlalu mahal? Sebetulnya, Anda tidak harus membeli langsung ke Microsoft, karena kini teknologi sudah semakin canggih. Aktivasi windows 10 dapat dilakukan secara online yaitu melalui CMD, berikut langkah-langkahnya:

cara aktivasi windows 10

Masuk Menu Activation Settings

Pertama-tama pastikan dulu jika Anda sudah benar-benar terhubung dengan jaringan internet. Berikutnya harus masuk menu activation settings. Caranya adalah tekan tombol windows pada keyboard lalu ketik saja langsung “activation”.

Masuk Menu “Activation”

Begitu Anda sudah berhasil masuk menu activation, maka akan keluar jendela baru. Di sana akan ada informasi jika PC Anda terinstall OS Windows 10 versi tertentu dan butuh segera diaktifkan. Statusnya akan tertulis “windows is not activated”.

Buka Command Prompt

Jika sudah Anda lanjutkan dengan membuka command prompt lalu run as administrator. Setelah itu, pasti akan muncul notifikasi. Anda hanya perlu klik opsi “yes” untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Masukkan Kode Perintah CMD

Dari sini yang harus Anda lakukan adalah melakukan copy-paste kode cmd tertentu. Silahkan ketik juga boleh kodenya adalah “slmgr/skms ms8.msguides.com”. Periksa kembali jika sudah yakin benar langsung tekan “enter”.

Biasanya, setelah Anda tekan enter akan langsung muncul notifikasi. Untuk tahap ini, Anda tekan saja “OK” untuk melanjutkan langkah berikutnya.

Kembali Ke Jendela “Activation”

Selanjutnya, Anda bisa kembali ke jendela activation. Berikutnya silahkan klik opsi “change product key”. Artinya Anda butuh product key windows 10. Anda bisa mendapatkan di situs-situs penyedia link di internet, tapi pastikan terpercaya.

✔️  Cara Nonton Live Streaming Bola Gratis Tanpa Aplikasi, Mudah

Masukkan Product Key Windows 10

Setelah mendapatkan product key windows 10 dari situs di internet, bisa langsung di download. Hasil unduhan tadi masukkan dalam kolom “product key”. Apabila sudah, tinggal klik saja “next”

Klik “activate”

Setelah memasukkan product key, maka akn muncul pop up baru. Anda tinggal klik pilihan “activate”. Sekali lagi diingatkan, untuk melakukan cara aktivasi windows 10 via kode cmd ini Anda harus pastikan terkoneksi dengan jaringan internet yang lancar.

Tunggu Prosesnya

Terakhir, tinggal tunggu prosesnya. Biasanya akan memakan waktu beberapa saat, semakin bagus jaringan internet akan makin muda. Setelah berhasil, windows 10 Anda sudah selesai diaktivasi.

Ada beberapa orang yang mencoba cara aktivasi windows 10 pakai perintah cmd di atas kurang bekerja dengan baik. Biasanya kendala semacam ini disebabkan oleh koneksi internet yang tidak lancar.

Selain itu, Anda dapat mengulangi salah satu langkah, yaitu dengan merubah perintah cmd yang perlu dimasukkan. Nanti, Anda ganti saja menjadi “slmgr /skms s9.us.to”. Pada umumnya, akan langsung memberikan hasil terbaik.

Aktivasi Dengan Software Aktivator

Ada lagi cara aktivasi windows 10 lain yang juga tidak kalah mudah. Bahkan cara ini pun tak harus membuat Anda mengeluarkan sejumlah dana. Hanya butuh software activator serta jaringan internet saja, dan berikut penjelasannya:

cara aktivasi windows 10

Dengan KMSpico

Bisa jadi sebelum ini Anda sudah pernah mendengar software activator bernama KMSpico. Kenyataannya, software ini bisa membantu jika ingin melakukan aktivasi windows 10. Ikuti saja tahapannya berikut jika ingin mencobanya:

  •         Matikan dulu antivirus Anda selama lima menit
  •         Download KMSpico 10 untuk windows biasanya banyak situs di internet yang menyediakannya
  •         Buka file kompresi pakai Winrar
  •         Buka KMSpico lalu install
  •         Jalankan program KMseldi.exe lalu klik tombol merah
  •         Proses selesai, KMSpico berhasil membantu aktivasi windows 10
✔️  Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010

Microsoft Toolkit

Tidak terlalu suka menggunakan software activator sebelumnya? Anda bisa pakai Microsoft toolkit untuk membantu aktivasi windows 10. Bagaimana caranya relatif mudah tinggal ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini

  •         Nonaktifkan antivirus caranya buka window Defender → Setting→ Turn the real-time protection off
  •         Download dulu Microsoft toolkit
  •         Setelah berhasil download, silahkan jalankan sebagai administrator
  •         Klik ikon windows dari kanan
  •         Buka opsi “tab product keys” lalu klik pilihan “check system”
  •         Pilih windows 10 dari drop-down
  •         Pilih edisi sesuai yang diinginkan
  •         Coba perhatikan dari kanan klik tombol “install”
  •         Buka pada tab aktivasi
  •         Pilih EZ-activator dari sana
  •         Tinggal tunggu beberapa saat sampai proses aktivasi windows 10 selesai atau berhasil

Itu dia tadi beberapa pilihan cara aktivasi windows 10 termudah. Anda tinggal pilih salah satunya. Mau yang gratis, online, atau mengunduh software activator semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Leave a Comment