Inilah Berbagai Hal Penting Mengenai Windows Store

Salah satu software yang biasa digunakan untuk mengunduh aplikasi ialah windows store. Sudah pasti di sini ada banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh. Bahkan beberapa game pun sangat mudah ditemukan di sini. Menariknya memang proses pengunduhan cukuplah cepat. 

Namun, kebanyakan orang memilih mengunduh aplikasi dengan sumber pihak ketiga. Sehingga, mereka hanya mengunduh berkas .exe untuk nantinya diinstal dan digunakan. Tentu saja cara ini rawan mendatangkan berbagai virus yang bisa mengganggu kinerja dari laptop. 

Baca juga: windows 10 pro

Alasan Mengunduh Aplikasi di Windows Store 

windows store

Pada windows 10, sudah tersedia instalasi program yang sangat bisa dipercaya dan punya banyak kelebihan. Meskipun masih belum banyak digunakan, tetapi Anda akan merasakan berbagai keuntungan ketika mengunduh di sini. Adapun beberapa alasan mengapa harus melakukan pengunduhan aplikasi di sini ialah sebagai berikut. 

Mudah dalam Menemukan Aplikasi 

Dalam windows store sendiri tersedia banyak aplikasi yang bisa ditemukan. Anda tidak perlu lagi repot mencari link pengunduhan aplikasi tertentu, karena semuanya sudah tersedia di sini. Cukup mengetikkan aplikasi yang diinginkan dan bisa langsung mengunduhnya. 

Kemudahan ini tentu saja akan berjalan lebih optimal jika memang mayoritas aplikasi populer sudah tersedia di dalamnya. Sampai saat ini hal tersebut belum benar-benar terjadi. Namun, seiring berjalannya waktu sudah pasti akan banyak sekali aplikasi yang tersedia di sini. 

Kenyamanan dalam Hal Proses Instalasi 

Alasan lain mengapa harus mengunduh aplikasi di sini ialah kenyamanan dalam instalasinya. Di sini, pengguna bisa langsung menginstal dan melihat-lihat koleksi aplikasi yang tersedia. Di mana memang, secara berkala aplikasinya akan terus diperbarui. 

Sama seperti ketika menggunakan ponsel pintar, maka di windows store pun Anda bisa melihat deretan aplikasi apa saja yang sampai sekarang sudah mendapat pembaruan untuk kemudian nantinya diunduh. Hal ini amat sangat mudah dilakukan dan memang memberikan manfaat yang baik. 

✔️  Rekomendasi Software Text Editor Terbaik Di Komputer

Adanya Pembaruan Otomatis 

Alasan lain mengapa harus menggunakan program ini ialah karena adanya pembaruan otomatis. Hal ini tentu saja berlaku untuk semua aplikasi yang Anda dapatkan dari sini. Perlu diketahui bahwa program ini menyediakan aplikasi universal windows platform, di mana artinya ialah semua aplikasi yang sudah Anda install akan tersinkronisasi dengan akun windows yang digunakan. 

Semua pembaruan akan digulirkan dalam waktu bersamaan selama Anda menggunakan akun yang sama. Dengan hal ini, pihak program tersebut bisa menjamin keamanan dalam setiap pembaruan yang digulirkan oleh setiap pengembang. 

Terjaminnya Keamanan Aplikasi yang Diinstal 

Selanjutnya, semua aplikasi yang diunduh dari windows store berjalan pada lingkup sandbox. Artinya sendiri ialah aplikasi akan dibatasi secara fungsi memang tidak dapat mengakses berkas sistem yang mengandung informasi sensitif. 

windows store

Dengan adanya sistem ini maka akan mengurangi kesempatan bagi aplikasi untuk melakukan aktivitas yang mencurigakan. Seperti misalnya memanipulasi driver, berinteraksi dengan hardware langsung, sampai dengan mengubah file sistem. 

Cara Download dan Install Aplikasi di Windows Store 

Setelah mengetahui beberapa alasan di atas, waktunya untuk melakukan pengunduhan dan penginstalan aplikasi di sini. Nah, berikut ini ialah cara yang bisa Anda lakukan. 

Memastikan Laptop atau Komputer dalam Keadaan Online 

Cara pertama yang perlu dilakukan ialah dengan memastikan bahwa laptop atau komputer dalam kondisi online. Hal ini dikarenakan pada proses pengunduhan dibutuhkan koneksi internet. Pastikan juga bahwa koneksi internetnya sudah stabil, sehingga tidak akan mengganggu proses pengunduhan. 

Menginstal aplikasi di windows store sama saja seperti menginstal aplikasi di playstore. Di mana memang harus dilakukan secara online. Selain itu, ukuran setiap aplikasi tidaklah sama, sehingga harus memastikan  apakah kuota internetnya akan cukup atau tidak. 

✔️  Aktivasi Windows 10: Mengapa Harus Dilakukan dan Bagaimana Caranya

Membuka Windows Store 

Setelah memastikan koneksi internet, Anda bisa langsung membuka aplikasinya. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini tersedia pada windows 10. Untuk mencarinya sendiri sangatlah mudah, cukup klik tombol windows dan pilih microsoft store. 

Membuat Akun atau Login 

Untuk Anda yang sudah punya akun windows, maka bisa langsung melakukan login untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Namun, jika belum memiliki akun, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. 

windows store

Untuk melakukan pendaftaran ini, Anda bisa mengklik tombol untuk menambahkan akun. Nantinya, cukup memilih create one untuk bisa membuat akun baru. Setelah itu, isikan semua data yang diminta untuk membuat akun windows store. 

Biasanya, pada proses pendaftaran ini, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon. Di sinilah, Anda harus menyiapkan nomor telepon yang aktif, agar mudah untuk digunakan. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai dan Anda bisa mendapatkan akun. 

Sementara, untuk login sendiri hanya perlu memasukkan email dan kata sandinya saja. Setelah itu, klik login dan tunggu beberapa saat sampai berhasil. Jika sudah, maka akan dibawa ke halaman utama dari program tersebut. 

Cari Aplikasi yang Diinginkan 

Langkah selanjutnya untuk mengunduh aplikasi di windows store ialah dengan mencari aplikasi yang diinginkan. Di sini, tersedia banyak sekali pilihan aplikasi. Menariknya, semuanya sudah dikategorikan sedemikian rupa. Sehingga, Anda bisa mencarinya berdasarkan kategori saja. 

Jika ingin mendapatkan aplikasi lebih cepat, maka bisa menggunakan fitur search. Nantinya hanya perlu mengetik kata kunci dari aplikasi yang diinginkan saja dan mencarinya. Anda akan langsung mendapatkan aplikasi yang diinginkan. 

Melakukan Install 

Jika sudah menemukan aplikasi yang diinginkan, Anda hanya perlu mengklik satu kali untuk bisa masuk ke halaman aplikasi. Nah, di sinilah Anda bisa melihat keterangan berupa fitur, spesifikasi minimum yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasinya, sampai dengan keterangan ukuran dari aplikasi. 

✔️  Cara Membuat Server Discord Keren

Jika ingin mengunduh dan menginstalnya, maka klik tombol get. Tunggulah sebentar sampai tombol install muncul. Setelah itu, baru bisa mengklik tombol install untuk mulai proses pengunduhan dari windows store ini. 

Setelah aplikasi berhasil Anda install, maka akan muncul notifikasi. Nantinya, Anda hanya perlu mengklik pada tombol Launch untuk bisa membuka aplikasi tersebut dengan nyaman. Jika semuanya sudah dilakukan, maka selesai dalam melakukan penginstalan aplikasi. 

Jika ternyata ingin mengunduh aplikasi lain, maka bisa dengan menggunakan cara yang sama. Cukup mencari aplikasinya dan langsung saja melakukan pengunduhan. Untuk mendapatkan berbagai fitur dan aplikasi terbaru dalam program ini, maka lakukan update terhadap windows 10 terlebih dahulu. 

Jika ternyata ada aplikasi yang tidak bisa diunduh karena tidak tersedia di tempat Anda tinggal, maka Anda bisa mengatasinya dengan membuka region settings. Nantinya, pada region settings ini bisa diganti ke negara pilihan. Tutup halaman dan kemudian lakukan restart saja untuk bisa mengunduh aplikasi sebelumnya. 

Demikianlah beberapa hal mengenai windows store yang perlu diketahui. Tentu saja Anda bisa menemukan berbagai aplikasi yang bisa menunjang kebutuhan. Dengan begitu, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan nyaman. 

Leave a Comment