Inilah Beberapa Cara Mengatasi Hp Panas yang Ampuh Dilakukan 

Masalah pada Hp memang sangat banyak dan tentu saja ada banyak cara juga untuk mengatasinya. Salah satu masalah yang sering terjadi ialah Hp panas. Tentu saja kondisi ini terjadi karena berbagai alasan. Nah, ada banyak cara mengatasi Hp panas yang bisa dilakukan. 

Namun sebelum mengetahui berbagai caranya, Anda harus tau dulu apa saja penyebab dari Hp panas ini. Sehingga, akan mudah untuk mengetahui cara yang pas mengatasi penyebab tersebut. Adapun beberapa penyebab dari Hp panas ialah sebagai berikut.

Baca juga: cara atasi hp mati total 

Beberapa Penyebab Hp Panas 

cara mengatasi Hp panas

Terlalu Lama Digunakan 

Penyebab pertama dari Hp panas ialah terlalu lama digunakan. Perlu diketahui bahwa aktivitas penggunaan Hp yang terlalu sering akan membuat semua komponen di dalam Hp bekerja tanpa henti. Sehingga tidak heran jika nanti Hp menjadi panas. 

Tentu saja jika sudah seperti ini tidak bisa didiamkan begitu saja. Anda harus mencari cara mengatasi Hp panas yang sesuai dengan penyebabnya ini. Biasanya memang penggunaan Hp secara terus menerus ini memang melibatkan banyak komponen. Seperti misalnya layar yang menyala terlalu lama, koneksi internet yang terus terhubung, dan masih banyak komponen lainnya. 

Oleh sebab itu, Hp akan membutuhkan daya yang sangat banyak agar bisa menampungnya. Jika ternyata gagal, maka jangan heran jika baterai terkuras habis dan Hp menjadi sangat panas. 

Menggunakan Hp Saat Masih di Charger 

Penyebab lain yang membuat Hp panas ialah menggunakan Hp ketika sedang di charger. Hal ini tentu akan membuat Hp menjadi panas. Parahnya panas yang diakibatkan oleh aktivitas ini bisa merusak hardware dan berbagai komponen lain yang ada di dalam Hp. 

Oleh sebab itu, cara mengatasi Hp panas akibat aktivitas ini perlu diketahui sesegera mungkin. Anda bisa saja mendiamkan Hp ketika sedang di charger. Selain itu usahakan untuk melakukan charger di meja atau tempat-tempat selain kain dan kasur. 

✔️  2 Cara Memblokir Kontak Di Telegram

Adanya Walmare 

Penyebab lain dari Hp panas ialah adanya walmare. Perlu diketahui bahwa kasus ini sering terjadi apabila Anda mengunduh aplikasi dari situs yang tidak resmi. Sehingga, walmare masuk ke dalam Hp Anda. Selain bisa menyebabkan Hp panas juga bisa menyebabkan banyak kerusakan lain pada Hp. 

Beberapa Cara Mengatasi Hp Panas 

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Hp panas. Perlu diketahui bahwa memang beberapa cara ini bisa langsung berhasil dan ada juga yang tidak. Jadi, Anda bisa mencobanya satu per satu. 

  • Membatasi Penggunaan Hp 

Cara mengatasi Hp panas yang pertama ialah dengan membatasi penggunaan Hp. Seperti yang sudah disinggung di atas, penggunaan Hp yang terus menerus bisa membuat Hp menjadi cepat panas dan tentu saja akan ada kerusakan sistem di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda harus membatasi penggunaan Hp. 

Hp yang digunakan secara terus menerus juga akan berakibat pada masa baterai. Di mana, baterai akan tidak awet dan membuat Anda harus berulang kali melakukan charger. Apalagi jika data internetnya menyala, maka kondisi ini akan sangat mempercepat adanya panas pada Hp. 

Anda bisa melakukan berbagai hal lain agar tidak terlalu sering menggunakan Hp. Selain itu, pembatasan penggunaan Hp juga harus dibarengi dengan pembatasan aplikasi yang ada di dalamnya. Jangan sampai terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu. 

  • Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan 

cara mengatasi Hp panas

Cara mengatasi Hp panas yang selanjutnya ialah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Di sini, Anda jangan hanya menekan home screen saja, karena pada dasarnya aplikasi akan tetap berjalan. Hal yang harus dilakukan ialah dengan menutup aplikasinya langsung. 

✔️  Cara Melihat Username Dan Password Mobile Hotspot Di PC & Laptop

Perlu diketahui bahwa memang ada beberapa aplikasi yang tetap bekerja ketika menekan home screen saja. Hal ini dikarenakan adanya background pada aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus mengubah aksesnya terlebih dahulu. Cara mengubahnya sendiri cukup melalui pengaturan pada Hp saja. 

  • Menghapus Sampah Aplikasi 

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghapus sampah aplikasi. Perlu diketahui jika aplikasi yang dipakai secara terus menerus bisa membuat sampahnya menumpuk. Oleh sebab itu, Anda harus menghapusnya secara berjala agar bisa meminimalisir penumpukan sampah tersebut. 

Cara mengatasi Hp panas yang satu ini sangat efektif untuk beberapa Hp. Anda juga bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak dipakai. Sebab, semakin banyak aplikasi maka akan semakin menguras tenaga Hp dan membuatnya menjadi cepat panas. 

Jika ternyata tidak mengetahui aplikasi apa saja yang tidak terpakai dan memiliki banyak sampah, maka bisa menggunakan bantuan dari pihak ketiga. Tentu saja dengan begini, Anda bisa mengatasinya secara cepat. 

  • Menggunakan Charger yang Asli 

Taukah Anda bahwa charger juga berpengaruh terhadap Hp yang panas? Hal ini karena adanya ketidaksesuaian antara Hp dengan charger tersebut. Bahkan, jika menggunakan charger palsu pun baterai Hp akan menjadi lebih boros. 

Oleh sebab itu, cara mengatasi Hp panas selanjutnya ialah dengan menggunakan charger asli. Biasanya, ketika menggunakan charger asli maka akan terhindar dari kerusakan pada Hp dan menghindari masalah panas berlebih yang cepat. Meskipun harganya memang sedikit mahal, tetapi kualitasnya tetap terbaik. 

  • Mematikan GPS dan Bluetooth Apabila Tidak Digunakan 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan mematikan GPS dan Bluetooth apabila tidak digunakan. Perlu diketahui bahwa kedua fitur ini membutuhkan koneksi internet dan juga kinerja kuat untuk bisa mengaktifkannya.

cara mengatasi Hp panas 

Jika tidak dinonaktifkan, maka akan membuat Hp cepat panas. Oleh sebab itu, cara mengatasi Hp panas yang diakibatkan oleh dua fitur ini ialah dengan menonaktifkannya. Selain membuat Hp panas, juga bisa membuat baterai cepat habis. 

  • Perhatikan Ventilasi Ketika Menyimpan Hp 

Cara terakhir yang bisa dilakukan ialah dengan memperhatikan ventilasi ketika menyimpan Hp. Perlu diketahui bahwa memang Hp merupakan salah satu alat elektronik penting yang selalu dibawa ke mana saja. Biasanya, selain dimasukkan ke dalam tas, Hp juga sering disimpan di dalam saku celana atau baju. Nah, perlu diketahui bersama bahwa memang penyimpanan Hp yang salah bisa menyebabkan Hp menjadi lebih cepat panas. 

✔️  2 Cara Ganti Font Xiaomi Tanpa Aplikasi

Oleh sebab itu, Anda perlu menyimpan Hp di tempat yang memiliki ventilasi dan aliran udara yang cukup baik untuk mengatasi masalah ini. Jika sering menyimpannya di tempat yang kedap udara, maka bisa mengeluarkan Hp sesekali untuk tetap menjaga suhunya agar stabil. Dengan begitu, Hp pun tidak akan mudah panas dan baterai tidak akan cepat habis. 

Itulah berbagai cara mengatasi Hp panas yang bisa Anda lakukan. Ada banyak sekali penyebab Hp panas dan memang memiliki solusi yang berbeda-beda. Itu sebabnya perlu mengetahui penyebabnya dulu, setelah itu bisa mengetahui cara mengatasinya yang tepat. 

Leave a Comment