Inilah Beberapa Cara Mengatasi HP Ngeblank yang Perlu Diketahui

Ada banyak sekali berbagai permasalahan HP yang umum ditemukan. Salah satunya ialah HP ngeblank. Tentu saja ada banyak penyebab kenapa HP bisa ngeblank dan sudah pasti banyak juga cara mengatasi HP ngeblank yang bisa dilakukan. 

HP yang ngeblank biasanya ditandai dengan tampilan putih atau hitam. Beberapa penyebabnya bisa saja karena adanya kerusakan pada LCD, masalah memori, baterai, sampai dengan sistemnya yang eror. Biasanya, beberapa orang langsung mendatangi tempat service, tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa cara yang bisa mengatasi permasalahan ini. 

Baca juga: cara install harvest moon 

Beberapa Cara Mengatasi HP Ngeblank yang Perlu Diketahui 

Perlu diketahui bahwa layar HP yang ngeblank membuat kita sebagai pengguna tidak bisa melakukan apa-apa terhadap HP tersebut. Oleh sebab itu, harus segera diatasi. 

cara mengatasi HP ngeblank

  • Melakukan Reboot HP 

Cara mengatasi HP ngeblank pertama yang pertama ialah dengan melakukan reboot atau bisa disebut dengan menghidupkan ulang HP. Biasanya, cara ini sering dilakukan terhadap HP yang memiliki baterai tanam alias tidak bisa dilepas. Perlu diketahui untuk melakukan reboot ini harus mengetahui kombinasi tombol terlebih dahulu, sebab memang berbeda-beda. 

Adapun beberapa kombinasi tombol yang bisa digunakan ialah: menekan tombol power bersamaan dengan volume atas, menekan tombol power beserta tombol bawah, menekan power lengkap dengan volume bawah dan atas, terakhir bisa juga dengan menekan tombol power dan home button secara bersamaan. 

Biasanya, ketika sudah menekan salah satu dari kombinasi tombol tersebut, maka tunggulah sampai HP menjadi mati. Setelahnya, cukup lepaskan kombinasi tombol tadi ketika logo ponsel mulai menyala. Proses ini biasanya sangat cepat untuk dilakukan. 

  • Melakukan Restart HP 

Selain cara mengatasi HP ngeblank di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan restart HP atau atur ulang. Cara ini bisa membantu Anda dalam menghidupkan kembali HP dengan kondisi yang lebih baik. Caranya sendiri sangat mudah dan biasanya efek setelah melakukan restart, HP menjadi lebih ringan.

✔️  3 Cara Cek Spesifikasi HP Xiaomi

Untuk caranya sendiri, Anda hanya perlu membuka menu pengaturan yang ada di HP. Selanjutnya, pilihlah manajemen umum dan cukup pilih atur ulang. Nantinya, secara otomatis HP akan mulai langsung melakukan pengaturan ulang. Tunggulah beberapa saat sampai prosesnya selesai. 

  • Memastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh 

Perlu diketahui bahwa HP ngeblank bisa disebabkan oleh ruang penyimpanan yang sudah sangat penuh. Sehingga, akan membuat kinerja sistem di dalamnya menjadi tidak efektif. Oleh sebab itu, sebelum melakukan beberapa cara di atas, maka pastikan dulu bahwa ruang penyimpanan tidaklah penuh. 

Jika memang penuh, maka hapus beberapa file atau aplikasi yang tidak digunakan. Cara mengatasi HP ngeblank satu ini bisa menjadi solusi yang tepat. Bila perlu selalu pindahkan saja file di internal ke eksternal. Dari penyebab ini, sudah pasti Anda harus bisa membuat ruang penyimpanan tidak terlalu penuh. 

  • Membersihkan Cache 

Kadang, ketika sudah menghapus beberapa file atau aplikasi, ruang penyimpanan tetap penuh. Jika sudah seperti ini, maka Anda harus menghapus cache yang ada pada HP. Biasanya, cache ini sangat banyak dan memiliki ukuran yang besar. Sehingga memang membuat ruang penyimpanan menjadi penuh.

cara mengatasi HP ngeblank 

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan fitur bawaan atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi tambahan. Anda juga bisa melakukannya tanpa fitur atau aplikasi tambahan, yaitu dengan cara manual. 

Meskipun membutuhkan waktu cukup lama karena harus menghapus cache dari setiap aplikasi, tetapi cara mengatasi HP ngeblank ini bisa menjadi solusi yang baik. Biasanya, HP akan terasa lebih ringan jika dilakukan pembersihan cache. 

  • Melepaskan Memori, SIM, dan Baterai 

 

Nah, untuk cara satu ini hanyalah berlaku bagi HP yang baterainya bisa dilepas. Tujuan dari melepaskan 3 perangkat ini ialah untuk mendeteksi adanya kerusakan. Sebab memang 3 perangkat ini sangat rawan terhadap kerusakan, jadi bisa dilepaskan terlebih dahulu. 

✔️  Cara Nonton Live Streaming Bola Gratis Tanpa Aplikasi, Mudah

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah dipraktikkan. Nantinya, jangan lupa untuk membersihkan tempat dari 3 perangkat tersebut. Tentunya hal ini bisa dilakukan dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama. 

  • Melakukan Pemindaian Virus 

Salah satu penyebab dari HP ngeblank adalah adanya virus di dalam HP. Hal ini tentu akan berakibat fatal jika tidak diatasi sesegera mungkin. Cara mengatasi HP ngeblank jika terdapat virus di dalamnya ialah dengan melakukan pemindaian virus. 

Pemindaian ini bisa dilakukan oleh fitur bawaan atau bisa juga melalui aplikasi tambahan. Jika ternyata virus yang tersebar dj HP berasal dari saat mengunduh aplikasi tertentu, maka bisa membersihkan dengan menggunakan aplikasi anti virus, seperti avast. 

  • Melakukan Pembersihan Port Pengisian Daya 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP ngeblank ialah dengan melakukan pembersihan pada port pengisian daya. Perlu diketahui bahwa ternyata kotoran atau debu di dalam HP bisa sangat mempengaruhi bagaimana kinerjanya. Bahkan, bisa juga menjadi penyebab HP menjadi ngeblank. 

Cara mengatasi HP ngeblank ini bisa dilakukan dengan membersihkan debu dan kotoran yang ada pada port pengisian daya. Di sini, Anda bisa menggunakan tusuk gigi yang terbuat dari kayu atau bisa juga menggunakan cotton bud yang kecil. 

Selanjutnya, bisa langsung membersihkan bagian port pengisi daya menggunakan alat tersebut. Jika sudah, mangga tunggu sampai 10 menit saja. Kemudian cobalah untuk mengisi daya dan melakukan reboot terlebih dahulu. 

  • Melakukan Pengisian Daya Sampai Penuh 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan mengisi daya sampai penuh. Jika HP mulai ngeblank, tunggulah sampai baterainya benar-benar habis dan mati. Jika sudah dalam keadaan seperti ini, maka bisa melakukan isi ulang sampai baterai terisi penuh. 

✔️  Simak! Beberapa Cara Unduh Atau Cara Download Aplikasi Instagram For Android

cara mengatasi HP ngeblank

Cara mengatasi HP ngeblank yang satu ini ternyata dilakukan untuk menghidupkan ulang HP karena adanya kesalahan sistem. Umumnya, kesalahan sistem inilah yang membuat layar HP menjadi ngeblank. Nah, setelah mengisi daya dan HP dihidupkan ulang, maka bisa berfungsi seperti sedia kala. 

  • Kembali ke Setelan Pabrik 

Jika ternyata beberapa cara di atas tidak berfungsi sama sekali, cara satu-satunya yang harus dilakukan ialah dengan mengembalikan HP ke setelan pabrik. Sesuai dengan namanya, maka cara ini akan membuat HP kembali kepada pengaturan semula dan artinya semua data yang ada di dalam tidak akan ada. Oleh sebab itu, ini merupakan cara paling akhir yang bisa dilakukan. 

Jika ingin melakukan cara ini, maka Anda harus melakukan back up data terlebih dahulu. Anda bisa mem-back up data ke komputer, laptop, atau harddisk sekalipun. Jika sudah melakukan back up, maka data akan tetap aman. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi HP ngeblank yang perlu diketahui. Beberapa cara di atas bisa langsung berfungsi tergantung pada penyebab dari HP ngeblank. 

Leave a Comment