Inilah 7 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Mudah!

Ketika sedang sibuk menjelajahi media sosial tiba-tiba smartphone mati sendiri? Atau pernahkah Anda sedang menonton video YouTube lalu smartphone tiba-tiba mati? Tenang, Anda bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami hal itu. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini kita akan bahas bagaimana cara mengatasi HP mati sendiri. Yuk simak!

Cara mudah atasi HP mati sendiri

Sebenarnya penyebab HP mati sendiri ada banyak. Berikut ini beberapa solusi atau cara yang dapat Anda lakukan ketika HP tiba-tiba mati :

Baca juga: cara atasi mata buram karena Hp 

HP mati karena overheat

HP Anda tiba-tiba mati padahal kondisi baterai masih banyak? Bisa jadi masalahnya ialah HP Anda mengalami overheat. Terlebih jika Anda merasakan perangkat smartphone memang cukup panas. Umumnya hal tersebut terjadi dikarenakan chipset bekerja terlalu keras atau Anda memang sedang berada di dalam ruangan dengan suhu tinggi. 

cara mengatasi HP mati sendiri

Kedua keadaan tersebut memang dapat membuat HP menjadi overheat dan akhirnya mati secara tiba-tiba. Jika HP Anda mengalami overheat, lakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengatasinya :

  1. Kurangi tingkat kecerahan layar smartphone. 
  2. Nonaktifkan WiFi, GPS dan bluetooth jika sedang tidak digunakan. 
  3. Tutup aplikasi yang sedang berjalan. Semuanya. 
  4. Hindari penggunaan HP ketika sedang dalam pengisian saya. 
  5. Gunakan smartphone di tempat yang sejuk dan teduh. 
  6. Aktifkan mode hemat daya. 

HP mati karena baterai eror 

HP mati sendiri bisa jadi dikarenakan baterai yang sudah mulai eror. Dalam artian indikator baterai yang muncul di layar ponsel tidak sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Misalnya saja di layar ponsel tampak baterai tersisa 80% padahal sisa sebenarnya hanyalah 5%. Inilah penyebab utama smartphone sering mati sendiri padahal kondisi baterai masih banyak.

Untuk itu solusi yang perlu Anda lakukan ialah melakukan kalibrasi baterai secara manual. Berikut langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi baterai tersebut :

  1. Pertama gunakan smartphone hingga mati. 
  2. Lanjut untuk menghidupkan kembali ponsel Anda.
  3. Kembali gunakan HP Anda hingga indikator menunjukkan angka 0%. 
  4. Ketika HP mati, isi baterai hingga mencapai 100%. 
  5. Lanjut untuk menyalakan ponsel kembali dan gunakan hingga baterai sisa 0%. 
  6. Isi daya baterai lagi sampai 100%. 
  7. Selanjutnya, buka pengaturan ponsel dan klik pengaturan perawatan perangkat. 
  8. Jika sudah, klik baterai dan tekan opsi penggunaan baterai. 
  9. Selesai. 
✔️  Cara Membuat Halaman Depan Blog dengan Mudah dan Cepat

Cara mengatasi HP sendiri karena baterai eror sebenarnya bisa dilakydenhan bantuan aplikasi. Ada cukup banyak aplikasi yang mengatakan dapat melakukan kalibrasi baterai dan bisa membuatnya normal lagi. Akan tetapi aplikasi-aplikasi yang ada belum ada yang terbukti aman dan akurat 100%. Sehingga akan lebih baik jika mencoba melakukan kalibrasi manual saja. 

Agar baterai HP tidak mudah eror dan awet, pastikan Anda selalu menggunakan charger ori ketika mengisi daya. Jangan gunakan charger lainnya meski harganya lebih mahal. Menggunakan charger bukan pasangan smartphone Anda hanya akan membuat kondisi baterai terpengaruh. Gunakan charger yang sesuai dengan perangkat Anda. 

HP mati karena memori penuh

Memori internal yang penuh bisa membuat HP tiba-tiba mati sendiri. Meski kita tahu smartphone saat ini telah dibekali penyimpanan yang cukup besar. Akan tetapi smartphone versi lama tentu memiliki penyimpanan lebih sedikit hingga membuatnya lebih cepat penuh. 

Nah jika smartphone kamu memiliki masalah tiba-tiba mati karena penyimpanan penuh maka solusinya ialah membuatnya lebih longgar. Caranya ialah dengan menghapus file sampah atau cache yang sudah lama mengendap di perangkat. Untuk menghapus file sampah dengan mudah Anda dapat mengunduh aplikasi cleaner misalnya CCleaner. 

Perlu diketahui, aplikasi CCleaner ini dapat menghapus file sampah yang membuat HP Anda terasa berat. Berikut cara penggunaan aplikasi CCleaner tersebut :

  1. Buka aplikasi CCleaner setelah terpasang ke perangkat Anda. 
  2. Lanjut tekan opsi pembersihan cepat. 
  3. Klik selesaikan pembersihan. 
  4. Prosesnya akan langsung berjalan. Tunggu beberapa saat akan berakhir. 

Selain menghapus file sampah, untuk mengatasi masalah memori penuh tentu dengan cara mengurangi jumlah penyimpanan. Anda bisa menghapus media maupun dokumen tidak penting lainnya. 

✔️  Cara Membuat Form Login Di Java Netbeans PART 3 [Selesai]

HP mati karena permasalahan sistem

Cara mengatasi HP mati sendiri lainnya ialah dengan melakukan update rutin. Ya, smartphone yang tiba-tiba mati juga bisa dikarenakan sistem android yang bermasalah karena tidak melakukan update. Seperti yang kita ketahui, semua merk HP memang menyediakan adanya update sistem operasi dan keamanan secara berkala. 

cara mengatasi HP mati sendiri

Tujuan update sistem tentu cukup banyak. Salah satunya ialah mengoptimalkan kinerja perangkat android Anda. Akan tetapi, jika penyebab Anda tidak melakukan update secara rutin karena tidak memperoleh notifikasi, solusinya mudah. Berikut cara cek update sistem operasi ponsel :

  1. Pertama buka Pengaturan smartphone klik tentang ponsel dan tap pembaharuan sistem. 
  2. Cek adakah notifikasi OS atau tidak. 
  3. Jika ternyata ada maka klik update system. 
  4. Tunggu beberapa saat dan ponsel akan mulai update. 

Nantinya HP akan restart secara otomatis dan sistem dapat digunakan seperti sebelumnya. 

Melakukan root

Jika HP Anda tiba-tiba mati tanpa sebab, melakukan rooting bisa jadi solusi. Tujuan rooting sendiri ialah guna mengubah sistem software yang ada pada perangkat. Akan tetapi, sebelum melakukan root pada smartphone, pastikan lebih dulu jika Anda bisa melakukannya dengan benar. Mengingat jika salah dalam melakukan root dapat menyebabkan crash pada sistem. 

Kembalikan ke setelan pabrik

Cara lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi HP yang tiba-tiba mati ialah dengan mengembalikan ke setelan pabrik. Mengembalikan ponsel ke setelan pabrik kuha bisa menjadi solusi jika proses rooting tidak berhasil dan sistem mengalami crash. Berikut langkah mudah untuk mengubah smartphone ke setelan pabrik : 

  1. Pertama, buka setelan pada ponsel Anda. 
  2. Lanjut masuk ke menu setelan tambahan dan tap opsi cadangkan & setel ulang.
  3. Setelah itu, klik kembali ke setelan pabrik. 
  4. Lalu pilih opsi setel ulang telepon. 
  5. Lanjut untuk konfirmasi dengan kata sandi atau pola. 
  6. Proses akan berjalan dan biarkan berlangganan.
  7. Selesai. 
✔️  Cara Membuat URL Blog Menggunakan Plugin Gratis

Pergi ke tulang service 

Cara mengatasi HP mati sendiri selanjutnya yang bisa Anda pilih ialah mengganti komponen ponsel yang bermasalah. Tujuannya ialah agar kejadian ponsel tiba-tiba mati tidak perlu Anda alami lagi. Ganti komponen yang bersalah dengan perangkat original. Nah untuk menggantinya Anda bisa langsung pergi ke tulang service. 

cara mengatasi HP mati sendiri

Pergi ke tulang service ini bisa jadi pilihan terakhir jika beberapa opsi di atas ternyata tidak membuahkan hasil. Dengan pergi ke ahlinya Anda dapat mengetahui lebih detail lagi apa yang sebenarnya menjadi sumber masalah. Jika memang harus diganti komponennya maka ganti saja. Tentu disesuaikan dengan perangkat HP Anda. 

Sebelum pergi ke tulang service tentu Anda perlu menyiapkan budget terlebih dahulu. Jika sekiranya belum bisa membawa, Anda dapat menundanya terlebih dahulu.

Jadi itulah tadi beberapa cara mengatasi HP mati sendiri yang mudah untuk dilakukan. Pastinya jika memang benar-benar sudah mendesak dan berbagai cara tidak berhasil, solusi terakhir ialah dengan mengandalkan jasa tukang service HP. 

Leave a Comment