Inilah 3 Cara Instal CWM di Android Anti Ribet!

CWM (Clock Work Mod) atau CWM Recovery merupakan akses custom recovery yang ada dalam sistem handphone android. Meskipun setiap ponsel sudah dibekali dengan menu CWM akan tetapi untuk menunya sendiri belum lengkap alias terbatas. Sehingga Anda perlu melakukan penginstalan CWM sendiri. Berikut kita akan bahas cara instal CWM di android

mudah anti ribet pastinya.

Baca juga: cara install GTA V 

Fungsi instal CWM

Ada beberapa fungsi instal CWM recovery yang dapat Anda rasakan, misalnya saja :

  • Untuk melakukan back up ROM.
  • Melakukan custom ROM. 
  • Untuk delete cache. 
  • Atasi WiFi eror tidak terhubung. 
  • Menambah RAM dan mengoptimalkan kerja RAM smartphone. 

Perlu diketahui, pada beberapa ponsel untuk masuk ke menu recovery memang cukup sulit. Bahkan beberapa lainnya mengaku jika pada ponsel mereka tidak terdapat menu recovery. Nah untuk itu pembahasan mengenai cara instal CWM ini sepertinya sangat penting untuk kita bahas.

Cara instal CWM di android

3 cara instal CWM di android

Bagu Anda yang ponselnya mengalami gangguan, melakukan pemasangan CWM recovery ini sangat penting. Untuk melakukan penginstalan pada tools CWM recovery tidaklah sulit. Berikut penjelasannya. 

Instal CWM recovery via Rashr Tools

Cara instal CWM di android pertama yang dapat Anda coba ialah via aplikasi Rashr Tools. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut melalui situs resmi seperti apkpure atau di google play store. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda telah melakukan root pada perangkat smartphone terlebih dahulu. 

Jika ponsel yang Anda gunakan belum di root maka aplikasi tidak akan dapat dijalankan. Untuk langkah penggunaan aplikasi tersebut untuk menginstal CWM recovery sebagai berikut :

  1. Pasang aplikasi Rashr Tools terlebih dahulu pada perangkat android Anda. 
  2. Selanjutnya, siapkan file Recovery.img. File tersebut dapat Anda download melalui Google. 
  3. Lanjut untuk buka aplikasi Rashr Tools. 
  4. Ketika muncul notifikasi permintaan guna akses root berikan izin.
  5. Setelah itu, pilih menu recovery from storage. 
  6. Lanjut untuk mencari file Recovery.img yang telah Anda unduh sebelumnya. 
  7. Nantinya akan muncul menu penginstalan. Langsung tekan pilihan instal untuk mulai melakukan proses pemasangan aplikasi. Tunggu beberapa saat. 
  8. Ketika berhasil, nanti akan muncul notifikasi pada layar smartphone. Lanjut untuk memilih menu Yes guna reboot to recovery. 
  9. Selesai. 
✔️  Cara Ganti Pin Dana Yang Lupa

Cukup simpel bukan cara instal melalui aplikasi Rashr Tools ini? Pastikan step by step Anda jalankan dengan teratur ya. 

Instal CWM recovery via Flashify

Selanjutnya, cara instal CWM di android yang tak kalah mudah ialah melalui aplikasi Flashify. Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini Anda juga harus melakukan root terlebih dahulu pada perangkat android. Setelah melakukan root, lanjut ke tahap penginstalan CWM melalui Flashify di sini :

  1. Pertama, pasang aplikasi Flashify terlebih dahulu. 
  2. Setelah pemasangan pada perangkat berhasil, langsung buka aplikasi tersebut. 
  3. Lanjut untuk memilih menu recovery image yang ada di bagian dashboard aplikasi. 
  4. Kemudian download recovery menyesuaikan dengan tipe smartphone yang Anda gunakan.
  5. Di dalam aplikasi tersebut terdapat 3 jenis recovery yang bisa Anda pilih. Terdapat Philz, TWRP dan CWM. Anda dapat memilih jenis CWM saja. 
  6. Jika sudah, pilih menu Flash Recovery. Lalu, ketika muncul menu peringatan ketuk Ya. 
  7. Biarkan proses pemasangan selesai. 

Instal CWM recovery via ROM Manager

Rom CWM android

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan ialah mengunduh via aplikasi ROM Manager. Aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan melalui berbagai halaman di internet, misalnya di apkpure. Untuk melakukan penginstalan CWM dengan aplikasi ini juga tergolong simpel. Berikut tahapannya :

  1. Instal aplikasi ROM Manager terlebih dahulu. 
  2. Jika aplikasi sudah terpasang pada smartphone, lanjut untuk membukanya. 
  3. Selanjutnya, masuk ke menu recovery setup. 
  4. Pada menu tersebut akan ada dua pilihan jenis recovery yakni TWRP dan CWM. Pilih saja jenis CWM. 
  5. Dalam tahap ini Anda akan disuguhkan menu Confirm Phone Model. Dimana akan tertampil beberapa custom recovery untuk beberapa jenis smartphone. 
  6. Jika dalam tahap tersebut terdapat peringatan Unsupported Device, langsung hentikan proses. Adanya peringatan tersebut menandakan CWM yang akan diinstal tidak sesuai dengan perangkat Anda. Jika dilanjutkan hanya akan membuat smartphone Anda eror. 
  7. Akan tetapi, jika tidak ada peringatan tersebut, Anda tetap bisa melanjutkan proses pemasangan. 
  8. Terakhir, klik opsi reboot to recovery. 
  9. Selesai. 
✔️  Ini Dia Cara Membuat Instagram Menjadi Blog Pribadi, Simak!

Cara instal CWM di android via ROM Manager ini tentu saja cukup mudah dilakukan. Bahkan bagi Anda yang belum pernah sekalipun rasanya tidak akan merasa kesulitan. 

Fitur-fitur CWM Recovery

Secara umum, CWM Recovery memang memiliki fitur yang mirip dengan recovery bawaan smartphone. Akan tetapi untuk beberapa versi terbaru terdapat tambahan fitur lainnya juga. Tentunya lebih banyak. Berikut beberapa fitur CWM Recovery :

Reset handphone

Fitur dasar pertama yang ada dalam semua recovery android ialah reset hp. Termasuk pada CMW juga sama. Melalui CMW Anda dapat mengembalikan setelan pengaturan smartphone ke default dengan sangat mudah. Caranya, setelah smartphone masuk ke CMW lanjut klik opsi reset. 

Setelah itu, Anda hanya perlu melakukan restart pada smartphone. Nantinya semua pengaturan akan kembali ke awal. Untuk melakukan hal ini jangan lupa untuk mem-backup data terlebih dahulu. 

Hapus data cache

Fitur kedua yang ada dalam CWM recovery ialah halus data cache. Seperti yang kita ketahui, terkadang ada data cache yang tidak dapat dihapus dengan cara biasanya. Umumnya perlu melakukan recovery untuk melakukan penghapusan tersebut. 

Nah CWM recovery ini tentu sudah mendukung fitur hapus data cache tersebut. Caranya ialah dengan masuk ke CWM. Setelah itu, cari opsi guna wipe dalvik cache dan wipe cache partition. Nantinya semua data cache akan terhapus. Untuk lihat hasilnya lakukan reboot. 

Bisa install Zip

Melalui fitur instal zip ini Anda dapat memasang custom ROM. Sehingga Anda bisa memasang aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dipasang melalui sistem. Nah bagi Anda yang memerlukan fitur ini tentu harus membaca cara instal CWM di android secara lengkap di sini ya. 

✔️  Cara Mengajukan Pengembalian Dana Di Shopee

Backup dan restore data smartphone

Backup data CWM

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa langsung masuk ke CWM dan klik opsi Backup and restore. Jika sudah, lanjut opsi Backup. Nantinya data akan tersimpan di memori smartphone Anda. Jika ingin restore, Anda bisa pilih opsi restore. 

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang tersedia di CWM recovery. Misalnya saja seperti mount partisi, USB dan lainnya. Nah untuk versi terbaru biasanya terdapat tambahan beberapa fitur lainnya yang akan sangat membantu Anda. Untuk penjelasan di atas hanyalah fitur-fitur dasar saja. 

Nah itulah tadi penjelasan mengenai cara instal CWM di android yang mudah dilakukan dan pastinya anti ribet. Bagi Anda yang membutuhkan menu recovery guna melakukan flash bisa langsung mengikuti panduan di atas ya. Coba dan langsung terapkan pada ponsel Anda. 

Leave a Comment