Inilah 2 Cara Instal Ulang Laptop, Mudah!

Seperti yang kita ketahui, laptop memang harus diinstal sistem operasinya. Tanpa sistem operasi tentu laptop tidak dapat dijalankan. Bisa dihidupkan akan tetapi hanya muncul teks warna hitam saja pada monitor. Perlu diketahui pula, instal ulang juga diperlukan guna membuat performa laptop lebih baik. Pada pembahasan kali ini, kita akan bahas cara instal ulang laptop yang mudah.

Baca juga: install lucky patcher 

Persiapan sebelum instal ulang laptop

Backup data penting

Persiapan pertama yang harus Anda lakukan ialah mengamankan semua data atau file yang penting. Mengingat ketika menginstal ulang, semua file yang ada pada perangkat dapat ikut terhapus. Untuk itu, pastikan semua file telah Anda backup terlebih dahulu sebelum proses instalasi berjalan. 

cara instal ulang laptop

Cara backup data yang paling mudah ialah membuat salinan dafia file atau dokumen yang masih dibutuhkan. Gunakan USB flash drive.mauoin hardisk eksternal untuk menyalin semua file penting tersebut. 

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media penyimpanan cloud. Caranya ialah dengan meng-upload semua file. File yang di upload ke cloud nantinya bisa Anda download ulang ke laptop setelah instalasi selesai. Ingat, upload semua file di google drive agar lebih tenang ketika menerapkan cara instal ulang laptop di bawah ini. 

Simpan serial number. 

Seperti yang kita ketahui, hampir semua program yang Anda instal di perangkat laptop memang memiliki serial number. Terlebih pada program yang dibeli atau berbayar. Perlu diketahui, serial number ini sangat penting guna mengembalikan program setelah proses instalasi laptop usai. Bahkan, dibandingkan backup file program, menuklan serial number-nya jauh lebih penting. 

Beberapa program emang dapat diunduh installer-nya. Akan tetapi, tanpa serial number program tidak akan bisa anda akses. Maka dari itu, amankan sesegera mungkin serial number tersebut dengan cara mencatat secara manual. Atau jika ingin menggunakan tool, gunakan Belarc Advisor. 

✔️  4 Cara Membuka Control Panel Di Windows 11

Perlu diketahui, tool tersebut nantinya akan melakukan scan ke seluruh program yang Anda gunakan pada perangkat. Semua program akan didaftarkan serial number-nya. Sehingga cara ini tergolong simpel dan aman tentunya. Kelebihan dari tool ini ialah dapat diakses secara gratis. Langsung unduh dan gunakan tool tersebut untuk amankan serial number Anda. 

Siapkan diriver untuk instal

Agar proses instalasi berjalan lancar, Anda perlu menyiapkan driver. Bagi pengguna windows 10 mungkin tidak perlu menyiapkan driver lagi. Mengingat terdapat fitur otomatis yang bisa mendeteksi hardware dan menginstal drivernya. Akan tetapi, jika Anda bukan pengguna windows 10 maka langsung cari terlebih dahulu driver di internet. 

Cara instal ulang laptop pasti berhasil

Cara instal ulang laptop tidaklah rumit.  Berikut penjelasan dua cara yang dapat Anda terapkan :

cara instal ulang laptop

Intasil ulang via reset ke new state

Cara pertama yang bisa Anda gunakan ialah reset laptop ke new state.pedlu diingat, cara ini hanya bisa digunakan pada windows 10. Melalui fitur tersebut nantinya semua file akan terjadi. Kecuali berbagai hal yang sebelumnya sudah ada dalam pengaturan awal laptop. Berikut langkah instal ulang via reset ke new state : 

  1. Pertama, masuk ke dalam menu start dan lanjut klik simbol roda gigi. Nantinya Anda akan dibawa masuk ke menu setting. 
  2. Lanjut untuk mencari opsi update & security. 
  3. Klik opsi recovery. 
  4. Anda akan diberikan dua pilihan yakni reset this PC dan advance start up. Nah klik tombol get started pada pilihan reset this PC. 
  5. Selanjutnya akan muncul jendela pilihan. Pilihan pertama ialah reset bersih menghapus semua file kecuali windows atau file yang diamankan secara personal. Kedua, reset dengan file yang terhapus adalah programz aplikasi dan file yang berkaitan dengan hal tersebut. Sehingga untuk dokumen, video dan foto tetap aman. 
  6. Nah lanjut klik sesuai dengan keinginan Anda untuk instal ulang. Nantinya instruksi dari windows akan muncul. Ikuti instruksi yang diberikan. . 
✔️  Langkah Belajar Investasi Saham Pemula dan Keunggulannya

Umumnya instal via new state ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bergantung terhadap file yang akan dibersihkan, besar atau kecilnya.  

Instal ulang via format manual

Cara instal ulang laptop kedua ialah melalui format ulang. Cara ini memang sedikit lebih rumit. Akan tetapi hasilnya memang jauh lebih bersih dalam menghapus file. Dimana file yang terinfeksi malware dan virus dapat terhapus dengan bersih juga. 

Perlu diketahui, sebelum melakukan instal ulang via format manual ini, Anda perlu memiliki file installer dalam bentuk disc atau CD lengkap dengan serial number-nya. Jika sudah ada tentu proses dapat langsung Anda lakukan. Dalam proses instalasi ini akan lebih baik jika Anda menggunakan program pemberian seperti DBAN. 

DBAN atau Darik Boot And Nuke ialah sebuah program yang dapat membersihkan semua file hingga benar-benar tuntas dari hardisk. Anda hanya perlu download program tersebut secara gratis dan burn file tersebut ke CD. Dalam melakukan instalasi via formal manual ini terbagi dalam 3 langkah atau tahapan. Diantaranya :

cara instal ulang laptop

  • Langkah pertama : lakukan booting

Berikut cara melakukan booting : 

  1. Pertama, masukkan CD ke laptop guna melakukan boot.
  2. Lanjut untuk restart laptop Anda. Klik tombol ESC, F1, F2, F8 atau F10 ketika proses boot up sedang berjalan. Untuk tombol tentu tergantung dengan jenis laptop yang Anda pakai. 
  3. Nantinya akan muncul pilihan. Lanjut untuk pilih masuk ke BIOS Setup. 
  4. Pada menu BIOS lanjut masuk ke opsi Boot tab. 
  5. Selanjutnya, buat highlight boot ke pilihan CD Drive.
  6. Langsung save dan keluar. 
  • Langkah kedua : hapus file

Ketika langkah untuk melakukan boot selesai dilakukan, maka proses boot akan membaca CD DBAN dan dapat digunakan untuk menghapus file. Cara hapus filenya ialah sebagai berikut :

  1. Pertama klik tombol enter guna membuka DBAN.
  2. Ketika menu DBAN tampil, lanjut klik tombol [J] dan [K] guna memilih drive yang hendak Anda hapus. 
  3. Lanjut memilih driver dengan tekan Spacebar keyboard laptop. 
  4. Jika sudah selesai dipilih semua, lanjut untuk klik F10 guna membuat proses menghapus mulai berjalan. 
✔️  Cara Login Admin Wifi Indihome Huawei 2022

Perlu diingat, ketika proses berjalan Anda tidak dapat menghentikannya. Untuk berjaga-jaga, pastikan laptop Anda sembari di charger agar baterai tidak tiba-tiba habis ketika proses belum selesai. 

  • Langkah ketiga : langsung install ulang 

Setelah dua tahapan cara instal ulang laptop via format manual di atas sudah Anda kerjakan, maka langsung saja lakukan prosesnya. Berikut caranya :

  1. Masukkan CD windows yang sudah disiapkan. 
  2. Nantinya laptop akan mendeteksi CD dan melakukan proses boot up. 
  3. Selanjutnya, langkah-langkah untuk instal akan muncul. Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang tersedia. 
  4. Masukkan juga serial number yang diminta dan proses instalasi akan langsung berjalan.
  5. Selesai.

Nah itulah ulasan mengenai cara instal ulang laptop yang bisa kita bahas. Pastikan Anda menginstal dengan persiapan yang baik agar semua berjalan bebas hambatan. 

Leave a Comment