Inilah 10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh!

Kebanyakan smartphone memang sudah menggunakan layar sentuh dalam pengoperasiannya. Untuk itu, jika layar tidak dapat disentuh atau tidak memberikan respon tentu dapat menganggu Anda dalam mengoperasikan perangkat. Nah pada pembahasan kali ini kita akan ulas bagaimana cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh. Yuk simak!

Baca juga: cara atasi hp ngeblank 

Penyebab layar sentuh rusak

Ada beberapa penyebab rusaknya touchscreen atau layar sentuh smartphone. Diantaranya seperti :

  • Tidak sengaja jatuh. . 
  • Tercebur ke dalam bak mandi atau genangan. 
  • Tertimpa benda yang berat dan lainnya. 

Cara atasi layar HP tidak bisa disentuh

Jika Anda mengalami layar hp tiba-tiba macet dan tidak bisa disentuh, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Barangkali beberapa cara di bawah ini berhasil mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa cara yang paling mudah dan bisa Anda terapkan sendiri :

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Mulai ulang HP

Cara paling dasar yang dapat Anda lakukan ketika smartphone tidak dapat disentuh layarnya ialah dengan memulai ulang smartphone atau restart. Umumnya banyaknya aplikasi yang berjalan dan kondisi HP yang terlalu panas membuat layar ponsel tidak respon terhadap sentuhan. 

Sehingga cara yang paling sederhana untuk mengembalikan respon layar tersebut ialah dengan mematikan ponsel dan menghidupkannya kembali. Cara memulai ulang ponsel atau restart terbagi menjadi dua. Yakni :

  • Cara restart pertama 
  1. Tekan tombol power selama beberapa detik.
  2. Kilik opsi restart. 
  3. Tunggu beberapa waktu hingga ponsel dimuat ulang. 
  4. Terkahir coba untuk mengoperasikan layar kembali. 
  • Cara restart kedua

Jika cara tersebut tidak berhasil maka Anda dapat menggunakan cara kedua. Yakni dengan menekan tombol daya atau power hingga smartphone mati dan memulai kembali lagi. 

Bersihkan touchscreen dan pelindung layar

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh kedua ialah dengan membersihkan touchscreen dan pelindung layar. Bisa jadi penyebab layar ponsel macet dikarenakan debu maupun partikel lain yang terselip di antara kedua bagian tersebut. Anda dapat membersihkan bagian tersebut dengan kain yang lembab dan bebas serat. 

✔️  Cara Mengembalikan Akun Telegram Yang Di Hack

Mengaktifkan safe mode

Diantaranya banyaknya kasus layar tidak merespon sentuhan, salah satu sebabnya ialah dikarenakan program atau aplikasi yang baru saja diunduh. Dengan mengaktifkan safe mode (mode aman) ini Anda bisa menjalankan smartphone tanpa aplikasi berbahaya. 

Jika layar dapat bekerja dengan normal ketika menggunakan safe mode tersebut, bisa jadi masalahnya ialah karena beberapa program atau aplikasi yang baru diunduh. Cara mengaktifkan safe mode ini ialah dengan menekan tombol power untuk beberapa saat. Lalu pilih mode aman. Untuk keluar dari pengaturan safe mode lakukan langkah serupa. 

Setelah layar smartphone berfungsi kembali, langsung hapus aplikasi atau program yang sebelumnya Anda unduh. Akan tetapi jika masalahnya layar hanya kadang-kadang saja tidak bisa berfungsi seperti biasanya, maka solusinya ialah restart dengan safe mode. Berikut langkah melakukan restart dengan mode aman :

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

  1. Pertama-tama, tekan dan tahan selama bebeydetuk tombol power smartphone. 
  2. Setelah itu, tap pilihan “power off”.
  3. Jika smartphone sudah dalam keadaan mati, langsung tekan kembali secara bersamaan tombol power dan volume down. 
  4. Selesai. 

Mengeluarkan kartu SIM dan SD card

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh selanjutnya ialah dengan mencoba mengeluarkan kartu SIM dan SD card. Ya, salah satu penyebab layar tidak respon ketika sentuh jika bisa jadi karena kartu SIM atau SD card mengalami kerusakan. Untuk itu, coba cabut kedua kartu tersebut. Lalu kembali hidupkan smartphone tanpa kartu SIM dan SD card. 

Mencopot anti gores smartphone

Seperti yang kita ketahui, fungsi lapisan anti gores atau screen protector ialah untuk melindungi layar dari goresan yang disebabkan gesekan benda tertentu. Akan tetapi, pada beberapa kasus anti gores justru dapat mengurangi atau bahkan menghalangi respon sentuhan. Hal ini jelas membuat sensor layar sulit menangkap perintah yang Anda kehendaki. 

✔️  Cara Ganti Nama Discord

Untuk itu, jika layar smartphone Anda tiba-tiba bermasalah, cobalah untuk mengecek anti gores terlebih dahulu. Apakah dengan melepas anti gores lalu kembali melakukan sentuhan dan perintah yang dikehendaki dapat berjalan normal? Jika bisa tentu saja itu masalah yang sedang Anda pecahkan. 

Melakukan kalibrasi layar

Cara yang satu ini tentu bisa Anda lakukan jika musibah layar tidak bisa disentuh sudah bisa digunakan lagi. Ya, salah satu fungsi melakukan kalibrasi layar ialah guna menjaga kualitas ponsel terutama pada bagian layar. Selain itu, jika touchscreen ponsel tidak berfungsi sebagian, cara ini masih mungkin untuk dilakukan. 

Untuk melakukan kalibrasi layar ini Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja Anda dapat menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration. Aplikasi tersebut dapat diunduh di google play store. Setelah mengunduhnya, langsung buka aplikasi dan ikuti panduannya untuk melakukan kalibrasi layar. 

Mengeringkan smartphone jika terjatuh ke air

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh selanjutnya ialah dengan mengeringkan smartphone jika memang sebelumnya terjatuh ke air. Gunakan lap kering maupun handuk bersih. Setelah itu, Anda dapat mengoptimalkan pengeringan perangkat dengan memanfaatkan beras yang ada di rumah. 

Langkahnya ialah dengan menyiapkan wadah yang berisi beras. Setelah itu rendam smartphone di dalam wadah tersebut. Perlu diketahui, beras memiliki sifat dapat menyerap air. Cara ini mungkin bisa sedikit menolong akan tetapi tidak semua kelembaban dapat terserap secara maksimal oleh beras. Mengingat air bisa saja berada di sela-sela smartphone. 

Memanfaatkan perintah suara maupun wajah

Jika beberapa cara di atas belum bisa mengatasi masalah layar ponsel Anda maka langkah lain yang dapat bisa digunakan ialah memanfaatkan perintah suara maupun wajah. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak developer yang membekali android mereka dengan asisten virtual. Nah gunakan saja google assistant untuk mengoperasikan layar ponsel Anda. 

✔️  Inilah Cara Aktivasi Windows 10 Termudah

Menggunakan bantuan keyboard dan mouse

Cara lainnya yang dapat Anda tempuh ialah dengan menggunakan bantuan keyboard dan mouse eksternal. Misalnya saja untuk mengetik di smartphone Anda bisa menggunakan keyboard eksternal. Nah untuk mengoperasikan perintah pada smartphone bisa menggunakan bantuan mouse eksternal. 

Meminta bantuan layanan service center

Terkahir, jalan yang dapat Anda tempuh jika berbagai cara di atas tidak dapat menolong ponsel ialah datangi layanan service center. Pastikan datangi layanan penjual resmi dari brand ponsel yang Anda gunakan. 

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh

Tujuannya ialah agar dapat menggunakan suku cadang yang original. Selain itu petugas resmi juga tentu dapat lebih leluasa dalam membantu Anda menemukan masalah pada ponsel. Sejauh ini, cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh terkahir inilah yang paling simpel untuk dilakukan. 

Bagaimana, cukup banyak bukan cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi ponsel yang bermasalah? Akan lebih baik jika Anda tidak terlalu buru-buru untuk mendatangi service center. Kerjakan sendiri terlebih dahulu jika tidak bisa baru serahkan kepada ahlinya di service center.

Nah itulah tadi berbagai cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh. Pastikan Anda mencoba semua cara untuk mengetahui cara mana yang sekiranya dapat membantu. 

Leave a Comment