Ide Menarik Cara Membuat Header Blog Keren

Jika Anda mencari tahu cara membuat header blog keren, maka membaca ulasan ini hingga akhir adalah solusi yang sangat tepat. Mengapa demikian? Tentu jawabannya ialah, ulasan ini akan membahas dengan sangat lengkap mengenai cara membuat header di blog.

Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu terlebih dahulu mengenai penjelasan header blog, fungsi dan seberapa penting keberadaan header di sebuah blog yang Anda kelola selama ini. Jika penasaran, simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan Umum Mengenai Header Blog

Bagi seorang blogger, mengetahui apa itu header di blog adalah hal utama. Alasannya ialah, tentu dalam kegiatan pengelolaan blog Anda diharuskan untuk mengatur sebuah header blog.

Itulah sebabnya mengapa para blogger sering mencari informasi terkait cara membuat header blog keren dalam menjalankan pengelolaan untuk blog pribadinya. Dan bukan hanya untuk blog pribadi saja, membuat header blog juga penting untuk blog bisnis atau instansi.

Dengan header yang baik, maka ini menjadi poin penting sebuah blog dinilai berkualitas atau tidaknya. Lantas sebenarnya apa itu header blog? Pengertian dari header blog tidaklah rumit.

Coba pahami sebentar! Sesuai dengan namanya, header berasal dari kata head yang memiliki artik kepala. Dan mengenai penjelasannya, header blog adalah area utama yang ada pada bagian atas sebuah halaman blog dan menggambarkan keseluruhan isi blog.

Dari penjelasan tersebut, tentu Anda menjadi paham bahwa header blog memiliki posisi yang akan menarik perhatian pertama dari pengunjung blog Anda. untuk itu lakukan cara membuat header yang keren agar blok Anda terlihat lebih profesional

Fungsi Header Blog yang Harus Diketahui

Fungsi yang akan didapatkan ketika Anda memutuskan untuk melakukan cara membuat header blog keren ada banyak sekali. Sesuai dengan pengertian yang sebelumnya mengenai header blog, memang bagian ini sangat mencolok.

Header dibuat dengan fungsi utamanya yakni sebagai kepala blog yang berisi informasi terkait identitas sebuah blog. dengan fungsi yang seperti ini, maka header blog harus dibuat dengan menggambarkan keseluruhan isi blog dan karakternya.

✔️  Cara Instal 2 WhatsApp di Android Tanpa Root, Pasti Berhasil

Tentu Anda sudah paham mengenai istilah niche dalam dunia blogger bukan? Lebih sederhananya, header ini menunjukkan niche dari blog yang Anda kelola. Selain itu, ada fungsi lain dari header dalam sisi SEO.

Fungsi lain tersebut ialah sebagai tempat pemasangan tag untuk memanggil robot dalam menunjukkan keseluruhan isi dari blog tersebut. Dan melihat fungsi yang seperti ini, lantas seberapa penting keberadaan sebuah header pada blog?

Kabar gembiranya, ulasan ini  bukan hanya membahas cara membuat header blog keren namun juga menjawab pertanyaan tersebut. Jadi simak ulasan ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya.

Pentingnya Keberadaan Header pada Blog

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, header menjadi bagian blog yang sangat mengundang atensi atau perhatian dari pengunjung. Letaknya yang berada di paling atas dan memiliki warna yang mencolok juga ikut mengundang ketertarikan pengunjung.

Selain itu, jika dilihat dari strukturnya, header blog menggambarkan keseluruhan isi dari sebuah blog.  Itu sebabnya keberadaan header sangatlah penting untuk tampilan sebuah blog.

Cara membuat header blog keren dan menarik juga ikut mempengaruhi kualitas dari sebuah blog. jadi, jika Anda ingin blog Anda terlihat lebih berkualitas maka pelajarilah bagaimana cara membuat header yang berkelas untuk halaman blog Anda.

Tampilan pada header Anda tersebut juga harus dibuat dengan template yang rapi dan unik. Selain itu, header ini juga menjadi sebuah branding item dalam blog yang Anda kelola. Jadi usahakan agar pada header tidak dipasang terlalu banyak iklan.

Tips dan Cara Membuat Header Blog Keren

Sebenarnya, header blog bisa dibuat dengan cara yang sangat sederhana dan mudah. Cara ini juga bisa dilakukan oleh siapapun meski mungkin Anda masih tergolong blogger pemula. Namun dengan mengikuti tutorialnya, maka Anda akan segera bisa membuatnya sendiri.

✔️  Cara Aktivasi Microsoft Office 365 Di Windows 10 (Tanpa Product Key)

Melihat tutorial cara membuat header untuk blog di internet adalah solusi yang banyak diambil seorang blogger ketika tidak memiliki kesempatan belajar secara langsung pada blogger yang profesional.

Sehingga, para blogger pemula mencari informasi-informasi, tips maupun tutorial melalui internet karena biasanya para blogger profesional juga membagikan ilmunya melalui konten-konten yang dipublish melaui blog pribadinya di internet.

Dan berikut ini merupakan pilihan cara membuat header blog keren yang bisa Anda ikuti dan praktikkan untuk membuat tampilan halaman blog Anda lebih berkualitas dan terlihat profesional.

  1. Cara Memasang Header Blog

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memasang header blog adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan telah memiliki desain header dengan dimensi ukuran yaitu width = 980 px dan height = 180 px.
  2. Lakukan login di http://www.blogger.com
  3. Klik menu Tata Letak
  4. Klik Edit untuk melanjutkan cara membuat header blog keren
  5. Pilih file
  6. Klik open
  7. Pilih opsi penempatan
  8. Klik Simpan.
  9. Klik tombol Lihat blog

Jika sudah melakukan semua langkah di atas maka header pada halaman blog Anda telah berhasil dibuat.

  1. Membuat Header yang Keren

Selanjutnya, cara membuat header blog keren dapat dilakukan dengan lamgkah-langkah berikut ini.

  1. Masukkan judul beserta ikon blog Anda

Tujuan melakukan ini alah agar para pengunjung bisa mengetahui ikon dari blog Anda.

  1. Memasang foto pemiliki blog

Dengan memasang foto, maka blog Anda akan terlihat lebih profesional.

  1. Hindari menggunakan warna yang terlalu banyak

Untuk langkah ini Anda bisa menggunakan warna yang bisa memberi kesan hidup namun tetap dinamis.

  1. Hindari mencantumkan menu yang terlalu banyak pada header blog
  2. Masukkan menu yang sifatnya adalah laman statis

Beberapa contoh dari menu yang bersifat laman statis adalah kontak kami, disclaimer, tentan kami maupun yang lainnya

  1. Pasang menu pengkategorian konten
✔️  Cara Mengganti Nama Bluetooth Di HP Xiaomi Redmi Note 8

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, maka header pada blog Anda akan terlihat keren dan profesional. Selain itu, header yang keren juga akan meningkatkan kualitas blog tersebut.

  1. Membuat Header Mudah dengan Aplikasi Canva

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur-fitur edit gambar dan tulisan untuk cara membuat header blog keren. Jika Anda seorang blogger, maka penting juga mencari tahu aplikasi apa saja yang bisa digunakan tersebut.

Salah satu aplikasi populer edit gambar dan foto adalah canva. Canva merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan para blogger untuk membuat desain header. Dan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat header di aplikasi canva ialah:

  1. Log in ke aplikasi canva
  2. Jika Anda belum memiliki aplikasi, maka Anda bisa menginstalnya terlebih dahulu, namun jika belum, langsung lakukan login
  3. Klik more
  4. Pilih style email header
  5. Mulailah mengedit gambar dan buat semenarik mungkin untuk desain header blog Anda
  6. Download gambar yang telah selesai di edit

Jika sudah, maka Anda bisa langsung memasangnya pada header blog yang Anda kelola. Header blog merupakan bagian yang sangat penting untuk menggambarkan bagaimana kualitas dari blog Anda beserta keseluruhan isinya. Untuk itu, berhati-hatilah dalam cara membuat header blog keren sehingga bisa menggambarkan blog dengan kualitas yang baik.

 

Leave a Comment