Review HP ZBook Studio G8, Laptop Workstation Terbaik 2022

kompirasi.com – Laptop HP ZBook Studio G8 bisa disebut sebagai laptop Workstation dan sangat cocok digunakan untuk para konten kreator.  Laptop bisnis dari HP ini termasuk ke dalam 5 besar perangkat workstation untuk pembikin konten yang punya tampilan bagus, enteng, kuat, dan harganya bisa sangat bervariatif bergantung pada pilihan yang sobat tentukan.

HP ZBook Studio G8 tahun ini mendayagunakan pembikin konten untuk mengerjakan project inovatif di studio atau di atas lapangan, sekalian menjaga style seri G7 juara penghargaan. Salah satu laptop 4K terbaik, laptop workstation terbaik, dan laptop pengoreksian video terbaik yang sempat kami tes.

Penangkap mata yang eksklusif ini datang dengan processor Intel Core i9 Angkatan kesebelas, RAM 32GB, penyimpanan SSD 2TB, dan GPU Nvidia GeForce RTX 3070 yang lebih dari sekedar tangani seluruh keperluan Adobe Creative Suite yang haus daya.

Spesifikasi HP ZBook Studio G8

  • CPU: Intel Core i9-11950H
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 3070 6GB vRAM
  • RAM: 32GB
  • Penyimpanan: 2TB SSD
  • Layar: 15,6 inci, OLED 4K (3840 x 2160)
  • Baterai: 4:56
  • Dimensi: 14,13 x 10,08 x 0,64 inci
  • Berat: 3,3 pon

Kelebihan

  • + Tampilan OLED 4K yang menakjubkan
  • + Performa keseluruhan dan game yang kuat
  • + Papan ketik yang nyaman
  • + Audionya bagus

Kekurangan

  • – Mahal
  • – Cepat panas
  • – Masa pakai baterai pendek (pada model 4K OLED)

Konfigurasi dan Harga HP ZBook Studio G8

HP ZBook Studio G8 yang kami bahas ini diperlengkapi dengan CPU Intel Core i9-11950H generasi kesebelas, VRAM 6GB, RAM 32GB, SSD NVMe 2TB, dan monitor multi-sentuh OLED 4k 15,6 inch.

Sedangkan untuk versi dasar HP ZBook Studio G8 diperlengkapi dengan CPU Intel Core i7-11800H generasi kesebelas, vRAM 4GB, RAM 16GB, SSD NVMe 512GB, dan monitor anti-silau FHD 15,6 inch (1920 x 1080) IPS dengan 400 nits kecerahan.

Desain HP ZBook Studio G8

Style Studio G8 yang ramping dan tajam dengan sasis perak turbo serba aluminium sama cantiknya dengan tahun kemarin. ZBook Studio ibarat mobil sport elit kuat yang meminta sobat untuk mendorongnya sampai batasannya.

Saat ditutup, ukurannya yang kecil membuat gampang untuk ditempatkan ke ransel apa saja dengan ruangan kosong. Sisi belakang tutupnya tampilkan simbol Z krom yang mencolok dari frame perak. Ada dialek chrome di ke-4 segi pinggir tutupnya yang saat ditutup penuhi sisi bawah piranti.

Saat dibuka, sobat akan mendapati keyboard RGB dan touchpad yang lebar. Di bawah keyboard di samping kanan touchpad ialah pemindai sidik jari. Pas di atas keyboard ada panggangan dengan speaker yang disetel Bang dan Olufsen.

HP ZenBook Studio G8 memiliki ukuran 13,9 x 9,2 x 0,7 inch dan berat 3,3 pon, menjadikan workstation teringan di group pengetesan kami. Asus ZenBook Pro Duet 15 mempunyai berat 2 pon lebih berat pada 5,3 pon dan 14,7 x 9,8 x 0,9 inch, tapi harus diingat jika dia mempunyai dua monitor.

MSI Creator Z16 monitor tunggal (14,1 x 10,1 x 0,6 inch) mempunyai berat 4,9 pon. Menggenapkan barisan kami ialah Dell XPS 15 OLED, yang beratnya 4,3 pon dan memiliki ukuran 13,6 x 9,1 x 0,7 inch.

Keamanan dan Daya Tahan HP ZBook Studio G8

HP ZBook Studio diproteksi oleh pembaca sidik jari dan webcam yang cocok dengan Windows Hello (terbuka di tab baru). Susunan keamanan extra disiapkan di semua fungsionalitas. Ini terhitung chip Trusted Basis Module (TPM 2.0) bawaan dan pelindungan firmware yang dipertingkat di HP BIOSphere Gen 6 mulai dari  booting.

MS BitLocker seutuhnya mengenkripsi hard drive membuat perlindungan dari gempuran off-line dan akses tidak syah bila laptop diculik, dan keamanan Master Boot Record pastikan jika sisi pertama dari hard drive tempat mekanisme lakukan booting aman dan terjaga.

HP Sure Klik membuat perlindungan laptop dengan membuka website dan document yang meresahkan di mesin mikro-virtual, menghindari file yang meresahkan dari mekanisme dan file individu.

✔️  Review Asus ExpertBook B9450, Daya Tahan Baterai Paling Lama

Windows Defender memberi pelindungan antivirus dan malware, HP Wolf Security kurangi permukaan gempuran yang bisa ditujukan, memungkinkannya rekondisi jarak jauh dari gempuran firmware, memberi susunan tambahan pelindungan, dan slots kunci Nano Security sediakan keamanan fisik untuk laptop.

Paling akhir, bila hilang atau diculik, sobat bisa menemukan laptop ZBook ini karena integratif Tile bawaan yang berperan baik ketika perangkat hidup atau mati.

ZBook Studio G8 ini sudah lulus tes MIL-STD 810G yang kuat untuk keunggulan dan ketahanan, hingga berasa seperti perlindungan kuat pada tangan namun tetap enteng . Maka, bahkan juga bila sobat memperoleh beberapa bentrokan, pukulan, tidak boleh cemas.

Port HP ZBook Studio G8

ZBook Studio G8 tidak banyak memiliki port, tapi port ini memungkinkan sobat menjaga jalur kerja masih tetap mengucur. Di samping kiri ialah jack earphone/mic 3.5 combo, port USB Type A, dan slots kunci keamanan nano. Di samping kanan ialah pembaca kartu SD, dua port USB Type C, Mini DisplayPort, dan colokan listrik AC.

Tampilan HP ZBook Studio G8

Monitor 15,6 inch Gorilla Glass 6, monitor OLED 4K multi-sentuh HP ZBook Studio yang ceria dan penuh warna hasilkan gambar dan video yang tajam dan hidup. Baik ketika mengedit photo, mengedit video, atau bermain WRC 10 FIA World Rally Championship, semua diwarnai dengan cantik.

Gambar yang kuat dan penuh warna dari trailer games Avatar: Frontiers of Pandora sudah dihipnotis dan dibikin ulang. Episode pembukaan rimba seperti yang kami saksikan di feature National Geographic. Melihat kupu-kupu melonjak dari tebing untuk menghindari rudal.

Detil tajam dari flora planet ekstrasurya benar-benar mengagumkan dan seperti aslinya, karena protagonis Na’vi jatuh bebas dan ditolong oleh makhluk terbang yang elok.

Sebagai dari hasil pengukur kolorimetri monitor Studio G8, itu menyumbangkan 142,5% dari gamut warna DCI-P3, melewati rerata netbook premium sejumlah 84,4%. Ikuti ZenBook Pro Duet 15, yang cetak 143,8% kelewatan, MSI Z16 114,1%, dan Dell XPS 15 OLED pada 85%.

Sepanjang pengetesan kecemerlangan kami, ZBook Studio G8 mempunyai kecemerlangan rerata 464 nits, melewati rerata netbook premium 384 nits. ZenBook Pro Duet menuntaskan group dengan MSI Z16 pada 422 nits, 401 nits, dan XPS 15 pada kecemerlangan 398 nits.

Audio HP ZBook Studio G8

Ketika mendengarkan “Blame it on the Alcohol” Jamie Foxx di speaker yang disetel Bang dan Olufsen. Kami dengarkan saluran tarian hip-hop poppy suara automatis Jamie di semua apartemen studio lewat sepasang tweeter dan woofer. Ada banyak pembelahan kedalaman dan bass di mid dan treble.

Musik dan vocal direproduksi dengan benar-benar bersih. Yang diperlukan hanya koktail untuk mengawali acara pesta. Bila sobat memakai software kontrol audio HP, sobat bisa sesuaikan equalizer dan menambah sedikit banyak bass. Kalau-kalau sobat adalah seorang bass head.

Untuk akhiri malam dengarkan audio, kami memutar “Music For Brain Power” yang tampilkan Beethoven. Tingginya biola surgawi, crescendos lamban dari senar bass, dan seruling dan obo yang mengucur serasi memberi background, terlihat seperti malaikat menyanyi secara halus.

Menyaksikan adegan di Disney Plus, dan vocalnya terang dan bisa dikenal di semua studio. Dampak suara dari Captain Marvel dan Thor yang bertanding di semua bumi direproduksi secara baik dan sering lucu.

Pengalaman audio HP ZBook Studio G8 prima untuk laptop dan formasi mikrofon double bekerja yang baik sepanjang rapat pagi dan tes panggilan. Untuk produsen mana saja yang serius mengenai pengoreksian audio, kami merekomendasikan sobat membeli mikrofon USB, speaker computer, atau earphone nirkabel untuk kualitas suara terbaik.

Keyboard dan Touchpad HP ZBook Studio G8

ZBook Studio G8 mempunyai salah satu keyboard favorit kami. Tombol style Chiclet yang disinari RGB bisa di-click dan responsive sama ukuran dan pergerakan tombol yang luar biasa. Karena hub Omen Gaming, tambahan baru untuk baris Studio, sobat bisa pilih pola warna keyboard atau memakainya sesenang hati dan membuat sendiri.

✔️  Review MSI GE66 Raider Dragonshield, Laptop Limited Edition

Sepanjang pengetesan 10FastFingers.com, tangan monster batu terbakar dengan kecepatan seperti kilat, merekam 96 kata per menit dengan ketepatan 94% yang mengagetkan. Ini semakin tinggi dari 80-85 WPM biasa dengan ketepatan 90%.

Touchpad G8 memiliki ukuran 2,8 x 4,5 inch, terpusat di dek, dan lumayan luas. Touchpad yang disoroti krom benar-benar click dan responsive saat memakai pergerakan Windows 10, terhitung pengguliran dua jemari dan pinch-to-zoom.

Performa HP ​​ZBook Studio G8

CPU Intel Core i9-11950H, RAM 32GB, dan SSD 2TB? Detail itu sama seperti yang dicari pembikin konten untuk workstation mobile, dan itu yang dibungkus oleh ZBook Studio G8. Sobat bisa membuka 51 tab di Krom sekalian memutar 6 video YouTube secara berbarengan.

Selanjutnya sobat bisa membuka Google Documents dan mengeluarkan Capture One (terbuka di tab baru) untuk memulai menulis sekalian mengekspor beberapa gambar. ZBook Studio G8 perlakukan bisa dibilang sangat istimewa untuk masalah kinerja atau performa.

Dalam test performa keseluruhan, ZBook Studio cetak score 9.034, menaklukkan rerata laptop premium 4.753. Itu dituruti oleh XPS 15 (7.477, Intel Core i7-11800H CPU). Dituruti oleh MSI Creator Z16 (7.335 Intel Core i9-11900H CPU) dengan ZenBook Pro Duet 15 (7.028, Intel Core i9-10980HK CPU).

Dalam test transcoding video Handbrake, ZBook Studio G8 pimpin satu kali lagi, memerlukan waktu 6 menit dan 33 detik untuk mengonversi video 4K ke 1080p. Ini secara mudah melebihi Z16 (7:42), XPS 15 (8:10), dan ZenBook Duet Pro (8:17) dan rerata 14 menit dan 47 detik.

ZBook Studio G8′ bekerja baik pada tes transfer file, menduplikasi file multimedia 25 GB di dalam 22,8 detik dengan kecepatan 1.175,81 MB per detik, membakar rerata kelompok 1:24. Itu cukup buat menaklukkan ZenBook Duet (1TB SSD) pada 950MBps dan XPS 15 (512GB SSD) pada 825,6MBps, tapi bukan untuk Creator Z16 (2TB SSD) pada 1635,52MBps.

Grafis HP ZBook Studio G8

GPU Nvidia GeForce RTX 3070 dari HP ZBook Studio G8 dengan VRAM 6GB benar-benar kuat. Tidak ada pelambatan atau performa yang labil saat mengubah video dengan Adobe Premiere atau DaVinci Resolve. Saat memakai Capture One untuk ambil photo yang dikaitkan, sedikit ada interval antara pengambilan foto karena gambar dipindah ke monitor secara cepat.

Hadir dengan software HP Omen yang diinstall dan diperlengkapi dengan keyboard RGB, GPU Nvidia RTX dan RAM 32GB untuk bermain games. Monitor 60Hz bertahan secara baik pada rerata 60 frame per detik sepanjang Borderlands 2 dan WRC 10.

Kami mengetes GPU memakai benchmark Sid Meier’s Civilization VI: Gathering Storm (1080p). Studio G8 secara mudah menaklukkan rerata netbook premium 32fps, merekam 79fps di dalam 1080p dan 64fps dalam 4K. Itu cukup buat menaklukkan XPS 15 (Nvidia GeForce RTX 3050i) 67fps.

G8 tempati urutan ke-2 pada 1080p, ada di belakang score 95,5 FPS MSI Creator Z16, tapi bukan untuk Creator Z16 (Nvidia GeForce RTX 3060).  Sepanjang tes komposit 3DMark Fire Strike, ZBook Studio mendapatkan score 16.629, melebihi rerata kelompok 5.683 dan ZenBook Pro Duet mendapatkan score 16.380. MSI Z16 menuntaskan hasil benchmark ini dengan score XPS 15 sejumlah 8.433 dengan score 15.528.

Daya Tahan Batere HP ZBook Studio G8

Sama seperti yang sudah kami ucapkan berulang-kali, mobile workstation ialah binatang buas yang haus daya, dan semua daya itu tiba dengan ongkos yang lumrah untuk mayoritas periode penggunaan batere.

Sepanjang pengetesan battery Netbook Mag kami, yang meliputi pencarian situs terus-menerus lewat Wi-Fi pada kecemerlangan 150 nits, ZBook Studio G8 bertahan 4 jam 56 menit, yang berarti lebih pendek dibanding rerata netbook premium 10:23. XPS 15, Creator Z16 dan ZenBook Pro Duet semua menulis saat yang lebih bagus masing-masing pada 6:58, 6:27 dan 5:01.

✔️  8 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik 2022 Harga Terjangkau

Perlu disebut jika ZBook Studio G8 mempunyai pengisian cepat dan akan capai pengisian 50% dalam 30 menit.

Heat HP ZBook Studio G8

Mekanisme pendingin VaporForce HP sudah ada sepanjang beberapa saat ini dan perusahaan terus berusaha meningkatkannya. Makin kuat detailnya, makin panas mekanismenya. Kami kaget jika mereka bisa mendapati ruangan untuk semua tipe mekanisme pendingin dalam pembangkit listrik ultra-tipis ini.

Sepanjang pengetesan termal yang mengikutsertakan pemutaran video 1080p monitor penuh 15 menit, kami menghitung temperatur panas 112,6 derajat Fahrenheit dari bawah, jauh di atas tingkat batasan kenyamanan 95 derajat.

Touchpad lebih dingin pada 82,4 derajat, dengan temperatur di antara tombol G dan H capai 98,8 derajat sepanjang pengetesan. Ada banyak contoh di mana kipas jadi sedikit berisik ketika bermain games atau mentranskode video dari 6k ke 4k. Tapi satu kali lagi, harga yang sobat bayar tersebut untuk performa yang diperlukan untuk bermain games dan mengedit video.

Webcam HP ZBook Studio G8

Webcam HD 720p HP ialah standar untuk laptop masa kini. Itu tidak menakutkan, tetapi juga tidak luar biasa. Camera HD 720p hasilkan gambar dengan warna yang tepat dengan warna kulit yang terang pada keadaan penerangan yang bagus.

Seperti umumnya camera HD 720p, ada banyak distorsi visual dan minimnya kepastian pada kondisi sinar rendah. Bila sobat memerlukan hasil webcam yang bekerja lebih bagus, sobat harus mengecek webcam external terbaik.

Software dan Garansi HP ZBook Studio G8

HP lakukan tugas yang kompak tidak untuk memberatkan mekanisme dengan bloatware. HP mengikutkan beberapa software bermanfaat yang bisa tingkatkan pengalaman pemakai dan membuat perlindungan sistem.

Transfer file seutuhnya di antara hp dan laptop dengan HP Klien Security Manajer (opens in new tab), HP Audio Kontrol, HP Sure Klik Secure Browser The Omen Gaming Hub, dan HP Quick. ZBook Studio G8 datang dengan bloatware Windows 10 standard, terhitung Netflix dan Xbox Games Bar, Skype, dan browser Edge yang selalu disalahpergunakan dan dibutuhkan.

HP ZBook Studio G8 datang dengan garansi terbatas tiga tahun. Saksikan performa HP ​​dalam laporan khusus tahunan kami, terhitung Pertempuran Support Tehnis, Merk Terbaik dan Terjelek.

Kesimpulan

Mekanisme dengan harga yang ditawarkan HP benar-benar elok, kuat, dan tawarkan kekuatan MIL-SPEC. Menurut opini kami, laptop hp binis ini salah satu laptop pembikin konten terbaik yang ada di pasaran saat ini. Oh, kami hampir lupa mengatakan jika monitor sentuh OLED 4K ceria dan terang, dan benar-benar memikat.

Tetapi ingat harga, mudah-mudahan baterenya tahan lama dan tidak cepat panas. Bila sobat mencari ketahanan batere yang semakin lama dan daya yang semakin besar, MSI Creator Z16 dengan harga hampir Rp. 45 jutaan ialah opsi yang lebih murah. Tapi bila sobat mencari produk kuat yang bertahan lama dan gampang dibawa, karena itu HP ZBook Studio G8 adalah pilihan yang paling tepat untuk sobat sekalian.

Leave a Comment