Hosting Terbaik Indonesia, Periksa Hal Ini Sebelum Membeli

Ada banyak sekali lembaga, organisasi, atau bisnis yang membutuhkan situs web sehingga mereka harus memilih hosting terbaik Indonesia. Sebab hosting menjadi penting untuk menyimpan semua file dan data di dalamnya.

Jika dianalogikan, maka ketika hendak membangun rumah yang besar, maka Anda pasti membutuhkan tanah yang luas. Sama halnya dengan website yang jika ingin membangun kapasitas dan performa tinggi, maka mereka membutuhkan hosting terbaik.

Adapun di bawah ini akan kami bahas mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu hosting. Jika penasaran, langsung saja simak pembahasannya sampai akhir.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pilih Hosting Terbaik Indonesia

Hosting atau web hosting adalah tempat yang berguna untuk menyimpan file-file dan data website sehingga bisa diakses oleh orang melalui jaringan internet. File dan data web tersebut bisa berupa gambar, script, video, aplikasi, hingga database.

Namun, memilih penyedia hosting web yang tepat juga sangatlah penting bagi kesuksesan situs web Anda. Jika salah memilih, maka kemudian bisa terjadi crash situs, pelanggaran keamanan, waktu loading lama, hingga dukungan pengunjung yang buruk.

Walaupun demikian, kualitas hosting dan fitur-fiturnya adalah hal utama yang pelu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan membeli hosting di penyedia, antara lain:

  1. Waktu Aktif Rata-Rata Situs Web

Faktor pertama yang harus Anda perhatikan adalah waktu aktif rata-rata atau jumlah waktu rata-rata situs web bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu. Uptime rata-rata situs web memang sangat penting karena itu bisa mempengaruhi jumlah lalu lintas yang diperoleh situs web Anda.

Situs web tidak akan mendapatkan lalu lintas yang ramai jika pengunjung gagal akses ketika mereka berkunjung. Hanya satu jam downtime saja sudah berarti bisnis Anda kehilangan banyak potensi dalam penjualan.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus mendapatkan hosting terbaik Indonesia yang menawarkan waktu aktif rata-rata mencapai 100% atau mendekati itu. jika uptime rata-rata ada di bawah 99,90%, sebaiknya carilah penyedia hosting yang menyediakan lebih besar.

  1. Kecepatan Load Time Situs Web

Selain itu, ada juga faktor lain yang harus Anda pertimbangkan adalah waktu buka halaman. Maksudnya adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat suatu halaman web. Mirip seperti waktu aktif, waktu buka halaman ini juga mempengaruhi jumlah lalu lintas situs web.

✔️  Cara Membuat Folder Google Drive Di PC/ Laptop

Semakin lama halaman web dimuat, maka semakin banyak juga pengunjung yang frustasi dan akhirnya memilih untuk pergi ke alamat lain. Maka Anda harus hati-hati dan minimal tahu.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Google menyatakan bahwa 53% pengunjung situs web beralih jika waktu loading lebih dari 3 detik. Oleh karena alasan inilah, maka sebaiknya pilih hosting terbaik Indonesia yang menawarkan waktu muat halaman 3 detik atau kurang.

  1. Dukungan Pelanggan Berupa Telepon hingga Obrolan

Adanya dukungan pelanggan akan membantu Anda untuk menangani suatu masalah pada situs web dengan lebih cepat dan efektif. Biasanya penyedia hosting menawarkan dukungan pelanggan berupa telepon, obrolan, atau tiket.

Namun, hal paling penting yang perlu Anda perhatikan pada poin ini adalah seberapa cepat mereka bisa merespons dan seberapa membantu juga tim dukungan tersebut. Oleh karenanya pilihlah hosting terbaik Indonesia dengan sangat teliti.

  1. Penetapan Harga dan Pembaruan Hosting

Semua bisnis pasti bertujuan mencari keuntungan dan untuk mendapatkannya, maka Anda harus bisa menginvestasikan sejumlah uang terlebih dahulu. Namun, jika Anda baru memulai membuka bisnis itu.

Maka jangan sampai habiskan budget hanya untuk membeli paket hosting terbaik Indonesia paling mahal. Sebaliknya, Anda mungkin saja tidak ingin menggunakan fitur murah ketika menjalankan situs web merek besar.

Adapun hal lain, yaitu mengenai penetapan harga sebagai biaya untuk memperbarui akun web. Ini dikarenakan Anda mungkin saja akan terkejut ketika mengetahui bahwa biaya perpanjangan bisa saja lebih tinggi dibandingkan pembayaran awal ketika sedang mendaftar.

  1. Tawaran Domain Gratis oleh Penyedia Hosting

Ada banyak penyedia hosting yang menawarkan domain gratis selama satu tahun. Namun, setelah itu Anda harus membayar biaya agar bisa terus menggunakan domain dan menjalankan situs tersebut.

✔️  2 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Di Hack

Biasanya domain gratis berupa nama.webhost.com atau lebih dikenal sebagai subdomain. Walaupun terlihat tidak profesional, tetapi Anda bisa memilikinya ketika masih pemula atau memulai.

  1. Penyimpanan dan Bandwidth Pada Hosting Terbaik Indonesia

Bandwidth hosting adalah jumlah data yang bisa dikirimkan situs kepada para pengunjung selama periode waktu tertentu. Jadi, semakin tinggi bandwidth yang diberikan penyedia hosting web, maka itu berarti semakin baik.

Maksud penyimpanan ruang disk ini menentukan jumlah konten situs yang bisa disimpan termasuk teks, gambar, kode, database, dan email. Hampir sama dengan bandwidth yang mana semakin banyak penyimpanan juga menjadi pengaruh baik bagi suatu web.

  1. Sertifikat SSL

Adapun beberapa penyedia hosting terbaik Indonesia yang juga menawarkan SSL gratis sebagai salah satu anggota dari paket mereka. Berbicara mengenai SSL atau sertifikat SSL, mereka bekerja untuk membuat koneksi terenkripsi dan membangun kepercayaan.

Keberadaan SSL juga berperan untuk membantu mengamankan transaksi situs web Anda dengan cara mengenkripsi informasi apapun yang melaluinya. Ini menjadi sangat penting jika digunakan pada situs e-commerce.

  1. Opsi Pengembalian Dana

Kerennya lagi, ada sejumlah penyedia hosting terbaik Indonesia menawarkan jaminan uang kembali dengan jangka waktu tertentu. Jadi, periksa dan cobalah layanan mereka, apakah itu menyediakan semua yang dibutuhkan bisnis web Anda atau tidak.

Jika menemukan layanan tidak sebanding dengan uang yang Anda bayarkan, maka fitur pengembalian dana ini bisa dengan mudah membantu untuk mendapatkan kembali uang tersebut. Orang-orang yang merasa kesulitan untuk mendapatkan pengembalian uang.

Pengembalian dari penyedia hosting, biasanya mengungkapkan rasa frustrasi tersebut melalui web. Guna memutuskannya, Anda bisa mencari kasus keluhan ini untuk melihat apakah jaminan uang kembali atau tidak merepotkan layaknya yang telah diklaim oleh penyedia.

  1. Pastikan Menyediakan Fitur Keamanan

Penyedia hosting web biasanya menyediakan fitur keamanan, seperti pemantauan keamanan, perlindungan DDoS , LetsEncrypt SSL , RAID , hingga pusat data yang aman. Ketika memilih hostingan, sebaikya mungkin jangan sampai meluapan perihal kaeamanan.

✔️  Cara Mengaktifkan Mode Sleep & Hibernate Di Windows 11

Memilih layanan hosting yang menawarkan keamanan hebat berarti situs web memastikan data pelanggan Anda aman. Namun, jika ingin menambahkan lapisan keamanan tambahan, maka lihat kembalifitur keamanan dan paket yang tersedia.

  1. CMS dan Pembuatan Situs Web

Ketika memilih hosting terbaik Indonesia, pastikan itu kompatibel dengan alat pembuatan situs web yang akan Anda gunakan. Jika ingin membuat situs web, maka alternatif yang paling awam menggunakan sistem pengelolaan konten (CMS) atau pembuat situs web.

CMS sendiri mempunyai kurva belajar yang lebih curam karena Anda harus menangani beberapa tugas teknis, seperti memasang plugin hingga menyesuaikan tema dengan menggunakan kode.

Jika Anda tidak berpengalaman dalam mendesain situs web, maka pasti butuh sedikit waktu untuk membuat yang sesuai dengan keinginan. CMS yang paling populer adalah WordPress, Joomla, dan Drupal .

Cara penggunaannya adalah harus menginstal dan menyiapkan CMS yang dipilih pada akun hosting Anda. Beberapa penyedia biasanya menawarkan hosting web CMS yang dilengkapi dengan penginstal otomatis.

Hosting adalah salah satu komponen penting yang diperlukan oleh suatu situs web. Fungsi utamanya sebagai tempat atau wadah untuk file pada situs web dan bisa diakses banyak orang melalui jaringan internet. Jadi, keberadaannya sangatlah mengambil peran vital.

Beberapa pengetahuan di atas bisa Anda bagikan kepada orang lain. Adapun banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli atau menyewa hosting terbaik Indonesia agar website bisa berjalan sesuai keinginan.

Leave a Comment