Fitur Terbaru dan Cara Setting Aplikasi Youtube Untuk Android Khusus Anak-Anak

Sudah bukan merupakan hal yang baru lagi bagi YouTube untuk disebut sebagai salah satu aplikasi raksasa yang memiliki pengguna lebih dari 10M. dengan jumlah pengguna yang banyak, YouTube tentu tidak akan main-main dalam menyediakan fitur dan layanannya. Maka tidak heran, semua yang ada baik dalam aplikasi YouTube untuk Android maupun untuk iOS bahkan pc sekalipun, selalu dapat diandalkan.

Tidak hanya terkenal akan fitur menarik dan berkelasnya, YouTube juga dikenal sebagai salah satu aplikasi yang bisa memberikan keuntungan. Menjadi content creator dalam aplikasi ini bisa memberikan keuntungan baik berupa uang maupun juga ketenaran. Sangat tidak heran jika kemudian banyak yang berusaha untuk menjadi YouTuber.

Baca juga: cara melacak hp android 

Terlepas dari itu semua, sebagai bentuk dari pelayanan prima nya kepada semua pengguna aplikasi YouTube untuk Android maupun iOs, YouTube selalu berusaha memberikan fitur terbaru, menarik dan berguna. Tidak salah jika kemudian banyak yang nyaman dan memilih untuk terus menggunakannya.

Untuk bisa menyimak sejumlah fitur tersebut, Anda bisa mengetahuinya dalam informasi berikut ini. Tidak hanya itu, YouTube juga dikenal sebagai salah satu aplikasi yang ramah bagi anak kecil. Mampu memberikan konten yang bisa ditonton dengan bebas oleh anak kecil, juga bahkan disediakan versi kid nya demi memaksimalkan hal tersebut. Untuk sejumlah poin itu, informasinya juga telah dikemas dengan sangat menarik di bawah ini.

Fitur Menarik Aplikasi Youtube Untuk Android Terbaru

Fitur YouTube Shorts

aplikasi YouTube untuk Android

Pasti Anda sering dan gemar menonton video berdurasi pendek pada aplikasi seperti TikTok bukan? Tak bisa ditampik lagi menonton video berdurasi pendek dengan pengemasannya yang keren dan menarik memang bisa sangat menghibur. Tidak aneh jika banyak orang yang ketagihan menontonnya, namun tahukah Anda jika aplikasi YouTube untuk Android maupun iOS juga memilikinya.

✔️  2 Cara Membuat Pecahan Di Word

Fitur tersebut disebut sebagai YouTube Shorts yang pada dasarnya sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Kegunaannya juga tidak jauh berbeda, yakni untuk bisa menampilkan video berdurasi pendek. Banyak pengguna yang sudah beralih untuk menonton YouTube shorts, banyak juga creator yang membidik fitur tersebut untuk memanfaatkannya dengan baik.

Biasanya creator pada aplikasi YouTube untuk Android ini akan memanfaatkan YouTube shorts untuk melakukan promosi terkait konten videonya yang full dan berdurasi Panjang. Dengan demikian, orang-orang yang tengah berselancar pada Shorts bisa lebih mudah mengetahui kintennya yang baru diunggah atau akan diunggah.

Fitur Pinch To Zoom

Tidak hanya itu, baru-baru ini YouTube juga berhasil menghadirkan fitur terbaru yang sangat menarik bagi semua penggunanya. Bagaimana tidak? Seolah memberi angin segar, fitur Pinch to Zoom bisa menjadi perantara bagi para pengguna untuk melakukan zoom terkait konten yang tengah ditontonnya.

Tentu saja hal tersebut sejalan dengan nama yang disematkan pada fitur tersebut. Pinch to zoom tentu saja tidak hanya hadir bagi aplikasi YouTube untuk Android tetapi juga untuk iOS. Meski pada dasarnya fitur yang satu ini sudah dimiliki sejak tahun 2017. Namun pinch to zoom saat itu masih terbatas, karena zoom hanya bisa dilakukan pada layer yang lebar dan tidak bisa maksimal.

Batas zoomnya akan menyesuaikan ratio dari layer ponsel itu sendiri. Fitur tersebut bahkan bisa memungkinkan para pengguna melakukan zoom dengan sangat detail. Dengan demikian, ratio layar tentu bukanlah sebuah Batasan untuk melakukan zoom pada konten yang tengah ditonton tersebut.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur pinch to zoom pada aplikasi YouTube untuk Android maupun iOS ini? Mudah saja, Anda hanya perlu melakukan Gerakan mencubit keluar pada layer ponsel, kemudian ukuran dari zoom tersebut bisa Anda sesuaikan sendiri nantinya.

✔️  Cara Membuat Akun Zoom Meeting Untuk Belajar Online

Setelah melakukan zoom tersebut, pengguna tidak perlu lagi menahan layar untuk tetap berada dalam mode zoom. Pasalnya setelah dilakukan pinch tersebut, layar ponsel yang terzoom akan tetap demikian, kecuali Anda mengubahnya kembali.

Setelah mengetahui dua fitur terbaru dan menarik dalam aplikasi YouTube untuk Android maupun iOS ini. Kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara melakukan setting atau mengatur YouTube untuk bisa ramah terhadap anak kecil. Dengan begitu, bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih kecil tak perlu khawatir lagi dengan konten yang bisa diaksesnya.

Cara Setting Youtube Agar Khusus Untuk Anak Kecil

Coba Buat Playlist Khusus Anak

Anda pasti tahu jika YouTube juga memiliki fitur playlist (daftar putar) yang bisa diisi oleh video yang Anda inginkan. Sebagai cara untuk bisa melakukan setting YouTube agar khusus utuk anak adalah dengan yang satu ini. Anda bisa mencoba memasukkan sejumlah video kedalam satu plasylist.

Kemudian setelah itu, ketika hendak memberikan tonton kepada anak dalam aplikasi YouTube untuk Android, iOS maupun lewat PC, Anda bisa terhindar dari kekhawatiran. Dengan adanya playlist, Anda juga tidak perlu mencari-cari konten yang biasa ditontoh oleh anak.

Menjadi Langganan Channel Khusus Anak Kecil

Lebih dari itu, masih ada cara lain yang biasanya digunakan untuk mengatur YouTube agar ramah bagi anak kecil adalah dengan yang satu ini. YouTube memiliki creator video bertemakan anak kecil dengan jumlah yang sangat banyak. Diantara creator tersebut, pasti Anda yang menawarkan untuk berlangganan.

Pilih dan berlanggan pada channel anak dalam aplikasi YouTube untuk Android maupun iOS tersebut, tentu bisa menghindarkan anak dari tontonan yang seharusnya tidak ditonton. Banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan ketika memilih untuk berlangganan channel untuk Anak.

✔️  Cara Penggunaan Vidma Screen Recorder, Perekam Layar Terbaik Untuk Android 2022

Coba Hidupkan Mode Aman

YouTube juga menyediakan sebuah mode yang terbilang cukup membantu dalam hal ini pengaturan tontonan untuk anak-anak. Disediakanlah mode yang disebut “mode aman”, dengan menggunakan mode tersebut, YouTube bisa memfilter konten yang tidak pantas ditonton untuk anak di bawah umur 13 tahun (karena YouTube pada dasarnya untuk usia 13 keatas).

Cara mengaktifkan mode amana dalam aplikasi YouTube untuk Android juga iOS sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan aplikasi tersebut, kemudian carilah pilihan yang bertuliskan “restricted mode”, jika sudah maka langsung tekan tombol “on” untuk mengaktifkannya. Maka sudah secara otomatis fitur tersebut hidup dan bisa digunakan.

Gunakan Aplikasi Youtube Khusus Kid

Jika Anda tidak ingin melakukan sejumlah cara di atas, karena terasa ribet atau rumit. Maka jalan keluarnya adalah dengan menginstal aplikasi YouTube kid. Pasti Anda juga tahu jika YouTube pun menawarkan aplikasi ini guna bisa memberikan tontonan yang berkualitas dan sesuai umur bagi anak kecil. Jika tertarik, Anda bisa mengunduhnya di Playstore dengan mudah dan langkah pengunduhannya juga sama seperti pada umumnya.

Itulah sejumlah fitur baru dan juga cara untuk mengatur aplikasi YouTube untuk Android, iOS maupun PC agar lebih ramah bagi anak kecil yang menontonya. 

Leave a Comment