Cloud Hosting Terbaik di Indonesia, Apa Plus dan Minusnya?

Tahukah Anda perusahaan penyedia jasa cloud hosting terbaik di Indonesia? Baru-baru ini cloud hosting tengah booming di kalangan web developer berkat beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Kendati demikian, masih ada juga web developer yang belum memahami apa yang dimaksud dengan cloud hosting. Di sini kami akan memaparkan perbedaan antara cloud hosting dengan web hosting lainnya.

Sekilas Pengertian Tentang Cloud Hosting

Bagi Anda yang bergelut di dunia website pasti pernah mendengar istilah cloud hosting. Jika Anda menganggap cloud hosting itu sama seperti web hosting lainnya, maka Anda salah dalam mengartikannya.

Cloud hosting merupakan sebuah jenis layanan web hosting yang didalamnya memakai sumber daya dari beberapa server sekaligus, yang difungsikan sebagai satu kesatuan utuh. Hal ini dimaksudkan agar beban kerja server tidak terlalu berat.

Dengan berkurangnya beban loading pada server, maka uptime server dapat lebih dimaksimalkan. Kita dapat menyebut gabungan beberapa server ini dengan istilah cloud cluster. Hal ini jua dimiliki oleh para penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia.

Semakin banyak server yang digabungkan, maka semakin besar sumber daya yang bisa dibagikan. Hal ini sangat menguntungkan di mana jika terjadi masalah pada salah satu server maka server yang lain tetap aman untuk mendukung agar kegiatan website tetap jalan.

Karena alasan ini maka cloud hosting dinilai memiliki fleksibilitas paling tinggi di antara web hosting lainnya. Kini sudah banyak web developer yang migrasi menggunakan cloud hosting. Namun tidak semua jenis website cocok dengan cloud hosting terbaik di Indonesia ini.

Jika website yang Anda kelola masih berskala rendah dengan traffic yang tidak terlalu tinggi, tidak disarankan untuk migrasi menggunakan jenis hosting ini. Lain hal jika website Anda mulai mengalami peningkatan traffic sehingga bisa pindah ke cloud hosting.

Apa Saja Perbedaan Cloud Hosting dengan Web Hosting Lainnya?

Sebelum mengenal adanya cloud hosting, dunia website sudah terlebih dahulu mengenal kehadiran hosting tradisional seperti shared hosting, dedicated web hosting, VPS hosting dan managed web hosting.

✔️  Jasa Content Placement High Traffic Murah Berkualitas (Review Aplikasi, Sponsored Post & Paid Content)

Hosting yang kami sebutkan di atas merupakan jenis-jenis hosting tradisional yang membutuhkan kehadiran sebuah media server untuk menyimpan data website. Sementara pada cloud hosting semua data yang dimiliki website akan disimpan dalam media online.

Mari kami perlihatkan perbedaan antara hosting cloud dengan hosting tradisional menurut beberapa sudut pandang.

  1. Perbedaan dari segi performa

Jika Anda menggunakan hosting tradisional maka Anda tetap akan menggunakan ruang penyimpanan fisik berupa server, jika server tersebut crash atau down maka akan berpengaruh pada performa website.

Namun hal itu tidak berlaku pada cloud hosting karena disini data tidak disimpan dalam server fisik. Jika ada kendala dalam salah satu server maka sistem akan mengatur agar website Anda didukung oleh sumber daya lainnya sehingga tetap berjalan dengan prima.

Pada penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia, ini menjadi andalan utama agar pelanggan tetap merasa puas dengan layanan hosting.

  1. Perbedaan Kontrol Data

Pada web hosting tradisional, Anda tidak memiliki kontrol data secara penuh. Namun hal ini tidak terjadi jika Anda menggunakan cloud hosting. Semua kendali terletak di tangan Anda sendiri.

  1. Perbedaan dari Segi Pembiayaan

Pada saat Anda menggunakan web hosting biasa, Anda akan dibebani dengan biaya langganan server berikut hardwarenya, walaupun Anda berbagi dengan pengguna lain. Jika Anda menggunakan Cloud hosting Anda cukup membayar sesuai layanan yang Anda terima.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting?

Sebagaimana halnya hosting lainnya, cloud hosting pun tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan sekalipun itu adalah cloud hosting terbaik di Indonesia. Apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh hosting canggih ini? Simak sampai tuntas informasi berikut ini.

  1. Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting

Terdapat beberapa poin plus atau kelebihan menggunakan cloud hosting dibandingkan web hosting lainnya. Beberapa kelebihan yang sudah kami rangkum tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Uptime server lebih stabil karena cloud hosting menggunakan sumber daya dari gabungan server, sehingga tidak ada server yang mengalami gangguan overload data.
  • Kemudahan skalabilitasnya, apabila website ana mengalami kenaikan traffic maka Anda tidak perlu membeli server fisik lagi untuk media penyimpanan data.
  • Karena menggunakan sumber daya dari gabungan server maka secara otomatis loading time website pun lebih cepat.
  • Biaya yang dikeluarkan oleh web developer lebih rendah dibandingkan menggunakan hosting tradisional lainnya.
  • Risiko kehilangan data lebih minim dan dapat recovery data yang hilang lebih cepat
  1. Kekurangan Menggunakan Cloud Hosting

Sebagaimana halnya web hosting lainnya, ada kekurangan yang harus Anda rasakan saat memakai cloud hosting. Bahlkan pada cloud hosting terbaik di Indonesia pun ada kekurangannya. Apa saja kekurangannya? Simak dalam ulasan berikut ini,

  • Situs Anda akan lebih rentan terhadap cyber attack dan serangan hacker.
  • Karena cloud hosting sangat bergantung pada keberadaan internet maka jika nada menggunakan hosting ini jaringan internet yang dimiliki harus lancar, jika tidak maka website akan tersendat.
  • Biaya yang dikeluarkan akan membengkak jika Anda tidak dapat menahan diri untuk menggunakan cloud hosting setiap saat.
✔️  Cara Membangun Backlink Berkualitas Gratis Dari Pinterest

Perusahaan Layanan Cloud Hosting Terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang menyediakan layanan cloud hosting yang bisa Anda simak dan ketahui secara saksama. Di antaranya mungkin adalah perusahaan web hosting favorit Anda.

  1. Jetorbit

Perusahaan ini didirikan di Yogyakarta pada tahun 2012. Penyedia web hosting ini tidak memiliki uptime server yang stabil. Namun, kini Jetorbit sudah mengalami banyak peningkatan dengan uptime server yang lebih stabil yaitu 99.93% dan support pelanggan dengan rating cukup tinggi yaitu 4.5/5.

Beberapa kelebihan lain dari Jetorbit yaitu kemungkinan untuk migrasi hosting tanpa biaya, harga berlangganan yang lebih murah dan memiliki fitur Jet Backup. Jetorbit memiliki layanan cloud hosting terbaik di Indonesia dan cukup terkenal di masyarakat.

  1. Niagahoster

Niagahoster berada di list paling atas perusahaan penyedia jasa cloud hosting. Hosting ini memang cukup dikenal di masyarakat sebagai perusahaan web hosting dengan kinerja dan performa yang baik.

Akses yang cepat, uptime server yang stabil, support pelanggan yang ramah dan mendukung serta harga paket yang terjangkau menjadi senjata ampuh bagi Niagahoster untuk meraih pelanggan.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh Niagahoster membuatnya layak dinobatkan sebagai penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia di tahun 2022 ini.

  1. Hostinger

Jika Anda sedang mencari penyedia cloud hosting yang memiliki support layanan yang baik, uptime server yang stabil dan page loading yang cepat? Maka Anda harus memilih Hostinger sebagai jawaban untuk Anda.

Biaya paket yang ditawarkan cukup mahal, namun biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Kehadirannya di 178 negara bersama lebih dari 29 juta pengguna membuat Hostinger pantas untuk dijuluki cloud hosting terbaik Indonesia.

  1. DomaiNesia

Untuk menjadi penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia maka DomaiNesia tidak perlu memberikan bukti yang lain lagi. Dengan 60 server yang ada di berbagai negara maka dijamin dapat mendukung kinerja DomaiNesia.

✔️  Cara Menaikkan DA PA Blog Secara Natural (SEO White Hat)

Umumnya para web developer sudah mengenal nama DomaiNesia. Domainesia dinilai sudah memiliki tiga kriteria unggul yang paling utama yaitu harga yang bersahabat, uptime server yang stabil dan kecepatan yang tinggi.

Layanan cloud hosting yang tengah naik daun menjadi primadona para web developer yang memiliki website dengan traffic tinggi. Jika Anda berminat menggunakan cloud hosting ini maka pilihlah penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia yang telah kami ulas di atas.

Leave a Comment