Cara Upload Youtube Shorts di Hp Android

Kali ini kita akan membahas tutorial cara upload youtube shorts di hp karena sekarang Youtube shorts pun bisa kamu jadikan tempat untuk menghasilkan uang. Tentu saja minat untuk membuat video youtube shorts bisa sebanding dengan audience yang akan kamu dapatkan. Kenapa? Karena audience Youtube sendiri sudah ramai sejak beberapa tahun ke belakang ini.

Apakah youtube shorts bisa menghasilkan uang?

Jawabannya adalah ya…! Kamu bisa mendapatkan uang dari Youtube Shorts bahkan hingga Rp 143 juta perbulan. Hal yang menarik dari Youtube Shorts ini adalah penghasilan yang diberikan kepada kreator Youtube Shorts. Kamu bisa mendapatkan uang dari Youtube Shorts, walaupun channel Youtube kamu bukanlah channel besar dengan ratusan ribu ataupun jutaan subscriber.

Sejauh pemantauan kami, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube shorts walaupun akun kamu masih kecil. Kenapa? Karena yang penghasilan pada Youtube Shorts bukan berdasarkan jumlah subsriber melainkan berdasarkan jumlah tayangan video Youtube Shorts yang telah kamu upload.

Cara upload Youtube shorts di hp android dan iPad ternyata agak berbeda, sehingga saya akan membuat tutorialnya di artikel yang berbeda. Namun, jangan berkecil hati, saya akan jelaskan di tutorial selanjutnya yaa!

Cara Upload Youtube Shorts di Hp Android untuk Kreator Pemula

1. Buka Aplikasi Youtube di HP Android

Pertama-tama, buka aplikasi Youtube dan pastikan kamu sudah mengupgrade aplikasi Youtube ke versi terbaru. Saat membuka aplikasi Youtube, maka kamu akan melihat beberapa ikon yang ada dibagian bawah aplikasi diantaranya ikon menu beranda, shorts, tanda +, subscription dan koleksi.

Baca Juga: Cara menggunakan Canva di Android untuk pemula

Klik ikon tanda tambah ( + ) yang ada tepat ditengah ikon menu lainnya di hp android kamu. Nah… Fungsi ikon ini berkaitan dengan segala konten yang bisa di unggah oleh konten kreator di Youtube.

cara upload youtube shorts di hp
cara upload youtube shorts di hp

2. Pilih “Buat Video Short” dengan versi Beta

Setelah mengklik tanda plus (+), maka kamu akan melihat beberapa pilihan yakni upload video, buat video shorts, live streaming dan buat postingan. Opsi upload video bisa kamu gunakan untuk mengupload konten video biasa di Youtube. Sementara untuk mengupload Youtub Shorts, kamu harus mengklik opsi “Buat Video Shorts” dengan tulisan beta yang ada disampingnya.

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara membuat youtube shorts

3. Rekam Video Shorts dengan Aplikasi Youtube

Pada langkah ketiga cara upload Youtube Shorts di HP android ini, ada dua hal yang perlu kamu pahami. Pertama, kamu bisa mengupload video Shorts dengan langsung merekamnya di aplikasi Youtube itu sendiri. Dan yang kedua, kamu bisa langsung memilih video dengan durasi 15 sampai 60 detik yang sudah kamu siapkan serta kamu simpan di galeri penyimpanan hp kamu (tutorial cara kedua akan kita lanjutkan di langkah ke 4 pada tutorial ini).

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara mengatur durasi youtube shorts

Untuk merekam, membuat dan mengupload video shorts dari aplikasi Youtube sendiri, kamu bisa langsung mengatur lagu yang hendak kamu tambahkan pada saat merekam video shorts kamu. Kamu juga bisa mengatur kecepatan video, timer penghitung waktu mundur serta mengubah rekaman video menjadi 60 detik dengan menekan angka 15 yang ada di atas tombol merah.

✔️  10 Tips Hemat Baterai Android yang Terbukti Ampuh

Baca Juga: Cara Mengambil animasi bergerak dari Google

Jika semuanya sudah siap dan kamu sudah mantap untuk merekam video, kamu bisa mengklik tombol merah dan mulai merekam video Shorts kamu.

4. Pilih Video dari galeri

Selanjutnya, jika kamu ingin mengupload video shorts dari galeri penyimpanan hp android kamu yang sudah kamu edit diluar aplikasi Youtube, kamu bisa mengklik gambar mini yang ada di pojok kiri bawah gambar dibawah ini.

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara mengatur durasi youtube shorts

Setelah kamu memilih video yang telah kamu siapkan dari galeri hp kamu, maka kamu hanya perlu mengatur atau memotong durasi video (jika perlu). Jika semua sudah sesuai, maka kamu bisa langsung menekan tombol “berikutnya” yang ada di pojok kanan atas.

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara memotong durasi video shorts

5. Tambahkan Suara/lagu, teks dan Filter

Langkah ketiga ini adalah kelanjutan dari langkah ke 3 (jika kamu langsung merekam video shorts dari aplikasi Youtube) dan langkah ke 4 (jika kamu sudah merekam video diluar aplikasi Youtube).

Pada langkah ini kamu bisa menambahkan beberapa hal pada video kamu sebelum memulai untuk mempublikasikannya di Youtube Shorts. Kamu bisa menambahkan musik, teks, linimasa serta filter pada video yang hendak kamu upload pada menu yang di sediakan dibagian bawah layar aplikasi Youtube. Jika kamu sudah menambahkan beberapa detail tersebut, maka kamu bisa mengklik kembali tombol “berikutnya” yang ada di pojok kanan hp android kamu.

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara upload youtube shorts di hp android

6. Tambahkan Judul dan Upload Video Shorts

Langkah terakhir cara upload Youtube Shorts di hp android untuk pemula yang harus kamu lakukan adalah menambahkan judul Youtube shorts kamu. Kamu juga bisa menambahkan sedikit deskripsi terkait video shorts kamu. Oh iya…!Jangan lupa tambahkan tagar shorts pada judul video kamu agar Youtube merekomendasikan video kamu ke orang lain yaaa!

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara upload youtube shorts di hp android

Jika judul dan deskripsi sudah selesai, jangan lupa pula untuk mengatur status visibilitas ke “Publik” serta ubah video menjadi video yang tidak dikhususkan untuk anak-anak. Jika semua sudah selesai dan lengkap, klik tombol “Upload Video Short” yang ada dibagian bawah aplikasi Youtube seperti yang tampak pada gambar diatas.

✔️  Inilah Cara Membuat Google Form di Hp, Mudah!

7. Selesai

Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai dan kamu sudah berhasil melakukan tutorial cara upload youtube shorts di hp android yang kompirasi jelaskan!

Bagaimana cara mengecek video shorts yang sudah di upload? Kamu cukup mengecek channel youtube kamu dan mlihat video yang sudah kamu upload. Video dengan logo seperti yang ditandai panah merah pada gambar dibawah ini adalah video yang termasuk ke dalam Youtube Shorts. Sementara video yang tidak memiliki logo adalah konten video biasa yang ada pada Youtube.

tutorial cara upload youtube shorts di hp android
cara upload youtube shorts di hp android

Nah…. Itu saja tutorial cara upload youtube shorts di hp android yang bisa kompirasi bagikan kepada teman-teman pembaca. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk teman-teman kreator pemula yaaa! Sampai jumpa di tutorial bermanfaat dan menarik lainnya di situs Kompiras ya!

Leave a Comment