2 Cara Share File Di Google Drive

Share file di google drive menjadi cara yang sangat berguna untuk berbagi file sesama pengguna google drive, sehingga kamu tidak perlu mengirim ulang dokumen yang sudah kamu buat.

Tidak hanya itu saja dengan menggunakan share file kamu dapat membagikan file yang sudah kamu unggah di google drive ke dosen, temen, guru, atau teman kerja, kamu juga dapat membagikan bermacam file seperti video, document, gambar, musik dan berbagai file lainnya dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi.

cara share file di google drive sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan, kamu hanya perlu melakukan pengaturan terhadap file kamu yang awalnya private menjadi public sehingga orang yang kamu kirimkan file tersebut bisa mendownload dan mengedit file yang sudah kamu kirim, nah untuk caranya kamu bisa melihat panduannya di bawah ini.

#1. Cara Share File Di Google Drive Menggunakan Opsi Share Link

Google Drive
Google Drive

Agar kita bisa berbagi file ke teman atau client, langkah awal yang harus kita lakukan. Kita harus membuka google drive terlebih dahulu kamu bisa menggunakan android atau pc, dan laptop disini saja pakai pc.

1. Pilih File Yang Ingin Dibagikan

Langkah pertama untuk bisa berbagi file, atau share file di google drive kamu tentunkan terlebih dahulu file yang ingin kamu bagikan kepada teman kamu atau orang lain, disini saya akan membagikan file document.

2. Get Link

Get Link
Get Link

Selanjutnya cari file yang ingin kamu bagikan, kemudian klik kanan mouse, ingat arahkan mouse terlebih dahulu ke file yang ingin kamu bagikan kemudian klik get link.

3. Copy Link Url Google Drive

Copy Link Url Google Drive
Copy Link Url Google Drive

Langkah ketiga kamu akan diarahkan kemenu selanjutnya yaitu “share with people and groups. Kemudian di bagian Anyone with the link ubah menjadi editor agar, teman kamu bisa mengedit dan merubah dokument yang sudah kamu kirim, kalau sudah klik copy link dan pastekan link url tersebut ke teman kamu, agar mereka bisa membuka file tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Folder Google Drive Di PC/ Laptop

#2. Cara Share File Di Google Drive Menggunakan Opsi Share

Cara yang kedua kita bisa melakukan share file atau dokument di google drive menggunakan opsi share caranya masih sama seperti yang tadi, kamu tentukan dokument atau file mana yang ingin kamu bagikan kepada teman kamu.

✔️  Cara Membuat Akun Google Drive Unlimited Gratis [Terbaru]

1. Share

Share
Share

Setelah kamu sudah menentukan file mana yang ingin kamu bagikan, langkah selanjutnya klik kanan mouse kamu kemudian pilih fitur share kemudian klik.

2. Share with people and group

Share with people and group
Share with people and group

Selanjutnya sewaktu di bagian tampilan Share with people and group kamu masukan alamat email penerima file di bagian input add poeple and groups

3. Send File

Send File
Send File

Langkah ketiga, di bagian pojok layar kamu ubah yang awalnya viewer menjadi editor, untuk notify people bisa kamu isi boleh juga kamu kosongkan kemudian klik send, nah nantinya file tersebut akan masuk ke inbox email teman kamu.

Penutup

Bagaimana sangat mudah bukan share file atau berbagi file di google drive? semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menambah wawasan kamu ya sob.

Leave a Comment