Cara Setting Bios Laptop & PC Untuk Instal Ulang Windows

Sebelum kita melakukan instal ulang windows di laptop dan pc, kita diharuskan melakukan setting bios laptop atau pc kita terlebih, untuk cara setting bios pada laptop dan pc sebenarnya mudah, kita harus merubah urutan boot priority terlebih dahulu agar bootable windows yang sudah kita buat di flashdisk dapat terbaca oleh sistem laptop dan pc.

Untuk merubah urutan boot priority sebenarnya ada berbagai macam caranya, tapi agar kita dapat mengatur urutan bios dan melakukan setting bios kita harus masuk ke sistem bios terlebih dahulu.

Nah bagi kamu yang masih bingung cara setting bios sewaktu ingin install ulang windows berikut kami berikan panduannya.

Cara Setting Bios Laptop & PC Untuk Instal Ulang Windows

Langkah pertama kamu restart pc atau laptop kamu, setelah itu tekan tombol delete teres menerus untuk masuk ke bios. Untuk masuk ke menu bios di berbagai macam merk, kamu bisa menekan beberapa tombol yang dapat kami berikan dibawah ini.

  • Delete
  • F2
  • F12
  • F1, F2, atau CTRL+ALT+ESC
  • F2, Del, F12, F1, F3, atau Fn+F1
  • ESC, F10, atau F1
  • F2 atau Fn+F2
  • F1, F2, atau F3
  • F2, ESC+F1, atau F2+power
  • Del atau Esc

Nah itu beberapa tombol akses yang dapat kamu gunakan untuk masuk ke bios laptop dan pc berbagai macam merk. Kamu bisa mencobanya satu-satu.

Artikel Lainnya: 3 Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Tools Ratiborus

Setelah sudah berada di menu bios kamu bisa masuk kemenu selanjutnya dibagian menu bios kamu dapat melakukan settingan apapun pada laptop atau pc kamu, mulai dari JAM, urutan boot priority dll.

Kalau sudah berada di menu bios, selanjutnya kamu masuk ke menu Boot, untuk memindahkan menu ke arah kanan atau kiri, kamu bisa menekan tombol panah kanan dan kiri pada keypad atau keyboard komputer kamu.

Di menu boot kamu akan melihat boot options priorities, disini dibagian boot option #1 kamu rubah urutan boot nya cara merubahnya kamu tekan enter pada keyboard kamu. Karena disini punya saya windows Boot manager, saya akan rubah menjadi USB karena kita mau install ulang windows 10.

Di menu boot options #1 kamu bisa rubah urutan boot priority laptop atau pc kamu, kalau kamu mau melakukan install ulang windows, kamu rubah urutan boot priotity #1 menjadi UEFI sandisk, USB HDD, Atau USB-FDD, atau cari saja boot priority yang memiliki kata USB, kalau sudah kamu pilih tekan enter.

Kemudian kalau sudah merubah urutan boot priority, kamu ke menu exit.

Artikel Lainnya: Cara Membuat Restore Point Di Windows 10

Terakhir kamu tinggal tekan enter saja pada menu changes and exit, kemudian di menu notifikasi save configuration changes and exit setup? pilih yes.

✔️  Mudah! Ternyata Begini Cara Membuat Buket Uang dan Peluang Usahanya

Nah itu dia cara setting bios laptop dan pc semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Comment