Cara Screenshot HP Samsung Termudah

Para pengguna smartphone merek apa saja termasuk Samsung rata-rata pernah melakukan tangkap layar atau screenshot untuk banyak urusan. Oleh sebab itu, tak sedikit yang akhirnya mencari tahu bagaimana cara screenshot HP Samsung dengan mudah.

Salah satu alasan orang melakukan screenshot adalah untuk menyimpan maupun mendokumentasikan informasi penting pada layar. Kemudian meletakkannya pada galeri ponsel.

Apakah Anda pengguna HP Samsung? Tentunya ada cukup banyak pilihan cara melakukan screenshot yang bisa dicoba. Walaupun semua masuk dalam kategori mudah dan membuat siapa pun dapat melakukannya.

Baca juga: daftar NPWP di hp

Cara Screenshot HP Samsung

Tombol Power dan Volume Turun

Cara screenshot HP Samsung yang pertama adalah Anda bisa menggunakan kombinasi tombol power dan volume turun. Sebetulnya ini merupakan screenshot paling umum yang dapat diaplikasikan pada semua merek HP tak terkecuali Samsung.

Dengan menekan tombol power dan volume turun (down) secara bersamaan, maka tampilan layar pun dapat didokumentasikan dalam bentuk gambar. Selanjutnya, gambar SS-an tersebut bisa dilihat di galeri HP Anda.

Lalu bagaimana jika Anda mau melakukan screenshot website yang panjang? Pakai saja cara ini karena sangat memungkinkan. Seluruh informasi pada website tersebut bisa Anda tangkap layarnya dengan mudah.

Untuk cara screenshot hp Samsung ini Anda tinggal tekan tombol volume bawah dan power (tombol daya) secara bersamaan. Setelah itu, akan muncul jendela pop up kecil di bawah yang menampilkan sejumlah opsi.

Klik yang “scroll capture” dengan tanda ikon panah ke bawah. Gulirkan layar sampai ke bagian bawah untuk menangkap layar secara keseluruhan. Klik “preview” yang terdapat pada pojok kiri bawah lalu pilih “back” untuk menyimpan. Cek di galeri hasil screenshot tersebut.

Sapuan Tangan

Ada lagi alternatif lain bagi Anda yang mau melakukan screenshot untuk HP Samsung, yaitu dengan metode sapuan tangan. Kalau di Samsung fitur ini bernama “Palm Swipe to Capture”. Screenshot pakai metode ini terbilang eksklusif.

✔️  2 Cara Membuat Watermark Di Excel

Pasalnya hanya bisa Anda lakukan pada ponsel maupun tablet hasil pengembangan Samsung saja. Cara screenshot hp Samsung adalah Anda cukup menempatkan telapak tangan bagian luar (sepanjang jari kelingking dan telapak tangan) ke atas layar HP.

Setelah itu, usap telapak tangan bagian luar ke kiri atau kanan. Sehingga tangkapan layar pun bisa didapatkan dengan mudah. Sebagai informasi saja, kemampuan usapan telapak tangan di HP Samsung ini kebetulan dirancang langsung aktif atau bawaan.

Pengguna jelas bisa mengaplikasikannya langsung, bahkan tanpa perlu menginstall aplikasi lain atau mengaktifkan fitur tertentu. Namun, bagi yang merasa kurang membutuhkannya pun boleh dinonaktifkan.

Cara screenshot hp Samsung ini memang otomatis tapi juga bisa dimatikan layanannya. Anda bisa pergi ke menu “setting” lalu klik opsi “advance features”. Lanjutkan dengan klik “motions and gestures”, geser toggle pada opsi “palm swipe to capture” jadi mode off.

Menggunakan S Pen

Cara screenshot di hp

Berikutnya, Anda bisa coba melakukan screenshot HP Samsung menggunakan S Pen. Beberapa series Samsung memang dilengkapi dengan fitur S Pen seperti Galaxy notes. Anda mungkin hanya tahu fungsi S Pen hanya untuk menulis di layar ponsel saja.

Padahal tidak itu saja, karena dapat pula dipergunakan untuk screenshot atau tangkap layar. Tanpa perlu menekan tombol apapun di perangkat HP. Silahkan perhatikan caranya di bawah ini:

Tangkap Layar atau Screenshot Pakai S Pen Samsung Melalui Fitur Air Command

Merupakan cara screenshot hp Samsung dengan S Pen yang termudah. Untuk kali ini melalui fitur bawaan HP Samsung sendiri yaitu air command. Sudah banyak yang mencobanya sendiri dan betul-betul bekerja dengan baik. Anda hanya perlu:

  • Keluarkan S Pen, siapkan halaman yang ini di screenshot
  • Klik “air command” lalu pilih “smart select”
  • Tempelkan S Pen pada layar kemudian tarik garis berbentuk kotak untuk menentukan halaman yang mau di screenshot
  • Pada bagian kanan bawah klik “save”
  • Hasilnya akan langsung tersimpan otomatis di galeri
✔️  Kelebihan, Kekurangan Aplikasi Facebook Lite untuk Android dan Cara Mengunduhnya 

Tangkap Layar Pakai S Pen Dengan Menekan Stylus

Selain melalui fitur air command, Anda juga bisa melakukan screenshot HP Samsung pakai S Pen dengan menekan beberapa detik tombol stylus-nya. Setelah Anda tekan, tinggal tunggu saja hingga screenshot tersimpan otomatis.

Bixby Voice

Merupakan alternatif dari cara melakukan screenshot HP Samsung yang tak kalah mudah. Bixby Voice sendiri yaitu fitur HP Samsung dapat dikatakan juga sebagai assistant pintar milik pengembang perangkat tersebut.

Bixby Voice bisa Anda download di Play Store jika seandainya belum terpasang di HP. Memang ada tipe-tipe khusus yang tidak melengkapi fitur ini secara langsung ke dalam perangkat. Ini juga merupakan alternatif cara screenshot hp Samsung termudah.

Langkah pertama jika Anda ingin screenshot layar pakai fitur ini tentu saja buka layarnya dulu. Bagian mana yang mau Anda screenshot. Selanjutnya tinggal tekan dan tahan tombol samping HP.

Sampai muncul Bixby Voice, lalu silahkan ucapkan “Hi Bixby”. Apabila sudah, silahkan ulangi lagi, kali ini dengan mengucapkan “took a screenshot”. Dengan begitu biarkan fitur ini bekerja sendiri.

Nantinya, Bixby Voice akan secara otomatis menangkap layar HP Samsung Anda. Kemudian, hasil tangkap layar-nya pun akan secara otomatis tersimpan pada galeri HP. Cukup mudah bukan salah satu cara screenshot hp Samsung yang satu ini?

Rolling Screenshot

Screenshot hp samsung

Tadi sudah sempat dijelaskan jika Anda pun bisa melakukan screenshot HP Samsung dengan halaman panjang. Ternyata tidak hanya bisa dengan cara menekan tombol power dan volume down saja.

Anda pun dapat memilih memanfaatkan fitur rolling screenshot. Fitur ini memang sudah sangat populer sekali untuk menyimpan tangkapan layar yang lebih panjang. Contohnya saat Anda ingin menyimpan tulisan pada browser atau website tertentu.

✔️  5 Rekomendasi Aplikasi Hack FB Lewat HP Android Terbaik

Jika ingin tahu cara screenshot hp Samsung dengan fitur ini ternyata cukup sederhana. Anda tinggal screenshot dulu layar dengan cara biasa. Apabila sudah silahkan pilih menu “capture mode”.

Lanjutkan dengan scroll hp sampai ke bawah untuk dapat menangkap tampilan layar secara otomatis. Sebelumnya, pastikan dulu Anda sudah menekan jari pada layar hingga selesai. Maka hasil screenshot akan secara otomatis tersimpan sampai bawah dengan ukuran yang cenderung lebih besar.

Menu Asisten

Terakhir, Anda juga bisa melakukan screenshot HP Samsung dengan mengaktifkan menu asisten. Biasanya orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan “assistant menu). Tapi tunggu dulu, karena fitur ini tidak otomatis aktif, langkah-langkahnya yaitu:

  • Buku menu “setting” pada hp Samsung Anda
  • Klik opsi “accessibility”
  • Setelah itu cari opsi “interaction and dexterity” lalu klik seperti biasa
  • Silahkan geser toggle dari opsi “assistant menu” sehingga menjadi posisi “On”
  • Nanti menu asisten akan diwakilkan sebagai ikon berbentuk persegi kecil yang muncul di layar.
  • Anda tinggal klik ikon persegi panjang tersebut untuk menemukan opsi “screenshots”

Itu dia tadi bagaimana cara screenshot hp Samsung dengan sangat mudah. Jadi untuk melakukan screenshot di HP Samsung menurut Anda mana yang paling sederhana? Atau Anda memang suka menggunakan salah satu cara di atas dalam keseharian?

Leave a Comment