Cara Print Pada Kedua Sisi Lembar Kertas Di Windows 11

Print kedua sisi kertas itu disebut juga dengan print dupleks, dimana pencetakan dilakukan pada kedua sisi lembar kertas. Mencetak pada kedua sisi kertas seperti itu dapat dilakukan dengan berbagai cara, banyak cara untuk menghasilkan output keluaran print seperti itu.

Untuk mencetak kedua sisi lembar kertas terdapat cara yang otomatis maupun manual. Karena terkadang, tidak semua jenis printer yang menyediakan fitur otomatis dapat mencetak bolak balik kertas. Sehingga untuk dapat melakukan pencetakan kedua sisi kertas, terkadang kita diharuskan dengan pencetakan ganda manual.

Disini saya akan memberi tahu kamu bagaimana cara print pada kedua sisi lembar kertas secara otomatis dan cara mencetak halaman ganjil atau genap di dokumen atau bisa disebut juga sebagai mencetak halaman bolak balik di windows 11.

Cara Print Pada Kedua Sisi Lembar Kertas di Windows 11

Untuk dapat menggunakan print pada kedua sisi lembar kertas kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah perangkat komputer kita mendukung untuk melakukan print bolak balik tersebut. Bagaimana cara untuk mengetahui apakah perangkat printer kita dapat melakukan print kedua sisi lembar kertas, berikut tips yang kami dapatkan dari garniscandra tentang cara mengetahui apakah perangkat kita dapat melakukan print kedua sisi lembar kertas

1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka aplikasi word untuk membuka pengaturan percetakan yang akan kita cetak.

2. Setelah aplikasi word terbuka, kamu bisa mencari tab menu “File” yang ada di sudut atas bagian sebelah kiri word lalu klik menu tersebut.

Artikel Lainnya: 6 Cara Membuka Disk Management Di Windows 11

3. Setelah kamu klik menu tersebut, akan muncul opsi menu file. Selanjutnya, pilih menu “Print” atau “Cetak” dan buka menu tersebut.

4. Pada bagian menu print terdapat kategori “settings” ubah pilihan “Print one sided” menjadi “Manually print on both sides”.

5. Langkah terakhir, pengaturan telah selesai. Sekarang saatnya kamu tinggal menjalankan program untuk print dokumen kamu.

✔️  Cara Mengganti Password WiFi Tanpa Teknisi

Berikut adalah cara print dokumen dengan kedua sisi lembar kertas digunakan. Namun, bagaimana jika suatu print dan aplikasi yang digunakan tidak mendukung untuk melakukan print kedua sisi lembar ketas?

Artikel Lainnya: Kenali Fitur-Fitur Menarik Pada Aplikasi Photos Yang Ada Di Windows 11

Jangan khawatir, karena saya juga akan memberikan kamu bagaimana caranya print dokumen pada kedua sisi lembar kertas dapat digunakan secara manual. Saya juga akan memberitahu kamu cara print kertas dengan metode ganjil genap untuk melakukan print kertas bolak balik.

Print dokumen dengan metode ganjil genap kamu dapat melakukan Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka tab menu file disebelah sudut kiri bagian atas word. Lalu cari menu Print pada opsi yang disediakan oleh menu file.

2. Setelah kamu berhasil membuka pengaturan print. Pada kategori setting, terdapat pilih dokumen “Print All Pages”.

3. Setelah kamu memilih dokumen “print all pages”, untuk print an kamu yang pertama kita akan print dokumen ber-angka ganjil. Selanjutnya kita pilih menu “Only print Odd Pages” dibawah menu dokumen “Print All Pages”

4. Lalu print dokumen kamu. Setelah kamu selesai print dokumen yang ber-angka ganjil, selanjutnya kamu balikan kertas dokumen kamu lalu masukan kembali kertas ketempat print-an.

5. Setelah kertas kembali dipasang pada perangkat printer. Buka kembali pengaturan print dengan cara yang sama seperti diatas.

6. Setelah kamu berhasil membuka pengaturan print, pada menu setting yang sama dibawah menu dokumen “Print All Pages” pilih menu “Only Print Even pages”.

Artikel Lainnya: Cara Mengaktifkan Keyboard Layar Sentuh Di Windows 11

7. Lalu klik menu print untuk mengeluarkan dokumen kamu yang ber-angka genap dibalik sisi kertas berisi dokumen angka ganjil.

✔️  Cara Membuat Hyperlink Di PowerPoint 2007

8. Setelah selesai, kertas dokumen kamu menjadi terisi di kedua sisi .

Demikianlah artikel kami mengenai print dokumen dengan kedua sisi kertas pada windows 11, semoga artikel ini Bermanfaat ya sob.

Leave a Comment