Cara Mudah Melakukan Screen Recorder Windows 10

Melakukan screen recorder atau rekam layar pada laptop kadang memang dibutuhkan untuk beberapa keperluan. Saat ini, screen recorder dapat dengan mudah ditemukan pada setiap windows. Salah satunya ialah screen recorder windows 10. 

Tentunya, untuk melakukan rekam layar sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan fitur bawaan sampai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Semuanya sudah pasti bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca juga: windows movie maker 

Beberapa Cara Screen Recorder Windows 10 

Seperti yang sudah disinggung di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk rekam layar. Di mana, semua cara yang tersedia sudah pasti mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih cara yang dianggap lebih mudah dan sederhana saja. 

screen recorder windows 10

Screen recorder windows 10 biasanya memang digunakan untuk kebutuhan tutorial. Sehingga, orang-orang bisa mengerti terhadap apa yang Anda lakukan. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan di sini ialah sebagai berikut. 

Screen recorder windows 10 melalui game bar 

Dalam windows 10 sendiri sudah ada fitur bawaan yang membuat Anda bisa dengan mudah melakukan rekam layar. Di mana memang hanya memerlukan shortcut saja untuk memanggil fungsi. Adapun caranya ialah dengan membuka halaman yang ingin direkam layar terlebih dahulu. 

Selanjutnya, cukup klik ikon windows + G pada keyboard secara bersamaan. Nantinya akan muncul jendela transparan yang memiliki banyak menu. Jendela transparan ini memiliki nama yaitu game bar. 

Untuk bisa screen recorder windows 10, Anda harus menemukan ikon bulat yang memiliki titik di tengahnya. Setelah itu, jika Anda meletakkan kursor agak lama, akan muncul keterangan start recording. Untuk memulai proses rekam layar, cukup mengklik ikon tersebut.

Nah, nantinya selama proses perekaman, akan muncul jendela kecil yang berisikan durasi perekaman, ikon microphone, dan tombol stop. Ikon microphone sendiri ternyata menandakan bahwa Anda juga sedang melakukan perekaman suara. 

✔️  Cara Install Xampp di Backbox Linux

Jika proses rekam layar selesai, maka Anda hanya perlu mengklik ikon bundar persegi yang merupakan tombol stop. Setelah itu, Anda perlu membuka file explorer, kemudian pilih this PC. Langkah selanjutnya islah dengan memilih folder videos, lalu folder captures. 

Nantinya, hasil screen recorder windows 10 bisa ditemukan dengan mudah di sana. Ternyata, ada shortcut lain yang bisa digunakan agar lebih cepat, yaitu ikon windows + alt + R dengan bersamaan. Shortcut inilah yang akan membuat laptop langsung mengaktifkan mode rekam layar. 

Pilihan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memang butuh perekaman layar cepat tanpa harus mengunduh aplikasi. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, karena memang sangat mudah.  

Screen recorder windows 10 dengan menggunakan ekstensi chrome 

Ternyata, dalam chrome sendiri ada fitur rekam layar yang bisa menjadi pilihan. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus memasang ekstensinya terlebih dahulu. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah dan Anda bisa langsung menggunakannya. 

screen recorder windows 10

Cara screen recorder windows 10 dengan cara ini dimulai dengan membuka google chrome terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa langsung mengunjungi ekstensi pada laman webstore yang sudah resmi. Pada boks pencarian, cukup masukkan saja perekam layar. 

Di sini, Anda bisa memilih rekam layar sesuai dengan keinginan. Setelah itu, bisa langsung memilih tambahkan ke chrome yang terletak pada bagian kanan atas. Tunggulah sampai proses pemasangan ekstensi ini selesai.

Untuk bisa memunculkan ekstensi ini, maka Anda perlu memilih titik tiga yang ada pada kanan atas. Nantinya, cukup buka opsi ekstensi pada menu di samping kiri. Temukan ekstensi rekam layar yang sebelumnya sudah diunduh dan diinstall. 

Setelah menemukan ekstensi screen recorder windows 10, Anda hanya perlu menggeser toggle yang ada di kanan bawah menjadi posisi menyala. Kemudian, Anda bisa kembali pada halaman awal google chrome. Lalu, cukup klik ekstensi rekam layar di kanan atas. 

✔️  Cara Mengganti Nama Hotspot Di HP Xiaomi

Anda bisa langsung menyesuaikan area perekaman. Nah, ekstensi ini menyediakan rekam layar seluruh layar atau hanya jendela tertentu saja. Untuk memulai perekaman sendiri, cukup klik start recording saja. 

Jika sudah, bisa mengklik berhenti berbagi. Nantinya, akan langsung diarahkan pada jendela baru untuk melanjutkan pada tahap penyimpanan. Di jendela baru inilah, Anda bisa memilih kualitas video, sampai dengan mengetahui durasi dari rekam layar yang sudah dilakukan. 

Untuk mengunduh hasil screen recorder windows 10 ini, Anda hanya perlu mengklik download saja. Nantinya hasil rekaman akan tersimpan pada folder yang Anda inginkan. Untuk membuka hasil rekamannya sendiri, bisa membuka file explorer, dan pilih lokasi di mana Anda meletakannya. 

Ternyata, ekstensi ini tidak hanya bisa digunakan untuk merekam jendela google chrome saja, tetapi juga bisa digunakan pada semua aplikasi. Hanya saja memang untuk mengaktifkannya perlu membuka chrome dulu. 

Screen recorder windows 10 dengan Aplikasi OBS

Cara lain yang bisa dilakukan untuk rekam layar ialah dengan menggunakan aplikasi tambahan bernama OBS. Aplikasi ini sangat sering digunakan oleh para streamer karena memang penggunaannya cukup mudah. Menariknya, selain bisa melakukan rekam layar, hasil rekam layar bisa langsung dibagikan ke platform video. 

screen recorder windows 10

Untuk bisa melakukan screen recorder windows 10 menggunakan aplikasi ini, maka Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Jika sudah, maka bisa langsung membuka aplikasinya untuk memulai perekaman layar. 

Nantinya Anda hanya perlu mengklik tombol +. Tombol ini terletak pada menu sources yang ada di bagian bawah. Untuk bisa memulai rekaman, pilih display picture dan cukup klik start recording untuk memulai perekaman layar. Untuk menyudahinya bisa langsung mengklik tombol bulat merah. 

✔️  Cara Membuat URL Blog Menggunakan Plugin Gratis

Hasil dari rekaman sendiri akan otomatis tersimpan pada folder sesuai pengaturan dengan nama yang sudah dibuat sebelumnya. Sebenarnya, menggunakan aplikasi pihak ketiga merupakan salah satu solusi yang tepat, karena memang tahapan perekamannya sangatlah mudah dan cepat. 

Dalam aplikasi OBS sendiri ada banyak sekali tombol dan menu yang tersedia. Sehingga memang untuk orang awam agak sedikit kesusahan menggunakan aplikasi ini. Namun, karena keberadaan teknologi yang ada, Anda bisa mencari tutorial menggunakan OBS terlebih dahulu, setelahnya bisa lanjut dengan cara di atas. 

Ada banyak sekali manfaat dan kegunaan dari aplikasi OBS. Mulai dari screen recording, live streaming dan lain sebagainya. Aplikasi ini tentunya memberikan banyak kemudahan bagi orang-orang. Tentu saja, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan. Di mana, Anda bebas memilih aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 

Demikianlah berbagai cara melakukan screen recording windows 10. Anda cukup memilih salah satu cara yang memang akan sesuai. Jika tidak mau ribet mengunduh aplikasi bisa menggunakan cara 1 atau 2. Namun, jika ingin lebih mudah melakukan rekam layar dan mendapatkan fitur lainnya, maka menggunakan aplikasi merupakan pilihan yang tepat. 

Leave a Comment