Cara Mudah Download Aplikasi Google Translate untuk Android

Download aplikasi Google Translate untuk android mudah sekali Anda akses khususnya bagi Anda yang menggunakan ponsel berbasis android. Dikenal juga dengan nama Google Terjemahan yang digunakan untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain. Cocok untuk menemani Anda dalam belajar bahasa asing, setidaknya lebih dari 100 bahasa dapat diterjemahkan aplikasi ini.

Fiturnya yang terus berkembang membuat banyak user yang tertarik untuk mengunduhnya demi mendukung aktifitasnya. Fitur yang disediakan kian mempermudah user dalam penggunaannya, tampilan user experience yang disediakan betul-betul user friendly. Berikut ini akan diulas secara lengkap bagaimana cara mengunduh aplikasi alih bahasa Google Translate pada ponsel android Anda.

Baca juga: cara membuat pdf di hp 

Cara Mudah Download Aplikasi Google Translate untuk Android

Langkah untuk download aplikasi Google Translate untuk android tidaklah rumit sehingga siapa saja bisa mengunduhnya. Pada umumnya pengunduhan aplikasi pada android dilakukan melalui portal resmi PlayStore yang mana telah tersemat ketika Anda membeli ponsel android. Berikut ini langkah lengkap yang bisa Anda ikuti untuk mengunduh Google Translate yang Anda cari.

download aplikasi Google Translate untuk android

  • Temukan dan klik aplikasi PlayStore pada layar utama ponsel android Anda.
  • Akan ada kolom pencarian atau search berlogo kaca pembesar pada bagian home aplikasi PlayStore.
  • Tulis pada kolom pencarian “Google Translate” atau “Google Terjemahan”.
  • Akan muncul aplikasi Google Terjemahan yang Anda cari.
  • Klik pada ikon download atau unduh kemudian tunggu sampai proses pengunduhan selesai.
  • Aplikasi Google Terjemahan yang Anda inginkan telah dapat dioperasikan.

Aplikasi yang mampu mengalihbahasakan lebih dari 100 bahasa di dunia ini hanya membutuhkan kapasitas memori sebesar 25,6MB. Jadi sebelum mengunduhnya pastikan memori ponsel Anda cukup agar proses pengunduhannya dapat berjalan dengan lancar. Aplikasi alih bahasa yang dikeluarkan oleh Google ini terbukti telah membantu banyak orang dalam aktifitasnya sehari-hari berkat fitur-fitur canggihnya.

✔️  Inilah Deretan Cara Reset HP OPPO

Cara Mudah Unduh Google Translate via Web Browser

Selain bisa download aplikasi Google Translate untuk android via PlayStore, Anda juga bisa melakukan pengunduhan melalui web browser. Keduanya bisa Anda lakukan tergantung mana yang lebih Anda sukai meskipun jalur PlayStore tetap lebih aman karena dijamin resmi. Simak langkah-langkah berikut ini bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara mudah mengunduh Google Translate melalui web browser.

  • Klik ikon web browser yang tersedia pada ponsel android Anda seperti Mozilla, Chrome, atau aplikasi web browser lainnya.
  • Ketik “download Google Translate” atau “unduh Google Terjemahan” pada kotak pencarian yang tersedia.
  • Lihat hasil yang tertera pada layar ponsel Anda, umumnya akan muncul rekomendasi yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.
  • Pilih link download Google Translate yang Anda rasa sesuai dengan yang dicari.
  • Ada beberapa web yang mengarahkan secara otomatis ke GooglePlay atau PlayStore.
  • Ada pula yang menyediakan ikon unduh atau download pada website-nya, klik lalu tunggu proses pengunduhannya selesai.
  • Buka hasil pengunduhan Anda kemudian install aplikasi yang telah Anda unduh.
  • Umumnya Anda akan diarahkan pada laman “izin aplikasi”, klik “izinkan” supaya aplikasi yang telah Anda install dapat dioperasikan.

Penggunaan aplikasi Google Translate mudah sekali sehingga dapat dioperasikan dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Memudahkan banyak aktifitas terutama aktifitas belajar bahasa asing, sangat cocok bagi Anda yang sedang dalam masa belajar. Bahkan tidak hanya itu saja, aplikasi alih bahasa ini juga cocok bagi Anda yang gemar travelling dari satu negara ke negara lain.

Fitur-fitur yang Tersedia pada Google Translate

Google Translate

Setelah download aplikasi Google Translate untuk android maka selanjutnya Anda dapat mengulik fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi tersebut secara gratis. Banyak fitur menarik yang bisa Anda optimalkan untuk menunjang kegiatan Anda sehari-hari. Langsung saja kami ulas untuk Anda apa saja fitur yang bisa dioptimalkan saat menggunakan Google Translate.

  • Fitur Typing to Translate

Fitur type to translate ini merupakan fitur basic dalam aplikasi penerjemah seperti Google Translate yang dikembangkan oleh Google ini. Fitur ini dapat Anda gunakan dengan menulis kata atau kalimat pada kolom typing yang tersedia pada aplikasi ini. Anda tinggal mengetik kata atau kalimat yang ingin Anda alihbahasakan, pastikan pilihan bahasa yang Anda ketik dan Anda terjemahkan benar.

✔️  Ternyata Begini, Cara Melacak Hp Yang Hilang Dengan Berbagai Kondisi

Misalnya setelah download aplikasi Google Translate untuk android Anda menginginkan mengubah Bahasa Indonesia ke Bahasa Jepang. Jangan sampai keliru dalam memilih bahasa baik yang Anda tulis maupun yang Anda terjemahkan karena hasilnya akan berbeda. Agar tak dua kali kerja maka alangkah baiknya pastikan dahulu kedua bahasa yang Anda pilih sebelum mengetik.

  • Fitur Speak to Translate

Fitur speak to translate ini salah satu keunggulan Google Translate yang mana mampu untuk menerjemahkan audio ke dalam sebuah teks. Audio atau suara yang ditangkap oleh mic ponsel Anda kemudian dikonversi menjadi kata atau kalimat. Kemudian Anda tinggal tekan ikon translate untuk menerjemahkan kata atau kalimat yang telah tertulis otomatis.

  • Fitur Camera Translation

Fitur ini juga merupakan salah satu keunggulan Google Translate daripada aplikasi penerjemah lainnya karena mampu menerjemahkan hasil foto. Pasca download aplikasi Google Translate untuk android, Anda sudah dapat menggunakan fitur ini sehingga memudahkan aktifitas penerjemahan Anda. Anda hanya perlu memotret kata atau kalimat yang hendak diterjemahkan, pastikan foto Anda jelas tidak blur.

  • Fitur Write to Translate

Fitur write to translate sebetulnya hampir serupa dengan typing to translate yakni menulis kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan. Hanya saja fitur ini memungkinkan Anda untuk memasukkan kata atau kalimat dengan menuliskannya secara langsung pada layar atau menggunakan pentab. Huruf-huruf yang tak bisa diakomodasi oleh kemampuan keyboard ponsel android Anda dapat dioptimalkan dengan fitur unik ini. 

  • Fitur Tap to Translate

Google terjemah

Setelah selesai download aplikasi Google Translate untuk android, Anda langsung bisa mengaktifkan fitur spesial dari Google Translate ini. Atur setelan mode aplikasi menjadi Tap to Translate agar ia dapat muncul pada layar depan ponsel android Anda. Sehingga Anda tidak perlu masuk ke aplikasi untuk bisa menggunakan fitur penerjemahan kata atau kalimat yang dibutuhkan. 

  • Fitur Transcribe

Keunggulan aplikasi Google Translate salah satunya adalah mampu untuk melakukan transcribe yakni penerjemahan langsung. Ketika Anda melakukan obrolan menggunakan bahasa asing seperti Inggris, Jerman, Prancis, Portugis, Thailand, Rusia atau Spanyol, Anda bisa langsung menerjemahkannya. Obrolan yang terekam pada mic dapat diterjemahkan secara real time sehingga memudahkan Anda berkomunikasi.

  • Fitur Offline Trnslate

Fitur lain saat telah download aplikasi Google Translate untuk android adalah offline translate yang sangat menguntungkan user. Pasalnya tak setiap waktu pengguna android terhubung internet, misalnya saja ketika berada di pegunungan yang tidak dapat menangkap sinyal. Tetapi pada saat yang sama Anda membutuhkan aplikasi penerjemah maka Google Translate tetap dapat Anda gunakan.

✔️  Cara Melihat Penggunaan Baterai Laptop Di Windows 11

Jadi, kapan Anda akan segera download aplikasi Google Translate untuk android yang kaya fitur ini?

Leave a Comment